Top Social

Susah Closing Setiap Hari? Jual Online Barang Daganganmu di Blibli.com Aja! Untungnya Nggak Tanggung-tanggung


jualan di blibli
Banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika bergabung bersama Blibli.com (Foto: Pexels)

Di zaman secanggih sekarang, kebanyakan orang memilih belanja online ketimbang offline. Iya, nggak, sih? Saya pribadi pun menjawab ‘setuju’. Bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun, saya dengan santai memesan secara online. Mulai dari pakaian, tas, sepatu, hingga makanan seperti kurma yang kudu saya konsumsi setiap hari, semua saya beli online.

Alasannya, sih, simpel saja. Selain bisa menghemat waktu dan nggak perlu capek-capek keliling pasar hanya demi mencari satu jenis barang, belanja online juga memberikan banyak keuntungan, mulai dari promo, diskon, hingga gratis ongkir. Emak-emak mana tahan lihat diskon dan apa-apa berbau gratisan, ‘kan? Hehe.

Fenomena belanja online memang sedang menghampiri masyarakat di negeri kita, Guys. Munculnya banyak marketplace di Indonesia menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang begitu senang belanja online. Sebagai pembeli, kita pun merasa diuntungkan. Nggak ada ruginya sama sekali. Bahkan, berlipat banget untungnya. Kira-kira apa saja keuntungan belanja online dari sisi kita sebagai pembeli?

  • Menghemat Waktu dan Tenaga

Yup! Seperti saya katakan sebelumnya, belanja online bisa menghemat waktu dan tenaga. Kita nggak perlu muterin mall hanya demi mencari sepasang sepatu. Kita nggak perlu keliling pasar hanya demi mencari jacket dengan harga paling murah. Semua bisa didapatkan dengan mudah di toko online bahkan sambil selonjoran di kamar.

Dengan belanja online, kita juga bisa menghemat waktu, Guys. Nggak perlu macet-macetan di jalan, terutama bagi yang tinggal di Jakarta seperti saya. Mending di rumah saja daripada terjebak macet. Belum lagi antre di kasir, butuh waktu berapa lama coba?

  • Tersedia Varian Barang yang Lebih Lengkap

Ini salah satu alasan kenapa kita nggak bakalan bosan belanja online. Yup! Varian barangnya lebih lengkap. Mau cari jenis dan warna apa pun, insya Allah tersedia. Kita nggak perlu pusing muter-muter satu toko demi toko lainnya, cukup nyalakan smartphone kamu, dan mulailah belanja. Simpel, ‘kan?

  • Banyak Promo

OMG! Inilah kenapa emak-emak sebaiknya jangan sering-sering belanja online. Bisa bahaya karena penuh dengan racun dan godaan…hehe. Banyak sekali promo yang ditawarkan ketika kita belanja online. Mulai dari diskon hingga 50% bahkan lebih, gratis ongkir, dan masih banyak jenis promo lainnya yang dijamin bikin kalap.

  • Terdapat Berbagai Macam Jenis Pembayaran

Tidak hanya bisa transfer lewat m-banking, kita juga bisa belanja online dengan melakukan pembayaran melalui supermarket terdekat. Jadi, nggak ada alasan susah mau transfer. Itulah kehebatan teknologi zaman sekarang, sangat memudahkan semua pihak.

  • Dapat Membandingkan Harga dengan Mudah

Yess! Dengan belanja online, kita bisa membandingkan harga barang dari satu toko ke toko lainnya dengan sangat mudah. Nggak perlu capek-capek tanya ke penjual apalagi sampai nawar…hihi. Tinggal lihat satu jenis barang dengan harga berbeda, pilih salah satu yang terbaik dan segera bawa pulang.

  • Adanya Marketplace dapat Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Adanya marketplace yang menjadi pihak ketiga rupanya mampu meningkatkan kepercayaan pembeli, lho. Saya pun setuju akan hal ini. Sebab, di luar sana, tidak sedikit orang yang mengaku punya toko online dan mempromosikan barang dagangannya di sosial media, ternyata hanya menipu. Kasus-kasus serupa sering saya lihat dari postingan teman-teman saya di Instagram dan Facebook.

Tidak bisa dipungkiri, hal semacam ini dapat menurunkan kepercayaan pembeli. Tapi, dengan adanya marketplace yang menjadi pihak ketiga antara penjual dan pembeli rupanya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, sehingga tidak sedikit yang akhirnya memilih berbelanja di marketplace ketimbang di toko online. Kita pun bisa berbelanja dengan rasa nyaman karena adanya perantara pihak ketiga yang menjamin keamanan bertransaksi. Nggak perlu khawatir lagi, deh.

