Top Social

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Berkualitas Khusus Buat Kamu yang Ingin Merintis Sebuah Bisnis

memilih jasa pembuatan website
Ternyata mencari jasa pembuatan website berkualitas bukan hal mudah (Foto: Pexels)

Hai, hai! Hari gini nggak punya website? Rasanya sangat ketinggalan zaman, ya, Guys? Punya website bukan hanya buat gaya-gayaan, banyak sekali manfaat yang bisa didapat terutama bagi kamu yang hendak atau baru merintis sebuah bisnis.

Meskipun sering digunakan, tetapi tidak semua tahu kapan pertama kali website ini diperkenalkan pada publik. Website pertama kali dibuka bagi publik pada tanggal 6 Agustus 1991, lho. Setiap tahunnya, jumlah website di dunia ini semakin meningkat. Pada tahun 1994, jumlah website hanya berjumlah 2.738 saja. Tapi, dua tahun yang lalu, sudah ada 1,7 milyar website dan semuanya aktif. Kebayang, betapa banyaknya orang yang memahami manfaat memiliki website sehingga tidak seorang pun dari mereka yang mau melewatkannya.

Tapi, Tahukah Kamu, Apa, sih, Website Itu?


memilih jasa pembuatan website
Apa, sih, website itu? (Foto: Pexels)

Berbeda dari blog, website merupakan sejumlah laman online yang terhubung dalam satu domain, biasanya dikelola oleh individu, perusahaan, institusi, organisasi, atau pemerintah. Sedangkan konten dari website biasanya berisi informasi seputar produk atau layanan.

Kalau sebuah blog bersifat dinamis dan butuh update postingan secara rutin, website tidak membutuhkan itu karena website bersifat statis. Jadi, kamu yang berniat membuat website, jangan keburu pusing dulu memikirkan bagaimana nanti akan update konten di website secara berkala sedangkan kamu nggak punya waktu luang alias super sibuk? Itulah keuntungan punya website yang kenyataannya banyak memberikan manfaat, tetapi tidak terlalu membuatmu kerepotan.

Lantas, Apa Manfaat Memiliki Website?


memilih jasa pembuatan website
Punya website bisa mendatangkan banyak manfaat (Foto: Pexels)

Dari tadi kita bicara soal website, tetapi tahukah kamu apa manfaat memiliki website? Kenapa website begitu penting terutama bagi kamu yang berniat merintis sebuah bisnis? Bahkan perusahaan-perusahaan besar dan kecil pun tak pernah melewatkannya?

  • Website untuk Branding

Bisnis yang sedang kamu rintis tentu butuh branding, ‘kan? Orang-orang perlu mengenal nama produk atau brand kamu. Dan itu bisa dipermudah dengan adanya website.

Website akan mengenalkan produkmu melalui halaman Google. Semakin tinggi peringkatmu di Google, tentu brand kamu akan semakin mudah dikenali oleh banyak orang. Zaman sekarang, kebanyakan konsumen mengetahui, mencari, dan mengenal sebuah produk melalui internet. Dan inilah kesempatan kamu untuk mengenalkan produk atau brand yang kamu punya dengan lebih mudah.

  • Website Memberikan Informasi yang Dibutuhkan oleh Konsumen

Nah, ini merupakan salah satu alasan kenapa kamu wajib dan kudu punya website, Guys. Ketika kita ingin membeli sebuah produk atau mencari informasi mengenai brand tertentu, kita pasti akan mencarinya di halaman Google. Semua orang berharap mendapatkan informasi lebih ketika membuka halaman Google. Apa, sih, yang nggak ada di sana? Termasuk soal brand yang mereka cari.

Dengan adanya website, informasi yang dibutuhkan semakin mudah didapatkan. Tapi, bagaimana jika informasi yang mereka cari ternyata tidak tersedia disebabkan kamu belum punya website? Pastinya tidak butuh alasan lebih untuk berpaling dan mencari produk lainnya, lho. Ujung-ujunganya kamu juga yang rugi, 'kan?

  • Meningkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Bisnis yang Sedang Kamu Rintis

Meskipun bisnis yang kamu rintis terbilang sangat baru, belum banyak orang mengenal dan mengetahuinya, tapi, ketika kamu memutuskan membuat website khusus untuk brand kamu, kepercayaan publik terhadap brand kamu pun akan meningkat dengan sendirinya.

Sebanyak 81 persen konsumen mencari informasi mengenai produk yang akan dibelinya di internet. Jika informasi itu bisa mereka dapatkan dengan mudah, tentu saja tidak ada alasan untuk mencari produk penggantinya.

Website merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Tanpa disadari, website meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand yang sedang kamu jual. Jadi, masih beralasan untuk tidak membuat website?

  • Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Dengan adanya website, kamu bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Kebayang dong, siapa saja yang bisa membuka website kamu dari halaman Google? Yup! Karena alasan itulah, kamu harus membuat website mulai sekarang. Benar-benar akan menguntungkan bagi bisnis yang baru kamu rintis.

  • Membangun Toko Online Milik Sendiri

Menjual sebuah produk memang tidak harus punya website. Bisa lewat media sosial bahkan lewat marketplace yang sekarang banyak digunakan oleh masyarakat. Tapi, bagaimana jika marketplace yang kamu pakai mengubah kebijakannya sewaktu-waktu, Guys? Sehingga bukannya tidak mungkin, kamu akan mengalami kerugian atau hal mengecewakan lainnya.

Dengan memiliki website, kamu bisa membangun toko online milik pribadi, jadikan itu sebagai toko pusat, sedangkan toko kamu di beberapa marketplace hanya dijadikan cabang saja. Jika sewaktu-waktu ada perubahan kebijakan, kamu bisa tetap tenang dan menjalankan bisnismu dengan lancar.

  • Transaksi Bisa Dilakukan Kapan pun

Ya, kalau kamu jualan di sebuah toko, pukul sembilan malam sudah harus tutup dan mustahil ada konsumen melakukan transaksi di sebuah toko yang sudah tutup. Padahal, banyak orang mengaku tak memiliki banyak waktu luang untuk membeli barang yang diinginkan pada jam kerja dengan alasan kesibukan yang tak bisa ditunda.

Kabar baiknya, dengan membuat sebuah website, transaksi bisa dilakukan kapan pun tanpa mengenal waktu. Sedangkan kamu bisa beristirahat tanpa menghalangi konsumen yang tetap ingin bertransaksi. Menarik sekali, ‘kan?

  • Minim Biaya Promosi

Yup! Dengan memiliki website sendiri, secara tidak langsung kamu telah menghemat biaya promosi, lho. Kamu tidak perlu repot-repot membuat spanduk dan brosur. Cukup manfaatkan website dan share sebanyak-banyaknya lewat media sosial yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa menekan biaya promosi serendah-rendahnya.

  • Lebih Profesional dengan Email dan Nama Domain Sendiri

Zaman sekarang, hampir semua orang yang serius berbisnis tentu memiliki email dengan nama brand-nya sendiri. Tentu tidak terlihat profesional jika kamu masih menggunakan email gratisan yang bisa jadi dianggap palsu atau tidak mudah dipercaya oleh sebagian orang.

Dengan membuat website sendiri, kamu tidak hanya akan mendapatkan email dengan nama brand milikmu, melainkan juga bisa mempunyai website dengan nama domain sendiri. Bisnis kamu akan terlihat lebih profesional, lho, nantinya.

Kira-kira, itulah beberapa manfaat memiliki website terutama bagi kamu yang berniat merintis sebuah bisnis. Tapi, bagaimana cara membuat website? Susah nggak, ya? Apakah saya bisa membuatnya sendiri?

