Atasi Sembelit dengan 4 Bahan Alami Ini!

Monday, July 29, 2019







Biasanya, kalau kurang makan serat seperti kurang konsumsi buah dan sayuran serta jus, bakalan terjadi yang namanya sembelit. Nggak enak banget kalau berhari-hari nggak lancar BAB, perut selain jadi sakit, kita pun jadi nggak nyaman beraktivitas bahkan buat makan sekalipun.
Sembelit atau konstipasi adalah kondisi di mana pergerakan usus yang menurun menyebabkan sulitnya buang air besar (BAB). Seseorang dapat dikatakan mengalami sembelit jika buang air besar kurang dari 3 kali dalam satu minggu.


Banyak orang yang meredakan sembelit dengan mengonsumsi obat laksatif atau yang biasa disebut obat pencahar. Namun, sebenarnya ada banyak bahan alami yang dapat ditemukan di mana saja yang ternyata dapat digunakan atau dikonsumsi sebagai obat sembelit dan susah buang air besar alami.


Mau tahu apa saja, Guys? Simak beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat sembelit alami berikut, ya!


1. Ekstrak Gel Lidah Buaya 


Lidah buaya sudah sejak lama dianggap memiliki banyak khasiat yang dapat dimanfaatkan bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Ekstrak gel lidah buaya juga ternyata dapat menjadi obat sembelit alami, lho.

Konsumsi ekstrak gel lidah buaya yang telah ditambahkan air putih sehari sekali selama terjadinya sembelit untuk melancarkan sistem pencernaan pada usus kamu. Wah ternyata lumayan mudah juga, kan? Lidah buaya gampang banget dijumpai di sekitar kita, tetangga saya pun punya subur-subur di halaman rumahnya *auto pengen minta :D

 

2. Buah Apel


Buah apel banyak mengandung pektin, kalium, asam asetat, kalsium, dan juga asam malat yang dapat membantu meredakan sembelit. Tidak hanya buah apel, namun olahan buah apel juga memiliki khasiat yang sama dengan buah apel mentah.


Makan buah apel juga enak karena rasanya yang manis dan segar. Jika malas mengonsumsinya secara langsung, kamu bisa membuatnya menjadi jus dicampur dengan bahan lain seperti sayuran hijau seperti bayam, sawi hijau, serta tomat. Rasanya pasti lebih enak dengan buah apel ekstra banyak!


3. Air Putih  


Air putih merupakan bahan alami yang sangat esensial untuk membantu meredakan sembelit. Air yang kamu konsumsi dapat melembabkan usus lalu memudahkan terjadinya kontraksi yang akan meredakan sembelit. Konsumsi minimal 8 gelas air putih setiap hari agar sembelit mereda.


Agak susah ingat-ingat sudah minum berapa gelas dalam sehari. Makanya bisa beli deh botol minum yang isinya lumayan bisa beberapa liter sekaligus. Jadi, kamu cukup isi aja sehari sekali dan habiskan sampai malam harinya tentunya dengan takaran yang ditentukan.

4. Makanan Tinggi Serat 


Penanganan sembelit selanjutnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, khususnya adalah serat prebiotik. Serat prebiotik merupakan serat yang tidak mudah dicerna secara alami yang bertugas untuk melancarkan pencernaan pada usus.
 
Adanya serat prebiotik juga dapat menghilangkan racun dari saluran pencernaan. Makanan yang banyak mengandung serat prebiotik biasanya adalah sayur-sayuran atau buah-buahan seperti pisang, labu, pepaya, dan masih banyak yang lain.


Itulah 4 bahan alami yang dapat membantu kamu meredakan sembelit yang tentu saja sangat mengganggu. Jangan lupa kunjungi laman Gue Sehat lainnya untuk mendapatkan berbagai macam tips lainnya baik tentang cara penanganan sembelit maupun tips-tips lainnya. 

 

Salam,

Comments

  1. Aduh gimana ya rasanya BAB kurang dari 3 kalis seminggu, aku ga BAB sehari aja rasanya udah ga enak bgt, mau makan ga napsu hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya nih mbak, sering kena gangguan pencernaan. Sekarang juga lagi berusaha makan oatmeal tiap hari karen katanya bagus buat pencernaan, karena jujur nggak terlalu suka sama sayuran.

    ReplyDelete
  3. Saya kalau sulit BAB biasanya makan Salak Manis,
    Habis sekilo langsung lancar lagi BAB nya hehe
    Klo untuk orang lain nggak tau cocok atau tdak :)

    ReplyDelete