5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Traffic Pengunjung Blog Tetap Stabil

Sunday, January 27, 2019

Setelah menulis tentang topik menurunnya jumlah pengunjung paska ganti template kemarin, kali ini saya ingin membahas sesuatu yang bisa dibilang masih berkaitan dengan postingan beberapa hari yang lalu. Yup! Gimana caranya supaya pengunjung blog kamu tetap stabil dan kalau bisa terus bertambah?


Pengunjung atau pembaca blog kita memang penting. Iya, kalau setelah kita posting kemudian nggak ada yang mau membaca, lalu ngapain kita capek-capek menyiapkan artikel ini dan itu, mencari gambar, dan mempromosikannya di sosial media?


Percaya nggak sih kalau kita hanya mengejar traffic pengunjung di blog, ujung-ujungnya kita pasti capek dan jika hasilnya nggak sesuai sama keinginan pasti bikin malas mau menulis dan update postingan baru. Setiap tulisan itu pasti akan menemukan pembacanya sendiri, kok. Entah kalimat ini muncul dari mana, tetapi saya pegang kalimat ini hingga sekarang.


Jangan pernah kecewa jika setelah posting sebuah artikel di blog, ternyata pembacanya hanya segelintir saja, bahkan nggak ada yang mau berkomentar meski kamu sudah sebar link artikelnya di mana-mana bahkan hingga ke beberapa grup whatsapp sekalipun. Jangan sedih hanya karena itu. Seharusnya kamu lebih sedih melihat blog kamu belum ada postingan baru setelah seminggu berlalu padahal kamu nggak sibuk-sibuk amat, kamu juga punya waktu buat berkomentar di akun sosial media teman, kamu punya waktu menonton drama Korea pula, lalu kenapa postingan di blog nggak ada yang baru? Oke, ini hanya guyonan saja, silakan dianggap serius *eh…hehe.

 
Saya yakin semua blogger senang kalau melihat postingan di blognya ramai dikunjungi oleh pembaca. Tapi, untuk mendapatkan itu semua pasti butuh usaha dong. Nggak mungkin tiba-tiba datang tanpa kamu usahakan, apalagi jika sehari-hari kamu hanya posting seadanya, mana bisa blog kamu disukai pembaca?


Lalu apa yang perlu kamu lakukan supaya pembaca di blog kamu tetap stabil bahkan bisa bertambah?


1. Rajin update postingan di blog

Ya, kali ada orang suka jalan-jalan ke blog yang penuh dengan sarang laba-laba. Niatnya ingin blogwalking pun akhirnya batal sudah karena nggak ada yang bisa dikomentari lagi. Kalau kamu nggak rajin menulis dan posting di blog, orang-orang bisa jadi akan melupakan blog kamu. Karena saat ini banyak banget blog yang kece badai dan rutin posting artikel setiap hari. Mending main ke blog mereka daripada main ke blog yang penuh sarang laba-laba, kan?


Mengejar traffic pengunjung di blog nggak perlu membabi buta sampai posting sehari 10 artikel. Nggak begitu juga. Yang penting usahakan blog kamu tetap update minimal seminggu sekali. Kalau bisa setiap hari. Biar lebih semangat, kamu bisa ikutan beberapa komunitas yang aktif mengajak kamu tetap semangat menulis dan posting artikel di blog sehari satu postingan seperti yang diadakan oleh Estrilook Community. Saat ini, kami sudah masuk hari ke-27. Kalau dilihat di blog saya, Alhamdulillah saya berhasil menulis lebih dari target meski di awal sempat ketinggalan.


Tahun ini saya banyak melepaskan pekerjaan…hehe. Nggak perlu ditutupi, ya. Yang biasanya saya suka mengirimkan artikel di beberapa media, sekarang sudah saya kurangi. Lebih fokus mengisi blog dan menulis buku. Insya Allah aktivitas baru ini lebih menyenangkan untuk saya kerjakan. Dan jujur saja, saya merasa menikmati sebab lebih santai dan nggak pusing mikirin ini dan itu. Apaan sih dari tadi ini dan itu? Kwkwk.


2. Buat artikel yang dibutuhkan oleh pembaca sepanjang masa

Nah, lho, artikel jenis apa yang abadi sepanjang masa itu? Sebenarnya saya belum sepenuhnya melakukan ini. Postingan di blog saya masih gado-gado dan saya mengangkat banyak tema sesuai dengan keinginan saya pastinya. Tapi, ada beberapa contoh artikel yang memang akan dibutuhkan oleh pembaca tanpa batas waktu, misalnya artikel berupa tutorial, panduan, kesehatan atau artikel berupa listicle seperti yang pernah saya tulis mengenai beberapa media yang mau menerima dan menerbitkan artikel penulis.


Nah, menurut blogger yang udah mastah, dengan artikel seperti itu, blog yang jarang update akan tetap stabil jumlah pembacanya. Tapi, jangan sampai setelah menulis itu kamu jadi malas posting artikel baru. Buat saya pribadi, tulis saja apa yang bermanfaat, lebih baik posting rutin daripada jarang update sebab tujuan kita ngeblog memang buat menyalurkan hobi dan membantu kita konsisten menulis. Kalau malah jadi malas, mending tulis apa yang bermanfaat dan lupakan, tulis lagi, posting, dan lupakan asal jangan sampai kamu jadi amnesia karena ini…hihi.


3. Rajin share di sosial media

Kalau kamu nggak rajin share postingan blog sendiri, lalu dari mana orang akan mengenal dan membaca blog kamu? Usahakan setiap posting, segera share di sosial media baik itu di Facebook, Twitter, atau Instagram. Kalau nggak ada yang like dan berkomentar di sosial media gimana? Saya nggak lagi memusingkan soal itu. Kenapa? Malah jadi nggak fokus menulis, mending share dan lupakan saja.


4. Tulis artikel yang bermanfaat

Apa pun itu, kalau isi artikel kamu bermanfaat, orang pasti bakalan suka. Tentu saja postingan kamu nggak boleh hanya sekadar curhatan tanpa makna apalagi yang isinya hanya ngomongin kejelekan orang lain. Ada baiknya ulas tema yang dibutuhkan oleh pembacamu. Bagaimana kita bisa tahu apa yang dibutuhkan oleh pembaca tanpa harus bertanya?


Kamu bisa cek beberapa postingan kamu yang mengangkat beberapa tema. Kira-kira tema apa yang paling banyak disukai dan banyak dikunjungi? Dengan cara ini kamu bisa mengerucutkan ide kamu, ekskusi tema-tema itu supaya pembaca kamu kembali lagi karena merasa kamu sangat tahu apa yang mereka inginkan *ceilah.


5. Buat artikel lebih menarik dengan gambar-gambar terbaikmu

Pengalaman visual seseorang itu nggak bisa disepelekan, lho. Misalnya saja saya, akan sangat suka berkunjung ke blog yang gambarnya bening, bagus, dan rapi. Meski itu blog pribadi dan nggak ada yang bisa melarang kamu posting apa pun, ada baiknya kamu pikirkan dulu, kira-kira foto seperti yang kamu miliki itu enak dilihat atau nggak? Kalau memang tidak layak, mending kamu cari gambar-gambar free, yang tentu saja tetap mampu mewakili artikel kamu. Sebab pengalaman visual itu nggak bisa dinomorduakan. Minimal kamu harus belajar mengambil foto yang jelas meski nggak sebagus foto-foto blogger lain.


Setelah kamu tahu beberapa cara menaikkan traffic pengunjung blog, kamu bisa mulai rajin mengunjungi blog blogger lain juga dan ucapkan salam perkenalan kepada mereka. Jika mereka nggak balas mengunjungi blog kamu gimana? Pliss, jangan baper deh jadi blogger. Bisa jadi mereka masih sibuk dan lain waktu sudah merencakan akan berkunjung, bisa jadi mereka nggak ngeh juga sama komentar kamu di blog mereka.


Saya yakin, setiap blogger akan dengan senang hati saling berkunjung ke blog teman-teman lainnya sebab dengan begitu, kita nggak hanya akan dapat teman baru, tetapi kita juga bakalan dapat pengalaman baru juga dari postingan yang kita baca dari blog mereka.


Terlepas dari mengerti soal SEO atau nggak, jujur saja saya nggak ingin dipusingkan dengan itu. Ngeblog adalah sesuatu yang saya sukai, saya nikmati untuk mengisi waktu me time ketika seisi rumah sudah terlelap. Sebab dengan ngeblog, passion saya tersalurkan dan bisa jadi pengalih dari penat mengerjakan naskah buku. Happy blogging, jangan terlalu mengkhawatirkan banyak hal. Lakukan apa yang kamu anggap baik dan bermanfaat, sebab meski hanya dari satu postingan, bisa jadi amal jariyah yang tak ada putus-putusnya.


Salam,

Comments

  1. Setuju Bun Muyass, dengan menulis rasanya hati menjadi bebas dari beban. Seperti habis curhat, padahal masalah sama tema yang kita tulis beda banget.

    ReplyDelete
  2. Iya mba.ak jg yg msh bljr... Cm berbagi apa yg aku suka sm apa yg aku kuasai aja sih... Kl soal SEO sgl. Keblinger aku... Niat awal emg cm berbagi aja... Sumpeh looh... 😁😁

    ReplyDelete
  3. Hihi, iya, Mbak. Saya juga puyeng mikirin SEO. Sampai sekarang belum menguasai..

    ReplyDelete
  4. Betul, Mbak. Karena itu bagian dari me time kita... :)


    ReplyDelete
  5. Iya bun muy, saya ikut odop estrilook ini jadi rajin nulis tiap hari, awalnya dipaksakan, tp nati akam jadi kebutuhan ..😊

    ReplyDelete
  6. Ya buat semuanya se "alami" mungkin. Fokus kepada manusia bukan kepada mesin pencari 😊

    ReplyDelete
  7. Jangan mikirin SEO tapi konten, blogging mobile, dan kecepatan akses halaman blog. Itu sudah sangat mujarab

    ReplyDelete
  8. Sip, ini contoh tulisan yang bermanfaat, ya, mbak Muyass. Hehe. Paling enak juga menulis artikel yang kita kuasai, ya. Terima kasih tipsnya, mbak.

    ReplyDelete
  9. Setuju, pengen deh 1000 pv per hari dan sejuta tahun ini, tfs ya mba

    ReplyDelete
  10. Postingan ibarat pintu ya Mbak Muyas. Semakin banyak postingan, semakin banyak pintu yang bisa dimasuki oleh para pembaca.

    ReplyDelete
  11. Btw asik juga komentarnya ada emoticon gini :h

    ReplyDelete
  12. Bener banget mbak sebenarnya Cara memaksimalkan blog kita itu banyak banget caranya. Nggak selalu harus promote ya mbak. Pengalaman pribadi justru malah lebih banyak orang Yang Cari

    ReplyDelete
  13. Terimakasi bun informasinya :D pengujung blog saya masih dikit banget, yah gak papa InshaAllah semuanya bertahap

    ReplyDelete
  14. setuju sama yang terakhir, saya juga jika melihat tulisan yang tak menggunakan gambar asa ada yang kurang hehe. Dengan gambar yang menarik jadi betah main-main ke blog tsb. Hihi, makasih bunmuy sharingnyaaa, diingetin lagi ~

    ReplyDelete
  15. baru nyadar kalau ganti template.
    Tentang postingan yang bermanfaat itu bener banget, biasanya postingan kayak gt mujarab krn orang pasti selalu butuh menggali informasi

    ReplyDelete
  16. Haeriah SyamsuddinJanuary 29, 2019 at 7:18 AM

    Yang paling penting adalah update blog sesering mungkin. Kuncinya, nulis...nulis...nulis, kayak si empunya blog ini......

    ReplyDelete
  17. Wah pas banget nih Mbak Muyas artikelnya, karena saya keasikan ngerjain editing jadi blog jarang update. Makasih pengingatnya.
    Jadi semangatttt ngurus blog, biar dikunjungi tetangga, hihihiii...

    ReplyDelete
  18. Beberapa hari lalu aku membaca postingan sahabat tentang gimana agar nge-blog dibuat asyik, salah satunya memang kudu menulis dengan "hati" meski itu content placement atau sponsor post buatlah dengan unik, gaya kita sendiri.
    Susah?
    Bisa iya bisa tidak, tapi di situlah tantangannya

    Soal belajar SEO, percayalah, tahu dan belajar SEO ga akan menyakiti siapapun, hahaha...

    Tapi bok yah jangan langsung ngarep PV jadi 1000 sehari, ntar malah kepikiran terus, malah ga jadi-jadi nulis artikel, hihihi...

    Tapi... yah ga usah buru-buru alergi juga :)

    ReplyDelete
  19. Kalau kena m. Muy ni kita setuju dah. Emang harus menulis, menulis n menulis

    ReplyDelete
  20. Sharingnya bermanfaat banget, Mbak. Terkadang memang Kita harus benar-benar menikmati aktivitas menulis ini. Ada kalanya meski melepas sesuatu demi hal yang lebih membuat Kita nyaman. Yang paling penting memang update terus blognya. Setuju 😊

    ReplyDelete
  21. Saya pernah belajar SEO tapi malah pusing sendiri wkwkwkwk, berusaha rajin nulis , ikutan one day one post juga tapi agak keteter akhir-akhir ini semoga bisa terkejar

    ReplyDelete
  22. Salut deh idenya mbak Muy kayak gak pernah habis, nulis dan nulis. Semoga bukunya cepet launching ya ... Aamiin

    ReplyDelete
  23. Postingannya bermanfaat banget mbak..

    ReplyDelete
  24. point dua, saya penuh tanda tanya, apakah artikel saya bermanfaat ya? Karena saya asal menulis.

    ReplyDelete
  25. Setuju banget sama yang ditulis mbak.. kalau buat aku, SEO itu pelengkap, konsistensi sama konten tetep rajanya..

    ReplyDelete
  26. Salam kenal, saya tirta dari Jakarta. Menurutku org yg 'serius' 1x menulis dengan memperhatikan SEO msh kalah kece dengan org yg menukis dengan konsisten.

    ReplyDelete
  27. Wih mantap ini tipsnya. Iya sih, jangan terlalu ngoyo banget ngejar traffic, ntar malah ga semangat nulis. Kecuali kalau tujuan ngeblognya bener2 buat nyari duit. Kalau saya sih yang penting nulis deh, terus share di sosmed. Kebanyakan pengunjung blog saya juga rata2 dari sosmed, yg dari google dikit banget. Bingung saya kalo soal SEO, hahaha

    ReplyDelete
  28. Saya masih di tahap yang nomor satu Mbak, rajin update di blog saja, semoga bisa konsisten, sedang membangun niche blog juga sih, cuma masih kurang waktunya...hehe

    ReplyDelete
  29. Kalau mikirin masalah SEO memang bikin kepala mumet ya mbak, yang penting tetap rajin menulis aja dulu, masalah traffics naik atau nggak itu masalah belakangan, tapi beneran deh klu kita rajin ngeblog (seperti ikut ODOP) itu dijamin bisa meningkatkan traffic krn udah saya buktikan jg sendiri sih, hehe

    Sayangnya belum bisa ikut ODOP di Estrilook bulan ini:')

    ReplyDelete
  30. Mantap tipsnya Mbak. Saya masih belajar konsisten untuk update blog.Masih sambil sana sini😁 blognya gado-gado pula yang lebih menjurus merebime buku, biar banyak yang trrjanngki virus membaca πŸ˜„

    ReplyDelete
  31. haduh haduhhh
    tapi memang SEO is the best kakk
    aku pernah ngalamin
    sampe bisa narik ribuan traffic
    tapi karena itu wordpress
    jadi jebol deh hostingnya
    wwkwkkk

    sekarang lebih nyaman nulis apa adanya
    kalo butuh SEO, dipake
    tapi gak sengotot dulu

    jadi gak ngalirrr aja kalo harus patuh sama kata kunci dan segala hal yang berkaitan sama SEO. *lah curhat*

    ReplyDelete
  32. untuk bisa nulis sehari sekali susah bgt e mbak, blog ku dah lama di tinggal dan di anghurin wkwkwkwk

    ReplyDelete
  33. Suka sama postingan mbak Muyaz yang satu ini. Alhamdulillah bisa ketemu sama keluarga besar Estrilook. Karena sejak gabung Estrilook saya jadi punya ilmu tentang Blog dan bagaimana cara mengembangkannya ...

    ReplyDelete
  34. Nah pas banget point pointnya, jadi jelas sekarang, sangat bermanfaat mbak.

    ReplyDelete
  35. Nah saya juga setuju mbak, bahwa konsisten itu kunci utama, kalau seo mah sebagai pelengkap saja

    ReplyDelete
  36. Saya nih masih terkendala di konsistensi menulis, masih perlu belajar banyak. Bermanfaat sekali tulisannya mba.. terimakasih ya

    ReplyDelete
  37. menulis saja nggak usah berharap macam-macam, begitu kata teman saya. maka saya pun menulis untuk membuat gembira saya dan pembaca. salam kenal mbak.

    ReplyDelete
  38. Iya mbak.. Berasa loh kalo kita ak rajin nulis. Karena ya itu, orang bingung mau baca apa kalo gak ada yang baru. 🀭 Bulan ini saya pingin ikutan ODOP lagi, tapi kerjaan lagi membabi buat 🀦. Minimal 1 Minggu sekali lah. Hahaa..

    ReplyDelete
  39. "rajin update", bukan perkara yang mudah bagi bloger, hehehe...

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah kalau evennya bermanfaat...


    ReplyDelete
  41. Hihi...jadi ,main emot yaa... :D


    ReplyDelete
  42. Sama-sama, Bun..gppa, Bun. Semua berawal dari nol juga kok..


    ReplyDelete
  43. Iya, Mbak..saya pun. Pengalaman visual itu nggak bisa diremehin..hihi


    ReplyDelete
  44. Iya, Mas. Udah lama sih ini...hehe.

    ReplyDelete
  45. Bisa aja, Bun. Kulemparin roti, nih! :D


    ReplyDelete
  46. Semangat, Mbak..jangan lupa bawa martabak kalau main ke tetangga, ya..kwkwk


    ReplyDelete
  47. Nggak alergi juga sih, Mbak.Cuma kemampuan orang kan berbeda-beda, ya. Kalau saya disuruh belajar SEO bisa jadi malah batal nulisnya karena pasti butuh waktu lama untuk belajar. Kemudian kembali lagi ke tujuan awal nulis memang nggak ngejar viewer jadi itu bukan masalah jika nggak dipelajari :)


    ReplyDelete
  48. Betul, tugas penulis kan cuma itu yaa

    ReplyDelete
  49. Hihi, bener sekali. Kemampuan kita belum nyampe kayaknya ya mbak...hehe


    ReplyDelete
  50. Salam kenal, betul sekali, saya pun setuju..

    ReplyDelete
  51. Iyap, jadi kembali sama tujuan awal. Kalau emang awalnya bukan uang, jangan sampai malah ngeblognya nggak menikmati yaa...


    ReplyDelete
  52. Apa pun itu yang penting bermanfaat...


    ReplyDelete
  53. Haha....iya, Mbak. Kalau bisa sih nggak masalah. kalau saya pribadi bisa batal nulis belajar SEO kwkwk. semangat, Mbak..

    ReplyDelete
  54. Kasihan si dia yang ditinggalin...hehe


    ReplyDelete
  55. Semangat, Mbak...terima kasih yaa


    ReplyDelete
  56. Salam kenal, Mbak..bener sekali, jadi semua mengalir..


    ReplyDelete
  57. Hihi..iya, Mbak..banyak ujiannya ya kalau mau konsisten..


    ReplyDelete
  58. Hihi, iya, tapi bukan hal mustahil juga yaa


    ReplyDelete
  59. alhamdulillah dapat ilmu lagi, suwun mbak sharingnya..semangat belajar dan memperbaiki konten blog..yihaaaaa

    ReplyDelete