Top Social

Resep Dough Enak untuk Dua Jenis Roti Sekaligus, Mudah Banget!

Resep roti untuk pemula

Harus ya, menuliskan judul Mudah Banget? haha. Karena resep ini memang tidak sulit apalagi buat pemula. Adonan yang ingin saya share kali ini pun jumlahnya sedikit sehingga akan sangat mudah jika diulen hanya dengan tangan. Sebagian orang justru suka mengulen dengan tangan, lho meskipun dia punya mixer roti sekalipun. Alasannya bisa karena hasil yang didapatkan berbeda.

Tapi, tolong jangan tanyakan pada saya, terutama ketika seperti sekarang, saat anak sudah dua, cucian numpuk dan setrikaan menunggu untuk diselesaikan…kwkwk. Jelas saya memilih menggunakan mixer karena lebih cepat dan menghemat tenaga. Zaman bungsu masih kecil, saya masih oke mengulen roti pakai tangan bahkan hingga tengah malam baru ngoven. Sungguh perjuangan yang tidak mudah.

Resep dough ini pernah saya share sebelumnya. Adonan killer soft bread dengan satu kali proofing saja. Jadi, sangat menghemat waktu dan tenaga. Karena dalam proses membuat roti itu benar-benar butuh waktu sampai setengah hari hingga roti dipanggang dan matang. Benar-benar capek, tetapi memang hasilnya sangat memuaskan jika kita bisa menyantap roti yang baru keluar dari oven.



Mungkin teman-teman bosan dengan postingan saya yang berupa roti seperti ini…kwkwk. Apa nggak ada camilan lain yang bisa dipamerkan di blog ini? Karena saya orangnya sangat rendah hati dan tidak sombong, maka saya menyimpan semua resep camilan selain roti. Iyap! Saya simpan di dalam hati karena masih berupa keinginan dan belum dicoba…kwkwk.

Semakin ke sini saya ingin enjoy menjalani peran saya sebagai seorang istri, seorang ibu yang mengurus semua pekerjaan rumah sendiri dan keperluan suami serta anak-anak. Kalau saya capek, ya udah, beli aja rotinya. Kalau nggak memungkinkan untuk masak sendiri, mending beli saja daripada masak, tapi malah dongkol karena menahan lelah. Dengan cara seperti ini, saya merasa jauh lebih baik. Jadi seorang IRT itu rawan stres. Saya pernah membaca sebuah artikel terkait topik tersebut. Sehari-hari kita hanya berputar di dalam rumah. Bertemu orang yang sama setiap hari. Melakukan pekerjaan yang sama, bahkan meski sering disebut nganggur, tapi kenyataannya pekerjaan kita nggak ada habisnya.

Jadi, kita sendiri yang harus pandai-pandai mengatur mood, mengerjakan pekerjaan yang menjadi prioritas, dan menikmati peran kita tanpa banyak mengeluh. Kalau kitanya bahagia, Insya Allah, seisi rumah juga bakalan happy! Walaupun saya tidak mengharamkan membeli makan di luar, tetapi tidak berarti saya selalu membeli makan, lho. Saya justru lebih senang jika di rumah ada masakan karena nggak bakalan pusing mau beli makan apa? Kalaupun beli, pastinya itu sangat jarang. Hanya ketika saya capek, sakit pun kadang masih masak, dan ketika sangat ingin saja. Selebihnya ya mending masak sendiri karena hanya kita sendiri yang paham apa yang dibutuhkan dan terbaik untuk anak-anak.

Nggak pengen juga dilihat sebagai ibu yang sempurna banget sampai nggak mau jajan di luar. Nggak segitunya juga, kok. Sekali dua kali dalam sebulan kami masih jajan di luar. Kalau teman-teman gimana? Apakah sesantai saya? Hehe.

Kembali lagi ke resep dough ini. Selain simpel, adonannya bisa dibuat dua jenis roti sekaligus, lho. Bisa roti manis dengan isian berupa selai cokelat dan teman-temannya, bisa juga dibuat gurih dengan isian keju dan sosis.

Nah, kali ini saya bikin sekaligus dua jenis roti dari satu adonan ini, ya. Teman-teman bisa menggunakan santan atau air biasa. Kalau pakai santan, rotinya jadi gurih dan wangi gitu. Enak banget. Kalaupun nggak ada, teman-teman bisa tambahkan susu bubuk sedikit lebih banyak. Oke, langsung catat resepnya, ya!

 
Resep roti untuk pemula
Setelah proofing dan siap dipanggang.

Bahan:

130 gram terigu protein tinggi
1 butir kuning telur
2 gram ragi instan yang masih aktif
60-70 ml santan hangat (Bisa pakai santan instan kemasan)
20 gram margarin
Sejumput garam
30 gram gula pasir (Untuk roti dengan isian gurih, kurangi gula pasirnya)
Secukupnya mesis cokelat, sosis, dan kejur cheddar parut, oregano

 


Cara Memasak:

1. Campur semua bahan kecuali margarin dan garam. Uleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai kalis elastis. Perlu diingat, ketika memasukkan santan, pelan-pelan saja supaya tidak kebanyakan. Biasanya saya pakai sekitar 65 ml santan.

2. Langsung bentuk adonannya sesuai selera, ya. Beri isian, dan biarkan selama kurang lebih satu jam atau sampai mengembang dua kali lipat. Waktu yang dibutuhkan sangat tergantung dengan suhu udara. Jika panas, adonan akan mudah mengembang. Jika musim hujan, agak lebih lama mengembang. Jangan lupa tutup adonan dengan kain bersih supaya tidak kering dan dapat mengembang dengan maksimal.

4. Nyalakan oven 10 menit sebelum digunakan. Panggang adonan roti selama kurang lebih 10-15 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing.

Resep roti untuk pemula
Sudah matang dan siap disantap!

Resep roti untuk pemula
Ini yang pakai isian mesis cokelat
Voila! Roti buatanmu sudah siap disajikan. Jangan lupa, sesaat setelah keluar dari oven, olesi bagian permukaan roti dengan margarin supaya lembab dan wangi. Gimana, gampang banget, kan sesuai dengan judulnya? Kwkwk. Semoga nggak bosan melihat postingan tentang roti ini, ya. Selamat mencoba!

Salam,
31 comments on "Resep Dough Enak untuk Dua Jenis Roti Sekaligus, Mudah Banget!"
  1. Resep-resep kue dan rotinya Mbak Muyass selalu oke. Biarpun belum tau rasanya (karena nggak dibagi 😊😊) tapi gambarnya selalu sukses bikin ngiler. Yang ini saya serius banget pingin nyoba bikin karena semua bahannya serba sedikit, jadi kalo gagal nggak terlalu sedih. Mau nanya dong, Mbak. Gimana cara menakar 2 gr ragi instan? Yang merk fermipan kan 1 sachet isinya 11 gr, gimana cara mengukur hanya 2 gr? Makasih sebelumnya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 gram itu kira-kira setengah sdt, Bun. Jadi, kalau 5 gram itu biasa saya pakai takaran 1 sdt. Kadang saya timbang langsung sebungkus, ambil sedkit sampai beratnya jadi berkurang 2 gr. Kira-kira demikian :D

      Delete
  2. Makan dougnut atau donat dan roti apapun memang enaknya begitu keluar dari open ya mbak mmmh yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak...wangi, anget..bikin ngiler pokoknya..haha

      Delete
  3. mb Muyass, saya pingin icip satu boleh mb? heheu~ klo kata orng Jepang "oishisouu~" alias kelihatan enakk bangettttt <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..seloyang juga boleh, Mbak asalkan datang ke rumah :D

      Delete
  4. caranya mudah banget. ini bisa langsung praktek.

    ReplyDelete
  5. Makasih resepnya Mbak, Insyaallah saya pengen nyoba ah. Sekali2nya dulu bikin roti waktu anak masih kecil, itupun hasilnya kurang memuaskan, kurang lembut rotinya.

    ReplyDelete
  6. rotinya menggoda, duu kelihatan enak, ijin save resepnya ya mba :)

    ReplyDelete
  7. Luar biasa Mbak. Hehe ... saya tipe orang yang kurang suka baking, udah enggak punya oven,dll. Hehe ... meski mudah juga emang belum pernah bikin kue or roti. Ampun, salut pokoknya sama Mbak Muyass yang selalu berkreasi di dapur. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, kutak sehebat itu kok...kwkwk

      Delete
  8. Terima kasih resepnya mb muyass, alhamdulillah kemarin udah beli otang. Harus coba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asyik banget mbak..bisa segera nyoba :D
      )

      Delete
  9. Duh... Rasa ngeces lihatnya, masih pagi juga.. Hehe.. Cakep ya mbak buatnya, cocok buat saya yg jarang buat kue utk mencobanya... Tqu resepnya mba muyas

    ReplyDelete
  10. aaahh alhamdulillaah.... aku catat aah resepnya, mau aku improve dengan tepung keto hehehe makasih ya mbak Muyass :)

    ReplyDelete
  11. saya males buat bun, maunya dikasih aja sini. plis go send plis. rumah kita kan deket banget bun, wkwkkw. janganlah buat ngiler kek gini puasa-puasa bun. nanti aku batal bunmuy yang dosa yak, wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, ini anak selalu bikin saya dosa...kwkwk..rumah kita deket tapi nggak pernah main bareng kwkwk

      Delete
  12. Itu ovennya bisa diganti pakai teflon gak ya? kwkwkwk...
    Belum punya microwave, punyanya oven kompor zaman dulu heuheuu. Tapi aku serius pengen coba. Apalagi kemarin daku udah sukses bikin dough pizza :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, malah oven kompor itu bun yang bisa dipakai, bukan microwave... :D
      Besok dicobalah bun resepnya *maksa nggak sih kwkwk

      Delete
  13. senang nih bisa bikin kue sendiri. Saya suka pengin coba bikin bread kek gini, mbk. tapi saya nggak telaten itu bikin ngembangin adonannya yang sampai 2 kali gitu. Tapi tetp penasaran pengin bisa juga, secara saya juga suka ngemil.

    ReplyDelete
  14. Iyah si mba praktis. Tapi aku belum beli ovennya noted dulu. Hehe

    ReplyDelete
  15. Makasih resepnya mbak, kemarin saya barusan bikin roti daaaannnn gagal wkwkwk

    ReplyDelete
  16. Save resepnya aahh, udah lama gak buat roti2an niih. Makasiih yaa Mbak ;)

    ReplyDelete
  17. Mupeng deh setiap liat resepnya Mbak Muyass ini. Berasa pengen bisa buatin juga buat keluarga tapi yah sampai sekarang belum coba2 jadi gimana bisa bikin roti. Oya, saya kalau punya keahlian jago masak dan bikin kue kayak Mbak Muyass pastinya lebih suka buat sendiri daripada jajan di luar.

    ReplyDelete
  18. Saya malah seneng lho baca resep rotinya Mbak Muyass. Trus suka bilang: kapan yak saya bikin yg sama? Wkwkwk

    Soalnya saya suka males keluarin oven. Seringnya bikin yg dipanggang, kukus, dan terakhir digoreng.

    Memanggangnya pake diamond frying pan, misal bikin pizza gitu.
    Alhasil kalau roti seringnya beli. Padahal kalau udah baca resep roti Mbak Muyass, suka mupeng, lho.
    Halah, mupeng melulu, Bu! :D

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature