Top Social

Ternyata Seperti Ini Penampakan Garam Himalaya, Si Pinky yang Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh Kita

garam himalaya
Garam Himalaya berbeda dari garam biasa yang sering kamu konsumsi (Foto: rebeccasnaturalfood)


Pernah dengar nggak, sih? Ternyata ada garam selain garam dapur dan warnanya pink cantik gitu? Bahkan seseorang menyebutnya mirip sekali dengan garam yang biasa kita dapatkan saat membeli rujak. Yess! Karena warnanya pink agak jingga mirip dengan garam yang biasa dicampur dengan cabai rawit…hehe.

Tapi, soal rasa, garam ini nggak pedas, kok. Ini memang garam dan asli garam. Bagi saya yang awam, garam ini termasuk baru. Saya pun tahu saat belajar tentang JSR (Jurus Sehat Rasulullah) dari dr. Zaidul Akbar. Menyisir postingan beliau di Instagram dan mendengar beberapa kajian beliau di Youtube. Tergelitik juga karena dr. Zaid tidak menganjurkan kita menghindari garam juga. Masih bolehlah, tetapi disarankan garamnya yang benar-benar alami, asli, bukan yang sudah kebanyakan diproses sehingga justru bukan menyehatkan, malah membahayakan tubuh. Salah satunya yang dianjurkan adalah mengonsumsi garam Himalaya ini.

Sebelum mendengar dari dr. Zaid, sebenarnya saya pernah juga mendapatkan video seorang remaja sedang jalan-jalan di pasar tradisional dan menceritakan manfaat buah dan sayuran segar bagi kesehatan. Dia sempat menyebutkan garam pink atau garam Himalaya ini. Katanya bagus dicampur dengan jus sehingga jusnya bisa lebih awet meskipun tidak langsung dikonsumsi. Dan yang pasti garam ini memang sehat.

garam himalaya
Seperti ini garam Himalaya yang saya punya (Foto: Dokumen pribadi)

Lalu, sebenarnya seperti apa garam Himalaya ini? Baik bentuk dan manfaatnya bagi kesehatan kita? Meskipun kemarin sudah membelinya, tetapi saya memutuskan tidak mengonsumsinya juga kecuali terpaksa banget…hehe. Terus garamnya buat apa? Buat koleksi…kwkwk. Nggak juga dong. Bisa dikonsumsi dalam jumlah kecil, bisa juga dikonsumsi oleh keluarga.

Dari Mana Asal Garam Himalaya?

Garam Himalaya memang tidak mudah didapatkan seperti garam meja atau jenis garam lain yang biasa kita gunakan untuk memasak. Garam Himalaya didapat bukan dari laut, tetapi berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia bernama Khewra Salt Mine yang lokasinya berada di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan. Nah, itulah sebabnya kenapa garam ini nggak sembarang bisa kamu dapatkan, tidak semudah saat kamu membeli garam biasa.

Garam Himalaya sendiri merupakan garam paling murni, selain itu, garam Himalaya sudah terkubur selama ribuan tahun tepat di bawah lapisan es, lava, dan salju seperti dilansir hellosehat.com. Jadi, jangan heran jika garam Himalaya warnanya pink. Warna pink ini merupakan kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Masya Allah.

Setelah kamu tahu asal usul garam Himalaya, mari kita bahas apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Kenapa banyak orang yang sedang diet atau menjalankan pola hidup sehat memilih garam jenis ini untuk dikonsumsi? Bahkan sebagian mencampurnya dengan jus?

Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan Tubuh Kita

1. Garam Himalaya Memiliki Kandungan Mineral yang Tinggi

Selain mengandung zat besi, garam ini juga mengandung mineral yang cukup tinggi bahkan sampai 80 mineral yang berbeda. Misalnya mineral magnesium, kalium, kalsium, fosfor, klorida, yodium, hingga seng.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan dan Hidrasi

Garam elektrolit yang ada di dalam tubuh kita berguna menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, garam elektrolit juga mampu menjaga keseimbangan hidrasi. Jika hidrasi dan cairan dalam tubuh terjaga, sinyal saraf kita pun mampu berkomunikasi dengan baik.

3. Garam Himalaya Mengandung Antimikroba

Inilah salah satu alasan kenapa seorang remaja di dalam video yang saya lihat zaman dulu, entah setahun atau dua tahun lalu mengatakan bahwa mencampurkan sedikit garam pink ini ke dalam jus bisa membuat jus lebih awet sehingga tidak harus langsung dihabiskan saat itu juga. Alasannya karena garam Himalaya ini mengandung antimikroba yang mampu mengawetkan makanan.

Sama seperti garam lain yang juga kamu tahu bisa mengawetkan ikan sehingga bisa kita konsumsi menjadi ikan asin yang rasanya Masya Allah bikin nagih. Garam Himalaya pun berfungsi sama yakni mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

4. Garam Himalaya Mampu Menyeimbangkan pH Tubuh Kita

Kandungan natrium yang ada di dalam garam Himalaya ini mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh kita. Natrium sendiri diketahui mampu menetralkan asam dalam tubuh manusia. Jika pH tubuh tidak seimbang, imunitas kita bisa menurun dan menyebabkan tubuh rentan terkena penyakit.

5. Membantu Tubuh Menyerap Nutrisi dengan Lebih Maksimal

Mengonsumsi garam Himalaya mampu membantu tubuh menyerap nutrisi makanan dengan lebih maksimal. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah proses detoksifikasi yang bisa membantu tubuh mengeluarkan racun, garam ini juga mampu menjaga kesehatan anggota tubuhmu seperti pembuluh darah, tulang, ginjal, bahkan empedu.

Ternyata banyak sekali manfaat garam himalaya ini. Bahkan kamu yang memiliki riwayat hipertensi bisa juga mengonsumsi garam ini mengingat kandungan natrium di dalamnya jauh lebih rendah ketimbang garam biasa.

Garam Himalaya ini bisa kamu dapatkan di toko online kesayangan kamu. Banyak yang menjualnya di sana. Kemarin saya dapat kemasan 500 gram dengan harga sekitar Rp. 45 ribuan. Ada yang lebih murah dan ada juga yang lebih mahal. Pastinya ukuran 500 gram ini awet banget, ya?

Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin belajar hidup lebih sehat. Jangan mendzalimi tubuh kita dengan mengonsumsi makanan tidak sehat atau ‘sampah’ seperti istilah yang diberikan oleh dr. Zaid. Saya masih belajar, tetapi sungguh manfaatnya sudah sangat terasa. Semoga teman-teman juga bisa mengikuti.

Salam,
3 comments on "Ternyata Seperti Ini Penampakan Garam Himalaya, Si Pinky yang Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh Kita"
  1. saya bener-bener belum pernah denger tentang garem ini dan lucu juga ternyata warnanya,bener bener cantik. Manfaatnya juga banyak banget ya, makasih kak infonya :h

    ReplyDelete
  2. baru tahu ternyata garam himalaya itu bukan dari gunung. kalau pakai garam ini bisa lebih sehat daripada garam dapur biasa dan banyak manfaatnya bisa sekaligus jadi pengawet tuh ya.

    ReplyDelete
  3. Aku biasa pakai himalayan pink salt buat campuran kalau cuci muka, 30 gram harganya 35rb an, mahal banget hiks

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature