Tuesday, July 24, 2018

Chicken and Shrimp Egg Rolls

Alhamdulillah, akhirnya bisa meluangkan waktu untuk ngisi blog lagi. Liburan sekolah yang amat panjang sudah berakhir. Liburan tahun ini memang sangat panjang, terutama karena sekolah si sulung benar-benar meliburkan tanpa jeda sejak selesai UKK dan langsung ambil rapot. Kayaknya liburnya sekitar sebulan lebih.

Nah, kalau sudah mulai masuk sekolah lagi, itu artinya pagi-pagi harus menyiapkan bekal juga untuk kakak. Bekalnya ada dua jenis, satu snack dan satunya makan siang. Saya jarang banget beli. Lebih seringnya sih bikin karena selera dia yang agak susah, nggak semua makanan dia doyan, pemilih banget.
 

Biasanya saya selalu menyimpan stok lauk di frezer. Biar nggak pusing kalau pagi-pagi nggak sempat masak macam-macam, bisa segera digoreng. Kadang bikin nugget atau chicken egg rolls.


Nah, kali ini lagi pengen banget bikin chicken egg rolls. Mungkin prosesnya agak lebih merepotkan karena harus bikin kulitnya, tapi sebenarnya semuanya sih mudah saja, kok. Dagingnya bisa ayam dicampur daging sapi, atau kali ini saya mencoba ayam dan udang. Teksturnya pas banget. Padahal sambil ngarang bebas juga sih..hehe. Teman-teman bisa menambahkan sayuran seperti wortel atau tanpa sayur pun nggak masalah.
 

Oke, nggak usah lama-lama, ya. Yang pengen coba silakan intip bahan dan proses pembuatannya.


Bahan:

Sepasang dada ayam, ambil dagingnya

250 gram udang, kupas dan cuci bersih

1 bungkus keju, parut

2 butir telur

2 sdm tepung terigu

2 sdm tepung maizena

1 sdm saus tiram (bisa ditambah jika kurang)

4 siung bawang putih

Secukupnya merica bubuk

Secukupnya garam

Sedikit kaldu bubuk (boleh skip)

 

Bahan kulit:

4 butir telur

20 gram tepung maizena

80 gram tepung terigu

160-180 ml air

¼ sdt garam

1 sdm minyak

 

Cara membuat:

1. Haluskan bawang putih bersama daging ayam dan udang kupas. Tambahkan telur, merica, garam, penyedap, saus tiram, dan tepung. Haluskan jadi satu.

2. Tambahkan parutan wortel (jika pakai sayur) dan kejunya juga, ya. Campur semuanya jadi satu pakai sendol. Jika ingin menambahkan penyedap boleh saja. Tapi, sebenarnya ini sudah gurih alami, lho. Selain karena pakai ayam dan udang, saya juga tambahkan keju.

3. Supaya nggak salah menyesuaikan asin dan gurihnya, teman-teman bisa menggoreng sedikit adonannya. Kalau memang sudah pas, sisihkan, ya.

4. Bahan kulit: Kocok lepas telur. Masukkan 1 sdm minyak goreng dan kocok dengan wisk sampai rata, ya.

5. Campurlah tepung dengan air sampai nggak bergerindil. Kalau perlu bisa disaring supaya nanti hasilnya bagus.

6. Campurlah telur kocok dan adonan tepung tadi, tambahkan garam, kocok sampai rata.

Saya pakai 180 ml air, sesuaikan saja, ya karena ukuran telurnya bisa beda-beda. Jadi, sebaiknya nambahnya dikit-dikit dan coba dibuat dadar.

7. Panaskan teflon, olesi margarin. Tuang satu sendok sayur adonan dan buat dadar tipis, ya. Angkat dan lakukan sampai adonannya habis.

8. Masukkan campuran daging ke dalam dadar. Gulung dan bungkus dengan plastik tahan panas satu persatu supaya ketika dikukus nanti tidak saling menempel. Lakukan semua sampai habis baru kemudian dikukus, ya.

9. Setelah matang dan dingin, potong-potong menyerong. Langsung goreng atau simpan saja di frezer dan bisa digoreng kapan pun diinginkan.
 

 Voila! Chicken and shrimp egg rolls siap dijadikan bekal sehat buat anak-anak. Meskipun tampak panjang banget prosesnya, tetapi sebenarnya ini mudah. Hanya saja butuh yang namanya sabar..hehe. Hasilnya banyak banget. Sekitar 3 plastik ukuran 2 kg..hehe. Puas-puasin deh, ya makannya.. :D

 

Selamat mencoba dan salam hangat,

 

Friday, July 20, 2018

Chocochips Cookies

Kemarin menyempatkan memanaskan oven, membuat cookies buat anak-anak. Yang simpel, yang gampang, dan sebisa mungkin anti gagal, ya…he. Bikin Cookies ini nggak butuh waktu lama, kok. Prosesnya sih sebenarnya ada dua cara. Pertama, adonan cookies bisa disimpan semalaman di kulkas, atau langsung dipanggang dengan catatan segera dipanggang jangan sampai meleleh adonannya.


Nah, karena saya nggak pengen nunggu terlalu lama, akhirnya saya pilih opsi kedua saja. Supaya adonannya tetap bagus, setiap memanggang, saya simpan adonan di kulkas. Saat akan memanggang lagi, saya ambil lagi, dan simpan lagi, begitu seterusnya sampai adonan habis.

Resep Cookies Spesial


Resep ini saya ambil dari resep Ci Tintin Rayner, master banget di Cookpad dan bukunya pun sudah terbit. Ketika memanggang, nggak usah menunggu sampai cookies berwarna kecokelatan, karena meskipun ketika dikeluarkan masih empuk bagian tengahnya, belum mengeras banget, nanti setelah dingin cookies ini akan mengeras sendiri, kok. Kalau terlalu lama justru jadi nggak enak dimakan dan keras.


Jadi perhatikan waktu memanggangnya, ya. Jangan sampai salah paham dengan warna dan teksturnya yang masih kelihatan muda dan masih empuk ketika ditekan. Teman-teman bisa mencoba mengeceknya terlebih dahulu sebelum memanggang semua adonan terlalu lama. Khawatirnya malah gosong :(


Biar nggak lama-lama, silakan cek resepnya, ya!


Bahan:

340 gr terigu protein sedang (segitiga)

½ sdt baking powder

½ sdt baking soda

½ sdt garam halus (saya skip karena nggak punya)

170 gr butter suhu ruang ( saya pakai Blue Band Cake and Cookie)

140 gr gula pasir (saya pakai 100 gr)

110 gr gula palem

1 butir telur ukuran besar

½ sdm vanilla essence

152 gr chocohips (saya lebihkan)


Cara membuat:

1. Mixer gula dan butter sampai mengembang sekitar 3 menit. Turunkan kecepatan, masukkan telur, mixer asal rata. Masukkan vanilla essence , mixer sebentar sampai rata.

2. Ayak terigu, garam, soda kue, baking powder, dan masukkan ke dalam campuran gula dan butter. Aduk dengan spatula sampai rata, jangan over, ya.

3. Masukkan chocochips, aduk kembali hingga rata.

4. Bulatkan adonan menggunakan skop es krim, atau pakai tangan. Bisa dipipihkan dengan garpu, atau biarkan tebal juga nggak masalah.

5. Panggang suhu 160 selama 12-15 menit, atau sesuaikan dengan oven masing-masing.

Angkat dan dinginkan, beru kemudian masukkan toples.


Itulah resep chocochips cookies yang bisa teman-teman buat di rumah. Bikin ngiler banget kan tampilannya secakep itu. Kebayang kan kalau anak-anak tahu? Pasti heboh deh minta bikin lagi dan lagi saking enaknya. Gunakan chocochips kualitas baik jika ingin lebih mantap. Bikin sendiri beda banget dengan yang dijual. Yang ini lebih nagih. Wangi butter, aroma gula palem, cokelat meleleh pas baru keluar oven, duh mana tahan. Anak-anak doyan banget makan ini.


Mereka juga antusias banget karena bisa bikin cookies sendiri. Berebutan pengen bantuin...kwkwk. Kita bisa ajak anak-anak dan agendakan di hari libur untuk membuat cookies enak dan yummy lainnya. Anak-anak bisa dibagikan tugas sesuai sama kemampuan mereka dan berikan kepercayaan bagi mereka untuk melakukan tugasnya masing-masing. Percayalah, mereka akan bertumbuh menjadi orang yang lebih mandiri asalkan kita ngasih mereka kepercayaan.


Salah dikit nggak masalah, ya. Karena mereka pun sama dengan kita yang sering melakukan salah. Hanya saja orang tua lebih gengsi mengakui bagian ini...kwkwk. Sukanya minta anak-anak sempurna, lupa kalau kitanya banyak cela dan salahnya :(


Terima kasih sudah mampir di muyassdotcom, dan tetap semangat belajar masaknya, ya!


Salam hangat,

 

Tuesday, July 3, 2018

Roti Gulung Nugget Keju

Alhamdulillah, setelah lama tidak baking sejak pertengahan Ramadan kemarin, akhirnya pagi ini niat banget singsingkan lengan untuk kembali ngulen roti. Anak-anak sudah sangat kangen makan roti buatan emaknya. Roti-roti yang lewat di depan rumah dicuekin kalau ada stok roti homemade di atas meja.

Tapi, kayaknya bosen bikin roti yang biasa-biasa saja, ya. Jadi kepikiran bikin yang lebih spesial dan gurih gitu. Hm, akhirnya tercetus ide simpel ini. Yapt! Roti Gulung Nugget Keju yang simpel tapi sangat istimewa.


Kali ini saya menggunakan nugget stik ayam dari So Good yang sangat yummy dan cocok buat stok lauk di rumah. Kalau sedang malas masak dan buru-buru ingin makan, nugget So Good cocok deh dimasak dalam waktu cukup singkat. Anak-anak juga doyan, dicocol pakai sambal tomat dan dinikmati bersama nasi panas, hmm, yummy banget.
 

Banyak ide menarik bisa disajikan dari nugget ayam So Good ini, lho. Produk-produknya lengkap dan jika masih bingung akan dimasak menjadi menu apa, bisa intip deh resep-resep favoritnya di sini.


Nah, pagi ini saya pun telah siap dengan beberapa bahan sederhana untuk membuat roti isi nugget ini. Kita siapkan bahan-bahan ini, ya!


Bahan:


150 gr terigu protein tinggi

1 butir kuning telur

70 ml air hangat

1 sachet susu bubuk

½ sdt ragi instan

3 sdm gula pasir

Sejumput garam

20 gram butter


Bahan isian:


Secukupnya nugget stik ayam So Good yang sudah digoreng

Secukupnya potongan keju

Secukupnya oregano sebagai taburan

Secukupnya keju parut sebagai taburan


Cara membuat:

1. Campur 1 sdm gula pasir bersama ragi instan dan air hangat. Aduk rata dan diamkan sampai berbusa sambil kita siapkan bahan-bahan lainnya. Tujuan mencampur ragi instan dengan air hangat dan gula adalah untuk mengetahui apakah ragi masih aktif atau tidak. Jika campuran ragi berbusa, maka bisa dipastikan ragi bisa dipakai. Untuk itu teman-teman harus menggunakan air hangat kuku, jangan terlalu panas nanti ragi bisa mati, atau terlalu dingin, justru membuat ragi sulit aktif.

2. Siapkan terigu, kuning telur, sisa gula pasir, susu bubuk dalam satu wadah. Masukkan campuran ragi yang telah berbusa. Ulen atau mixer sampai tercampur rata. Baru kemudian masukkan butter dan garam. Mixer kembali sampai adonan kalis elastis ditandai dengan adonan yang sedikit mengkilap, mudah dibentangkan tanpa mudah sobek serta tidak lengket.

3. Siapkan bahan isian. Gilas adonan sesuai selera. Saya isi dengan satu nugget stik ayam So Good serta keju. Gulung sampai rapi. Susun di atas loyang yang telah diolesi dengan sedikit margarin. Jangan lupa beri jarak karena nanti akan mengembang. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Tutup dengan lap bersih hingga satu jam atau sampai mengembang dua kali lipat.

4. Panaskan oven suhu 180 derajat atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Saya pakai api atas dan bawah. Panaskan 10 menit sebelum digunakan.

5. Setelah adonan mengembang, beri taburan berupa keju parut serta oregano di atasnya. Panggang roti selama 15 menit atau sesuai oven masing-masing.

6. Keluarkan roti dari oven dan olesi atasnya dengan butter supaya tidak kering dan lebih wangi.


Voila! Roti Gulung Nugget Keju siap disantap bersama keluarga tercinta. Hmm, ternyata gurihnya nugget ayam So Good cocok banget dipadu dengan keju dan lembutnya roti. Akan lebih sedap jika diberi tambahan saus sambal di atasnya.

Roti ini cukup singkat waktu pembuatannya karena hanya butuh satu kali proofing, ya. Nggak sampai bikin bosan nungguinnya, kok..hehe. Hasilnya? Tetap lembut meskipun tanpa pelembut roti.

Next bikin sajian spesial apalagi dengan nugget So Good, ya? Jadi banyak ide menarik, nih! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!