Sering Membuat Bingung, Inilah Penyebab Bau pada Botol Susu Bayi

Sunday, May 12, 2019

Botol susu bayi merupakan salah satu perlengkapan makan yang harus dijaga kebersihannya. Sebab, pemakaian botol susu terbilang sering dan digunakan setiap hari. Masalahnya, ketika mencuci botol susu bayi, seringkali kita mengalami kendala seperti bau yang tidak kunjung hilang. Tentu, tujuan dari pencucian botol susu selain membersihkan juga menghilangkan bau. Apabila bau tidak hilang, maka kita harus harus segera mencari tahu solusinya.

Bagi yang punya bayi dan memberikan susunya lewat botol, masalah kayak gini kayaknya hampir dialami setiap hari. Apalagi kita telat mencuci botol, membuatnya semakin bau dan susah dihilangkan baunya. Saya juga pernah menggunakan botol untuk pemberian ASI bagi anak-anak.


Hanya saja, saya nggak memakainya dalam jangka waktu yang lama karena anak-anak nggak suka dikasih ASI pakai botol. Akhirnya jarang pakai botol susu lagi. Kalau sudah bau, saya biasanya mencucinya dengan sabun dan air hangat. Tapi, masalahnya nggak sesederhana itu kadang. Iya, kadang udah digituin tapi baunya masih nggak hilang juga. Auto bingung harus kayak apa :(


Tapi, tenang dulu. Setiap masalah pasti ada solusinya, kok. Jangan khawatir jika kamu termasuk orang yang menggunakan botol susu setiap hari dan butuh banget solusi supaya lebih mudah membersihkan botol susu anakmu. Iya, pasti ada caranya. Kayak apa sih cara menghilangkan baunya? Udah segala cara dilakukan, tapi ternyata masih kesulitan mengatasinya. Yups. Bagaimana cara menghilangkan bau pada botol susu bayi yang kerap membuat kita bingung?

Penyebab Bau pada Botol Susu Bayi


Sebelumnya, tahukah kamu penyebab dari munculnya bau pada botol susu bayi? Ya, salah satu dari penyebab bau pada botol susu bayi karena terlalu lama mendiamkannya sebelum dicuci.


Tentu kita sering meninggalkan beberapa peralatan makan bayi di dalam rak cuci, sebelum akhirnya dicuci selang jam berikutnya. Padahal, mendiamkan peralatan makan termasuk botol susu bayi selama lebih dari 5 jam tanpa dicuci, berakibat munculnya bau atau aroma tidak sedap. Aroma tersebut juga bisa muncul apabila masih tersisa susu di dalam botol.


Tak hanya itu, lemak dari susu yang tertinggal di botol juga menimbulkan bau jika didiamkan dalam waktu lama. Karena itulah, Ibu dianjurkan untuk segera mencuci botol susu bayi usai digunakan.

Solusi Menghilangkan Bau pada Botol Susu Bayi


Nah, setelah mengetahui penyebab dari bau pada botol susu bayi, selanjutnya kita harus segera mengatasinya. Caranya dengan menggunakan baking soda, yakni bahan untuk membuat kue. Masukkan satu sendok the baking soda ke dalam botol susu bayi yang bau bersama air. Lalu, diamkan larutan baking soda tersebut selama 5 menit. Apabila bau tergolong sulit hilang, kamu dapat membiarkannya selama semalaman. Jangan lupa untuk menggunakan sabun botol susu bayi setelah botol bersih dari bau. Tujuannya supaya baking soda yang tertinggal dapat ikut hilang tanpa sisa.


Berbicara mengenai sabun botol susu, sebaiknya pilihlah sabun pencuci foodgrade yang terbukti aman dan efektif membunuh bakteri. Misalnya Nipple Bottle dari Sleek Baby yang dapat kamu dapatkan di toko terdekat dengan harga terjangkau.


Bagaimana? Sekarang sudah tidak bingung lagi dong ketika botol susu bayi kita berbau? Ada baiknya kamu menghindari juga penyebabnya dan jangan lupa segera atasi dengan Nipple Bottle dari Sleek Baby, ya!


Salam,

Comments