Duh, tenang dulu, Guys. Hari gini masih bingung bagaimana cara membuat website? Hihi. Kamu nggak perlu khawatir memikirkannya. Sebab, zaman sekarang, sudah banyak jasa pembuatan website yang menawarkan jasanya. Meskipun banyak jasa pembuatan website yang mudah kamu jumpai, tapi, please, tetap berhati-hati dan perhatikan tips memilih jasa pembuatan website berkualitas seperti yang akan saya paparkan berikut. Sebab, bukannya tidak mungkin, mereka yang katanya mau membantu melambungkan bisnis kamu, nyatanya hanya mengambil untung pribadi saja.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Berkualitas


memilih jasa pembuatan website
Bagaimana cara memilih jasa pembuatan website yang profesional dan berkualitas? (Foto: Pexels)

Sudah beberapa kali saya kena tipu oleh jasa pembuatan website. Awalnya mereka tampak sangat profesional, tetapi, kenyataannya, setelah dilihat hasilnya, mereka tidak bisa dikatakan terbaik, bahkan banyak melakukan kesalahan sampai-sampai website yang dibuat tidak sempurna seperti yang saya inginkan. Hingga yang terburuk, sempat dimasuki penyusup.

Karena itu, ada baiknya kamu benar-benar memperhatikan tips memilih jasa pembuatan website berkualitas seperti di bawah ini,

  • Desain Website Modern dan Berkarakter

Penting sekali memilih jasa pembuatan website yang mampu membuat website sesuai dengan karakter brand kamu. Website yang nantinya kamu pesan pun haruslah memiliki tampilan modern supaya bisa memikat hati para konsumen.

Jasa pembuatan website yang kamu pilih harus mampu menerjemahkan kebutuhanmu sehingga nantinya website yang kamu punya bisa benar-benar sesuai dengan harapanmu. Ini baru namanya jasa pembuatan website yang jadi incaran semua orang, ya?

  • Tidak Hanya Mementingkan Tampilan, Jasa Pembuatan Website yang Kamu Pilih Harus Mengutamakan Keamanan

Bagus dan menarik pastilah diinginkan setiap konsumen, tetapi, keamanan itu juga perlu, lho. Website adalah harta berharga bagi sebuah brand, karena itu, benar-benar butuh proteksi sempurna sehingga website kita tidak mudah dimasuki oleh penyusup.

Bagi orang awam seperti saya, rasanya tidak mudah mencari jasa pembuatan website yang terpercaya dan berkualitas. Jadi, tidak heran jika dulu, website yang saya miliki pernah dimasuki penyusup. Sejak saat itu, saya jadi lebih berhati-hati ketika memilih jasa pembuatan website. Saya pun menyadari, jika proteksi yang kuat sangat diperlukan ketika membuat website. Siapa, sih, yang mau website kerennya dimasuki orang asing dan diutak atik tanpa izin?

  • Mampu Membuat Website Bekerja dengan Maksimal

Ini juga perlu banget. Untuk meningkatkan branding hingga memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya, kamu butuh bantuan jasa pembuatan website yang mampu bekerja membuat website kamu bersaing di halaman pertama Google. Kamu sendiri pasti nggak sanggup dong membuat kode-kode rumit, menulis konten berkualitas sehingga bisa muncul dan bersaing di peringkat pertama Google? Nah, solusinya kamu butuh jasa pembuatan website yang mampu melakukan ini semua buat kamu!

  • Pengerjaan Cepat

Males banget, ‘kan kalau kita pesan website pada jasa pembuatan website, tetapi harus menunggu berbulan-bulan? Ketika ditanya kapan selesai, dengan santai mereka jawab, sabar. Kita membayar dengan harga yang pantas sesuai kesepakatan, bagaimana bisa jasa pembuatan website malah susah banget ditagih tanggung jawabnya? Ujung-ujungnya malah kita disalahkan karena dianggap nggak pengertian. OMG! Tinggalin, deh, jasa pembuatan website yang seperti ini, Guys!

Kamu butuh waktu yang cepat untuk pengerjaan sebuah website. Kamu juga butuh kepastian waktu, jangan mau digantung apalagi sampai ditinggal naik gunung, Nggak banget! Rata-rata, pengerjaan website dilakukan 10-14 hari kerja. Coba tanya, jasa pembuatan website kamu bisa mengerjakan sampai berapa lama?

  • Memberikan Panduan yang Mudah Bagi Pelanggan

Sebagian besar dari kita yang 'nol' banget soal website, pasti butuh panduan sehingga nantinya bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan tanpa kendala. Nah, di sini kita butuh jasa pembuatan website yang bisa memberikan panduan yang dibutuhkan. Tentu saja sampai kita bisa dan mampu menjalankannya sendiri.

  • Memiliki Reputasi Baik

Coba kamu tanya pada teman-teman terdekatmu, kira-kira, adakah dari mereka yang memiliki pengalaman buruk terhadap jasa pembuatan website yang akan kamu pilih? Jika iya, sebaiknya kamu urungkan niatmu untuk menggunakan jasa pembuatan website itu, Guys.

Carilah jasa pembuatan website yang memiliki reputasi baik di mata pelanggannya. Karena ini sangat penting. Jadi, jangan segan bertanya pada mereka yang lebih dulu tahu, ya!

  • Penting Melihat Testimoni Para Pelanggan Jasa Pembuatan Website

Kamu tidak perlu ragu melihat testimoni para pelanggan jasa pembuatan website yang kamu pilih. Baik dari sisi desain, harga, serta hasilnya. Kamu bisa cek langsung beberapa website yang pernah mereka buat. Setelah itu, kamu bisa menentukan apakah tetap ingin menggunakan jasa tersebut atau tidak.

  • Harga yang Ditawarkan Murah, Tapi Tidak Murahan

Tidak semua orang punya uang banyak ketika berniat membuat website. Karena itu, kamu bisa mencari referensi terlebih dahulu sampai kamu menemukan jasa pembuatan website yang menawarkan harga murah, tetapi dengan hasil yang tidak murahan tentunya.

Pusing dan nggak tahu harus mencari jasa pembuatan website berkualitas di mana? Sekarang, kamu nggak perlu khawatir, karena semua kriteria di atas bisa kamu temukan di Grapiku.

Grapiku merupakan jasa pembuatan website berkualitas dan bisa diandalkan. Kamu bisa mendapatkan website profesional yang dapat menjangkau banyak orang di dunia.

Layanan pembuatan website Grapiku bersifat custom. Tapi, secara garis besar, kamu bisa melihat beberapa di antaranya,

1. Website Profile/Brand
2. Website Toko Online/ Katalog
3. Website Kuliner/Resto/Cafe
4. Website Sekolah/LMS
5. Website Media/Portal/Blog
6. Website Travel/Hotel/Booking
7. Website Personal/Portfolio

Dan masih banyak jenis website lain yang bisa dipesan sesuai kebutuhanmu. Penasaran dengan portfolio Grapiku? Cek langsung, deh, supaya nanti malam bisa tidur nyenyak :)

“Sebuah website harus mencitrakan brand, membawa dampak positif bagi perusahaan. Website yang baik tidak hanya segi tampilan, tetapi yang mampu bersaing dan mendatangkan pelanggan.” (Grapiku)

Salam,
5 comments on "Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Berkualitas Khusus Buat Kamu yang Ingin Merintis Sebuah Bisnis"
  1. Wah saya suka nih, untuk saat ini saya cuma nge-blog aja, belum kepikiran yang jauh-jauh untuk website

    ReplyDelete
  2. dizaman sekarang ini gak cuma tampilan yang harus kekinian tapi kemudahan bagi konsumen untuk mengakses website atau toko online tersebut. males banget kan kalo buka website tapi loadingnya lama. dan gak perlu bikin akun yang ribet untuk berlangganan cukup dengan menggunakan email dan bisa lakukan pembelian dengan cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mbak..itu yang kita butuhkan di zaman sekarang...

      Delete
  3. Mungkin besok2 aku akan belajar dari Frapiku ini. Yosh

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature