Top Social

Roti Jala Manis, Resep Mudah Buat Kamu yang Malas Masak



Saya pernah membeli roti jala manis di pinggir jalan sepulang dari mengunjungi Monas beberapa bulan lalu. Roti jala yang dijual cenderung mirip dengan adonan kue cubit yang dibuat tipis. Kayaknya memang satu adonan kali ya. Sedangkan roti jala yang saya buat ini lebih mirip dan bahkan sama dengan roti jala yang dimakan bersama kari kambing itu, lho.

Sayangnya, saya sedang tidak ingin memasak kari, melainkan bingung mau bawain bekal apa buat si sulung yang sudah masuk sekolah. Malamnya pengen bikin ini dan itu, tetapi pas bangun tahu bungsu demam, buyar semua rencana yang telah saya pikirkan sebelumnya. Nggak ada ide, di rumah juga nggak ada apa-apa selain telur, tepung, susu, dan gula. Alamak, sungguh mengerikan…kwkwk.

Kenapa sih kudapan ini disebut roti jala? Padahal nggak ada mirip-miripnya sama sekali dengan roti ‘kan? Beneran, ini mah cenderung mirip sama kulit lumpia gitu. Hihi. Menurut Wikipedia, roti jala ini berasal dari Riau, Melayu Sumatera Utara, lho. Biasanya, roti jala disajikan bersama kuah kari Melayu.

Nggak harus pakai kari kambing, roti jala atau roti kirai ini juga enak disantap bersama kari ayam atau kari daging sapi. Tidak hanya populer di Indonesia terutama di Riau, roti jala dengan kuah kari juga menjadi menu khas dari India dan negara-negara Timur Tengah.

Saat ini, roti jala sudah banyak jenisnya. Penggunaan santan pun kadang diganti dengan susu, tergantung selera. Ada juga roti jala manis cokelat atau roti jala manis seperti yang saya buat ini. Menurut salah satu teman, mereka suka makan roti jala manis dengan gula pasir. Wah, unik juga, ya. Kalau kemarin, sulung menyantap roti jala manis bersama susu  kental manis cokelat karena nggak kebayang sih waktu itu mau dimakan bersama gula pasir…hihi. Kayaknya next harus dicoba.

Resep roti jala ini saya coba dan adaptasi dari resep-resep yang ada di Cookpad. Anak Cookpad kalau bingung cari menu mau lari ke mana lagi kalau bukan ke rumahnya..hihi. Dan ketemu deh resep yang pas. Buat yang penasaran seperti apa resep mudahnya, yuk, catat bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan:
200 gram terigu serbaguna (saya pakai segitiga)
1 butir telur
2 sdm gula pasir (kalau suka manis bisa tambahkan)
Sejumput garam
1 sachet susu bubuk
2 sdm mentega atau margarin, cairkan
Sedikit essence pandan atau vanilla (tambahan dari saya supaya nggak amis)
Secukupnya air


Cara membuat:
1. Kocok telur bersama gula pair sampai gula larut. Masukkan semua bahan kecuali margarin cair. Aduk rata.

2. Untuk air gunakan secukupnya ya, nanti adonannya cenderung agak kental.

3. Masukkan mentega cair, aduk rata dan masukkan ke dalam wadah seperti botol yang saya pakai dengan ujung berlubang supaya mudah ketika memanggangnya di teflon.

4. Panaskan teflon, buat bentuk seperti jaring dan biarkan matang baru diangkat dan gulung sesuai selera.


Voila! Roti jala manis siap disantap bersama susu kental manis, keju parut, mesis cokelat, atau kuah kinca. Duh, kayaknya kapan-kapan saya harus coba yang pakai kuah kinca dengan roti jala manis pandan. Pasti enak banget. Penggunaan air sepertinya juga bisa diganti dengan santan dan skip susunya. Pasti lebih gurih dan wangi.

Kalau teman-teman suka yang warna warni, bisa juga ditambahkan pewarna makanan. Misalnya pengen yang rasa pandan, bisa pakai jus pandan asli atau pakai pewarna makanan dengan tambahan perasa pandan cair yang wangi banget. Itu jika kamu suka roti jala manis, ya. Kalau ingin dibuat teman makan kari, kurangi saja gula pasirnya supaya lebih gurih dan pas ketika dimakan bersama kuah kari yang sedap banget.

Kuy, cobain resepnya. Insya Allah nggak gagal asal sesuai dengan resep dan takarannya tepat. Selamat mencoba!

Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community #Day8

Salam,
4 comments on "Roti Jala Manis, Resep Mudah Buat Kamu yang Malas Masak"
  1. Roti jala itu kesukaan keluarga kami orang melayu dicocol sama kuah kari oke, selai sarikaya oke ,dicocol sama gula aja juga oke, oya sekedar koreksi mba roti jala itu khasnya orang melayu seperti daerah langkat & melayu deli (sumatera utara) serta riau juga termasuk :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Mbak sudah tulis resep ini di blognya. Langsung praktik, alhamdulillah berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Bunda kalau berhasil..semoga suka rasanya ya.. :)

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature