Kebiasaan-kebiasaan yang Bisa Membantu Menurunkan Kolestrol

Thursday, May 23, 2019

Kita semua tentu sepakat bahwa tubuh yang sehat menjadi hal yang sangat berharga. Sebab, saat tubuh kita sehat, kita bisa menjalani berbagai aktivitas secara lebih mudah. Tapi, sayangnya tidak selamanya kita bisa berada dalam kondisi kesehatan terbaik. Karena, seringkali penyakit hadir begitu saja dan menyerang sistem kerja dalam tubuh manusia.

Kebanyakan penyakit muncul karena pola makan kurang baik dan tidak terjaga. Banyak orang yang makannya sembarangan, padahal gula darah di dalam tubuhnya sudah tinggi. Sudah kena diabetes, nggak mau jaga pola makan, masih punya beberapa jenis penyakit lain seperti kolesterol dan asam urat. Kebayang berat banget kalau kitanya nggak mau jaga pola makan.

Padahal, dari pola makan yang diperbaiki saja, kita bisa sembuh dengan sendirinya, lho. Hanya saja, untuk menjaga pola makan dan mulai mengerem keinginan makan macam-macam tentu sulitnya minta ampun. Mana bisa nggak makan mie instan? Mana bisa nggak makan gorengan lagi, kan ini enak banget dan susah ditolak? Dan seabreg alasan lain yang membuat kondisi tubuh malah semakin memburuk saja :(

Bersyukur banget, Ibu saya mulai mengerti bahwa menjaga kesehatan di masa tua tak terllau rumit sebenarnya asal kita mau jaga pola makan dan konsumsi makanan lebih sehat. Dan itulah yang Ibu lakukan selama setahun terakhir. Awalnya kecanduan sama obat hipertensi, kemudian mulai lepas dan nggak konsumsi setiap hari. Saya yakin, semua orang bisa mendapatkan kondisi tubuhnya yang sehat dengan cara sederhana seperti yang saya contohkan barusan.

SBTW, salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah kolestrol. Kolestrol biasanya hadir karena kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Kolestrol dalam tubuh perlu diwaspadai agar tidak mengganggu sistem kerja tubuh lainnya. Lalu, bagaimana cara mencegah kolestrol? Berikut ini beberapa cara menurunkan kolestrol yang bisa Anda lakukan setiap harinya.


Bebas stres


Tingkat stress yang Anda rasakan tidak hanya mengganggu psikis atau mental saja, tapi juga dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda. Sebab, ketika Anda mengalami stress yang berkepanjangan, maka secara tidak langsung kadar kolestrol dalam tubuh juga akan meningkat. Sehingga, bisa dikatakan kondisi mental memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan tubuh Anda terutama dalam hal menjaga kandungan kolestrol dalam tubuh.


Agar kolestrol dalam tubuh Anda tetap terjaga, maka sebaiknya mulailah kurangi tingkat stress dalam rutinitas harian Anda. Alihkan hal-hal yang bisa membuat stress dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berolahraga, mendengarkan musik atau bermain. Dengan menghindari stress, tubuh akan menjadi lebih sehat dan kadar kolestrol dalam tubuh pun bisa terjaga. Sebelum lanjut, kunjungi laman berikut https://www.frisianflag.com/ terlebih dahulu, ya.


Memperhatikan pola makan


Jika ingin mencegah kolestrol dalam tubuh, maka makanan jadi hal terpenting yang perlu Anda waspadai. Sebab, saat Anda mengonsumsi makanan yang berbahaya maka kadar kolestrol dalam tubuh dapat meningkat secara tajam. Sehingga, Anda sangat dianjurkan untuk memperhatikan betul pola makan sehari-hari agar kadar kolestrol dalam tubuh tetap terjaga.


Untuk menjaga kadar kolestrol dalam tubuh, maka sebaiknya hindari makanan yang memiliki lemak tinggi atau yang digoreng. Sebab, saat Anda menggoreng makanan maka secara tidak langsung minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat memicu kolestrol dalam tubuh. Konsumsi makanan yang lebih sehat seperti sayuran atau makanan-makanan yang dikukus. Sehingga, kadar kolestrol dalam tubuh terjaga dan Anda pun dapat menjalani hidup secara lebih sehat.


Salam,

Comments