“Lintang, aku adalah Langit. Langit yang senantiasa menaungimu, mendekapmu, memayungimu hingga pagi tiba. Andaipun mentari memaksamu pergi, bukankah ada senja yang selamanya mempertemukan kita?”



“Kita hadapi semua yang terjadi dengan hati lapang. Kebahagiaan sejati seperti sekuntum mawar. Ia tak bisa langsung kita petik. Namun, ia kita tanam, kita rawat, dan ia tumbuh. Kita tidak boleh putus asa, Lintang. Kita tak boleh lemah dengan rintangan-rintangan yang melemahkan semangat. Aku ingin kau menjadi muslimah yang serupa sebatang pohon kurma. Kamu tak mudah teraih oleh tangan-tangan jail, tak mudah tergapai oleh keburukan, kelemahan, dan godaan. Mereka yang melemparimu, kau balas dengan guguran buah yang manis dan menyehatkan. Kamu bisa, Lin?Ini pun janji untuk diriku sendiri, pelajaran untuk diriku sendiri.” (Hlm. 201)

Itulah sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Langit kepada Lintang yang menjadi cinta pertama dan terakhirnya. Kisah penuh perjuangan menggapai kebahagiaan hakiki yang tertuang dalam sebuah novel berjudul ‘Lintang Langit pada Senja.’

Sinopsis
Langit adalah seorang mahasiswa yang harus berjuang membiayai kuliahnya sambil menjadi juru parkir sebuah diskotek. Tidak seperti Lintang yang serba kecukupan bahkan kaya raya, Langit harus melihat ibu kandungnya berjuang mati-matian membiayai hidup keluarga yang telah ditinggal pergi oleh ayah kandungnya hanya demi perempuan lain.

Kerasnya garis takdir yang harus dilalui oleh Langit membuat ia marah akan ketetapan Allah. Merasa senasib dengan Lintang yang kekurangan perhatian dan kasih sayang orang tua, mereka pun sepakat melangkah bersama. Merasa dibenci oleh Sang Pencipta karena nasib baik yang tak pernah berpihak membuat keduanya mudah saja jatuh cinta.

Sayangnya, di saat jalinan kasih di antara keduanya begitu erat terpaut, takdir justru memisahkan mereka. Hancur, rapuh, dan merasa sendiri membuat Lintang enggan melanjutkan hidup. Sedangkan di sisi lain, Langit harus menghadapi banyak masalah, termasuk ibunya yang sakit-sakitan dan adiknya, Nawang yang diperkosa dan mengalami tekanan batin teramat dalam.

Lintang yang malang, sepi merenggut bahagia yang sebelumnya sempat memikatnya, kehilangan Langit membuat semuanya jadi serba sulit. Ia mencari ke mana Langit pergi. Dalam pencarian panjang yang tak kunjung menemui ujungnya, Lintang justru dihadapkan pada situasi yang jauh lebih sulit. Ya, dia hamil di luar nikah. Bagaimana Lintang harus menghadapi takdir itu sendirian tanpa Langit? Sedangkan di sisi lain Langit pun sedang berjuang menikam rindu pada Lintang yang entah ada di mana.

Bagaimana keduanya menggapai hidayah dalam gelimang masa lalu penuh nista? Akankah keduanya bisa kembali bersama?

Ririn Astutiningrum begitu pandai menuliskan kisah Lintang dan Langit dengan penuh emosi. Membuat saya terbawa akan kesedihan yang melindap kebahagiaan keduanya. Satu konflik demi konflik yang diceritakan membuat novel ini nggak hambar, bahkan bikin deg-degan. Gemes pengen cepat sampai ending.

Baca Juga:




Bagi saya, buku bagus tidak cukup hanya membawa emosi pembaca, membawa pembaca ikut larut dalam cerita, tapi juga berisi pelajaran hidup dan penuh makna. Dan itulah yang saya temukan dalam novel ‘Lintang Langit pada Senja’ ini.

Kehidupan Lintang dan Langit tak berbeda dengan kehidupan kita yang sebenarnya. Kisah seorang hamba yang diuji dengan bertubi masalah yang bahkan sempat membuat mereka membenci Tuhan. Tapi, hidayah Allah siapa yang tahu? Kita pun sering mendapati banyak gambaran manusia penuh dosa di masa lalu, tetapi kemudian mereka bahkan menjadi lebih baik daripada kita berkat hidayah dari Allah. Maka seperti itulah kisah Lintang dan Langit digambarkan.