Beberapa keuntungan semacam itu bisa dimanfaatkan oleh kamu yang berniat memulai usaha dengan berjualan online. Pasar terbuka luas. Banyak kelebihan yang bisa didapatkan dengan berjualan online, apa saja itu?

  • Menghemat Biaya

Dengan berjualan online, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mendirikan toko atau menyewa toko. Biaya modal bisa dipangkas sehingga dapat digunakan untuk hal lainnya.

  • Dapat Memasarkan Produk Lebih Luas

Ketika memulai usaha dengan mendirikan toko offline, kamu hanya bisa menjangkau pembeli dengan lokasi terdekat. Mustahil orang dari luar pulau berbelanja ke tokomu setiap akhir pekan.

Berbeda ketika kamu menjual online daganganmu, pasarnya bisa lebih luas. Dari luar kota, hingga luar negeri pun bisa dijangkau dengan mudah.

  • Tokomu Buka Selama 24 Jam Nonstop

Itulah untungnya berjualan online, kamu tidak perlu repot membuka tokomu sehari semalam, tetapi pembeli akan tetap berdatangan bahkan meski kamu sudah istirahat. Bisa tengah malam, pagi buta, hingga siang bolong. Para pembeli toko online memang lebih leluasa memilih waktu sehingga kapan pun bisa terjadi traksaksi.

  • Bisa jadi Usaha Sampingan

Di luar sana, banyak pekerja kantoran yang memiliki usaha sampingan dengan berjualan online, lho. Waktu mereka memang lebih fleksibel, nggak harus fokus pada toko online saja, tetapi bisa dikerjakan sambil ngantor. Tak heran, saat ini banyak orang yang memulai bisnis online tanpa ragu. Apalagi dengan adanya beberapa marketplace di Indonesia terasa semakin memudahkan saja.

Hmm, bicara tentang marketplace, kira-kira kamu tahu nggak, sih, apa bedanya toko online, e-commerce, dan marketplace? Kita menganggap ketiganya sama saja. Padahal, faktanya, ketiganya berbeda, lho.

1. Toko Online


jualan di blibli
Toko online bisa memanfaatkan media sosial (Foto: Pexels)

Toko online bisa didirikan oleh siapa pun tanpa tergantung pada website. Ya, kamu bisa membuka toko online dan menggelar barang daganganmu di Instagram dan Facebook. Tranksaksi bisa dilakukan melalui chat di Whatsapp atau Line, setelah itu, pembeli akan mentransfer sejumlah uang sesuai harga barang yang telah disepakati, mengirimkan bukti pembayaran, dan penjual akan mengirimkan barang pesanan tersebut kepada pembeli. Jadi, kamu sebagai penjual akan berhubungan langsung dengan pembeli tanpa perantara pihak ketiga.

2. E-Commerce


jualan di blibli
E-commerce berbeda dengan marketplace

Kita sering menyamakan antara e-commerce dengan marketplace. Padahal, keduanya adalah dua hal yang sangat berbeda. E-commerce biasanya menjual produknya sendiri, mengembangkan brand yang mereka miliki dengan membuat sebuah website yang khusus memasarkan produk-produk mereka. Jadi, kamu nggak bisa menemukan barang-barang dari brand lain di sini, Guys.

3. Marketplace


jualan di blibli
Adanya marketplace sangat membantu para pejual online (Foto: Pexels)

E-commerce yang sering kita bicarakan sebenarnya lebih tepat disebut marketplace, lho. Marketplace ini menyediakan tempat untuk berjualan bagi para penjual online. Ia juga menjadi perantara antara kamu dengan pembeli.

Dengan berjualan di marketplace, kamu tidak perlu membayar uang sewa tempat. Produk kamu pun bisa dengan mudah ditemukan oleh calon pembeli ketika mereka melakukan pencarian.

Lantas, dari ketiganya, manakah yang terbaik dan layak kamu coba supaya jualanmu bisa closing setiap hari?

Jika membuka toko online, otomatis kamu harus pintar-pintar promosi. Kamu harus mendatangkan calon pembeli sebanyak-banyaknya. Kamu butuh kerja keras untuk closing, jika tidak fokus, toko online yang sudah kamu bangun akan sepi. Sangat berbeda dengan marketplace yang selalu ramai dikunjungi pembeli setiap harinya.

Orang-orang yang baru pertama kali belanja di toko online kebanyakan merasa ragu, apakah toko tersebut bisa dipecaya atau tidak. Jika kekhawatiran itu berlebihan, bisa dipastikan, calon pembeli akan membatalkan keinginannya untuk bertransaksi. Saya pribadi pun merasakan hal serupa. Tidak mudah memercayai toko online terutama yang baru pertama kita jumpai.

Lalu, bagaimana dengan e-commerce? Bukankah sangat menarik jika bisa membangun website dengan brand kita sendiri? Hmm, mungkin awalnya terlihat sangat keren. Tapi, rupanya, untuk membangun sebuah e-commerce dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, terutama untuk mendesain website dan menjalankannya. Kita juga butuh promosi untuk mengenalkan brand kita pada masyarakat luas.

Berbeda ketika kita memilih berjualan di marketplace, selain bisa menghemat biaya untuk membuat website, promosi juga bisa dibantu oleh pihak marketplace sendiri. Berbagai macam strategi pemasaran akan dilakukan demi mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Produk yang kamu jual akan mudah dilirik oleh para pembeli. Closing pun bisa didapat dengan lebih mudah, Guys.

Adanya marketplace ini juga sangat membantu membangun kepercayaan pembeli karena ada perantara pihak ketiga. Saya pribadi lebih senang berbelanja di marketplace karena kemungkinan adanya penipuan sangat kecil. Pembayaran tidak akan sampai ke penjual selama produk yang diinginkan belum sampai ke pembeli. Itulah enaknya bisa belanja di marketplace.

Saat ini, Indonesia memiliki beberapa marketplace yang ramai dikunjungi para pelanggan. Salah satunya adalah Blibli.com. Blibli.com merupakan pusat belanja online yang menyediakan beragam kebutuhan, mulai dari gadget, pakaian, make up, hingga perlengkapan olahraga.

Menariknya, Blibli.com memberikan banyak promosi, gratis ongkir, hingga voucher yang pastinya membuat Blibli.com selalu ramai dikunjungi para pelanggannya. Kebayang dong kalau kita bergabung bersama Blibli.com? Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan sebagai penjual.

Apa Saja Keuntungan Berjualan di Blibli.com?


jualan di blibli
Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika bergabung bersama Blibli.com (Foto: Pexels)

Jika kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan bergabung bersama salah satu marketplace terbaik di Indonesia, lalu kenapa masih bingung dan mencari banyak alasan untuk pindah ke lain hati, Guys? Hehe. Nggak bosan nyetatus untuk jual online barang dagangan setiap lima belas menit sekali, tetapi tidak satu pun closing? Mending kamu bergabung bersama Blibli.com, dan dapatkan beragam keuntungan ini,

  • Keluasan Pilihan Kategori

Blibli.com memfasilitasi hampir semua jenis produk untuk dijual, lho. Ada 16 kategori belanja yang bisa dipilih oleh para pembeli. Mulai dari travel, otomotif, fashion wanita, kebutuhan ibu dan anak, kamera, handphone dan tablet, mainan, hingga tiket sekalipun. Dengan begitu, kamu nggak perlu ragu untuk bergabung, kan?

  • Gratis Foto Produk

Uniknya, sebagai penjual, kamu bisa menikmati fasilitas foto produk secara gratis. Kurang keren apa coba, Guys? Sekarang, kamu nggak perlu repot-repot mengambil foto produk karena semua telah disediakan oleh Blibli.com, free!

  • Kemasan Gratis

Siapa, sih, yang tidak suka dapat gratisan? Termasuk untuk kemasan demi menjamin keamanan produk yang kamu jual, Blibli.com menyediakan kemasannya gratis, lho.

  • Gratis Biaya Kirim

Nggak perlu ragu lagi untuk bergabung, karena Blibli.com memberikan gratis biaya pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke khusus untuk setiap produk reguler.

  • Kemudahan Proses Pengiriman

Blibli.com memiliki kerjasama dengan lebih dari 30 logistik yang dapat memudahkan proses pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

  • Asuransi Pengiriman Produk

Guys, kamu nggak perlu khawatir dengan keamanan barang saat pengiriman, sebab Blibli.com menjamin keamanan produk yang kamu kirim kepada para pelangganmu.

  • Layanan Merchant Care

Call-center disediakan khusus untuk penjual sehingga dapat mengatasi kesulitanmu dalam bertransaksi dengan calon pembeli. Berjualan pun menjadi lebih mudah.

  • Terdepan dalam Inovasi In Store

Blibli.com memberikan layanan khusus bagi merchant supaya dapat menjual produk offline dengan fasilitas pembayaran online. Kece banget, kan?

Bagaimana Cara Bergabung Bersama Blibli.com?


jualan di blibli
Segera bergabung bersama Blibli.com dan dapatkan beragam keuntungan (Foto: Pexels)

  • Buka Toko

Ikuti 3 langkah untuk membuka toko online secara gratis. Setelah menerima email verifikasi, kamu pun siap berjualan, Guys!

  • Upload Produk

Kamu bisa menambahkan produk secara masal atau satu per satu. Gunakanlah data produk yang telah terdaftar, dengan begitu, produk akan lebih mudah tampil.

