Resep Sayur Lodeh Bumbu Iris

Sunday, September 29, 2019









Buat pencinta menu bersantan, kayaknya kamu harus coba resep sayur lodeh satu ini. Meski lebih cocok disebut resep bagi yang malas masak, tetapi rasanya nggak mencerminkan itu sama sekali, kok. Sayur lodeh adalah menu favorit suami saya. Kadang, kalau bikin dengan bumbu lengkap yang dihaluskan bosan juga, selain bosan sama rasanya, bosan juga nguleknya...kwkwk. Meski senang memasak, tetapi saya nggak pandai menghaluskan bumbu dengan ulekan...hihi. Saya biasa menghaluskan bumbu dengan chopper kasar-kasar, kemudian saya haluskan lagi pakai ulekan (ribet amat hidup saya, ya?).


Sayur lodeh bakalan lebih sedap dengan tambahan ebi. Lebih enak dihaluskan bersama bumbunya. Tapi, kalau kamu malas ngulek bumbu, pakai resep ini saja. Sekejap jadilah masakan spesial yang insya Allah disukai semua orang.


Isiannya bisa menggunakan apa saja. Bisa tahu putih, tahu goreng, kacang panjang, potongan tempe, terong, dan apa saja asal masih jenis makanan, ya? Hihi. Kalau suka udang, bisa banget ditambahkan udang. Sayangnya, suami saya nggak terlalu suka menyantap udang. Jadi, isiannya hanya tempe, tahu goreng, kacang panjang, terong dan sejenisnya.

 
Kalau mau pedas, kamu bisa tambahkan irisan cabai rawit merah yang banyak, ya? Sedangkan untuk santannya bisa memakai santan instan atau santan segar. Saya lebih sering pakai santau instan karena mudah...hihi. Ketahuan, kan, malas banget ini, mah...kwkwk.


Cuslah kita catat resep mudahnya!


Bahan:


1 buah terong ukurang sedang

Segenggam kacang panjang

Sedikit potongan tempe, potong dadu

2 buah tahu goreng, potong sesuai selera

1 batang daun bawang, iris

4 cabai merah keriting, iris serong

4 siung bawang merah, iris

2 siung bawang putih, iris

5 cabai rawit merah, iris

2 lembar daun salam

1 ruas lengkuas, iris aja

1 bungkus santan instan

Secukupnya air

Secukupnya garam dan gula

Sedikit kaldu bubuk, jika suka

Sedikit minyak untuk menumis


Cara membuat:


1. Tumis bumbu: bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan irisan cabai. Gunakan api kecil supaya tidak cepat gosong.

2. Tuangkan air dan santan instan ke dalamnya. Aduk rata.

3. Masukkan bahan sisa selain daun bawang.

4. Masukkan gula, garam, dan penyedap.

5. Setelah mendidih dan sayur matang, masukkan irisan daun bawang.

5. Angkat dan sajikan.


Voila! Lodeh bumbu iris buatanmu pun siap dihidangkan di meja makan. Rasanya? Jangan ditanya, deh. Bakalan ngabisin nasi banyak kalau makan dengan menu sederhana satu ini. Menu ndeso seperti ini kadang memang ngangenin banget, lho. Bosan juga kalau setiap hari makan ayam dan daging terus. Sekali-kali bisa menyantap menu sederhana seperti ini. Lengkapi dengan nasi panas, kerupuk, sambal, dan ikan asin.


Akhir-akhir ini selera makan menurun karena bosan dengan menu-menu yang itu-itu saja. Zaman saya kecil, makan daging dan ayam itu jarang banget. Jadi, kalau ada menu itu di meja makan, sudah pasti nggak akan disisain...kwkwk. Beda banget dengan sekarang yang tahu sendiri, menu seperti itu sudah biasa dan menjadi menu harian. Jadi, setiap ketemu daging dan ayam rasanya sampai bosan.


Dan menu sederhana seperti sayur lodeh bumbu iris ini bisa jadi penyelamat di kala nafsu makan menurun karena bosan. Murah meriah, tetapi jangan harap dietmu berhasil kalau menyantap menu seperti ini. Gagal itu jawaban yang tepat kayaknya...hihi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi dapur kamu, ya! Selamat mencoba.


Salam,

Comments

  1. Mbaaa.. enaknya terong itu diganti apa ya? saya nggak suka terong soalnya, kayak jadi pobhia gitu, lunak2 gimanaaa gitu hahaha.

    Saya paling suka mertua masak lodeh, pengen masak juga, apalagi bumbunya iris2 doang :)

    ReplyDelete
  2. Hihi, jadi pengen ketawa, Mbak... :D

    Terong bisa diganti kacang panjang, nangka, labu siam, apalagi yaa...kentang juga boleh dipotong dadu gitu... :)

    ReplyDelete