Pengalaman Migrasi dari Blogspot ke Wordpress Hingga Berburu Template yang Tepat

Tuesday, October 22, 2019

migrasi dari blogspot ke wordpress



Ini adalah pengalaman migrasi dari blogspot ke wordpress untuk pertama kalinya. Yups! Akhirnya tiba juga giliran saya migrasi dari blogspot ke wordpress. Meskipun sudah sejak lama saya inginkan, tetapi faktanya baru sekarang berani melaksanakannya. Migrasi dari blogspot ke wordpress memang bukan urusan sepele apalagi mengingat postingan saya di blogspot sebelumnya sudah mencapai 500 postingan lebih dalam kurun waktu kurang dari 3 tahu ngeblog.

Memang, awalnya masih berpikir seribu kali mengingat viewer di blogspot sudah baik. Tapi, karena banyak alasan lain mendukung, akhirnya memberanikan diri untuk segera migrasi yang ternyata hanya butuh waktu seharian untuk memutuskan.

Enak nggak, sih, migrasi dari blogspot ke wordpress? Hmm, yang jelas buat yang gaptek seperti saya, deg-degan banget ketika harus migrasi karena membayangkan banyak banget postingan yang harus dipindah. Bayangan orang gaptek itu seperti sedang pindahan rumah, diangkutin postingannya satu per satu...hihi. Tapi, ternyata mudah saja dilakukan bagi yang berpengalaman. Jelas di sini saya dibantu oleh jasa website, ya. Karena kalau sendiri, saya khawatir bukannya pindahan, malah terjadi bencana alam...hehe.

Kenapa Ingin Migrasi dari Blogspot ke Wordpress?


Selama setahun belakangan mungkin saya kurang fokus ngeblog. Dibilang aktif ngisi iya, tetapi untuk interaksi dan sejenisnya sangat kurang sekali. Karena keterbatasan saya harus meluangkan waktu menulis buku, akhirnya blog memang selalu dinomorduakan. Sekadar jadi tempat rekreasi seusai penat mengerjakan naskah. Hasilnya? Meski viewer dalam sehari bisa dikatakan tinggi melebihi sebelumnya, tapi DA saya terjun terus sampai bikin miris...hiks.

Sempat mendengar juga penjelasan seorang blogger bahwa jika memang kita berniat serius mau ngeblog, sebaiknya segeralah migrasi ke wordpress atau ya udah kita bakalan ngeblog sekadarnya aja selamanya. What? Apa iya wordpress sebaik itu? Saya seperti masih awam sekali dengan wordpress padahal sudah pegang website Estrilook selama setahunan ini. Tapi, namanya kemampuan lebih banyak menulisnya daripada memahami perintilan blognya, alhasil belum sepenuhnya mengerti kelebihan-kelebihan dari wordpress sendiri.

Antara blogspot dengan wordpress sebenarnya sama-sama menariknya. Sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak mustahil blogger bisa sukses dengan blogspot-nya, begitu juga dengan wordpress-nya. Bagi saya, semua tergantung dengan kemampuan kita memaksimalkan keduanya.

Tapi, untuk saat ini saya memang memilih menggunakan wordpress dengan alasan wordpress lebih mudah digunakan karena kita bisa install beberapa plugin yang bisa memaksimalkan performa kita di mesin pencari Google. Tapi, di sisi lain kita memang butuh lebih banyak modal karena harus membeli hosting serta harga template wordpress yang ternyata nggak semurah blogspot.

Bukan berarti dengan blogspot kita tidak bisa nongki di page one, ya? Karena beberapa artikel saya sebelumnya sukses meraih banyak viewer dengan posisi teratas. Tapi, mungkin ini sudah saatnya saya harus memutuskan akan ke mana saya melanjutkan *Eaaa.

Seberapa Sulit Proses Migrasi yang Dilakukan?


Sejak awal saya sudah merasa tidak mampu melakukannya sendiri, karena itu saya meminta bantuan kepada penyedia hosting untuk membantu proses migrasi dari blogspot ke wordpress kemarin. Memangnya bisa? Bisa dong. Tapi, ternyata agak lama juga diprosesnya sehingga saya keburu memutuskan dibantu oleh jasa website yang sebelumnya mengurus blog saya yakni mbak Widi Utami.

