Resep Bakpao Antigagal dengan Bahan Sederhana dan Mudah Dibuat

Wednesday, October 2, 2019







Bakpao merupakan salah satu jenis kudapan yang mengenyangkan karena terbuat dari tepung. Biasanya, pedagang bakpao keliling suka lewat di depan rumah, tapi selama tinggal di Jakarta, jarang banget mendengar pedagang bakpao teriak-tariak di depan rumah (mungkin takut diomelin...hihi).

Dulu, pernah bikin bakpao dengan resep yang saya temukan di Cookpad. Sayangnya, gagal total bakpao-nya. Selain bantat, bakpao jadi lebih mirip kue moho gitu. Pernah tahu kue moho nggak, Guys? Yups! seperti itulah hasilnya. Jadi, ujung-ujungnya lebih sering bikin roti ketimbang bakpao karena keseringan gagal.

Beberapa bulan yang lalu, kakak saya sempat menanyakan resep bakpao. Iseng-iseng akhirnya saya mencoba mencarinya di Cookpad, dapatlah resep satu ini yang katanya di-recook dari resep Melz Kitchen. Kalau dipikir, resep ini adalah yang termudah karena nggak perlu ngulen sampai tangan pegal, nggak perlu bahan-bahan yang susah karena semuanya hampir selalu tersedia di rumah. Dan paling asyik, bakpaonya empuk dong hingga keesokan harinya, masya Allah.

Di sini, saya nggak pakai mentega putih karena nggak punya persediaan di rumah. Saya ganti blueband cake and cookie. Hasilnya tetap cantik. Karena dikukus dan tanpa ulen, waktu pengerjaannya pun cukup singkat dan nggak memakan waktu banyak. Jadi, meski udah sore saya berani membuatnya, beda banget sama bikin roti yang bisa bikin melek hingga jam 12 malam hanya demi menunggu proofing sampai memanggang.


Untuk isiannya, saya pakai mesis cokelat, biar mudah dan nggak pakai ribet. Maklum lagi malas...kwkwk. Kalau mau, isiannya bisa divariasikan dengan selai rasa buah atau kacang hijau buatan sendiri. Kapan-kapan mau coba bikin dengan isian selai stroberi atau kacang hijau, insya Allah.


 Nah, berikut resep bakpao antigagal dan antigalau, Guys...kwkwk. Cuslah, dicatat resepnya, ya!

Bahan biang:


150 ml air hangat

30 gram gula pasir

6 gram ragi instan (1 sdt penuh)

Bahan A:


250 gram tepung terigu protein sedang atau rendah

1 sdm susu bubuk (saya pakai 2 sdm)

½ sdt baking powder

Bahan B:


30 gram mentega putih

½ sdt garam


Cara membuat:



  1. Campur bahan biang jadi satu. Ingat, ya, suhu airnya harus hangat, tidak terlalu dingin karena ragi sulit aktif, tidak terlalu panas juga karena ragi bisa mati. Aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 5-10 menit. Jika berbusa, maka campuran biang siap digunakan. Tapi, kalau tidak berbusa, sebaiknya ganti dengan ragi yang baru atau suhu airnya kurang tepat.

  2. Campur air biang ke dalam bahan A. Aduk dengan sendok kayu atau spatula sampai rata saja. Masukkan bahan B. Uleni sebentar sampai rata dan adonan tidak terlalu lembek (agak kalis).

  1. Bulatkan adonan kemudian tutup dengan kain bersih. Diamkan selama 30 menit.

  2. Kempeskan adonan dan uleni sebentar saja. Ambil secukupnya adonan dan beri isian. Bentuk bulat dan diamkan 10 menit sambil memanaskan panci kukusan. Alasi bagian bawah bakpao dengan kertas minyak atau daun pisang.

  3. Panaskan panci kukusan dan jangan lupa bungkus tutupnya dengan kain bersih supaya uang air tidak menetes ke bakpao-nya.

  4. Kukus bakpao selama kurang lebih 10 menit. Angkat dan sajikan hangat.

Voila! Bakpao buatan kita sudah jadi, nih. Kalau mau dibentuk seperti landak, cukup gunting saja setiap permukaan bakpao sesaat sebelum dikukus. Gampang banget, kok, bikinnya. Dan buat saya, resep ini termasuk antigagal banget dibandingkan resep lain yang pernah saya coba.

Lihat penampakannya, empuk meski sampai esoknya, lho. Simpan dalam wadah tertutup supaya bakpao tetap empuk dan lembab. Anak-anak juga senang ikut membentuk bakpao-nya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Salam hangat,


Comments

  1. Waaah...nunggu anakku pulang ini Mbak. Kalau ada mereka, semangat memasak jadi berkibar lagi. Kalau gak ada mereka, masakan apalagi kue, sering nganggurnya. Dan anak-anak adalah konsumen fanatik masakan ibunya. Hehe, terimakasih resepnya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Bintang dulu ntar nyoba resep ini
    Thanks sharing nya mba Muy :)

    ReplyDelete
  3. Waaahhh....luar biasa ini aku pingin banget bisa bikin bakpao.
    Nah, sampai kebawa mimpi. Dalma mimpiku gampang banget xixixixiix

    ReplyDelete
  4. Wih mantep Mbak kayak landak :)
    di isi daging lebih mantep hehe

    ReplyDelete