Kumpulan Resep Jus Sehat Ala JSR

Wednesday, September 4, 2019








Selama menjalankan JSR atau Jurus Sehat Rasulullah, saya kebanyakan mengarang sendiri resep untuk sehari-hari. Iya, dicoba-coba saja sendiri dan tidak mempersulit diri. Misalnya dengan menanyakan makan kurma harus kurma apa? Makan saja asalkan itu kurma *bukan kaleng-kaleng…hehe. Jadi, saat diet selama berbulan-bulan ini, menunya tetap manusiawi karena disesuaikan dengan lidah sendiri. Soalnya setiap orang kan seleranya pasti beda. Ada yang suka sayur, ada yang nggak. Ada yang horor lihat jus sayur, ada yang lempeng aja…kwkwk. Jadi, menu makan itu harus disesuaikan dengan selera lidah kita. Nggak usah ribet-ribet mikirnya, ya!


Kalau jus buah, saya yakin semua orang pasti suka. Di sini tentu tanpa gula, ya. Benar-benar alami manisnya dari buah itu sendiri. Misalnya mau menambahkan, silakan tambahkan madu saja. Percayalah, pegang kuncinya, rasanya akan tetap enak!


Kalau kamu ingin minum jus sayur yang enak di lidah, campurkan buah ke dalamnya. Meskipun warnanya hijau, kalau ada apel, nanas, dan jeruk nipis, rasanya akan tetap enak. Bagaimana saya meyakinkan orang, sedangkan dia sendiri merasa horor dengan jus yang dilihatnya? Kwkwk. Jadi, silakan dicoba saja sendiri. Jangan kebanyakan nanya apalagi membayangkan, percayalah, itu percuma saja.


Resep-resep jus ini adalah jus yang manusiawi dan pernah saya coba sebelumnya. Pernah saya membuat jus dicampur dengan terong belanda, sayangnya, serumah nggak ada yang mau sentuh kecuali saya sendiri…kwkwk. Miris banget, kan? Rasa terong belanda cenderung asal pahit gitu. Akhirnya terong belanda beberapa kilo bertahan di kulkas sampai beberapa minggu lamanya. Sedih.


Saya pribadi terbiasa minum jus setiap pagi. Setelah itu baru makan siang mendekati waktu Dhuhur. Tergantung laparnya jam berapa. Setelah minum jus saya kadang makan buah potong atau ngemil sehat lainnya. Intinya sih jarang lapar aja pokoknya…kwkwk.


Saya bagikan beberapa resep jus sehat ala JSR yang biasa saya konsumsi di rumah. Boleh tambahkan madu dan garam Himalaya. Tidak perlu menambahkan air apalagi gula. Cukup senyum aja biar lebih manis rasanya *eaaa. Proses semua bahan dalam juicer dan segera diminum. Ingat, jangan lama-lama menyimpan karena vitamin dan rasanya bakalan berubah.


1. Jus Stroberi 


1 genggam stroberi

1 buah wortel

4 buah tomat

Sedikit daun mint


2. Jus Wortel 


1 buah apel ukuran besar

2 buah tomat

3 buah wortel ukuran sedang

1 buah jeruk nipis


3. Jus Jeruk


Secukupnya jeruk manis

1 buah jeruk nipis

1 sdm madu


Cara membuat:

1. Ambil sari dengan memeras jeruk manis dan jeruk nipis.

2. Campur dengan 1 sdm madu murni. Aduk dan segera diminum.


4. Jus Sayur


1 genggam bayam atau sawi hijau

1 buah apel

1 buah belimbing

1 buah jeruk nipis

2 mentimun


 5. Jus Tomat


5 buah tomat

1 buah apel

1 buah belimbing

1 buah jeruk nipis


Itulah beberapa resep jus sehat ala JSR yang insya Allah sehat jika dikonsumsi setiap hari. Saya biasa membeli buah sekaligus banyak untuk dikonsumsi selama satu minggu. Sedangkan sayuran biasa saya beli setiap pagi. Kalau dibilang mahal, tergantung kamu memilih buah apa untuk dikonsumsi? Kalau pilihan buahnya yang murah meriah, tentu saja nggak akan bikin kantong jebol.


Diet bukan alasan untuk hidup boros. Itu prinsip saya sejak menjalankan JSR. Dan sampai sekarang saya bisa menjalankannya tanpa khawatir kantong jebol *nyengir kuda…hihi. Yuk, hidup lebih sehat dengan mengonsumsi jus setiap hari. Jumlahnya bisa kamu sesuaikan dengan selera, ya! Selamat mencoba dan tetap sehat, Insya Allah :)


Salam,

Comments