Dari situ saya merasa lega karena sudah menemukan orang yang tepat. Sebab, kalau harus ada printilan yang dikerjakan sendiri, sudah pasti saya akan merasa menjadi orang paling sengsara di dunia...hihi. Iya, orang gaptek langsung mual melihat kondisi seperti ini. Sereem!

Proses migrasi sebenarnya tidak memakan waktu lama. Begitu kata mbak Widi. Dan memang betul, sisanya hanya membereskan template blog serta mengubah printilan yang lain. Salah satu PR yang belum tuntas saya kerjakan adalah memasukkan postingan dalam kategori yang seharusnya. Jadi, masih harus dicicil. Lima ratus artikel lebih bukan jumlah sedikit ya bahkan bagi orang nganggur sekalipun. Apalagi buat emak-emak sok sibuk begini...hihi.

Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Proses Migrasi?


Pastinya kita membutuhkan hosting. Karena ketika sudah menggunakan wordpress, kita tidak lagi dapat gratis seperti di blogspot. Jadi, siapkan dulu hostingnya. Saat ini saya masih memakai 2 GB. Ke depannya pastinya akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu dan lamanya kita ngeblog.

Bolehkah membeli hosting di tempat berbeda di mana kita membeli domain? Kemarin sempat ada yang bingung soal ini dan bertanya kepada saya. Saat ini, domain dan hosting saya dibeli dari penjual berbeda. Itu nggak jadi masalah. Yang penting kita bayar saja sesuai waktunya..hihi. Dan bukan hal yang menyulitkan juga bagi saya. Tapi, memang akan lebih ringkas kalau kita membeli hosting di tempat yang sama di mana kita membeli domain.

Karena tidak bisa melakukan migrasi sendiri, saya membutuhkan jasa website untuk membantu. Bukan hanya untuk migrasi, sekaligus mengganti template yang sudah saya beli bersamaan saat saya membeli hosting. Karena ini merupakan pengalaman migrasi dari blogspot ke wordpress pertama kalinya, jadi penting banget kita dibantu oleh ahlinya.

Template wordpress ini rumit bagi saya. Bisa kurus tinggal tulang kalau disuruh mengurus semua sendiri...*Lebay! Eh, tapi memang bagi yang gaptek nggak perlulah sampai pengen ngurus sendiri, mending dibantu sama yang ahli saja supaya hasilnya juga maksimal, ya.

Perlukah Kita Membeli Template Baru Setelah Migrasi?


Jawabannya, iya. Kemarin saya sempat sedih juga kalau harus ganti template, karena template sebelumnya di blogspot sudah sangat cocok dengan keinginan saya. Tapi, karena ketika sudah migrasi ke wordpress kita tidak bisa menggunakan template blospot, mau nggak mau ya harus mencari lagi yang sesuai keinginan.

Kembali saya membeli template ini di Etsy. Sangat mudah, kok prosesnya. Saya langsung masuk ke Etsy dan memilih template yang diinginkan. Harga template wordpress agak mehong-mehong, ya dibandingkan template blogspot yang murah meriah. Harus merogoh kantong lebih dalam pokoknya. Dan akhirnya dapatlah template manis satu ini yang sekilas nggak jauh berbeda dengan tampilan blog lama saat di blogspot.

Karena tidak bisa membayar dengan Paypal sendiri, saya pun kembali menggunakan jasa Paypal yang dulu saya temukan ngasal di Google. Tapi, ternyata sangat membantu dan Alhamdulillah sejauh ini sangat amanah. Prosesnya cepat dan mudah.

Selesai transfer, pesanan kita akan diproses sesuai antrean. Nggak memakan waktu lama, kok. Setelah itu, kita sudah bisa menerima belanjaan dari Etsy tadi. Mudah sekali, ya?

Template pun akhirnya dipasang dengan mengganti header blog juga sesuai ukuran template yang baru. Seperti biasa, saya menggunakan aplikasi Ibis Paint X untuk membuat header sekarang. Nggak jauh beda dengan yang lama, masih suka dengan gaya header seperti ini.

Untuk header saya memang sudah bisa membuatnya sendiri. Teman-teman juga bisa membuatnya sesuai keinginan, tetapi memang ketika memakai Ibis Paint X tidak semudah pakai Canva yang serba tersedia. di Ibis Paint X kita harus menggambar dulu supaya bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Proses Berbenah Belum Selesai!