Ujian itu ada sejatinya bukan untuk membuat seorang hamba semakin menjauh dari Allah, justru itu menjadi alarm supaya kita semakin dekat, menjadi lebih kuat, belajar berdamai dengan takdir, dan menerima ketetapan Allah. Dan itulah yang pada akhirnya didapatkan oleh Lintang dan Langit.

Novel ini cocok buat kamu yang ingin atau sedang hijrah. Banyak sekali pelajaran hidup di dalamnya, bahkan penulis dengan begitu apik mengangkat kisah para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pelajaran nyata yang seharusnya kita teladani.

Buat kamu yang cengeng dan mudah terbawa emosi, sebaiknya sedia tisu sebelum memutuskan membacanya. Benar-benar kisah cinta penuh drama, tetapi digambarkan dengan begitu natural. Layak banget kamu baca!

Dan ini adalah sepenggal isi dari surat Senja yang dituliskan untuk Lintang. Salah satu bagian yang saya suka. Kamu pun layak membacanya.

“Mba, meski semua ruangan dalam hati Mas Langit diberikan kepada saya, ruangan itu tak terjamah. Ia menutupi kesunyiannya dengan selembar tirai senyuman agar saya tak turut merasakannya. Hari-harinya ia habiskan untuk membuat saya senantiasa tersenyum, sementara satu sisi batinnya meteskan air mata….”


View Post

Pernahkah kamu merasa jika membuat judul rupanya jauh lebih sulit ketimbang membuat isi artikel itu sendiri? Ternyata bikin judul yang menarik itu bukan perkara gampang, ya? Kita harus pintar-pintar membuat judul yang dapat memikat hati pembaca, nggak sekadar menarik saja, tetapi juga harus benar caranya.

Foto: Pexels.com

Supaya kamu nggak bingung, terutama bagi yang baru saja belajar menulis artikel, beberapa trik ini bisa kamu coba sambil terus berlatih.

Bedakan Antara Topik dan Judul
Topik itu bukan judul, dan judul juga tidak akan menarik jika dibuat dari topik sebuah artikel. Keduanya adalah sesuatu yang berbeda. Tapi, ternyata banyak yang melakukan kesalahan pada poin pertama ini, lho.

Contoh:
a. Cara Meredakan Demam
b. Cara Memutihkan Kulit
c. Panduan Menulis Artikel

Beberapa contoh di atas merupakan sebuah topik dari beberapa artikel. Topik itu tidak layak dijadikan judul. Judul itu cenderung lebih menarik, mengandung perbedaan antara satu artikel dengan artikel lain yang memiliki topik yang sama. Judul biasanya menjabarkan isi, nggak bikin pembaca merasa samar ketika membaca judul artikelmu.

Kemudian perhatikan contoh berikut ini, ya.
a. 5 Bahan Alami yang Ampuh Redakan Demam pada Si Kecil
b. Ternyata 7 Bahan Alami Ini Efektif Putihkan Kulit dalam Waktu Singkat
c. 10 Trik Jago Menulis Artikel, Nomor 2 Sering Kamu Abaikan

Adakah perbedaan antara contoh pertama dan kedua? Sangat berbeda, ya? Pertama itu memuat topik, sedangkan pada contoh kedua memuat judul artikel yang kenyataannya memang lebih menarik.

Perbedaan keduanya bukan karena pendek dan panjangnya, ya. Tapi memang judul memuat nilai lebih ketimbang topic yang dijadikan judul. Gimana, masih bingung? Semoga nggak, ya. Kita lanjut poin berikutnya.

Berikan Manfaat dan Detail Lebih Banyak
Semua orang tentu ingin mendapatkan sesuatu ketika berniat membaca artikel. Misalnya manfaat apa sih yang didapat setelah membaca artikel itu? Kalau nggak ada gunanya mending nggak dibaca dong. Selain itu, orang juga butuh hiburan, inspirasi, solusi ataupun yang lainnya.

Nah, supaya judul kita menarik, sebaiknya kita sertakan poin lebih di dalamnya.
a. Tips dan Trik Menulis Buku, Mudah dan Cepat!
b. Tips dan Trik Menulis Buku Supaya Best Seller, Mudah dan Cepat!

Orang pasti akan mencari tips dan trik menulis buku supaya best seller dong ketimbang hanya sekadar bisa menulis buku saja. Selain itu, kamu juga bisa membuat nilai lebih dengan memuat detail atau poin-poin yang jauh lebih banyak daripada artikel yang sudah ada.

a. 11 Destinasi Wisata Paling Hits di Bandung, Nomor 2 Asli Bikin Mupeng
b. 21 Destinasi Wisata Paling Hits di Bandung, Nomor 2 Asli Bikin Mupeng

Yakin orang akan memilih judul nomor dua karena memuat lebih banyak destinasi ketimbang yang pertama. Sekali membaca, mereka akan mendapatkan informasi yang jauh lebih lengkap. Karena itu, coba kamu penuhi poin kedua ini ketika hendak membuat judul.


Baca Juga:


Judul yang memuat angka akan sangat menarik pembaca, lho. Terutama jika kita menggunakan angka ganjil. Angka ganjil menurut sebuah sumber dipercaya bisa menarik perhatian mata pembaca secara psikologis. Dan nyatanya sih memang sangat menarik, ‘kan?
Menuliskan angka dan daftar pada sebuah judul juga bisa membuat pembaca percaya bahwa artikel kita memuat deretan informasi yang mudah dipahami. Selain angka, kamu bisa menambahkan kata-kata ajaib setelahnya. Misalnya saja tips, alasan, fakta, rahasia, trik, inspirasi, ide, ataupun cara. 


Memiliki Keterikatan dengan Perasaan
Kenapa bawa-bawa perasaan? Ini ‘kan hanya menulis judul artikel? Nggak perlulah dibuat baper, ‘kan? Yess! Kamu memang benar, tapi pembaca juga akan membuka artikel kamu ketika kamu menuliskan sebuah judul yang mampu menarik perhatian, memiliki keterikatan dengan perasaan mereka, tetapi perasaan itu muncul alami, bikin takjub, bertanya-tanya, simpati atau empati, bukan malah merasa aneh.

a. 21 Deretan Film Terbaru 2018, Paling Keren!
b. 9 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dalam Waktu 3 Minggu

Contoh pertama itu menimbulkan perasaan aneh. Seperti tidak penting, nggak ada gunanya banget pakai kata paling keren. Sedangkan contoh kedua benar-benar bikin penasaran, apalagi banyak banget perempuan pengen kurus tanpa diet..hehe. Karena itu kenali perasaan apa yang kamu inginkan muncul dari pembacamu.

a. Apakah rasa tidak percaya?
b. Apakah penasaran, bertanya-tanya sehingga pengen tahu banget?
c. Bisa jadi empati
d. Mungkin saja yakin atau kepastian
e. Dan khawatir sehingga mereka mau membaca artikelmu

Semua itu bisa kamu ciptakan dan buat sesuai dengan keinginan kamu. Gimana, masih pusing memikirkan judul? Kita lanjut poin berikutnya, ya!

Bikin Judul yang Enak Dibaca Mata dan Unik
Jangan takut bikin judul-judul yang unik, tetapi pikirkan itu haruslah enak dibaca, ya. Salah satu contoh mudah selalu saya dapatkan ketika membaca artikel-artikel di Hipwee. Kamu bisa menemukan judul-judul yang mereka buat nyatanya selalu unik, tapi enak banget dibaca. Mereka nggak takut bikin judul berbeda dari yang lainnya, tapi justru itu jadi ciri khas tersendiri bagi platform satu ini.

Buatlah Judul Berupa Pertanyaan yang Bisa Membangun Rasa Penasaran
Jangan takut ketika ingin membuat sebuah judul yang diawali dengan sebuah pertanyaan, justru itu bikin pembaca menjadi tertarik, penasaran dan bertanya-tanya, lho. Contoh mudah yang bisa kamu ambil seperti ini.

a. Kulit Kamu Masih Kusam dan Berjerawat? Mungkin 5 Hal Inilah Penyebabnya
b. Sudah Diet Ketat Tapi Berat Badan Nggak Turun-turun? Bisa Jadi 7 Kesalahan Ini Kamu Lakukan Tanpa Disadari

Kira-kira seperti itulah yang bisa kamu buat nanti, ya. Semoga kamu nggak semakin pusing memikirkan judul yang tepat untuk artikelmu nanti. Next!

Modifikasi Ide dari Judul-judul yang Sudah Populer
Selain harus terus berlatih, kamu juga bisa belajar membuat judul dari beberapa artikel yang sudah populer, yang terbukti menarik, yang klik di hati kamu, dan tentu saja yang wajar dan tidak aneh, ya?
Kamu bisa mengambil ide dari judul artikel lain, tapi pliss, kreatiflah sedikit, jangan sampai kamu ambil semua bagian judul yang telah dibuat orang lain, itu bukan gaya penulis, itu plagiat, dan itu dilarang.

Kamu bisa menirukan misalnya hanya pada kata ‘Tersembunyi’ yang kemudian kamu buat menjadi sebuah judul menarik seperti ‘Pulau Padar, Surga Tersembunyi di Labuan Bajo yang Bikin Traveler Betah’. Ya, cukup ambil satu kata saja, ya.

Bikin Judul yang Lebih Spesifik
Kita harus menentukan judul sesuai dengan target pembaca. Bikin judul yang lebih spesifik itu jauh lebih menarik daripada yang umum. Kamu bisa melihat contohnya seperti ini.

a. Panduan Traveling ke Bali dengan Budget di Bawah 2 Juta
b. Deretan Smartphone Keren Buat Kamu yang Suka Selfie

Nah, kira-kira sudah semakin jelas dan mudah, ‘kan membayangkan bagaimana meramu judul yang menarik dan benar?

Memberikan Sebuah Kepastian
Nah, poin terakhir yang perlu kamu buat ketika hendak menuliskan judul yang menarik adalah memberikan sebuah kepastian yang mana memang selalu pembaca harapkan ketika membaca sebuah artikel. Yap! Setiap pembaca, terutama yang tidak kamu kenal pasti ingin mendapatkan sesuatu yang mereka harapkan, misalnya saja mereka mencari artikel dengan topik menurunkan berat badan tanpa diet, itu mereka lakukan karena memang mereka butuh itu, mereka akan mencoba mempelajari dari artikel yang mereka harapkan bisa memberikan solusi.

Pembaca akan membaca artikel kamu bukan karena mereka ngefans, apalagi ingin jadi teman kamu, lho. Jangan GR, ya? Hehe. Karena itu, penting kamu membuat judul yang nggak menipu, bisa berupa judul yang memberikan durasi spesifik dan hasil spesifik.

a. Putihkan Kulit dengan Bahan Alami Ini Hanya dalam Waktu 7 Hari
b. Cara Meningkatkan Penghasilan Hingga 90% Tanpa Keluar Rumah

Dan yang perlu kamu ingat, berlatihlah terus sampai kamu merasa mudah melakukannya. Meskipun kamu tahu teori, jika kamu enggan berlatih, itu sama saja bohong. Bahkan penulis artikel profesional rela bikin judul lebih dari lima hanya untuk sebuah artikel yang mereka rampungkan. Bagaimana dengan kita yang katanya pengen belajar tapi mencoba saja enggan?

View Post

Kamu suka menulis dan ingin mempublikasikan tulisanmu, tetapi tak tahu harus dikirim ke mana? Selain menulis di blog, kamu juga bisa mengirimkan tulisanmu kepada media yang sekarang sudah sangat banyak jumlahnya. Ajaibnya, kamu tidak hanya bisa dikenal lebih banyak orang, tetapi kamu juga bisa mendapatkan penghasilan, lho.

Foto: Pexel.com

Saat ini, sudah banyak situs yang bersedia menerima tulisan kamu. Nggak main-main, mereka sudah punya jutaan pembaca setia yang siap membaca setiap tulisan menarik yang masuk. Kamu bisa bayangkan, tulisanmu yang biasanya hanya mengendap di laptop, kini bisa lebih bermanfaat karena punya kesempatan dibaca lebih banyak orang.

Selain itu, beberapa situs ini nggak hanya menerima tulisanmu, tetapi juga membuatmu punya penghasilan tetap dari passion kamu sebagai penulis dan poin lebihnya, kamu juga bisa dapat training menulis gratis. Nah, kira-kira ada situs apa saja, ya? Simak ulasannya!

11.  UC News

Foto: abplive.in

UC News adalah salah satu situs yang akan membayar tulisanmu pakai dolar. What? Beneran uangnya bisa cair dan sampai? Yap! Saya sendiri sudah menulis di UC News hampir setahun dan sudah mendapatkan fee lebih dari 1000$ dalam 6 bulan pertama.

UC News termasuk situs yang cepat tanggap sama artikel yang masuk. Buat yang sudah lama menulis, nggak butuh waktu lama untuk menunggu artikel terbit, tapi buat penulis pemula kadang sampai berhari-hari belum terbit juga. Duh, ngeselin banget, kan? Haha.

Untuk bisa dapat penghasilan, kita perlu monetisasi iklan dulu, barulah kemudian setiap artikel terbit akan dapat fee sesuai dengan jumlah viewer. Artikel berkualitas di situs ini juga belum tentu dibaca banyak orang, kadang malah yang remeh justru ramai pembacanya. Yang jelas, kudu sabar aja...hehe.

22. Hipwee

Foto: Hipwee.com

Hipwee adalah salah satu situs yang bersedia menerima tulisan kita dan pastinya kita punya banyak peluang untuk lebih dikenal orang karena pembaca Hipwee yang jumlahnya udah nggak terhitung. Tapi, kamu nggak akan dapat fee ketika mengirimkan tulisan di situs ini.

Bagi sebagian penulis, fee itu bukan yang utama, kok. Kesempatan buat dibaca banyak orang, nyaman menulis di sana aja sudah jadi salah satu hal yang mereka senangi, bikin bangga, dan bahagia. Maka tak heran, penulis di situs ini juga banyaknya minta ampun. Dan perlu diingat, tulisan kamu nggak langsung bisa terbit, ya. Ada seleksi juga. Saya pernah menulis di Hipwee dan ada 2 artikel terbit di sana. Selain itu, setiap bulan akan dipilih beberapa penulis dan mendapatkan hadiah. Yang lebih menarik, Hipwee kadang ngasih training menulis gratis buat penulis-penulisnya, lho. Keren banget, kan?

33.  Idn Times

Foto: techinasia.com

Situs satu ini juga tak kalah keren dan terkenalnya, lho. Setiap buka google, Idn Times akan muncul di page one. Jika kamu mengirimkan tulisan di situs ini, kamu akan dapat saran perbaikan jika memang tulisan kamu belum layak terbit. Dan menurut saya, ini adalah poin penting terutama bagi pemula, lho.

Selain itu, kamu juga bakalan dapat fee dari setiap artikelmu yang sudah terbit. Asyik, bisa buat tabungan masa depan, kan? Hehe.

  4.  Basabasi

Foto: Basabasi.co

Situs satu ini termasuk situs yang akan membayar tulisanmu dengan harga yang nggak main-main, lho. Tapi, karena fee yang akan kamu terima lumayan besar, kamu juga perlu tahu jika untuk lolos ke situs ini juga nggak bakalan mudah, ya.

Kamu bisa mengirimkan puisi, esai, resensi, ataupun cerpen. Cek syarat-syaratnya sebelum memutuskan untuk mengirimkan tulisanmu, ya.

  5.   Babe

Foto: appmobileonline.com
a
Situs satu ini juga pasti udah kamu kenal sebelumnya, ya? Kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan setiap artikel terbit. Pengalaman orang lain, satu artikel bisa dihargai hingga Rp 50.000, lho. Tapi, kabarnya kamu harus menunggu hingga saldo mencapai Rp 200.000 untuk bisa cair, ya.

66.   Brilio

Foto: probisnis.com

Situs satu ini juga akan menerima tulisanmu, lho. Nanti tulisan kamu bisa masuk halaman community dan jika memang menarik, maka admin Brilio akan memilihnya untuk diletakkan pada halaman utama. Jika tulisan kamu terpilih, kabarnya kamu akan dapat Rp 200.000. Tapi, ternyata untuk sampai di halaman utama, nggak mudah. Jadi, berjuanglah!

77.   Plukme

Foto: itsrumahaksara.wordpress.com

Situs satu ini kerennya bukan main. Yap! Saya yakin, banyak banget penulis yang merasa nyaman menulis di situs ini. Selain bisa mengirimkan tulisan yang ternyata nggak banyak pakai syarat, kamu juga bisa menambah pertemanan dengan saling follow akun penulis lainnya, lho.

Di sini kamu juga akan mendapatkan penghasilan meskipun tak seberapa. Tapi jika kamu rajin dan pembacamu banyak, penghasilan yang kamu terima pun akan sebanding dengan usahamu. Saya pribadi pernah menulis di sini, tapi artikel saya nggak banyak. Dan saya merasa situs ini nyaman baik buat pemula ataupun senior.

