Cara Verifikasi Identitas Akun Adsense Lewat Hp Android Supaya Berhasil

Friday, October 4, 2019

verifikasi akun adsesnse



Gimana cara verifikasi akun Google adsense kita? Pernah nyoba dan gagal? Lewat hp android emang bisa? Kalau gagal lagi gimana? Bisa ditangguhkan dan iklan nggak tayang lagi di blog...hiks.

Selama ngeblog, sejak awal nggak pernah ngebayangin bisa menghasilkan uang dari blog sendiri. Kenapa? Karena awalnya ngeblog memang karena sekadar suka menulis, blog sebagai wadah kreativitas, biar ada tempat cerita dan curhat *lha. Karena itu, selama hampir 3 tahun ngeblog, menang kompetisi, dapat content placement dan me-review produk kayaknya sesuatu di luar bayangan saya. Dari situlah saya mendapatkan penghasilan selama ngeblog. Balik lagi, meski sudah merasakan ‘hasil’ dari apa yang saya rawat, tetap saja ngeblog adalah sesuatu menyenangkan yang murni saya kerjakan karena saya suka. Dapat uang ya senenglah, tapi saya pun sangat menyayangi blog saya. Jungkir balik ngisi blog sambil ngerjain naskah rasanya bukan hal mudah. Bisa dilihat di bulan Agustus, blog ini hampir nggak kesentuh, postingan barunya hanya sekitar 8 saja. Karena di bulan Agustus saya dikejar deadline menulis buku. Di bulan itu saya merasakan mual-mual...kwkwk. Bukan karena hamil, tapi puyeng...hihi.


Dan, sekarang jadi lebih puyeng lagi ketika dapat email dari Google Payments yang intinya berisi permintaan verifikasi identitas akun adsense saya. Selama ini saya jarang banget ngecek akun adsense, udah berapa uangnya, mau diapain biar maksimal, dan semua hal tentang adsense itu agak kurang saya perhatikan. Bukan karena saya nggak pengen dapat uang, tapi karena saya ini gaptek...kwkwk. Sudah ikut kelas optimasi Google Adsense, tetap saja kemampuan segini-segini aja. Kalau ditanya, “Dulu gimana daftar adsense?” Saya akan jawab, udah lupa...haha. Biasanya saya hanya browsing-browsing sana sini, kemudian mencoba sendiri sampai berhasil. Yess, saya bisa, tetapi kalau ditanya lagi jujur saja saya nggak bakalan bisa memandu kalian dari awal...kwkwk. Tapi, kamu bisa pelajari di sini jika mau mendaftar adsense.


Begitu juga ketika dapat email dari Google Payments, bayangan saya tinggal kirim foto KTP, ya udah berhasil dong harusnya. Kenyataannya tidak semudah itu, Ferguso! Beberapa kali saya gagal verifikasi pakai KTP dengan alasan KTP saya sudah tidak berlaku. Padahal meski tertera tanggal tidak berlakunya sejak 2018, tetapi status KTP saya, kan, seumur hidup.


Karena merasa benar, saya upload ulang foto KTP saya...kwkwk. Hingga akhirnya saya sadar, ini bukan masalah enteng alias harus serius. Alhasil saya browsing dan menemukan kenyataan pahit, sepahit hidup kamu...kwkwk. Iya, ternyata memang saya nggak bakalan bisa verifikasi akun Google adsense saya dengan KTP. Terus, gimana mau pakai SIM gitu? Kan, saya nggak punya SIM, naik sepeda aja harus bonceng *emak-emak kalem banget...kwkwk. Terus mau pakai paspor, emang masih berlaku paspor saya dulu? Akhirnya ya udahlah, lupain aja. Toh iklannya masih muncul. Begitulah pemikiran emak-emak gaptek yang maunya gampang...hihi.


FYI, katanya kita bakalan dapat email dari Google Payments ini setelah penghasilan kita di akun adsense ini mencapai kurang lebih 10$. Dan emang bener, penghasilan saya mencapai yang disebutkan tadi. Kebayang ngumpulin segitu berapa tahun? hihi. Nggak usah dibayangkan udah ketahuan berapa tahun... :D

 
Setelah sebulan saya abaikan, tiba-tiba iklan saya nggak tayang lagi. Saya pikir karena saya otak atik layout, setelah saya masuk ke akun adsense, ternyata karena saya belum verifikasi identitas plus bank...kwkwk. Duh, gimana ini?


Karena takut gagal lagi, akhirnya saya browsing-browsing lagi dan menemukan fakta bahwa saya nggak bakalan bisa pakai cara sebelumnya. Iya, saya nggak mungkin pakai foto KTP karena sudah jelas bakalan gagal. Sedangkan untuk upload foto ini dibatasi, kalau tiba-tiba gagal dan udahan gitu, gimana? Akhirnya memutuskan mencoba lagi dengan paspor. Alhamdulillah, paspor saya masih berlaku.


Dari penjelasan di Google, saya mendapatkan informasi berikut supaya kita berhasil verifikasi identitas.

1. Nama serta alamat yang kita gunakan harus sama dengan yang tertera di kartu identitas. Jangan sampai salah, perhatikan betul-betul. Nggak usah main-main pakai nama pena, apalagi nama alay segala...hihi.

2. Foto identitas yang dikirimkan harus jelas bisa terbaca dengan utuh dan tidak terdapat pantulan cahaya.

3. Sebaiknya menggunakan aplikasi scanner untuk mengambil foto identitas yang kita gunakan.


Siang-siang sengaja ngambil foto paspor. Sebisa mungkin pakai alas kertas HVS dan usahakan nggak ada pantulan cahaya. Kemudian saya pakai aplikasi scanner. Memberanikan diri upload foto identitas lagi setelah beberapa kali gagal. Alhamdulillah, nggak lama langsung berhasil. Yeay! Happy banget meski nggak tahu di tahun ke berapa penghasilan pertama dari adsense ini bisa saya ambil...hihi.


Bukan hanya verifikasi identitas, saya juga harus verifikasi bank yang saya gunakan. Caranya? Kemarin saya asal pencet-pencet aja, kan...kwkwk. mengisi data di akun adsense kita, kemudian muncul permintaan verifikasi bank. Lha, gimana caranya? Emang aneh banget, udah ngisi-ngisi sendiri, setelah itu lola...haha.


Jadi, waktu saya coba verifikasi, muncul permintaan mengisi jumlah nominal di bawah 1000 rupiah, di mana angka itu telah dikirimkan oleh Google ke rekening saya. Baiklah, itu udah lewat sebulan, lho. Gimana nyari datanya coba...kwkwk. Sempat asal ngisi dan udah jelas ya gagal. Akhirnya saya buka internet banking dan mencoba menyisir nominal yang dikirimkan oleh Google. Alhamdulillah, ketemu! Tinggal isi sesuai nominal yang dikirimkan kepada kita, langsung verifikasi dan berhasil.


Setelah ini, tinggal menunggu kiriman PIN untuk verifikasi alamat. Katanya butuh waktu 2-4 minggu. Tergantung jarak yang memisahkan *eaa...kwkwk.


Saya sempat bertanya pada mentor saya dan pada teman-teman sesama blogger, tapi sepertinya belum ada yang merespon tentang ini. Mentor saya sempat mau bantu, tetapi beliau belum sempat jawab, saya sudah nekat upload paspor. Untung berhasil, kalau gagal bisa disebut murid bandel...kwkwk.


Pengalaman seperti ini sengaja ditulis di blog, siapa tahu ada yang bingung juga sama seperti saya. Atau suatu saat saya lupa, kan tinggal buka di blog...hihi. Antisipasi itu perlu, Guys. Namanya juga emak-emak, yang dipikirin banyak banget dari pagi sampai mau tidur lagi. Jadi, lupa itu manusiawi...apalagi kalau selama ini kerjanya hanya nyoba-nyoba...kwkwk.


Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Verifikasi Identitas Akun Adsense Lewat HP Android?