Sambil jalan sambil berbenah. Yups! Begitulah yang saya lakukan sekarang. Belum sempurna semuanya karena masih ada beberapa hal yang perlu ditambahkan hanya saja memang butuh waktu. Jadi, yang berniat mau migrasi dari blogspot ke Wordpress harus lumayan bersabar, ya. Karena banyak hal yang perlu dikerjakan, tidak semudah membalikkan telapak tanganlah intinya.

Setelah ini, masih ada PR selain memasukkan kategori pada setiap postingan, saya juga harus melakukan banyak hal supaya DA blog bisa stabil naiknya jangan sampai turun seperti kemarin. Memang butuh waktu khusus, nggak bisa asal ngurus. Semoga di antara keinginan menyelesaikan buku, saya masih bisa mengurus blog ini dengan baik.

Ngeblog Bukan Sekadar Aktif Menulis


Dulu, bagi saya, ngeblog ya sekadarnya saja. Karena hanya saya gunakan sebagai media untuk belajar menulis, akhirnya ngeblog masih memahami sebatas teknis menulis. Bukan hal lain seperti SEO dan sejenisnya. Tapi, setelah berjalannya waktu, mau nggak mau kita tidak boleh abai lagi dengan semua itu. Karena ngeblog sejatinya bukan hanya soal kemampuan kita menulis, tetapi juga ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Meski saya sudah beberapa tahun ngeblog, tapi soal membuat postingan SEO friendly bukanlah hal yang mudah. Selama ini menulis ya menulis saja. Tapi, sekarang mungkin bakalan meluangkan waktu untuk belajar lebih lagi supaya ngeblognya semakin baik. Insya Allah.

Bagaimana Pengalaman Selama Migrasi? Adakah Hal Positif yang Diperoleh?


Sampai saat ini saya belum merasakan apa pun, bahkan bisa dibilang dalam beberapa hari ini viewer sudah pasti merosot, ya. Itu hal yang wajar. Mungkin setelah setahun atau minimal setengah tahun saya akan sharing lagi, barangkali kabarnya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Bisa jadi ketika enam bulan kemudian saya sudah jadi mastah? Hihi. Ngehayal dulu daripada pusing.

Pengalaman migrasi dari blogspot ke wordpress ini mungkin terasa biasa saja bagi sebagian blogger, tetapi jujur saja bagi saya sempat bikin susah tidur...hihi. Sempat deg-degan antara mau migrasi atau tidak. Hingga akhirnya benar-benar pindahan. Alhamdulillah.

Saya mungkin termasuk orang yang kurang bisa memilih antara mau fokus menulis buku atau ngeblog aja? Selama beberapa tahun, masih suka keduanya dan belum bisa meninggalkan salah satu di antaranya. Karena dua-duanya sama-sama hal menyenangkan yang tidak bisa dibandingkan.

Ketika menulis buku, mungkin kita bakalan suntuk nggak habis-habis kalau sampai dikejar deadline, tapi di sisi lain saat buku terbit, senangnya bukan main. Begitu juga saat ngeblog. Saya bakalan happy menerbitkan postingan baru di blog ini karena bisa langsung muncul, beda sama buku yang butuh waktu berbulan-bulan bahkan ada buku saya yang sudah memasuki usia 2 tahun belum juga terbit. Nah, keduanya bisa saling mengisi supaya saya tidak jenuh. Akhirnya kadang kurang maksimal juga ngeblognya karena masih ngejar ngerjain buku..hihi. Maksa bangetlah pokoknya hidup saya ini.

Ketika orang serumah udah tidur, saya masih melek ngerjain naskah atau bikin postingan baru di blog. Malah jadi curcol...hehe. Saya berharap, blog ini bisa memberikan banyak cerita bagi banyak orang. Pastinya yang bermanfaat dan menginspirasi.

Terima kasih sudah menjadi pembaca setia selama beberapa tahun terakhir *berasa artes...hehe. Tanpa pembaca, blog saya hambar seperti sayuran tanpa garam. Semoga ngeblog menjadi rutinitas menyenangkan yang saya harap bisa saya tekuni terus sampai saya menua nanti. Bagaimana dengan kamu?

Salam,

 

 

Comments

  1. wah selamat mbak atas migrasinya. aku dulu migrasinya dari wordpress gratisan ke wordpress berhosting. trus habis itu malah migrasi ke blogspot. hihh

    ReplyDelete
  2. Bagus mbak, template barunya, beneran manis banget. Btw saya juga kepikiran pengen migrasi juga dari blogspot ke WP, cuman saya gaptek banget. Mau dong nomor kontaknya mbak Utami mbak.