88.  Nulis.co.id

Foto: yukampus.com

Buat kamu yang hobi ngelomba, Nulis.co.id ini cocok banget untuk kamu, lho. Situs satu ini sering banget ngadain lomba menulis. Selain itu, situs ini kabarnya juga akan membagi hasil iklan dari tulisanmu. Sejauh ini saya belum pernah menulis di Nulis.co.id. Kamu mungkin bisa mencobanya jika penasaran, ya.

99.   Vebma

Foto: Vebma

Mungkin situs ini masih agak asing di telinga kamu, ya? Saya pribadi pernah mendaftar tapi belum sempat menulis. Pengalaman teman yang masuk Vebma, tulisan kita akan dibayar sesuai jumlah viewer. Tapi, nggak banyak juga teman yang menulis di sini, bahkan saya pun belum sempat menulis di situs ini karena terlalu asyik mencoba situs lainnya. Hehe.

110.  Seword


Foto: misael.id

Buat kamu yang suka menulis tentang politik, situs satu ini benar-benar cocok untuk kamu coba. Sebelumnya, kamu harus mengirimkan contoh artikel kamu bertema politik pada email adminnya, ya. Kamu akan mendapatkan penghasilan juga dari situs ini. Kabarnya, setiap 1000 view kamu bakal dapat Rp 3000.

111.  Takaitu

Nah, lho gambar saya..kwkwk. Nggak mau rugi :D

Pernah dengar nama Takaitu? Situs satu ini akan menyeleksi setiap tulisan yang masuk dan akan memberikan fee buat kamu yang berhasil menerbitkan artikel di sana. Jika kamu tertarik menuliskan artikel di situs ini, kamu harus mempelajari karakter tulisan yang telah terbit di sana. Saya pribadi menulis di Takaitu sejak April hingga Agustus. Selama itu pula saya berhasil menjadi penulis terpilih dengan jumlah poin tertinggi sebanyak 3 kali berturut-turut. Tapi untuk saat ini saya sudah berhenti dan fokus untuk kesibukan yang lain.

112.  Jalan Tikus

Foto: Harianeko.com

Ini bukan jalan buat tikus lewat, lho, ya. Hehe. Situs satu ini juga bersedia menerima tulisan kamu, lho. Buat kamu yang hobi menulis tema gadget dan segala macam teman dekatnya, kamu bisa banget mengirimkan tulisanmu di Jalan Tikus, lho. Kamu juga akan mendapatkan fee atas setiap tulisan yang terbit.

113.  Mojok.co

Foto: mediajabar.com

Nama yang unik banget, ya? Setiap artikel terbit bisa mendapatkan fee sekitar Rp 10.000 hingga Rp 150.000, lho. Termasuk yang lumayan besar juga, kan? Tapi, tulisan kamu harus menunggu seleksi selama semingguan. Jadi, penghasilan besar, masuknya pun nggak gampang, kan?

114.  Inwepo.co.id

Foto: Pexels.com

Bagi kamu yang suka bikin artikel bertema tips dan trik, kamu bisa mencoba situs satu ini, ya. Setiap artikel terbit juga akan dibayar. Jika kamu melengkapi artikelmu dengan video tutorial, kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih besar yakni sebesar Rp 30.000.

115.  Joeragan Artikel

Foto: lailamamasimpel.blogspot.com

Joeragan Artikel bukan hanya sering mengadakan kelas-kelas menulis yang keren, tapi juga punya website yang siap menerima tulisan kamu, lho. Di sini kamu memang tidak akan mendapatkan fee atas setiap artikel yang terbit, tapi setiap 3 bulan sekali akan dipilih penulis terbaik dan akan mendapatkan voucher training di Joeragan Artikel senilai Rp 200.000, lho. Keren banget, kan?

Jika kamu ingin mencoba menulis di JA, kamu bisa mengirimkan artikel bertema kesehatan, parenting, traveling, motivasi, dan masih banyak lagi.

Saya pribadi merupakan salah satu alumni kelas JA yakni kelas editor. Bersyukur dan senang pernah mencoba salah satu dari kelas keren yang dimiliki JA. Kamu juga bisa ikutan kelasnya yang lain, ya.

116.  Beautynesia


Buat kamu yang suka menulis tema kecantikan, bisa banget mengirimkan tulisanmu ke Beautynesia.id. Di sini memang tempat ngumpulnya artikel kecantikan dan fashion. Kabarnya, beautynesia juga akan memberikanmu fee atas setiap tulisan yang berhasil terbit di sana. Menarik banget, ya?

