Assalamualaikum, Teman-teman!

Blog ini serasa udah mulai dipenuhi sarang laba-laba, ya. Karena keasyikan menulis yang lain jadi sering lupa mau mengisi blog sendiri. Lupa kalau rumahnya juga kangen sama penulisnya. Lupa kalau ini rumah pertama yang bikin saya betah menulis dan menyimpan banyak banget hal menyenangkan.

Nah, biar nggak kelupaan terus, kali ini saya pengen share tentang beberapa tempat paling indah yang Subhanallah banget. Siapa tahu ada yang mau mengajak saya ke sana juga..he.

Kalau saya pribadi, jujur saja jarang banget traveling. Bahkan melipir ke tetangga depan aja merupakan salah satu hal langka. Nah, menulis ini bikin saya banyak belajar, berjalan dan bertemu banyak hal yang mungkin cuma jadi angan dalam dunia nyata.

Bagi teman-teman yang suka traveling, beberapa tempat ini mungkin akan sangat menarik dikunjungi, ya. Saya pun pengen banget datang ke sana pakai pintu ajaibnya Doraemon. Sayangnya dia lagi syuting film jadi saya ngojek sama Dilan aja..he. Mulai ngelantur!

Daripada semakin ngalur ngidul, mending simak ulasannya satu persatu, ya!

Mengagumi Keindahan Gunung Pelangi Zangye Danxia, China

Gunung pelangi yang disebutkan di dalam Alquran (Foto: techno.okezone.com)


Sempat disebut-sebut sebagai berita hoax, rupanya berita tentang gunung pelangi ini benar ada, lho. Fenomena gunung pelangi ini pun sebenarnya sudah disebutkan di dalam Alquran. Seperti yang disebutkan di dalam surat Al Fathir [35] ayat 27, Allah swt berfirman,

“Tidakkah kamu melihat bahwasannya Allah menurunkan hujan dari langit lalu lalu kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih  dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.” (QS Al Fathir[35]: 27).

Para traveler tentu akan sangat kagum melihat bertapa megahnya ciptaan Allah ini, ya. Bukit serta lembahnya berlapis dengan beberapa macam warna berbeda. Sekilas bahkan kita menganggapnya seperti sesuatu yang mustahil terjadi. Warna-warna menarik itu disebutkan berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak 24 juta tahun yang lalu.

Di sini, teman-teman nggak akan menjumpai yang namanya bunga atau pohon dan tumbuhan lainnya. Hal ini disebabkan karena kondisi tanahnya yang tandus dan tidak memungkinkan tumbuhan hidup di sana.

Traveling Seru Menikmati Permadani Berwarna Warni di Hitachi Seaside Park, Jepang

Pemandangan musim gugur yang memanjakan mata (Foto: amazingplaces.katalay.net)


Siapa nih yang pernah traveling ke Jepang? Saya nggak akan tunjuk tangan karena saya belum pernah pergi ke sana..he. Nah, jika teman-teman sempat traveling ke Jepang, coba deh mampir ke taman Hitachi Seaside Park ini. Asli bikin mata nggak mau berkedip saking indahnya pemandangan di sini.

Taman ini terletak di tepi Samudra Pasifik dan rupanya bisa ditempuh dalam waktu dua jam dari Tokyo, lho.  Taman ini dibuka sejak tahun 1991 di mana usia saya masih satu tahun pada waktu itu..he.

Teman-teman bisa menikmati taman ini hampir sepanjang tahun, lho. Taman ini dipenuhi dengan bunga yang tumbuh secara bergantian dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang nggak bisa ditolak oleh para traveler.

Pada musim semi, teman-teman bisa menikmati bunga tulip yang indah banget, sedangkan pada musim panas,  teman-teman juga bisa menikmati bunga nemophilia serta zinnia yang memanjakan mata. Selain itu, kosmos dan kochia yang lebih mirip dengan permadani berwarna merah ini bisa teman-teman nikmati saat musim gugur tiba. Benar-benar pemandangan luar biasa yang nggak bisa ditolak oleh para traveler!