    ReplyDelete
  3. Busett niat amat mbak ngerubah-rubah gitu. Gw yang sama-sama gaptek aja paling ngeri kalo mindah-mindah gitu. Takut ilang blognya. Nangis deh gw.

    Lagian temen gw udah banyak, jadi males bikin yang baru lagi. Biarlah gw tetap di blogspot, yang penting tetep bisa nulis menyalurkan isi pikiran gw.


    Btw, salam kenal yahhh

    ReplyDelete
  4. Aku belum berani Mbaaaa...masih gaptek.

    ReplyDelete
  5. Tapi tampilan nya masih tetep imut ya alla mba Muy bangeet... Tuh pan kebayang ribetnya kl ngurus sendiri.. Wk wk.. Sy juga termasuk gaptek mbak.. Semoga dengan tampilan baru dan pindah ke wordpress makin eksis aja yaaa 😊

    ReplyDelete
  6. Mbaaaa.. bikin mupeng ih, tapi saya belum berani migrasi ke WP, duuhhh nangis liat bayar hostingnya hahaha.

    Kalau saya sejujurnya lagi maju mundur mau ganti template.
    Saya sering liat teman-teman yang ada di page one itu templatenya standar ya kayak gini ini, tapi kebanyakan teman-teman pakai yang gratis.

    Saya agak takut sih, soalnya yang gratis biasanya punya keterbatasan, dan kalau bolak balik ganti bakal ngaruh juga ke performa blog.

    Anyway makasih sharingnya mba, saya mau liat2 di Etsy ah, kebetulan saya udah lama punya paypal dan masih ada isinya ngendon aja, lumayan kali dipakai beli template hahaha

    ReplyDelete
  7. Saya sendiri lebih memilih untuk bikin blog baru dengan nama domain baru ketimbang migrasi. Migrasi itu cukup melelahkan. Saya pernah migrasiin web klien dari Blogger ke WordPress juga. Yang paling melelahkan adalah migrasi gambarnya. Untung aja dibantu beberapa plugin, jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  8. Aku juga lagi ngumpulin duit mau migrasi mbak. Totalitas dlm ngeblog memang penting. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  9. Wah.. sekarang udah pindah rumah mbak ke worldpress, blogcopot nya.. di tinggal nih....

    ReplyDelete
  10. PR banget emang mbak pindah dari blogger ke wordpress. Tapi untungnya untuk konten-konten saya, semuanya masih stabil. Bahkan sekarang cenderung bertambah dibanding sebelumnya.

    Lebih bebas sih kalau pakai wordpress. Semuanya kita kontrol sendiri. Parno gegara ada teman yang blognya ilang

    ReplyDelete
  11. Kalau boleh tau mba pakai jasa hosting dari mana dan untuk template-nya dari mana ya mba? Soalnya saya juga sempet kepikiran untuk migrasi ke wordpress, cuman saya bingung nyari hosting dan template yang recommended.. Thanks before mba :)

    ReplyDelete
  12. Bener babger, kalau dulu nulis di blog isinya curhat, sekarang lebih merhatiin teknis" seperti off-page SEO, dll :D

    ReplyDelete
  13. Mbak, klo migrasi gitu tulisan tulisan sebelumnya hilang kah?

    Aku juga maju mundur ni, mw pindah ke wordpress tapi aku gaptek

    ReplyDelete
  14. Iya, Mbak. Saya baca lho postingan mbak yang itu karena muncul pas mencari di Google..hihi.

    ReplyDelete
  15. Masya Allah. Terima kasih, Mbak. Sudah sy mention di FB kemarin, yah... :)

    ReplyDelete
  16. Haha..Saya juga ngeri ini migrasi. Makannya kemarin saya baca-baca dulu. Akhirnya tahu kalau postingan lama bisa dipindahkan dengan aman. Tapi, bukan berarti saya berani mindahin sendiri...hihi. Tetap dibantu ini, Mas.

    Salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  17. Saya juga gaptek, Mbak...Makannya saya minta bantuan yang ahli aja daripada nyesek kalau salah, kan...hehe

    ReplyDelete
  18. Aamiin..terima kasih, Mbak..Semoga Mbak juga sukses...

    Iya, nih. Sukanya yang imut-imut begini nggak jauh beda dengan yang sebelumnya..hihi. Makannya dibelain berburu template sampai ke Etsy..hehe

    ReplyDelete
  19. Haha..iya, Mbak. Pakai WP emang lebih banyak ngabisin duit, ya..

