Top Social

Martabak Manis Bersarang, Mudah dan Enak Banget!


Alhamdulillah, akhirnya hari ini berhasil meyakinkan diri untuk mencoba salah satu resep dari buku Ci Tintin Rayner berjudul Simple & Moist Cake yang berisi banyak sekali resep cake, cookies, dan kudapan sedap lainnya.

Selama ini saya agak trauma bikin martabak manis sendiri karena hasilnya kering dan nggak lembab, bahkan tak jarang kurang empuk. Biasanya kalau beli rasanya legit masuk sampai ke dalam. Karena sering gagal meski telah mencoba berbagai macam resep, akhirnya malas banget mencoba resep yang lain. Paling sama saja hasilnya.

Tapi, karena anak-anak udah heboh sejak kemarin ingin dibikinin martabak manis seperti di buku ini, alhasil saya pun menurutinya. Saya cek kayaknya ini beda dan bisa jadi memang enak karena ada pemakaian ragi. Biasanya kalau pakai ragi, hasilnya tuh jauh lebih empuk meski seharian daripada yang sekadar pakai baking powder dan baking soda.

Maunya martabaknya dibawa kakak sekolah. Dia juga sudah ganti seragam, tapi tiba-tiba mau mewek karena nggak enak badan, bahunya juga sakit karena tasnya keberatan kemarin. Duh, terus gimana besok-besok bawa tasnya? Karena memang bawaan anak-anak zaman sekarang banyak banget, ya. Dulu sekolah perasaan nggak gini-gini amat. Jadi kepikiran beliin tas yang ada rodanya…hihi. Berlebihan nggak, ya? Apa saya terlalu lebay atau gimana? Soalnya bahunya dari kemarin pulang sekolah nggak boleh disentuh karena sakit.

Lupain drama pagi tadi, akhirnya si kakak istirahat dulu saja di rumah, apalagi dia baru banget batuk-batuk dan meriang. Semoga besok sudah membaik. Daaan, mau nggak mau martabaknya tetap kita masak dong pagi ini.


Awalnya saya memakai cetakan takoyaki karena nggak punya cetakan martabak manis yang kecil itu. Hiks, sedihnya semua kudapan jadi sama kayaknya bentuk dan kelihatannya kalau pakai satu cetakan ini deh. Harus beli cetakan lain.

Satu kali adonan sudah saya tuang, ternyata bentuknya nggak banget. Nggak mirip martabak karena pakai cetakan yang salah. Tiba-tiba ingat saya punya teflon mini. Yup! Ternyata hasilnya lebih oke karena ada pinggirannya yang garing itu.

Nah, kalau teman-teman mau buat, bisa kok pakai teflon besar juga. Adonannya juga lumayan banyak, bisa jadi dua kali panggang kayaknya dengan teflon ukuran sedang. Atau bisa dikira-kira sendiri, ya dan sesuaikan saja dengan cetakan yang ada di rumah. Saya pribadi pakai saja yang ada…hehe. Kalau menuruti ingin, bisa penuh dapur saya…haha.

Dan inilah resep martabak manis bersarang yang bisa kamu coba di rumah diambil dari buku resep cake milik Ci Tintin Rayner!

Bahan yang harus kamu siapkan di rumah:
250 gram tepung terigu protein sedang
15 gram susu bubuk (saya pakai 1 sachet kecil)
¼ sdt baking powder
50 gram gula pasir
¼ sdt garam halus
300 ml air matang
½ sdt ragi instan
3 butir telur
30 gram gula pasir
¾ sdt soda kue
25 gram butter atau margarin, lelehkan

Topping:
Susu kental manis, meises, kejur parut, atau apa pun yang ada di rumahmu!



Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata.

2. Tuang air sedikit demi sedikit. Saya langsung tuang dan biar lebih cepat saya pakai mixer. Jika tidak punya, bisa pakai wisk seperti pada resep aslinya. Aduk adonan sampai rata dan agak berbusa. Kenapa harus sampai agak lama? Supaya nanti terbentuk sarang atau berlubang sempurna martabaknya.

3. Tambahkan ragi instan, aduk lagi sebentar saja asal rata. Tutup adonan dan diamkan selama 30 menit.

4. Kocok telur dan 30 gram gula pasir. Saya tetap pakai mixer. Aduk sampai berbusa dan gula larut. Masukkan ke dalam adonan tepung sambil terus diaduk.

5. Masukkan soda kue dan butter yang sudah dicairkan sebelumnya. Aduk rata dan siapkan pemanggangnya.

6. Panaskan teflon dengan api kecil agak sedang. Ingat, ya, masukkan adonan setelah teflon benar-benar panas supaya hasilnya nggak bantat. Apinya juga terlalu besar supaya tidak gosong.

7. Setelah muncul lubang, taburi dengan gula pasir dan tutup sampai matang.

8. Dengan bantuan tusuk gigi bersih, kamu bisa bantu lepaskan pinggirannya supaya nggak sobek dan mudah dilepaskan. Oleskan butter atau margarin di atasnya. 

9. Beri topping yang kamu suka. Kebetulan banget di rumah juga nggak ada meisis, lho. Hihi, ini ceritanya maksa banget sih bikin martabak manis padahal bahan nggak lengkap, ya. Akhirnya saya tambahkan palm sugar dan chocochips. Hasilnya, enak banget!


Voila! Martabak manis bersarang buatanmu sudah jadi dan siap disantap di cuaca mendung dan gerimis seperti sekarang. Biasanya anak-anak suka banget sama martabak manis yang dijual di sekolah. Yup! Martabak mini yang dijual di sekolah itu memang enak, yang beli bisa sampai antri. Nah, sekarang kita bisa buat sendiri di rumah. Lumayan banget, ya bisa punya camilan sendiri dan bisa puas juga makannya.

#Day22 #odop #EstrilookCommunity

Salam,
6 comments on "Martabak Manis Bersarang, Mudah dan Enak Banget!"
  1. Pas lihat post ini, pas hujan gerimis. Langsung 'cleguk' Mbak rasanyaaaa hahahhaa pengen cepet pulang kantor trus eksekusi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, terima kasih, Mbak sudah berkunjung. Pas sy samperin blognya Mbak Winda, rasa dibalas gitu lihat postingannya..bikin ngiler jugak..hihi

      Delete
  2. Wah rajin banget mbak masak martabak manis bersarang 😍😍 Gede juga ya 1 bulatan ini. Tetap pake ragi instan ya bikinnya? Toppingnya bisa diganti selain meses kan? Btw ditambahin lg keju pasti makin yummy! Kreatif 🤩

    ReplyDelete
  3. Lama tak berkunjung ke blognya kak Muyas, tau-tau disuguhi foto ketje martabak bersarang plus resepnya ..., mendadak lapeeer ngelihatnya.

    Betewe, thanks resepnya, kak.
    Ntar akan coba ikut kupraktekan resepnya :(

    ReplyDelete
  4. Cowok2 gini, saya juga seneng masak, atau seneng sih sama prosesnya. Asli, resep martabak ini kayaknya bakal saya coba hahaha

    ReplyDelete
  5. bikin ngiler mbak, apalagi finishingnya diatas terus ngambil fotonya cakep banget, martabakanya jadi kelihatan 2 kali lebih enak, hahaha

    resepnya simple, bis dicoba nanti

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature