Waffle Pancake Durian, Empuk Berhari-hari

Thursday, January 31, 2019

Jenis makanan apakah ini? Kenapa ada waffle tapi berbentuk pancake? Hihi. Ini sungguh pancake yang super empuk dan enak banget dari segi rasa juga. Sebenarnya, awalnya saya memang membuat adonan waffle, sudah dicetak dan dipanggang dua kali, kemudian sisa adonan saya masukkan ke dalam kulkas dengan catatan tetap ditutup. Kenapa dimasukkan kulkas? Karena mau dipanggang semua sayang kalau nggak langsung dimakan. Jadi, niatnya mau dipanggang malamnya pas suami datang. Ternyata setelah memanggang lagi untuk suami, adonannya masih nyisa juga. Akhirnya masuk kulkas lagi sampai hari ketiga belum juga saya sentuh.


Nah, karena sudah tiga hari, takut keburu basi dan nggak enak, saya pun akhirnya memanggangnya sampai habis tapi dengan teflon mini saja, malas keluarin cetakan waffle lagi..hihi. Akhirnya jadilah waffle pancake super empuk ini!

Kebetulan ada durian di rumah. Malam sepulang dari kantor, paksu bawa durian 3 buah. Banyak juga. Dimakan begitu saja sudah bosan duluan. Meskipun doyan, tapi kalau kebanyakan ya auto nggak kuat. Atau memang kami hanya sekadar suka aja kali, ya? hehe. Akhirnya kepikiran untuk dibuat isian pancake yang ternyata enak banget dan pas di lidah. Biar beda aja saat dikonsumsi, biar nggak bosan dan nggak eneg. Anak-anak pun jdi tertarik buat menyantapnya :)


Nah, buat teman-teman yang suka durian dan mau mencoba, silakan cek resep lengkapnya, ya!


Bahan biang:

1 sdt ragi instan

2 sdm gula pasir

8 sdm air dingin

4 sdm tepung terigu

½ sdt baking powder


Bahan adonan:

3 butir telur

125 gr tepung terigu

½ sdt garam

1 bungkus santan kara ukuran kecil

30 ml air

50 gr mentega atau margarin, lelehkan

150 gr gula halus atau 140 gr gula pasir

Sedikit vanilla essence

½ sdt baking powder


Bahan isian:

Secukupnya susu kental manis

Secukupnya daging durian


Cara membuat:

1. Campurkan seluruh bahan biang hingga rata. Diamkan selama 15 menit.


2. Mixer telur dan gula halus sampai mengembang dan kental.


3. Masukkan terigu, vanilla cair, garam, baking powder, dan bahan biang. Mixer kecepatan rendah sampai rata.


4. Masukkan santan, air, dan mentega cair. Aduk rata dan jangan over mix. Diamkan selama 30 menit.


5. Panaskan teflon, olesi dengan margarin. Tuang satu sendok sayur adonan ke dalamnya. Setelah  bagian permukaan berlubang dan mulai kering, balik dan angkat setelah matang.


6. Ingat, gunakan api kecil saja supaya adonan tidak gosong, ya.


7. Untuk bahan isian, aduk rata susu kental manis dan duriannya.


8. Oleskan bahan isian pada lembaran pancake yang sudah matang. Sajikan!

Voila! Waffle Pancake Durian buatanmu pun siap dihidangkan untuk keluarga tercinta. Kuy, isi duriannya yang banyak biar lebih nendang. Asli pancake ini empyuuk banget dan bisa dinikmati terutama di musim hujan seperti sekarang. Lihat aja penampilannya cakep dan legit banget, kan? Satu potong nggak akan pernah cukup, deh. Harus berpotong-potong biar puas..hehe.


Jika adonan kamu masih tersisa, silakan disimpan di kulkas dalam keadaan ditutup. Tapi, jangan lebih dari 3 hari, ya. Khawatir sudah tidak enak lagi nantinya. Gimana, gampang banget kan dibuatnya? Insya Allah antigagal deh asal kamu mengikuti step by stepnya :)


Selamat mencoba ya dan tetap happy saat baking dan bereksperimen di rumah!


Salam,

Comments

  1. Durian itu memang buah yg istimewah ya. Bisa di jadikan apa saja, meskipun ada sebagian orang yg tidak suka sama durian, terutama aroma nya

    ReplyDelete
  2. Langsung diolah lagi yaaa lebih sedap dan nikmatnya ganda, daripada cuma makan durian doang, wahhh langsung jual nihhh buat oleh oleh wuehehe

    ReplyDelete
  3. Bisa buat cemilan sambil ngeteh sore2 ni pasti ya mba... 😀😀 Bagi penyuka durian..ni pasti enak banget. Sayang aku ga doyan durian mba.. baunya ga tahan. Suami + anak2 klo makan/mo mbeli durian...tak minta klo pas aku ga di rumah :-D

    ReplyDelete
  4. aku juga lagi doyan banget bikin pancake mba..cetakan waffle juga aku beli cuma suka bingung untuk toppingnya. kebetulan lagi musim duren nih..ide cemerlang

    ReplyDelete
  5. iya, betul sekali...kalau nggak suka biasa karena baunya..


    ReplyDelete
  6. Hehe...iya, enak diolah jadi berbagai macam kudapan...


    ReplyDelete
  7. Hihi..iya, Mbak..durian di mana-mana sepanjang mata memandang...haha


    ReplyDelete
  8. ya allah kak enak banget itu fotonya bikin ngiler iii.. bisaan kaka bikin pancakenya bagus banget teksturnya.. mau langsung eksekusi ah malam ini.. apalagi akyu suka durian hihih

    ReplyDelete
  9. Hihi...makasih, Mbak..semoga cocok resepnya yaa


    ReplyDelete
  10. Saya coba share tulisannya ke kakak saya ajalah... dia juga paling senang soal buat kue ni... kalo saya taunya makan aja..heheh :)

    ReplyDelete