  • Respon Pesanan

Pesanan akan kamu terima melalui SMS dan email. Kamu bisa segera mengirimkan barang sesuai pesanan pembeli.

  • Terima Pembayaran

Nah, ini dia saat yang ditunggu-tunggu. Yeay, kamu bisa memperoleh bayaran setelah barang diterima oleh pembeli. Kamu akan menerima pembayaran setiap seminggu sekali di rekening yang telah terdaftar.

Ternyata ada cara-cara mudah untuk memasarkan produk kamu secara online tanpa harus keluar banyak modal, tanpa harus capek-capek promosi. Yup! Semua kemudahan itu bisa kamu temukan di Blibli.com, Guys!

Nggak ada alasan lagi untuk tidak closing setiap hari. Kepercayaan pelanggan pun akan meningkat ketika kamu bergabung bersama salah satu marketplace terpercaya di Indonesia. Kapan lagi bisa seuntung ini? Kuy, gabung bersama Blibli.com dan dapatkan keuntungan besar nggak tanggung-tanggung!

Salam,

16 comments on "Susah Closing Setiap Hari? Jual Online Barang Daganganmu di Blibli.com Aja! Untungnya Nggak Tanggung-tanggung"
  1. sekarang mau usaha banyak diberi jalan kemudahan. salah satunya bisnis online. dimana pun dan kapan pun bisa dan semudah ini buat toko online sendiri. salut dengan Blibli.com

    ReplyDelete
  2. yup mbak, aku suka penyuka belanja online walo kebanyakan orang ada yang komentar "belanja online itu seperti membeli kucing dalam karung", tapi untuk jaman now ini lebih hemat krn gak tergiur belanja produk lain. beda dengan kalo kita datang ke mall, niatnya beli apa, dapatnya barang apa hehehee

    ReplyDelete
  3. Pengan banget punya usaha dgn jualan online, tp aku pesimis bgt, kayaknya ga ada bakat dagang gitu

    ReplyDelete
  4. Kalau udah tahu ilmunya, dirumah aja bisa ngasilin uang ya mb. Etapi aku belum pernah pakai blibli.. Patut dicoba lah.. Siapa tahu craft yg aki bikin bisa melesat penjualannya di blibli..

    ReplyDelete
  5. Tips yang bagus ini, dengan market place lebih mudah berjualan ya mba

    ReplyDelete
  6. Aku juga berjualan online, mbak Muyas...disamping kuliah & jadi guru. Alhamdulillah, sedikit2 ditekuni asal berkah.
    Tapi, belum jual di marketplace, nih. Setelah baca artikel mbak ini, aku jadi termotivasi uang untuk jualan di Blibli. Thanks yaa mbak :)

    ReplyDelete
  7. Setuju mba, berjualaa di marketplace lebih banyak keuntungannya dan anto ribet jika harus membuat website sendiri.
    Aku pernah belanja di blibli.com dan memang banyak diskonnya. Hehe

    ReplyDelete
  8. Blibli ini juga sering mengadakan pelatihan loh buat mitra penjual nya :)

    ReplyDelete
  9. Baru tahu nih perbedaan e-commerce dan marketplace kirain sama saja ternyata beda ya. Btw beli di marketplace seperti blibli emang lebih terpercaya ya daripada beli di toko online yang emang nggak ada jaminannya. Udah gitu pastinya belanja online lebih simple dan praktis ketimbang offline.

    ReplyDelete
  10. Hmm boleh dicoba nih di blibli dot com.

    taruihbaraja.com

    ReplyDelete
  11. Aku mau coba jualan online. At least jual buku-buku sendiri. Hehehe..

    ReplyDelete
  12. Untuk pembelian barang via marketplace lumayan gampang. Ternyata bikin toko pun juga gampang, dan pastinya memperluas pasar... Dulu aku ada toko online kaos tapi belum gabung di marketplace kayak gini...

    ReplyDelete
  13. Mbak Muyas.....keren banget ulasan yang lengkap...kap....kalau ikutan lomba pasti menang niih.

    ReplyDelete
  14. Blibli.com, free ongkir.. Mantep dah..

    ReplyDelete
  15. Belanja online emang yg paling ku demen sih untuk beberapa produk macam produk bayi, skincare, baju menyusui dll karena emang di sini nggak ada yg jual sprti yg ku mau jadi ya belanja online menjadi pilihan satu satunya. Cuma ku belum pernah nih di bibli. Bisa next time belanja di sana ya.

    ReplyDelete
  16. Mba Muyass, juara emang nih tulisannya. Btw, aku pribadi emang sering banget belanja di online dan caranya pun gampang. Tapi mesti bisa dikontrol ya mbaa, jangan sampe kantong jebol hahaa

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature