Resep Pecel Sehat ala JSR (Jurus Sehat Rasulullah)

Wednesday, September 18, 2019








Pernah kebayang nggak sih, kalau diet itu sepertinya sangat identik dengan menu yang hambar dan nggak enak. Dulu saya sempat membayangkan seperti itu. Karena memang banyak orang di sekitar saya yang menu dietnya nggak enak pake banget. Misalnya mereka menghindari gorengan dan larinya ke menu kukusan yang sangat-sangat nggak manusiawi…kwkwk. Padahal, meskipun diet, kita tetap berhak makan enak, lho *sambil kibarin bendera rumah makan padang…kwkwkwk.


Selama menjalankan JSR dan Diet Kenyang, menu saya enak-enak banget. Makannya sampai sekarang saya masih betah nggak pindah ke lain hati apalagi pindah rumah…hihi. Iya, saya sering bikin menu yang sewajarnya, tetapi diolah dengan lebih sehat. Contohnya bikin pecel sendiri. Makan pecel memang sehat, karena sebagian besar kan isinya sayuran. Tapi, bumbu kacangnya yang manis dan digoreng itulah yang mesti kita batasi.


Lantas, kenapa sih kita nggak bikin sendiri aja sesuai selera? Bisa makan sepuasnya tanpa khawatir merusak program diet kita? Solusinya ganti deh gulanya dengan kurma yang sama manisnya. Kalau emang mau dapetin manisnya, nggak perlu repot-repot pakai gula, kan buah-buahan juga manis dan segar malah. Selain pakai kurma, kita juga bisa pakai nanas madu dan apel. Pernah bikin juga dan segar banget.


Tapi, buat yang lebih mirip sama bumbu pecel biasa, resep ini benar-benar cocok buat ngobatin kangen kita sama pecel yang biasa kita beli. Rasanya enak, sedap dengan aroma kencur dan daun jeruk yang pas. Nggak salah kalau ini jadi menu andalan saya. Makan somay KW pakai bumbu ini, makan rujak buah pakai bumbu ini, gado-gado juga bisa pakai bumbu ini, apalagi pecel. Penasaran? Catat ya resepnya!


Bahan:


Secukupnya sayuran rebus dan mentah sesuai selera


Haluskan Bumbu:


1 genggam kacang tanah sangrai

5 cabai rawit merah (sesuai selera)

1 ruas kencur

4 lembar daun jeruk

5-7 butir kurma

1 siung bawang putih

Secukupnya air



Sedikit garam Himalaya (untuk JSR jika suka)


 Cara membuat:


1. Campur semua bahan dan haluskan sampai rata.

2. Cicipi, dan sajikan bersama sayuran mentah dan rebus.


Voila! Bumbu pecelnya udah jadi aja, kan? Soal tingkat halus nggaknya, kamu bisa sesuaikan dengan selera, ya. Resep ini dibuat dengan beberapa bahan mentah seperti bawang putih, kencur, dll. Jadi, sebisa mungkin nggak kamu diamkan lama-lama, sebaiknya langsung saja dikonsumsi. Bikin buat sekali makan aja, ya. Biar segar juga.


Banyak resep lain yang bisa kita modifikasi sesuai selera. Makannya, saya nggak bingung untuk harian mau makan apa kalau nggak makan nasi? Masih banyak menu yang bisa kita coba, Guys. Dan semuanya benar-benar enak dan mudah dibuat.


Saya juga termasuk orang yang suka banget makan sayuran, jadi, nggak pernah bosan makan menu seperti ini bahkan meski setiap hari. Tinggal sesuaikan saja hari ini mau makan sayur apa, jika bosan, bisa ganti sayuran lain. Selain pecel, bisa juga dibuat urap. Kalau udah ngerasa kurus, sebaiknya banyakin deh makan karbohidratnya. Bisa pakai kentang kukus, nasi jagung murni, atau singkong.


Nah, kalau teman-teman punya resep apa nih yang bisa dicoba? Kuncinya kalau saya pribadi, mending makan sesuai selera dan yang saya suka, tetapi dimodifikasi aja sedikit diolah dengan benar, nggak usah terlalu kaku sama diri sendiri, insya Allah dietmu tetap berjalan menyenangkan.


Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)


Salam,

Comments

  1. Xixixi saya nggak pinter masak, Mbak. Lebih banyak beli di warteg karena kalau bukan saya yang membantu ibu-ibu warteg, siapa lagi?
    #eh

    ReplyDelete
  2. :h mungkin ala dr zaidul akbar mom, hasil kompilasi hadits

    ReplyDelete