Tips Memilih Alat Bantu Dengar Terbaik

Wednesday, September 11, 2019







Saya punya pengalaman pahit mengenai pendengaran. Hal yang dialami si bungsu dulu, ketika dia berusia sekitar 3 tahun. Mengalami otitis media akut dan memang hampir selalu kambuh dan akhirnya sulit mendengar. Kondisi kayak gini cukup mengagetkan buat saya.

Jika di sulung punya riwayat kejang lumayan parah, maka beda lagi dengan si bungsu yang sering sakit telinga dan bolak balik ke dokter THT. Sampai-sampai bosan dokternya saking seringnya...hiks.

Terparah, dokter pernah bilang kalau sampai agak besar masih terjadi hal yang sama, mungkin akan dilakukan operasi untuk memasang alat di telinganya. Karena dia sering kambuh, gendang telinga berlubang, dan karena terjaid berulang kali membuat gendang telinganya jadi susah kembali seperti semula.

Saya nggak pernah membayangkan sesulit itu merawat di kecil. Kayak nggak percaya kondisi buruk kayak gini saya alami. Bolak balik ke RS untuk membersihkan telinga. Bolak balik demam tinggi hingga puncaknya pernah hampur sebulan demam tanpa sebab jelas. Capek sudah pasti, apalagi telinga merupakan organ penting bagi manusia. Tanpa telinga yang berfungsi normal, bagaimana manusia bisa mendengar :(

Alat Bantu Pendengaran


Berbeda jika ada yang mengalami gangguan pendengaran dan butuh alat bantu. Kondisinya nggak sama dengan apa yang dialami oleh si bungsu. Bisa jadi kita butuh membeli alat bantu dengar. Pada saat kita hendak melakukan pembelian alat bantu pendengaran, maka kita harus memperhatikan banyak hal, untuk memastikan bahwa kita tidak salah dalam memilihnya. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui pengguaan alat bantu dengar bagi penderita yang mengalami gangguan pendengaran. Salah satu manfaatnya yaitu meningkatkan kemampuan untuk mendengar.


Di pasaran sudah ada banyak sekali alat bantu untuk pendengaran yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan para penderitanya. Harganya yang tidak murah tentu mengharuskan kita untuk lebih berhati-hati ketika hendak memilihnya. Melalui pusat alat bantu dengar seperti di Melawai maka kita sudah bisa menemukan berbagai jenis alat bantu di beberapa tipe.


Berikut ini tips menemukan alat bantu pendengaran sesuai dengan kebutuhan,


 
a. Konsultasikan kepada dokter THT terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat gangguan pendengaran yang sedang kita alami.  Selain itu, kita pun juga bisa meminta rekomendasi ke dokter mengenai alat bantu dengar yang tepat.

 

b. Memilih alat bantu dengar harus disesuaikan dengan kebutuhan penderita. Karena masing-masing gangguan pendengaran memiliki tingkat yang tidak sama.

 

c. Tips selanjutnya yaitu dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari alat bantu pendengaran itu sendiri. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka kita akan benar-benar yakin dengan alat bantu dengar yang sudah kita pilih.

 

d. Belilah alat bantu dengar di pusat alat bantu dengar yang memberikan garansi, misalnya seperti di Melawai. Dengan pemberian garansi, maka kita akan sedikit merasa lega, terutama ketika alat bantu mengalami kerusakan.

 
Setiap alat bantu dengar dilengkapi dengan fitur canggih yang berguna untuk menangkap gelombang suara yang ada di sekitarnya. Masing-masing memiliki daya tangkap yang tidak sama. selain memperhatikan dari segi fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh alat bantu dengar, kita pun harus memperhatikan segi kenyamanan ketika sedang menggunakannya.


Mengalami penurunan pendengaran bisa saja terjadi pada siapa pun tanpa memandang usia. Sehingga di usia muda pun belum tentu terhindarkan dari gangguan pendengaran. Sedangkan setiap gangguan pendengaran masing-masing orang tidaklah sama. Cara penanganannya pun juga sangatlah beragam, termasuk penggunaan alat bantu dengar.


Salam,

Comments