117.  Kompasiana

Foto: tekno.kompas.com

Kamu pasti nggak asing lagi dengan situs satu ini karena pembacanya yang banyak banget. Yap! Selain menerima tulisanmu, kamu juga bisa ikutan event berhadiah di sana, lho. Kerennya lagi, penulis Kompasiana bisa mendadak terkenal saking banyaknya pembaca di sana. Asyik banget, kan?

118.  Estrilook

Foto: Estrilook.com

Baru diluncurkan awal September lalu, Estrilook.com menjadi salah satu situs istimewa yang patut kamu coba. Situs satu ini memang lebih fokus pada dunia wanita, tapi bukan berarti penulis pria dilarang bergabung, lho.

Ada banyak kategori yang bisa kamu pilih, termasuk Beauty dan Fashion, Parenting, Food, Traveling, Muslimah, Inspirasi, dan Kesehatan. Lebih spesialnya lagi, kamu tidak hanya akan mendapatkan fee atas setiap artikelmu yang terbit, tetapi juga mendapatkan review atau masukan jika memang tidak layak terbit atau bahkan terbit dengan revisi.

Bukan hanya itu, Estrilook juga rutin mengadakan sharing seputar dunia kepenulisan, challenge menulis, membuka kelas menulis secara rutin, dan itu semua free alias nggak bayar. Ini juga yang akhirnya membuat Estrilook begitu cepat dikenal. Dalam dua pekan setelah diluncurkan, Estrilook sudah punya 130 penulis kreatif yang siap menginspiramu, 300 lebih anggota Estrilook Community yang siap belajar bareng dan saling berbagi.

Bulan depan, Estrilook akan mengadakan kelas ngeblog dan mempercantik blog, lho. Kelas ini diadakan di grup Estrilook Community. Dan seperti yang sudah kamu tahu, kelas seperti ini boleh diikuti oleh semua orang dan nggak akan dipungut biaya sepeser pun. Bulan depannya lagi, bisa jadi ada kelas self editing, jago bikin artikel, dan masih banyak lagi kelas lainnya yang insya Allah akan diadakan oleh situs super kece satu ini.

Foto: muyass.com

Bulan ini, Estrilook sedang mengadakan challenge menulis dan sudah dilakukan selama dua pekan. Ada banyak peserta yang begitu antusias mengikutinya. Selain ingin belajar konsisten menulis setiap hari, mereka juga bisa mempelajari berbagai tema dan karakter penulisan artikel yang bisa tembus media online. Setiap hari, Estrilook akan memberikan tema berbeda, yang kadang bikin mereka menyerah, kesal sampai gregetan saking susahnya. Tapi, dengan begitu mereka tahu apa itu berjuang, nggak mudah putus asa hanya karena satu kesulitan, mencari solusi sehingga bisa tetap menulis, menikmati proses yang nyatanya memang nggak mudah, dan yang pasti semua itu akan kembali pada diri mereka sendiri.

Tim Estrilook akan memberi masukan pada artikel yang diikutsertakan dalam tantangan menulis ini, lho. Betapa beruntungnya jika ada yang mau mengoreksi tulisan kita sehingga kita jadi tahu apa kesalahan kita yang kerap tidak disadari sehingga ke depannya jadi bisa diperbaiki. Dan itu terbukti banget, masuk minggu kedua, artikel penulis yang masih konsisten mengirimkan artikel semakin rapi dan bagus tulisannya.

Selain akan mendapatkan hadiah, Estrilook juga ngasih kesempatan pada setiap artikel yang layak terbit untuk dimasukkan ke dalam situs Estrilook.com dan pastinya dapat fee juga dong. Kurang keren gimana, kan? Kuy, segera bergabung bersama situs ini. 

Setiap Sabtu malam grup Estrilook Community juga bakalan diisi sama sharing bermanfaat, lho. Jika minggu lalu Estrilook ngasih materi tentang pembuatan judul artikel supaya menarik dan langsung praktik, minggu ini bakalan ada sharing manajemen waktu super kece dari salah satu penulis artikel yang sudah terbukti jam terbangnya.

Itulah beberapa situs yang bersedia menerima dan membayar tulisan kamu serta bikin kamu terkenal mendadak. Menjadi penulis artikel di media online memang terlihat remeh, ya? Tapi jika ditekuni, apa pun itu akan menghasilkan, lho. Yap! Sabar dalam berproses menjadi salah satu kuncinya. Kuy, semangat mencoba!

View Post