Resep Martabak Lipat Pandan

Saturday, July 27, 2019

Resep Martabak Lipat Pandan


Hai, hai! Gimana kabarnya, nich? Masya Allah, kangen banget beberapa hari ini tidak update postingan di blog. Kangen banget nggak duduk di depan laptop sambil ngantuk karena sekarang kebanyakan hanya punya waktu senggang di malam hari…hihi. Adakah yang seperti saya?


Beberapa hari ini agak rempong sama si bungsu yang sedang kurang sehat hingga pendengarannya berkurang. Sepertinya seminggu ke depan juga bakalan kurang fokus karena karena harus bolak balik rumah sakit untuk fisioterapi. Waktu banyak tersita di siang hari, tapi malamnya malah ikut meriang jadi memilih untuk istirahat ketimbang buka laptop yang berujung tambah meriang. Malam ini kondisi saya sudah jauh lebih baik, tapi keliyengan dari siang sampai sekarang. Kalau begini, mau ngapain juga nggak bisa bener…hihi. Seperti serba salah.


Biasanya langsung minum paracetamol, tapi sejak ikut JSR, saya lebih suka minum seduhan kurma, minum wonderwood, dan makan buah lebih banyak. Alhamdulillah, biasanya membaik lebih cepat. Nggak seperti dulu yang bisa ambruk banget pas kena flu begini.


Sebelum sakit, kemarin sempat membuat martabak lipat untuk si sulung yang sekolah sampai sore. Wajib dan kudu banget bawa bekal dari rumah. Meski simpel, tetap bawa bekal. Kadang, di rumah juga beli, kok. Dan bagi saya ini bukan hal yang haram…kwkwk. Maksudnya, jika memang anaknya mau atau saya sedang tidak sempat membuat, kenapa harus gengsi untuk membeli?


Dan martabak lipat pandan ini adalah cara termudah untuk membuat martabak dengan sisa bahan di akhir bulan. Belum belanja bahan-bahan karena belum weekend, kan? Bahannya gampang, kok. Prosesnya pun cepat tinggal diaduk-aduk saja, Guys.


Jika kamu punya daun pandan, bisa banget pakai jus pandan supaya hasilnya lebih wangi, klop sama santannya. Wanginya juga jauh lebih enak jika memakai daun pandan asli. Supaya lebih pekat, biasanya dicampur dengan daun suji. Kamu bisa deh dibuat jusnya dan saring. Sisanya bisa kok kamu simpan di kulkas dan diolah menjadi oalahan atau menu lainnya yang nggak kalah enak. Untuk isiannya bisa disesuaikan dengan selera. Bisa pakai mesis atau selai favorit. Misalnya pakai selai buah-buahan. Mari mulai memasak!


Bahan:


250 gram terigu protein sedang

1 butir telur

60 gram gula pasir

500 ml santan (boleh pakai santan instan + air)

½ sdt ragi instan

Sedikit garam

Sedikit pasta pandan


Cara membuat:


1. Campur semua bahan hingga rata. Kemudian diamkan adonan selama satu jam. Jangan lupa ditutup atasnya dengan kain bersih.

2. Panaskan teflon dan tuang adonan. Gunakan api kecil supaya tidak gosong.

3. Angkat saat bagian atasnya kering dan matang.

4. Isi dengan selai favorit dan lipat. Tekan-tekan bagian pinggirnya dengan garpu supaya menempel kuat.

5. Sajikan!



Resep Martabak Lipat Pandan


Voila! Martabak lipat pandan buatan kamu siap dibawa si kecil ke sekolah. Kamu bisa menghiasnya supaya lebih lucu dan menggemaskan. Sampai-sampai si kecil malah sayang menyantapnya *yaaah…hehe.


Gimana, simpel banget, kan? Yang belum pernah turun ke dapur pun bisa mencobanya dan insya Allah antigagal, kok. Martabak ini juga lembut banget, bersarang cantik pula bikin gemas. Bikin pengen nyomot, tetapi gagal inget diet…hihi.


Yuk, ah dicobain di rumah. Pasta pandan bisa diganti dengan pasta lain atau pewarna lain supaya lucu dan disukai anak-anak. Selamat mencoba dan jangan lupa selalu bersyukur dan happy!


Salam,

Comments