29 Ide Postingan di Blog yang Paling Gampang, Biar Kamu Tetap Produktif!

Tuesday, January 28, 2020

Bulan depan saya janji kepada teman-teman di komunitas Estrilook untuk berbagai beberapa tema atau ide postingan di blog. Maunya setiap bulan*kalau sempat, ya..hihi. Kali ini, saya buat khusus untuk bulan Februari 2020.

Bulan ini saya sedang senang-senangnya ngeblog, tumben banget rajin juga ikutan blogwalking...kwkwk. Biasanya saya hanya mengadakan blogwalking tanpa aktif terlibat di dalamnya. Haduh, parah banget...haha.

Saya berharap bisa mengisi blog setiap hari, seperti teman-teman yang lain. Berharap aja nggak pernah cukup kalau kitanya nggak mau usaha, ya. Biasanya, saya ngajakin teman-teman yang lain untuk ikutan aktif juga dengan mengadakan challenge seperti ODOP (One Day One Post) atau SETIP (Seminggu Tiga Postingan).

Nah, kali ini belum kepikiran buat ngadain ODOP lagi karena sayanya belum cukup fokus juga mau memulai. Jadi, saya memutuskan untuk membagi beberapa ide postingan di blog saja, siapa tahu ada yang membutuhkan, terutama teman-teman blogger yang biasa beralasan nggak ada ide buat ngeblog.

Banyak Ide Bertebaran di Sekitar Kita



Sebenarnya ide itu selalu ada, bahkan ketika kita sedang mencuci atau setrika...hehe. Tapi, kadang nggak punya waktu atau belum menyempatkan untuk menuliskannya di blog, sehingga ide itu menguap, hilang begitu saja. Akhirnya lupa.

Sebenarnya, kalau kita rajin dan rutin menulis, insya Allah nggak akan ada yang namanya mati gaya buat ngeblog. Ide biasanya muncul dengan sendirinya, terutama kalau ngeblog, kan lebih santai, bisa mengangkat tema-tema di sekitar kita, tema-tema yang sedang hangat diperbincangkan, nulisnya pun lebih suka-suka.

Kita nggak perlu cari ide berat-berat karena bakalan jadi males ngeblognya, kecuali ketika sengaja mengikuti lomba blog, sudah bisa dipastikan kita butuh waktu cukup untuk riset dan menuliskannya. Kalau nggak, mending cari ide yang mudah ditulis, tapi tetap ada faedah dan manfaat yang bisa dipetik oleh pembaca. Mungkin tip semacam ini sangat diperlukan terutama bagi pemula. Penting kamu tetap menulis dan menulis dulu. Itu aja kuncinya.

Menulis review barang-barang yang kita pakai di rumah juga menjadi salah satu ide menarik, lho. Mulai dari skincare, peralatan memasak di dapur, makanan ringan, hingga elektronik. Semua ini bisa dijadikan ide menarik untuk postingan di blog.

Sering Berkunjung ke Blog Teman-teman Blogger yang Lain



Sekarang, kita bisa ikutan blogwalking di mana-mana. Sudah banyak yang ngadain dan menurut saya ini sangat bermanfaat. Tapi, inti dari mengunjungi blog teman dan menulis komentar di sana bukan semata-mata ingin dikunjungi balik. Harusnya kita nggak kecewa saat blogger lain ternyata nggak mau berkomentar balik di blog kita. Kita nggak akan pernah rugi, kok karena itu.

Ketika meninggalkan komentar, kita juga mendapatkan banyak manfaat, mulai dari bisa membaca lumayan panjang, dapat ide baru, lebih bersemangat, dan menanamkan link blog kita di sana. Jadi, nggak usah baper kalau blogger yang sering kita kunjungi ternyata nggak mau berkunjung balik, kita nggak akan pernah rugi.

Dulu, saat aktif menulis artikel di beberapa media online, saya suka membaca artikel-artikel yang terbit di beberapa media berbeda. Jadinya memang memancing ide baru keluar, nggak mati gaya, nulis artikel bisa banyak. Saya pikir, hal semacam ini juga berlaku sama ketika kita ngeblog.

Ikutan Lomba Blog


Ikutan lomba blog bisa jadi salah satu ide menarik. Kalah menang itu hal biasa. Saya juga sering kalah meski ngarepnya selalu menang....kwkwk. Dan nggak pernah kapok ngikut lomba menulis karena bikin tertantang aja.

