Monday, April 16, 2018

Soto Daging

Assalamualaikum...

Alhamdulillah, pagi ini saya mau share sedikit resep soto daging yang lezat dan yummy banget apalagi kalau dimakan pakai perasan jeruk nipis dan taburan tauge pendek. Duh, nggak usah dibayangin nanti pengen..hehe.

Saya pribadi lebih suka membuat bumbu sendiri. Mau ayam goreng, opor, rawon dan semuanya. Nggak tahu kenapa, kalau beli aromanya bikin ilfeel (udah kayak ketemu orang aja, yaa). Baru buka bungkus bumbunya udah tercium aroma yang nggak enak banget. Ujung-ujungnya masakannya pun jadi kurang sedap. Mungkin ini hanya perasaan saya aja. Karena kebanyakan orang masih nyaman-nyaman aja kok beli atau menggunakan bumbu jadi buat masakannya. Aroma nggak enak mungkin efek terlalu lama dibiarkan di suhu ruang, kan? Jadinya gimana ketika dibuka dari bungskunya.


Kalau tahu resepnya, mending memang bikin supaya lebih fresh aja hasilnya. Saat memakai bumbu jadi kita juga mesti menambahkan bawang-bawangan yang dihaluskan supaya lebih wangi. Itulah yang Ibu pesankan pada saya. Akhirnya jadi pakai dua bumbu dong ya? benar-benar merepotkan...kwkwk *apa saya saja yang mikirnya ribet? :D


Nah, kalau cari resep, saya hanya ubek-ubek Cookpad aja, sih, dan blognya Catatan Nina. Kalau di Cookpad, karena saya sudah lumayan lama juga di sana, jadi udah banyak simpen resep yang udah benar-benar pas di lidah. Aplikasi semacam ini memudahkan banget buat kita terutama yang baru belajar memasak. Saya senang karena dari sini saya bisa mencoba banyak resep dengan lebih mudah. Terima kasih buat yang sudah berbagi resep rahasia atau resep keluarganya. Membuat kebahagiaan baru bagi yang lain. Bahkan tak jarang ada juga yang akhirnya bisa jualan karena dapat resep dari Cookpad.


Untuk kali ini pun saya pakai resepnya mbak Fitri Sasmaya yang mudah dan enak banget. Cocok dengan selera saya pokoknya..he. Resep lainnya mungkin juga nggak beda jauh yaa. Mari kita coba resepnya daripada berlama-lama ngobrolnya.

Resep Soto Daging


Bahan:

300 gram daging sapi, saya lebih suka pakai tetelan

2500 ml air

2 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk (saya 5 lembar)

1 batang serai

1sdt gula pasir

1 sdm garam

1 sdt kaldu sapi bubuk (bisa skip)

1 batang daun bawang, iris

1 batang atau lebih daun seledri

Bumbu:

5 bawang merah

4 bawang putih

3 kemiri

1 cm jahe

1 sdt ketumbar

½ sdt kunyit bubuk


Cara Membuat:

  • ·         Didihkan air di dalam panci dan rebus daging dengan api kecil supaya kuahnya bening dan kaldunya gurih. Setelah empuk angkat daging dan potong-potong.

  • ·         Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama serai, daun jeruk dan daun salam. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Kemudian masukkan irisan daun bawang. Tumis hingga layu dan wangi.

  • ·         Masukkan ke dalam rebusan daging. Didihkan sebentar sampai semuanya pas. Dan hidangkan dengan pelengkap termasuk irisan seledri dan tauge pendek. Jangan lupa juga sambalnya, ya.
 
Itulah resep mudah membuat soto daging yang seger dan yummy banget. Kalau semangkuk soto daging saya kebanyakan masukin taugenya..hehe. Dagingnya ngumpet semua. Tapi, saya memang sukaa banget makan tauge dan sayuran lain. Kalau makan soto saya suka kasih perasan jeruk nipis yang banyak dan tauge melimpah. Setelah itu dikatain sama paksu, kenapa soto isinya tauge semua? Haha. Ada yang suka makan sayur kayak gini nggak sih ketimbang makan daginganya?

Selamat mencoba dan semoga suka resepnya, ya.


Terima kasih sudah berkenan membaca  blog ini dan semoga resepnya bermanfaat ya buat teman-teman terutama yang baru belajar memasak :)

Salam hangat,