    Mbak Rey udah dikenal dengan template itu. Saya pun hapalnya begitu. Dan lagi udah bagus blognya, beda dengan saya kemarin yang memang terus menurun cuma viewer aja yang tinggi. DA buruk...hiks. Tapi, memang ganti template itu godaan bagi semua blogger...asal jangan sering insya Allah masih aman ya mbak..

    ReplyDelete
  20. Saya sudah punya wp juga tapi memang khusus menerima artikel kontributor. Dan masih kekeh pengen migrasiin yang satu ini ke wp juga..hihi.

    Karena gaptek saya dibantu migrasi alhamdulillah aman, Mas. Hati pun tenang...hehe

    ReplyDelete
  21. Sama-sama, Mbak...

    Semoga ada rezeki dan bisa migrasi sesuai keinginan yaa...

    ReplyDelete
  22. Hehe, iya, Mas. Masih ada blogspot punya anak sy..kwkwk

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah, semoga punya saya pun demikian...

    Nah, itu dia saya juga ngeri kehilangan...

    ReplyDelete
  24. Hosting bisa pakai rumah web, hostinger, domainesia, dll. Template saya jelaskan di postingan belinya di Etsy, Mbak. Sekaligus cara belinya.

    Sama-sama :)

    ReplyDelete
  25. Hihi, jadi berubah, ya Mbak...tapi memang lebih menyenangkan dan antusias kalau tahu yang lain-lainnya..

    ReplyDelete
  26. Nggak hilang, Mbak. Bisa dipindahkan, kok. Saya dibantu juga sama yang ahli. ALhamdulillah aman...

    ReplyDelete
  27. Dulu iya. WP punya kelebihan yang luar biasa jika dibandingkan dengan blogspot. Palagi jika soal template. WP lebih responsive. Tapi itu dulu. Kini hampir tidak jauh berbeda.
    Jika punya skil edit tema atau mau beli yang premium, hampir bisa dikatakan imbang.
    Saya juga punya WP. Tapi kini saya lebih focus ke blogspot.
    Betul sekali, ngeblog tidak hanya soal menulis, disana ada ilmu yang harus dipelajari juga. Semisal SEO, maupun ya sedikit bisa edit photo.

    ReplyDelete
  28. Wah berarti memang harus ada orang lain untuk back up ya? Saya terlampau ketar-ketir mbak untuk migrasi. Gak kebayang deh gimana ribetnya Salam kenal ya mbak.

    ReplyDelete
  29. pas aku pindah dulu jg pake jasa temenku yg punya usaha web design mba. aku mah gaptek soal ginian. drpd amburadul acak kadut,bayar org ajalah udh paling bener :p. aku mah cuma nulis thok, urusan lain2nya, temenku itu rutin ngelakuin maintenance dll. aku cukup bayar dia secara rutin :D.

    ReplyDelete
  30. Terimakasih uda berbagi pengalaman, Pokoknya mantul deh, ada perbedaan yg seknifikan dari kemaren, blog mbak yg kemaren berat, nie kyaknya ringan banget kwkekwkke

    ane juga ingin pindah ah, tapi nggak tau kapan kyaknya ane baca di mari horor banget jadi takut nggak da waktu :)

    ReplyDelete
  31. Wow..uwooow hebat bener mbak pindah rumah hahaha :) Ga kebayang 500 tulisan diboyong dari blogspot ke wordpress uhuyyy! Pantas deh sampai ga bisa bobo..nyenyak boro2 yak. Tapiii... congrats deh atau keyakinannya semoga istiqomah..aku mah belum kepikiran ke situ. Salut sama mbak Muyass :D Mantap!

    ReplyDelete
  32. Betul, Mas. Saya juga sebutkan keduanya memang ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selama pakai blogspot juga ada artikel bisa masuk page one dan dibaca puluhan ribu dalam waktu beberapa bulan saja. Hanya saja sekarang saya mungkin lebih sreg migrasi :)

    ReplyDelete
  33. Salam kenal...

    Kalau memang tidak bisa sendiri sebaiknya memang harus pakai jasa daripada puyeng..hehe

    ReplyDelete
  34. jadi kepengen jg migrasi ke wp :D

    ReplyDelete
  35. Mba aku juga gaptek aku gatau soal pindahan gini hihi

    ReplyDelete