Ketika kemarin saya bergabung di sebuah grup di mana banyak mastah blogger saling sharing pengalaman, barulah saya paham bahwa blogger yang ikutan lomba bukan orang-orang biasa. Mereka memang benar-benar hebat, sampai-sampai ada calon doktor juga. Luar biasa banget memang persaingannya, tapi menang bukan satu-satunya alasan kenapa kita ikut lomba. Meskipun setiap ikut sudah pasti harus percaya diri untuk mengharapkan kemenangan, ya. Nggak boleh jadi orang pesimis.

Meski kalah, kita nggak pernah rugi. Minimal blog kita terisi dengan postingan baru, kita pun telah keluar dari zona nyaman dan menantang diri sendiri, bikin kita lebih rajin belajar. Karena ikut lomba itu sejatinya bukan hal mudah, banyak sekali syarat dan ketentuan yang diberikan sehingga kita perlu mengerjakan dan mempelajarinya satu per satu.

Belum lagi mencari ide yang menarik supaya minimal kita pede bahwa artikel kita benar-benar layak dipertimbangkan. Ikut lomba ngeblog juga bisa jadi alternatif buat kita yang sering mati gaya ketika mau mengisi blog. Kalau ikut lomba, kita sudah diberikan tema sendiri, tinggal dikerjakan saja. Gampang, kan?*meski tak semudah itu juga...hihi.

Dengan ikutan lomba, kita juga belajar menulis lagi. Proses ini kita butuhkan supaya kemampuan menulis lebih mengalir, lebih lancar. Nggak ada cara terbaik untuk menjadi blogger atau penulis yang lebih baik ketimbang praktik dan praktik.

29 Ide Postingan di Blog Paling Gampang



Bulan Februari 2020 ada 29 hari, Gaes. Jadi saya cukup membagikan 29 ide postingan saja, ya. Selebihnya bisa kamu cari sendiri. Ide itu, kadang susah banget dipikirkan ketika sengaja dicari dan begitu mudah muncul di saat kita justru tidak sedang memikirkannya. Saat santai atau bahkan di saat yang tidak tepat sekalipun...hihi. Jadi, kitanya harus benar-benar peka juga supaya ide itu bisa kita dapatkan.

Daripada berlama-lama, mari kita mulai menulis beberapa postingan dari 29 ide di bawah ini,

1. Penyakit yang sering muncul saat musim hujan dan cara mengatasinya

2. Lindungi keluarga dari DBD, Mencegah lebih baik daripada mengobati

3. Ide menu berkuah di cuaca dingin

4. Minuman herbal untuk menghangatkan tubuh di cuaca dingin

5. Alasan kenapa melarang anak bermain hujan

6. Film keluarga paling menarik dan nggak ngebosenin

7. Alasan kenapa lebih sering masak sendiri / lebih sering beli makanan di luar?

8. Motivasi ngeblog

9. Manajemen waktu bagi blogger yang sibuk bekerja atau IRT tanpa ART

10. Pengalaman unik saat anak pertama kali sekolah

11. Pertimbangan memilih sekolah buat anak

12. Edukasi anak tentang manfaat dan bahaya berselancar di dunia maya

13. Impian traveling yang tertunda bersama pasangan

14. Musim hujan dan banjir di mana-mana, tips siap siaga sebelum banjir datang

15. Etika berkomentar di dunia maya

16. Manfaat sosial media dan pengaruh buruknya bagi kehidupan manusia

17. Menu spesial favorit anak-anak, pasangan, atau resep warisan orang tua

18. Perlukah menabung untuk traveling bersama keluarga?

19. Kondisi darurat sebab coronavirus, pentingnya mengetahui tanda gawat darurat dan pencegahannya

20. Mendidik anak mandiri sejak dini

21. Suntikan semangat untuk menghadapi hari-hari yang berat

22. Kuliner legendaris di daerah kita

23. Cara memperbaiki kualitas tidur terutama bagi orang sibuk

24. Seberapa penting menerapkan pola hidup sehat?

25. Kopi atau teh, mana yang jadi minuman favorit kamu?

26. Buat orang yang sering nyepelein kita (motivasi)

27. Pengalaman paling berkesan selama ngeblog

28. Traveling murah meriah untuk keluarga

29. Blogger paling inspiratif versi kamu, yang bikin kamu tambah semangat ngeblog!

Tahun ini, kamu juga bisa melihat beberapa lomba blog yang masih berlangsung dan berakhir bulan depan. Ya, banyak banget lomba blog saat ini selain lomba menulis buku yang juga sama-sama menggiurkan...haha.

Menulis itu, nggak terbatas menulis buku saja, ngeblog, menulis di platform lain pun juga sama. Penting kita masih tetap konsisten melakukannya. Tuliskan hanya hal-hal baik yang bisa membuat orang lain termotivasi untuk lebih baik, lebih bersemangat, lebih positif memandang hidup. Sesimpel itu, sih buat saya.

Semoga 29 ide ini bisa membantu kamu, ya. Bisa jadi, dari ide-ide di atas kamu justru jadi terpancing untuk memikirkan ide-ide menarik lainnya. Selamat mencoba!

Salam hangat,

Featured image: Photo by Lisa Fotios on Pexels

 

Comments

  1. Woww banyak juga idenya yaaaa
    Memang paling susah cari ide n cari mood buat nulis
    Tq yaa

    ReplyDelete
  2. idenya benar-benar menarik Mbak, boleh doong ya dicontek. Cucok banget deh saya yang suka mati gaya ini. Hihihih. Makasiih lho Mbak :)

    ReplyDelete
  3. wah, keren keren nih ide ngeblognyaaa
    Bismillah, bulan February daku juga mau banyakin postingan ahhh

    ReplyDelete
  4. Yuhuuu, terima kasih banyak mbak muyas, aku baca tulisan ini merasa beruntung jadi bisa nyontek ide. Ehhh tapi tadi mbak blg kl kita BW ke artikel org lain tp mereka ga BW balik kan gpp ya yg penting kita udah ninggalin jejak link. Nah keuntungan menanam link blog itu apa ya mbak?

    ReplyDelete
  5. FIRSTY UKHTI MOLYNDIJanuary 28, 2020 at 6:27 AM

    klo aku sih tipsnya banyak membaca. dari situ pasti ketemu ide buat nulis blog

    ReplyDelete
  6. Mantap...
    Makasih idenya mbak..
    Ternyata banyak ya yg bs kita tulis

    ReplyDelete
  7. Tinggalkan jejak di sini. Semoga pertanda komitmen diriku untuk serius. Thanks mba muyass utk 29 ide nya

    ReplyDelete
  8. Wah, kenapa saya ga kepikiran dengan tema-tema yang diatas ya selama ini 🙁 padahal kita ga perlu mikir tema yang berat biar bisa update artikel setiap hari alias produktif nge-blog 😍 terima kasih mbak sudah memberi pencerahan 🤗

    ReplyDelete
  9. ide di sekitar emang bertebaran, kadang kalo ga bisa bikin kalimat baru, saya nulis apa yang ada di depan saya saja

    ReplyDelete
  10. Wah keren nih , bisa jadi ide tulisan

    sebetulnya saya juga sedang odop di bulan january 2020

    tapi kalah oleh management waktu #hiks

    ReplyDelete
  11. Wahhh thank you loh kak tipsnya. Beberapa jadi inspurasiku bikin the next article. Kopi salah satunya 😄😄

    ReplyDelete
  12. Wah, daftar idenya sangat membantu sekali, untuk menyisir mau menulis apa. Sangat bermanfaat.

    Btw, kadang saya ikut lomba blog juga karena sedang bingung mau menulis apa. Kalau menang alhamdulillah, kalau kalah ya setidaknya saya punya artikel tentang itu. Kalau komentar ke related theme juga menambah baik blog kita, kelihatannya

    ReplyDelete
  13. Wuih keren. Idenya banyaaaak. Nanti mau aku jadiin salah satu tulisanku ah. Soalnya aku sering nih begini. Buntu ide untuk nulis. Mana banyaknya moody pula :(

    ReplyDelete
  14. Betul banget mba ide banyak bertebaran buat dijadiin artikel kan, cuma ya itu dia kadang ngatur waktunya dan ak kalo nulis tuh lamaa hiks, semoga bisa komit ah konsisten tiap minggu 1 artikel aja dulu paling gak

    ReplyDelete
  15. Masyaa Allah keren semua idenya Mbak. Dijamin nggak akan kehabisan ide nih selama bulan Februari. Saya kalau lagi kehabisan ide biasanya ikutan lomba. Dari satu tema tiba-tiba muncul ide-ide yang lain. Akhirnya dapat deh 2 atau 3 tulisan sekaligus. Paket hebat. Tinggal posting saja hehe.

    ReplyDelete
  16. Keren dan mantap sekali mbak. Untuk bisa menulis artikel memang harus memiliki ide yang luas agar tidak mudah cepat bosan.

    ReplyDelete