Resep Fuyunghai Homemade, Mudah dan Favorit Banget!

Wednesday, September 18, 2019

Fuyunghai adalah makanan favorit anak saya ketika makan di resto. Kayaknya dia tipe orang yang nggak ada bosannya sama menu satu ini. Memang, ketika disajikan di resto, fuyunghai biasa bisa jadi menggiurkan banget. Padahal, kan isinya kebanyakan tepung bukan udang sama ayam…hihi.


Sempat nyoba bikin pakai resep di google, hasilnya mirip telur dadar, Guys. Akhirnya malas mau nyobain lagi karena ngerasa nggak mampu bikin seperti di resto favorit anak-anak. Kesulitan bikin fuyunghai emang di sini, keberhasilan kita dilihat dari seberapa mirip hasilnya dengan telur dadar. Kalau mirip banget berarti gagal…kwkwk. Soalnya kalau fuyunghai beneran pasti mengembang gitu dan tebal.


Karena anak-anak doyan, akhirnya nyari resep lagi dan kali ini jatuh cinta sama resepnya ci Xander’s kitchen yang udah nggak diragukan lagi ya. Bukunya aja sampai mega best seller, Guys. Pertama nyoba, langsung berhasil dong! Happy banget, apalagi suami juga doyan ternyata.


Suami saya, seperti semua tahu, dia tipe pemilih banget sama makanan. Biasanya nggak suka makan menu berbahan dasar udang, tetapi ketika saya membuat resep ini pakai udang 100%, dia tetap doyan dan nggak ngeluh geli atau gimana…kwkwk. Senang banget emak-emak bisa melihat seisi rumah puas makan menu yang dimasak sendiri.


Foto di atas sengaja saya bikin ukuran kecil karena mau dibawa si sulung ke sekolah. Dan memang lebih tipis daripada yang pertama saya buat karena saya kurangi takaran tepungnya. Tenang aja, resep asli hasilnya sangat bagus. Hanya saja pertama bikin saya nggak sempat foto dengan maksimal, keburu habis. Yang di atas juga foto seadanya, malah kelihatan sandal jepitnya…kwkwk. Nggak masalah, ya, yang penting fuyunghai-nya berhasil.


Isiannya bisa apa saja, mulai dari udang, ayam, wortel, kol, serta irisan daun bawang. Kalau saya pribadi lebih senang banyakin udangnya daripada ayamnya. Tergantung selera saja. Semakin banyak tepungnya, semakin tebal pula hasilnya. Cuslah catat resepnya, ya!


Bahan:

200 gram udang cincang

1 buah wortel, iris kecil memanjang atau cincang

Beberapa lembar kol, cincang

1 batang daun bawang, iris

2 sdm tepung terigu

1 sdm tepung sagu

Secukupnya garam

Secukupnya merica bubuk

5 butir telur

Secukupnya minyak untuk menggoreng


Bahan Saus:

2 siung bawang putih, cincang halus

2 sdm kacang polong kalengan

200 ml kaldu atau air

3 sdm gula pasir

1 sdm cuka

4 sdm saus tomat

Kaldu bubuk jika suka

1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air


Cara membuat:

1. Kocok telur dalam wadah terpisah.

2. Campur semua bahan fuyunghai. Masukkan telur ke dalam campuran sayur dan udang.

3. Bagi adonan menjadi dua.

4. Panaskan minyak dan goreng sampai keemasan. Gunakan api kecil cenderung sedang biar nggak gosong, ya. Balik dan angkat setelah matang.

5. Untuk saus: Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan kacang polong, masukkan air atau air kaldu yang telah dicampur dengan bahan lainnya.

6. Aduk sampai mengental.

7. Sajikan fuyunghai bersama siraman saus di atasnya.


Voila! Fuyunghai terenak di dunia siap disantap. Nggak kalah enak dengan menu resto, lho. Satu resep ini hasilnya banyak banget. Pertama bikin saya pakai 3 telur atau setengah resep saja. Itu pun sudah cukup untuk makan malam bersama keluarga tercinta.


Kalau bisa bikin sendiri, kenapa nggak? Justru kalau bikin sendiri kita bisa memastikan bahannya. Misalnya ingin dibanyakin udangnya, silakan. Atau suka banyakan ayamnya, bisa juga, atau malah ganti udang sama ayam? Semua oke aja. Tapi, memang mending udang aja sih sesuai resep karena tekstur dada ayam agak keras, jadi kurang enak dibuat fuyunghai.


Gimana, sudah penasaran pengen nyobain di rumah? Semoga berhasil, ya!


Salam,

Comments