Top Social

Chewy Brownies dengan 7 Bahan Ala Erlina Lim



Baru ingat kalau di kulkas masih ada dark chocolate. Udah lama menginap di kulkas karena belum sempat diekskusi. Kemarin sore-sore pengen ngemil, akhirnya buka Cookpad dan ngiler pengen bikin brownies ala Erlina Lim yang ditulis oleh mbak Indry Hapsari.

Dulu saya pernah membuat juga sekali, jadi sudah nggak penasaran karena rasanya memang benar-benar enak dan istimewanya, si shiny crust-nya itu muncul cantik banget di permukaannya.

Membuat brownies ini cukup 7 bahan saja dan tanpa mixer. Hanya aduk-aduk, jadilah brownies yang lembab dan nyokelat. Jadi, kalau kamu malas ngocok sampai pegal, bisa dicoba resep brownies ini, ya.

Perlu diketahui, untuk menghasilkan rasa brownies yang enak, butuh cokelat kualitas bagus, biar rasa nyokelatnya kuat dan warnanya cantik. Kamu bisa pakai beberapa merek cokelat bubuk yang ada di pasaran. Carilah yang lumayan biar rasa browniesmu spesial, ya.

Nah, pertanyaan paling banyak pasti tentang si shiny crust-nya ini. Gimana kalau nggak muncul? Apakah resepnya anti gagal? Perlu kamu tahu, resep yang ditulis oleh mbak Indry ini sudah di-recook oleh 100 orang lebih, lho. Hampir semua berhasil dan muncul si shiny crust-nya itu.


Tipsnya apa dong biar nggak gagal?
Perbandingan gula halus dan dark chocolate-nya harus lebih banyak daripada jumlah tepungnya. Kalau sudah pakai takaran pada resep ini, Insya Allah sudah oke.

Kocok telur dan gula halus sampai benar-benar larut, ya. Jangan sampai ada gula yang masih bergerindil. Ngocoknya pakai wisk, jadi agak pegal juga memang…hehe. Nggak masalah, biar berotot seperti Ade Rai…kwkwk.

Setelah adonan dimasukkan ke dalam loyang, tunggu sebentar, jangan langsung dipanggang, ya. Nggak perlu terlalu lama, asal jangan langsung dimasukkan ke dalam ovennya saja.

Nah, kalau sudah tahu triknya, mari kita coba membuatnya di rumah! Kali ini saya pakai cup biar lebih simpel aja karena nggak punya kertas roti untuk alas loyangnya.

Bahan:
150 gram dark chocolate
50 gram butter atau margarin
40 ml minyak goreng
2 butir telur
150 gram gula halus

Campur rata dan ayak:
100 gram tepung terigu protein sedang
35 gram cokelat bubuk

Topping:
Secukupnya chocochip atau almond slice



Cara membuat:
1. Lelehkan dark chocolate, butter atau margarin, dan minyak dengan cara ditim. Saya memanaskan dandang pengukus, kemudian di atasnya letakkan wadah tahan panas. Nyalakan api dan biarkan sampai meleleh sempurna, matikan api.

2. Kocok telur dan gula halus sampai gula benar-benar larut. Ini juga menentukan si shiny crust muncul, ya. Setelah gula benar-benar larut, masukkan lelehan cokelat ke dalamnya. Aduk rata.

3. Masukkan campuran tepung dan cokelat bubuk yang sudah diayak ke dalamnya. Aduk rata. Adonan nanti akan kental dan berat.

4. Panaskan oven suhu 150 derajat. Sebelum memanggang, panaskan oven hingga 10 menit sebelumnya.

5. Tuang adonan ke dalam cup dan taburi dengan topping. Diamkan sebentar baru dipanggang kurang lebih 30 menit. Bisa sesuaikan dengan oven masing-masing, ya.

6. Keluarkan dari oven dan sajikan!


Voila! Chewy brownies ala Erlina Lim dengan 7 bahan ini sudah bisa disantap oleh keluarga tercinta. Satu resep jadi 12 cup. Rasanya? Nyokelat dan nggak pahit. Enak dan pas rasanya. Jangan sampai kamu penasaran, ya. Cobain, yuk resepnya!

#ODOP #Day25 #Estrilookcommunity

Salam,
7 comments on "Chewy Brownies dengan 7 Bahan Ala Erlina Lim"
  1. aduh yummy banget secara aku suka banget dengan namanya coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Bunda..dicoba yuk resepnya... :D

      Delete
  2. Duh brownies emang favoritku mba, ditunggu kirimannya ya ke Bandung hhahah ngarep

    ReplyDelete
  3. Jadi ngiler, kayak enak banget, apalagi itu coklatnya pasti anak bunda suka mkash yach boleh dong bunda cobain resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, Bunda dicoba Bunda...semoga suka, yaa :)

      Delete
  4. Iyesss, pertanyaan yg slalu muncul, knapa saya slalu gagal ketemuan sama shiny crust,,, makasih ya sharing nya, saya note.
    Kali aja kena angin timur jd rajin hehe :h

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature