Tips Mengikuti Lomba Blog

Monday, September 16, 2019









Beberapa hari ini sempat gemas sendiri karena laptop sempat rusak..hiks. Sampai sekarang lappy lama nggak bisa nyambung sama wifi di rumah. Alhasil nggak bisa ngepost di blog. Pagi ini belajar make laptop lain, kalau nggak terpaksa saya nggak mau make…kwkwk. Alhamdulillah, daripada nangis bombay nggak bisa posting di blog kan, mending kita belajar ngetik pake laptop lainnya aja. Dan pembahasan sekarang sebenarnya sudah saya tulis dari kemarin-kemarin, tapi hanya disimpan, nggak bisa posting. Sedih nggak sih *lebay…kwkwk.


Kemarin, saya sempat memenangkan lomba blog tema cagar budaya di Kota Surabaya. Bukan juara pertama, Alhamdulillah jadi juara ke-3. Akhirnya sempat mikir mau nulis tema ini. Mungkin kemampuan menulis teman-teman sudah keren, tetapi kadang masih banyak yang berpikir minder ikutan lomba blog. Padahal ngapain minder? Kadang bingung juga, kenapa ada orang berpikir seperti itu, sedangkan saya yang kemampuan menulis begini-begini aja pedenya selangit. Segala lomba diikuti…kwkwk. Menang kalah hal biasa, sering kalah apalagi udah sangat biasa..hihi. Tapi, bagi saya ikutan lomba nulis itu seru banget. Ya, buat serius atau seru-seruan dan bikin happy tetap aja menyenangkan gitu.


Kalau kalah gimana? Belum ikutan aja udah deg-degan setengah mati!


Tenang, semua orang pasti mengalami hal demikian, kok. Tapi, lomba blog bukan hal mengerikan dalam hidup kamu. Nggak perlu dibawa horror, karena kisah hidup kamu aja udah horror…kwkwk. Dibawa santai aja, tetapi kalau memang berniat ingin menang, serius dikit perlu, ya. Cobalah ikutan lomba blog yang sekarang banyak banget bertebaran di dunia maya. Sekali dua kali ikutan, pasti ujung-ujungnya bikin kamu ketagihan. Apalagi bagi yang merasa belum bisa konsisten mengisi blog, ikut lomba blog bisa mengajarimu supaya konsisten dengan jadwal yang ditentukan. Cari lomba blog dengan tema yang kamu kuasai, bisa juga memberikan tantangan kepada diri sendiri dengan mengikuti lomba yang temanya belum pernah kamu ekskusi. Pasti asyik, meski sedikit bikin pusing…hihi.


Saya senang mengikuti lomba, mau lomba blog atau lomba menulis yang lain, selama ada waktu dan masih bisa menulis sesuai tema, insya Allah selalu saya ikuti. Kenapa? Karena bagi saya nggak pernah rugi ikutan kompetisi, selain bisa mengisi blog sendiri, blog kita juga jadi dikenal lebih banyak orang, lho.


Kalah sudah biasa, menang pun Alhamdulillah banget. Meski bukan blogger senior, mengisi blog sekadar karena suka menulis dan ingin menjaga konsistensi serta mengasah kemampuan menulis, tetapi, ada saatnya kita menang sambil bergumam, kok bisa saya menang, ya? Kok, kayaknya nggak nyangka banget melihat saya masih bukan siapa-siapa gitu. Jadi, bagi saya, nggak ada yang mustahil selama kita mencoba. Meski saingan kita blogger senior yang sering menang lomba sekalipun, kalau udah rezeki, bisa aja kok, kita yang menang. Allah itu melihat usaha dan kerja keras kita. Jangan remehkan usaha kamu yang sampai bermata panda itu demi mengikuti sebuah kompetisi, kalau kalah, minimal kamu belajar banyak hal dari perjuangan itu.


Kali ini saya mau berbagi beberapa tips sederhana yang biasa saya kerjakan ketika mengikuti lomba blog. Apa saja?


Baca Syarat dan Ketentuan Kompetisi Blog dengan Seksama 


Jangan lupa baca syarat dan ketentuan lomba dengan seksama. Bacanya diurut dari atas sampai ke bawah. Karena biasanya, lomba mencantumkan syarat yang sangat panjang mengular dan bikin pusing…kwkwk. Penting bagi kamu mengikutinya satu per satu dan jangan sampai ada yang terlewat karena itu juga sangat menentukan.


Biasanya, lomba blog mengharuskan kamu mengikuti akun sosial media mereka, menyertakan link dalam postingan yang kamu ikut sertakan, memasukkan kata kunci, mengisi formulir perndataran, menyesuaikan tema kompetisi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Setiap lomba akan memberikan syarat dan ketentuan yang berbeda. Penting bagi kamu selalu memerhatikannya dengan teliti, termasuk batas waktu pengirimannya.


Cari Sumber Referensi Sebanyak Mungkin 


Nah, poin ini menjadi sangat penting karena nantinya akan sangat berpengaruh terhadap naskah yang akan kamu tulis. Semakin detail, tentu akan semakin baik. Sumber referensi bisa kamu dapatkan di buku-buku atau di internet. Kalau berniat mencari, insya Allah informasi mudah banget didapatkan, kok.


Tulis naskah kamu dengan bahasa sederhana dan jangan bertele-tele, ya. Apalagi sampai mengulang-ulang informasi hanya demi mengejar panjang naskah, biar kelihatan keren, biar kelihatan banyak banget, akhirnya malah susah dimengerti dan membosankan. Nggak perlu sampai seperti itu.


Mending tulis dengan kalimat efekti saja. Sesuai syarat minimal berapa kata, daripada malah bikin ilfeel, kan?


Persiapkan Jauh-jauh Hari, Jangan Mepet Deadline!


Coba deh jangan suka mepet kalau kirim karya, beneran bikin pusing. Bisa jadi persiapan juga jadi setengah-setengah, naskah kamu pun jadi nggak maksimal hasilnya. Setiap lomba biasa memberikan jangka waktu yang lumayan panjang, kok. Minimal seminggu dan udah ada pengumuman.


Jangan juga menunda-nunda waktu. Kalau sudah oke, sebaiknya segera ekskusi biar nggak lupa. Akhirnya malah nyesel karena nggak sempet ikutan, dan lebih nyesel lagi lihat teman sendiri menang, padahal kamu merasa layak jadi pemenang juga…kwkwk. Ngenes amat hidupmu, ya…hahah.


Rezeki itu sudah ada yang ngatur. Jangan karena pemula, kamu jadi enggan ikutan kompetisi blog. Bersaing sama mastah bukan berarti selalu kalah. Allah lihat usaha kamu. Kalau masih kalah, mungkin Allah pengen kamu usaha lagi. Allah mau kamu belajar lagi. Allah mau kamu lebih gigih atau Allah mau kamu belajar bersabar dalam proses.


Semoga postingan ini bermanfaat dan menjadi pengingat saat kamu minder. Yuk, semangat menulisnya :)


Salam,

Comments

  1. Napa saya nggak pernah bosen baca caramu menulis ya mbak? Tolong jelaskan!

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya mbakkk... Sy seumur" br se kali ikutan lomba dan ush psti... Kalah hi hi.. Sok Ikut"an pdhl dulu br mulai ngeblok wk wk.. Nah kadang suka ribet ama syaratnya wk wk... Saya aja yg emg dsr pemalez

    ReplyDelete
  3. Terima kasih tipsnya Mbak, saya jadi belajar banyak nih....

    ReplyDelete