Dari cerita di atas, sudah jelas ya apa saja yang saya lakukan ketika verifikasi akun adsense menggunakan HP android? Kira-kira seperti ini caranya,


1. Siapkan kartu identitas yang masih berlaku

Bisa memakai KTP (tanpa masa kadaluarsa), SIM, atau paspor.


2. Siapkan kertas HVS A4

Pakai kertas HVS sebagai alas ketika mengambil foto.


3. Usahakan ambil foto di tempat terang, hindari menggunakan lampu

Kenapa sebaiknya nggak pakai lampu, tetapi mending pakai cahaya matahari alami? Supaya nggak ada pantulan pada foto yang dihasilkan. Verifikasi ini agak rewel, ya. Jadi, kalau burem dikit aja nggak bakalan berhasil (menurut informasi yang pernah nyoba).


4. Pakai aplikasi scanner

Wajib banget pakai aplikasi ini supaya fotonya jadi jelas maksimal. Install aja kemudian uninstall lagi setelah selesai...hihi.*jahat


5. Upload foto



Setelah foto identitas kita scan pakai aplikasi, saatnya upload foto di akun adsense dan verifikasi. Insya Allah dalam waktu nggak sampai sehari sudah ada konfirmasi berhasil. Iklan pun akan tayang kembali setelah beberapa jam kemudian.

Kira-kira seperti itulah alurnya. Informasi berkaitan dengan verifikasi identitas bisa dibaca juga di sini.



Dulu saya sempat menyatakan adsense ini nggak ada gunanya. Kok, gitu? Karena saya nggak pernah membayangkan bisa mengumpulkan uang dari Google adsense. Kayaknya udah pesimis aja mengingat saya ini nggak jago main SEO dll. Jadi, pasang iklan adsense ini sebagai pemanis aja. Nggak banyak ditempel di mana-mana. Justru hanya sedikit di blog saya, begitu juga di website saya.


Meski sekarang saya tahu adsense bisa menghasilkan juga, tetapi saya masih kurang nyaman jika harus menempel iklan di dalam artikel, di bawah sub judul dan lain-lain. Ketika saya berkunjung ke blog yang seperti itu, rasanya kurang nyaman aja membaca blognya karena di sana sini penuh dengan iklan.


Semoga yang sedikit saja bisa maksimal. Ini bonus aja dari perjuangan selama ngisi blog. Entah cairnya kapan, yang penting ngeblog aja karena dari sini saya mendapatkan kebahagiaan *eaaa.


Kira-kira itulah yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini. Sambil kejar-kejaran dengan menggarap naskah baru. Rasanya sayang banget kalau blog nggak terisi. Bagaimanapun ini adalah rumah yang saya bangun dengan susah payah, penuh drama, dan semoga ending-nya bikin bahagia seperti cerita dongeng...hihi. Nggak nyambung banget, kan? Baiklah. Semoga bermanfaat dan semoga teman-teman bisa segera memetik penghasilan dari ngeblog. Meski sedikit, yang penting nanti banyak dan halal...haha. Aamiin. *nggak mau rugi.


Salam,

Comments

  1. kalau adsense di setujui tapi tidak tampil iklannya gmn ya mom.

    woh ktp yang seumur hidup g bisa ya. ehmm tapi mungkin bisa pakek sim aku.

    ReplyDelete
  2. Dan saya belum berani lagi untuk daftar adsense karena udah dua kali gagal. Masih bebenah blog dan tulisan demi tulisan dan artikel ini bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  3. Jadi teringat pengalaman adsense punyaku diapprove, hampir 3 kali pengajuan verifikasi setelah pengajuan ke-3 barulah verifikasi melalui ktp, awalnya minta alamat rumah saja, tapi ya untuk main adsense hampir keringat darah juga karena ngeblognya juga sekadar iseng, alhamdulillah pernah gajian sekali masuk ke rekening,

    ReplyDelete
  4. Wah bagus Mbak, posisi sampian hampir mirip dg akun AdSense saya, rencananya data diri, saya samakan dg KTP setelah baca postigan ini, kyaknya berubah pikiran heem ktp sya sdah exp dari thun 2017, wah berarti nanti langsung di tolak ya ...

    Apa harus di samakan SIM aja soalnya exp masih lama?

    ReplyDelete
  5. Cuma mau bilang salut saja hahahaha. Udah akh. Enggak tahu mau comment apaan, xixixixi. Enggak penting, ya? Maafkan ya Bun. Abis kalau sama dirimu saya mah nyontek saja. Tak bisa nyusul soalnya 😂😂

    ReplyDelete
  6. Penghasilan aku dari ads itu kaya suster ngesot mba, dan sama aku tuh gak suka nempel iklan terlalubanyak dipostingan blog.

    ReplyDelete
  7. ada kriteria tertentu ga ya kak, caranya agar blog bisa didaftarkan adsenses? misal viewernya berapa atau jumlah konten dan usia blognya? mohon ilmunya. terima kasih

    ReplyDelete
  8. proses verifikasi akun gooogle adsense saya juga penuh drama mbak. Tapi kok beda ya, atau saya yang udah lupa-lupa ingat. Setau saya kalau udah $10 verfikasi alamat pakai pin yang dikirimi oleh google itu, orang-orang sering nyebutnya "surat cinta dari google", bisanya memang makan waktu 2-4 minggu kaena dikirim dari negara lain.

    Nah, saya ga pernah nerima surat cinta ini. walaupun udah request sampe 3 kali lho. maka opsi terakhir adalah pakai identitas diri, pakai KTP. memang sebelum upload KTP, identitas saya ganti sesuai identitas KTP. langsung deh di approve.

    ReplyDelete
  9. padahal saya lihat bagus blognya ma'am

    ReplyDelete
  10. aku masih gaptek banget soal adsense, baru aja didaftarin itupun minta tolong sm seorang kenalan. stlah itu gimana caranya dapat iklan masih belum ada bayangan apalagi ada kode2 iklan gitu ya...

    ReplyDelete
  11. wah bisa jadi ilmu nih kalau sewaktu-waktu aku juga dapet email dari Google buat verif adsense. tapi kapan ya giliranku hahaha

    ReplyDelete
  12. biasanya untuk daftar adsense, usia blog minimal berapa tahun mbak?

    ReplyDelete
  13. Wah, ktpku juga masih ada masa kedaluwarsanya. Itu tidak bisa minta diperbaharui ya mb? Btw mksh infonya.. Saya msh awam dengan google adsane

    ReplyDelete
  14. aku belum pake adsense gitu juga, masih pemula wkwkw. tapi jadi bekel ilmu banget nih, dan jadi keingetan ktp ku pun sudah kadaluarsa, duh.

    ReplyDelete
  15. Belum berani... hahahaha. Tapi artikelnya sangat bermanfaat Mba. Suatu saat aku butuh tinggal meluncur ke sini deh.

    ReplyDelete
  16. Aku daftar adsense waktu blogku lama banget nganggur dan hasilnya masih ditolak, kira-kira ada kemungkinan keterima gak ya mbak, setelah ditolak ? Hehe

    ReplyDelete
  17. Pengen daftar adsense tapi DA masih tengkurep.. Jadi belum PD. Tp pengen coba suatu saat nanti..

    ReplyDelete
  18. Blog q lama banget mengajukan adsense nggak diapprove

    ReplyDelete
  19. makasih tulisannya akan berguna nanti, hehe karena saya baru aja pindahan ke blog TLD, nanti saya kesini lagi kalau udah tiba masaya, hehe

    ReplyDelete
  20. Hebat Mbak Muyy udah bisa menghasilkan ya adsensenya. kalau punya aku masih jadi pajangan doang itung itung biar keliatan sedikit keren. Kadang iklan suka ilang sendiri besoknya muncul lagi I dont know why. Emang agak rumit sih ya mbak nyairin hasilnya. Etapi emanng cari uit butuh usaha bukan? Hehehhe

    ReplyDelete