Manisnya Warna Merah Muda yang Dimiliki Lake Hillier, Australia

Indahnya pemandangan danau merah muda yang bikin kagum para traveler (Foto: australia.com)


Seperti danau yang telah ditumpahi cat warna merah muda, ya? Duh, cantik banget warnanya. Teman-teman bisa berkunjung ke danau yang terletak di Australia Barat ini, lho. Danau sepanjang 600 meter ini dikelilingi oleh hutan yang lebat serta tepian pasir yang semakin menambah keindahan tempat ini.

Para ilmuan menduga jika warna merah muda ini dihasilkan dari bakteri yang hidup dalam lapisan kerak garam. Jadi, belum dipastikan apa penyebabnya. Yang jelas, danau ini indah banget dan unik, ya?

Nah, itu dia beberapa tempat paling indah di dunia yang bisa membuat traveler kagum. Sangat menarik dan menjadi salah satu tempat impian yang pengen banget saya datangi. Kira-kira mana nih tempat yang menurut kamu paling indah? Kalau saya semuanya aja J

View Post


Assalamalaikum!

Alhamdulillah, kemarin menyempatkan membuat urap sayur yang enak banget. Jarang-jarang, sih, saya membuat urap karena malas membuat bumbu kelapanya..he. Kebetulan kemarin sudah membeli beberapa sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, mentimun dan kemangi. Niat banget bikin urap karena udah lama banget nggak bikin.



Untuk bumbunya sebenarnya bisa pakai resep mana aja. Ada yang biasa memasukkan kencur, kadang juga terasi. Kemarin saya cuma pakai bahan yang ada di rumah aja. Nggak ribet dan enak.

Kelapanya silakan pilih yang agak muda, ya. Jangan terlalu tua dan jangan pula terlalu muda. Yang sedang lebih enak dan berasa. Yuk, cobain resepnya!

Bahan:
Secukupnya sayuran sesuai selera
¼ kelapa parut dari sebutir kelapa

Bumbu kelapa:
2 siung bawang putih
5 siung bawang merah
Secukupnya cabai rawit merah
Secukupnya cabe merah keriting
Sedikit garam
Secukupnya gula merah
Sedikit kaldu bubuk
4 lembar daun jerik buang tulangnya

Cara membuat:
Haluskan bumbu dan campurlah dengan kelapa parut. Kukus sampai matang dan sajikan dengan aneka sayuran yang telah direbus.

Gampang banget, sih, sebenarnya. cuma kadang malas aja nyiapin dandang buat ngukus dan ngulek bumbunya..hehe. Kalau teman-teman bikin bumbu urap pakai apa aja, nih? Saya juga nggak terbiasa menggunakan takaran jadi resepnya tidak pakai takaran kebanyakan. Pernah ada teman di cookpad yang bilang, kalau nanya takaran terus kapan bisa masaknya? Duh, bener juga, sih. Untung bukan saya yang ditegur..kwkwk.

Memasak memang enak karena terbiasa dan percaya diri aja. Lama-lama kemampuan memasak juga akan baik kalau sering praktik. Yuk, cobain resepnya! Selamat mencoba dan terima kasih sudah membaca J


View Post

Hello, Sahabat muyass.com!

Siapa di antara kamu yang pernah merasakan pahit getirnya hidup di pesantren? Hidup di pesantren itu memang berbeda pada setiap tempat, jadi nggak bisa disamaratakan begitu saja, lho.

Ada pesantren yang benar-benar seadanya dengan tujuan supaya santrinya bisa tirakat. Ada juga pesantren super mewah hingga ber-AC dan punya banyak fasilitas sehingga santrinya bisa nyaman banget buat belajar.

Pernah nggak, sih kamu melakukan hal gila di pesantren? Yup, hingga yang paling gila dan membuat kamu harus menahan geli hingga sekarang? Nah, 7 hal gila ini bisa jadi salah satu pelakunya adalah kamu atau malah saya? Yuk, kita simak satu-persatu!


Makan nggak pernah pakai piring, kalau pun punya piring, pasti usianya nggak akan lama.

sumber


Serius? Yup! Ternyata tinggal di pesantren itu lumayan rumit, lho. Kamu harus memberi nama sandal jepit hingga seragam dan keperluan mandi. Kalau tidak pasti bakalan gampang banget hilang. Selain itu, punya piring bisa jadi salah satu hal langka, lho. Santri di beberapa pesantren cuma makan beralaskan kantong kresek yang dibelah. Nggak peduli warna merah ataupun hitam. Kalau ingat sekarang, duh, bahaya banget itu alas makan..he. Kamu nggak bakalan kuat, deh. Udah, biar santri aja.. J


Sering banget pinjam barang tanpa minta izin sama pemiliknya, malah ngomong sendirian kayak orang kesambet.


sumber


Ini hal gila kedua yang bisa bikin ngakak. Saat kita butuh entah itu ember kecil hingga peralatan mandi, santri biasanya nggak perlu ngomong sama pemiliknya, malah ngomong sama diri sendiri,

“Boleh pinjem embernya, ya? Boleh, kok, pakai aja!” Setelah itu nggak dibalikin lagi. Duh, ngeselin banget santri macam begini..kwkwk.


Ngumpetin handphone sampai terciduk dan dihukum.


sumber


Perangkat elektronik di pesantren itu memang jadi barang langka dan mewah banget meskipun cuma handphone jadul. Jadi, nggak heran banyak juga yang ngumpet-ngumpet bawa handphone ke pesantren, terus kena razia dan handphone disita hingga baru boleh diambil ketika orang tuanya datang. Memalukan? Tapi, banyak juga yang mencoba dan nggak kapok, lho J


Hobi nyamil mie mentah meskipun itu nggak sehat tapi sangat nikmat.

sumber


Kelakuan santri itu begini, lho. Hobi banget makan mie mentah karena memang nggak semua pesantren menyediakan kompor dan boleh masak sendiri. Sedangkan teko pemanas kebanyakan gampang banget rusak karena dipakai oleh banyak orang. Yang antri bisa setengah hari, gimana nggak gosong itu pemanas air?

Mie instan memang jadi makanan super yummy dan simpel. Gampang pula dapetinnya. Makannya, nggak heran kalau banyak yang doyan ngemil mie mentah bersama bumbunya. Emang enak? Zaman dulu, sih, enak.. J


Nekat surat menyurat dengan santri cowok hingga terciduk oleh sang ustadz!


sumber


Biasanya santri perempuan dan laki-laki itu terpisah tempatnya, baik tempat ngaji maupun sekolah formal. Nah, karena susah banget ketemu, yang cowok sekolah pagi dan cewek sekolah siang, maka cara satu-satunya adalah main surat-suratan. Dan kenyataannya memang banyak juga yang melakukannya. Yup,  dan akhirnya berhasil ketahuan sama ustadznya, duh, malunyaa J


Tertidur saat ngaji dan sekolah adalah hal biasa, sampai-sampai ustadznya pun memaklumi.


sumber


Berbeda dengan yang tidak masuk pesantren, ketiduran adalah hal memalukan. Tapi, kalau santri ketiduran kadang ustadznya juga nggak marah, lho. Mungkin karena rutinitas santri yang cukup padat sehingga membuat mereka cepat lelah dan ngantuk.

Ketika kamu melihat separuh dari teman-temanmu sudah tertidur, duh, itu menjadi kenangan tersendiri yang bisa dibilang hal gila tapi kamu pun pernah mengalaminya.


Nggak izin saat keluar pesantren dan berani bolos sekolah.


sumber


Memang pesantren itu bukan bengkel, ya. Kalau memang anaknya sudah geblek dari sananya kadang memang susah banget berubah. Kadang mereka berani banget keluar pesantren tanpa izin bahkan ada yang baru keluar ditabrak motor hingga babak belur. Kami menganggap ini adalah ‘karma’ karena mereka gampangin banget bolos seperti itu. Sedangkan selama ini kita tahu bahwa izin adalah hal utama yang nggak bisa diremehkan.

Itulah 7 hal gila yang kerap dilakukan santri saat di pesantren. Gimana, apa kamu pernah mengalaminya? Kalau iya, coba ceritakan hal gila apa yang pernah kamu lakukan dan nggak pernah bisa dilupakan hingga sekarang?

View Post




Assalamualaikum...
Alhamdulillah, pagi ini saya mau share sedikit resep soto daging yang lezat dan yummy banget apalagi kalau dimakan pakai perasan jeruk nipis dan taburan tauge pendek. Duh, nggak usah dibayangin nanti pengen..hehe.

Saya pribadi lebih suka membuat bumbu sendiri. Mau ayam goreng, opor, rawon dan semuanya. Nggak tahu kenapa, kalau beli aromanya bikin ilfeel (udah kayak ketemu orang aja, yaa). Baru buka bungkus bumbunya udah tercium aroma yang nggak enak banget. Ujung-ujungnya masakannya pun jadi kurang sedap. Mungkin ini hanya perasaan saya aja.

Nah, kalau cari resep, saya hanya ubek-ubek Cookpad aja, sih, dan blognya Catatan Nina. Kalau di Cookpad, karena saya sudah lumayan lama juga di sana, jadi udah banyak simpen resep yang udah benar-benar pas di lidah.

Untuk kali ini pun saya pakai resepnya mbak Fitri Sasmaya yang mudah dan enak banget. Cocok dengan selera saya pokoknya..he. Yuk, cus resepnya.

Bahan:
300 gram daging sapi, saya lebih suka pakai tetelan
2500 ml air
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk (saya 5 lembar)
1 batang serai
1sdt gula pasir
1 sdm garam
1 sdt kaldu sapi bubuk (bisa skip)
1 batang daun bawang, iris
1 batang atau lebih daun seledri
Bumbu:
5 bawang merah
4 bawang putih
3 kemiri
1 cm jahe
1 sdt ketumbar
½ sdt kunyit bubuk

Cara Membuat:
  • ·         Didihkan air di dalam panci dan rebus daging dengan api kecil supaya kuahnya bening dan kaldunya gurih. Setelah empuk angkat daging dan potong-potong.
  • ·         Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama serai, daun jeruk dan daun salam. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Kemudian masukkan irisan daun bawang. Tumis hingga layu dan wangi.
  • ·         Masukkan ke dalam rebusan daging. Didihkan sebentar sampai semuanya pas. Dan hidangkan dengan pelengkap termasuk irisan seledri dan tauge pendek. Jangan lupa juga sambalnya, ya. 

Itulah resep mudah membuat soto daging yang seger dan yummy banget. Kalau semangkuk soto daging saya kebanyakan masukin taugenya..hehe. Dagingnya ngumpet semua. Tapi, saya memang sukaa banget makan tauge dan sayuran lain. Kalau makan soto saya suka kasih perasan jeruk nipis yang banyak dan tauge melimpah. Setelah itu dikatain sama paksu, kenapa soto isinya tauge semua? Haha. Selamat mencoba dan semoga suka resepnya, ya.

Terima kasih sudah berkenan membaca,
Salam hangat,
www.muyass.com

View Post



Masya Allah, Ramadhan sebentar lagi datang, ya. Nggak terasa banget, sepertinya baru kemarin lebaran, sekarang sudah akan memasuki bulan suci kembali.

Puasa di bulan Ramadhan bagi kita memang adalah hal biasa, ya. Tapi, bagaimana dengan anak-anak yang baru berusia 7 tahun? Dan mereka yang baru saja mulai belajar berpuasa? Dan buku ini menjadi sahabat bagi mereka yang akan menjalankan ibadah puasa pertamanya.

Ini merupakan salah satu antologi bersama, buku yang bisa memberikan banyak sekali wawasan bagi anak-anak dan orang tua. Ditulis oleh beberapa penulis yang memang benar-benar mengalami indahnya Ramadhan di luar negeri, disertai tips berpuasa dan berbagai macam kuliner khas negara masing-masing.

Alhamdulillah, senangnya bisa menjadi bagian dari 25 penulis yang ikut merampungkan buku ini. Sebelum terbit, buku ini sudah berhasil terjual sebanyak 25 ribu. Duh, banyak banget. Nggak nyangka bisa sampai serame itu.



Buku ini memang spesial banget. Karena nggak banyak buku semacam ini dan tepat banget diterbitkan menjelang Ramadhan. Cover bukunya juga menarik hati. Anak-anak pasti seneng banget bisa membaca kisah-kisah fiktif dari berbagai negara yang sukses melaksanakan puasanya.

Buku ini merupakan ide besar dari mba Efa Refnita yang tinggal di Canberra. Mentor menulis kami mbak Wulan mencoba membuatnya menjadi nyata dan alhamdulillah dipinang oleh penerbit Ziyad. Sebenarnya awalnya saya tidak termasuk dari sekian penulis yang ada. Jadi, kebanyakan saya pun nggak terlalu paham ada apa saja kisah di balik layarnya sampai akhirnya saya diminta langsung mengisi salah satu cerita dari Inggris yang kebetulan entah apa alasannya tidak bisa segera mengirimkan naskah.

Alhamdulillah, sekarang saya pun bisa tersenyum manis menikmati buku yang lahir dari penerbit Ziyad ini. Duh, keren banget, masya Allah.

Saya berterima kasih banget kepada mbak Wulan Mulya Pratiwi, yang karena beliau saya bisa menyelesaikan banyak antologi dan buku solo. Peran besar para mentor menulis saya termasuk dari Sekolah Perempuan serta kelas menulis lainnya tidak akan pernah saya lupa.

Berkat merekalah saya bisa menikmati manisnya menimang buku. Sebentar lagi pun akan hadir buku antologi fabel dari Scritto. Bahagia itu sederhana, ya. Meski dulu entah berapa kali dianggap gagal dan nggak jelas tulisannya, akhirnya sampai juga saatnya memetik buahnya. Dan belajar itu belum juga usai, karena meski telah memiliki beberapa buku, tetap saja kemampuan menulis saya masih di bawah. Harus terus semangat belajar dan semoga dipermudah, insya Allah. Amiin.

Terima kasih buat semuanya,

Salam hangat,
www.muyass.com

View Post




Bismillah…

Alhamdulillah, akhirnya bisa posting lagi setelah sekian hari tidak berani membuka blog karena jadwal manggung yang lumayan padat (baca: nyuci, setrika, ngepel, masak). Dan saya mati gaya mau posting apa, curhatan? Melanjutkan petualangan selama di Turki kemarin, atau majang resep sederhana banget. Duh, akhirnya yang terakhir yang dipilih sodaraaah.

Sudah beberapa hari saya batuk-batuk, sampai perut rasanya njarem banget buat batuk, nggak nahan ngilu. Akhirnya lemes dengan DL tulisan yang menumpuk. Bukannya banyak istirahat, kalau sudah di depan laptop dan anak-anak bobok, rasanya sayang banget mau ditinggalin..hiks. Alhasil nggak jelas jam tidurnya. Tambah bengek udah.. L

Seminggu ini masih harus melanjutkan proyek 50 artikel di UC News, saya pun maksa banget kirim ke Takaitu hampir setiap hari walau nggak semua diterima tetapi seminggu ini sudah ada 6 tulisan yang terbit di sana *yeeeay! Nggak tahu kenapa seneng banget dan seakan serakah banget pengen tulisan masuk di sana setiap hari…kwkwk.

Masih harus menambah cerpen untuk sebuah antologi bersama para pemenang lomba di Najmu Books kemarin, ada naskah buku pulak yang harus secepatnya dibereskan. Duh, pokoknya sok sibuk banget tapi, bahagia…

Allah mudah banget ngasih semuanya, sangat mudah. Jika sekarang mendapatkan banyak hal yang dulu cuma mimpi, kadang sampai lupa jika sebelumnya saya kadang hanya tidur sebentar di meja kemudian bangun lagi melanjutkan menulis. Yang berat-berat itu lupa semua kalau sudah mendapatkan apa yang kita inginkan. Benar, kan?

Saya memang pemula, remahan pulak, tapi udah belagu, lari sana, lari sini untuk mencoba semuanya. Awalnya sih nggak berniat begitu, tapi ternyata jalannya begitu. Alhamdulillah banyak hal saya dapat. Belajar sambil praktik aja, karena kadang nggak nyambung juga soal teori. Saya menjalankan prinsip ini aja, kamu bisa menulis karena kamu banyak membaca, dan kamu tidak akan menjadi penulis jika kamu tidak pernah memulainya.

Dan ini dia resep brokoli krispi yang nggak nyambung banget sama yang dibahas dengan judulnya..kwkwk. Yuk, ah, bikin brokoli krispi. Kalau teman-teman tidak mau pakai tepung bumbu, teman-teman bisa pakai full tepung terigu sama maizena dan dibumbui garam dan merica bubuk. Tapi, kalau mau praktis seperti saya, supaya nggak terlalu terasa gurih penyedapnya, saya cuma pakai tepung bumbu untuk pencelupnya saja. Sisanya saya pakai terigu dan maizena. Yuk, cobain!

Bahan:
1 buah brokoli ukuran sedang
½ bungkus tepung bumbu
Secukupnya terigu
Sedikit tepung maizena
Sedikit air

Cara membuat:
1.      Cuci brokoli dan potong perkuntum.
2.      Larutkan tepung bumbu dengan sedikit air hingga kental dan jangan terlalu encer.
3.      Masukkan brokoli ke dalam larutan tepung bumbu. Kemudian gulingkan dalam campuran terigu dan maizena. Cubit-cubit supaya keriting hasilnya, ya.
4.      Goreng dalam minyak panas sampai keemasan dan angkat.

Nah, itu dia resep brokoli yang dibumbui dengan curhatan. Terima kasih sudah berkenan membaca blog saya. Semoga apa yang teman-teman inginkan tercapai dan salam hangat.

www.muyass.com

View Post


sumber


Sekitar tanggal 1 April kemarin saya sempat menulis di blog jika saya pengen banget menulis artikel dan masuk ke takaitu.com. Kenapa sih harus Takaitu dan terlihat ngebet banget? Alasannya, nggak tahu kenapa sejak pertama kali tahu kalau takaitu itu milik anak Indonesia dan merupakan bahasa Minang, kok kayaknya keren banget di mata saya, ya.

Meskipun artikel di UC News sudah mencapai 500 artikel lebih termasuk ada proyek juga bersama teman geng motor saya, masuk takaitu tetap jadi primadona dan punya daya tarik tersendiri buat saya, lho.

Jujur saja saya nggak pede menulis di takaitu. Pas baca, kok gaya bahasanya gaul banget, khas remaja banget. Sedangkan selama ini saya selalu menulis pakai ‘Anda’ di UC News dan belakangan mulai menulis dengan kata ‘kamu’ saat menulis fashion. Nah, pas baca beberapa artikel di Takaitu, bahasanya ‘Guys’ yang jauh banget dari emak-emak seperti saya..he. Pengen cakar-cakar tembok.

Tapi, malam itu saya sedang suntuk dan bosan banget ngintip UC, selain memang sudah setor 5 artikel maksimal udah nggak bisa lagi seharian..kwkwk. Akhirnya saya memaksakan diri membaca beberapa kategori artikel di takaitu yang ingin saya coba tuliskan.

Di Takaitu, menurut teman saya, jika teman-teman nggak punya gambar hasil jepretan sendiri sebaiknya tidak perlu memasukkan gambar, ya. Nanti pihak takaitu akan menyiapkan gambarnya sendiri.

Dan lagi, saya  benar-benar nggak tahu aturan menulis di sana kecuali saya membuka step by step mengirim artikelnya. Jadi, saya nggak tahu menahu ketika malam itu mengirim 2 artikel, jumlah katanya minimal berapa dan maksimalnya berapa. Aduh, nekat banget, ya..he.

Dan malam itu saya putuskan menulis artikel tentang kesehatan karena rupanya di sana kategori kesehatan masih sedikit jumlah artikel yang masuk. Satu artikel ini pun kemudian terbit keesokan harinya, lho. Masya Allah, senangnya bukan main kayak anak kecil dapat balon..kwkwk. Ini dia link-nya,

Guys, Jangan Asal Minum Antibiotik, Ini Dia 5 Fakta Tentang Antibiotik yang Jarang Diketahui

Nah, artikel kedua tentang kuliner. Dan alhamdulillah, hari ini terbit setelah kemarin dijadwalkan terbit tanggal 03/04/2018. Senangnya bukan main, lho.

Guys, Ini Dia 5 Asinan Khas Nusantara yang Sukses Bikin Kamu Ngiler!

Apakah di Takaitu dapat honor? Jujur saja ketika masuk ke sana saya nggak berpikir soal honor, ya. Sebab saya benar-benar ingin menyusul teman-teman yang sudah menerbitkan artikel di sana, dan keinginan untuk sekadar masuk ke sana memang jauh lebih besar. Dan lagi, karena ini milik anak Indonesia, kenapa nggak??

Tetapi, setiap orang pasti punya tujuan berbeda. Dan tentu saja itu jadi pilihan masing-masing orang, ya. Tidak masalah kalau memang ingin mengejar bayaran, karena di takaitu juga dibayar, kok… J

Sampai saat ini saya masih menggebu menulis di Takaitu selain saya masih aktif mengisi di akun UC News saya. Ternyata menulis di media online itu punya kepuasan dan rasa happy tersendiri yang berbeda dengan ketika kita menulis buku. Keduanya sama-sama bikin happy, tetapi mencapai semuanya pun butuh semangaat dan jangan minder, ya.

Mimpi-mimpi itu ada untuk diwujudkan, bukan sekadar diceritakan, ya, Guys! *gaya..kwkwk.

Terima kasih sudah membaca kisah penuh rona hari ini,

Salam hangat,
www.muyass.com

View Post


sumber


Ada yang spesial pada bulan April. Meski tak pernah direncakan akan pindah kamar tanggal berapa, tetapi akhirnya si sulung ‘dipaksakan’ segera pindah kamar malam ini juga..he.

Usianya sudah 7 tahun sejak Januari lalu. Keinginan pisah kamar sudah kami katakan sejak lama. Tapi, sama seperti saya dulu, rasa takut dan masih ingin tidur sama bundanya membuat dia nggak mau pindah-pindah. Pusing kepala emak..he.

Kami akhirnya sepakat, jika dia bisa belajar tidur di kamarnya bersama ayahnya. Jika siang sepulang sekolah ingin tidur siang (sayangnya dia pulang sore), dia bisa belajar tidur sendiri di atas tanpa di dampingi.

Sejak masuk sekolah, memang ada saja yang berubah dari dia. Awalnya dia pemberani sekali, giliran masuk sekolah, malah banyak yang ditakutkan. Bahkan adiknya yang masih dua tahun sering diseret-seret suruh nemenin, ke kamar mandilah, ke dapur.

Ternyata memang teman-temannya suka bercerita aneh-aneh pada si sulung. Sampai-sampai dia kenal segala jenis makhluk ghaib yang sama sekali tidak pernah saya ceritakan sebelumnya. Sempat kaget, tetapi itulah lingkungan yang tidak bisa dihindari. Dan ternyata, untuk membuat dia kembali berani nggak gampang.

Makannya, sekalian pindah kamar sekalian belajar berani. Kamarnya di atas, jadi lumayan juga kalau ada rasa takut karena kamar saya ada di bawah. Tetapi kalau bukan sekarang kapan lagi dia pisah kamar? AC di atas sampai rusak karena tidak pernah dinyalakan..he.

Malam ini, dia masih menolak ketika mau saya tinggal. Meski ayahnya sudah pulas di kamar yang sama, tetapi dia bilang mau sama bunda. Setelah saya temani beberapa saat barulah dia mau ditinggal.

Saat kembali ke kamar saya, tidak melihat dia lagi di kasurnya, kok perasaan tiba-tiba sedih sendiri, ya. Belajar berpisah, belajar ditinggal atau meninggalkan ternyata bukan hal mudah. Padahal ini baru hanya pisah kamar. Rasanya saya terlalu lebay seperti ada banyak yang hilang tanpa melihat dia terlelap di dekat saya.

Setiap malam kami bisanya membaca buku cerita. Dia suka sekali membaca. Buku-bukunya menumpuk di lemari. Dan meski sudah pandai membaca sendiri, tetapi dibacakan cerita oleh saya tetap jadi hal menyenangkan bagi dia. Dan adiknya pun mulai ikut-ikutan mengambil buku di lemari, kemudian bilang “baca buku.”

Bulan April bukan cuma bulan kelahiran saya (tambah tua), tetapi juga bulan di mana putra sulung saya harus pisah kamar. Ternyata begini, ya rasanya punya anak sudah agak besar. Kemudian semakin besar akan seperti apa lagi dan waktu cepat  banget perginya.

Semoga kamu memaafkan kesalahan bunda dan ayah ya, Nak. Insya Allah kamu bisa jadi anak yang bahagia, sholeh dan mampu memperjuangkan keinginan kamu. Bunda kok sedih, ya. Padahalkan cuma pisah kamar saja. Besok pagi akan bertemu lagi dan ngomel karena kamu masih berbaring di karpet dan tidak lekas mandi. Tetapi menyadari usia kamu sekarang membuat sesal, semoga yang telah berlalu menjadi sesuatu yang akan berakhir baik. Insya Allah. Maafkan jika bunda dan ayah belum bisa jadi yang terbaik dan kadang membuat kamu sedih. Maafkan…Semoga ini bisa jadi sesuatu yang berharga, belajar mandiri dan tanggung jawab serta berani.

View Post