Pengalaman Mengubah Font di Wordpress Menggunakan Plugin

Tuesday, November 26, 2019

Mengubah font di Wordpress itu GAMPANG-bagi yang jago dan SUSAH, rumit, bahkan mustahil, hingga ingin menyerah dan sampai lupa makan dan minum-bagi yang gaptek seperti saya *auto nangis bombay...haha. Tujuh hari tujuh malam saya mikir gimana caranya mengubah font di blog saya yang baru ini. Sudah browsing dari A-Z tetap aja nggak ada cara yang benar-benar berhasil diterapkan.

Tapi, bukan saya dong kalau menyerah begitu aja *aslinya emang udah nyerah...kwkwk. Karena gatel lihat tampilan blog belum sesuai keinginan, akhirnya nyoba lagi berkali-kali, hingga akhirnya berhasil dan sesuai keinginan.

Sebelumnya, font di blog saya ini memang agak bermasalah. Maksudnya dari spasi terlalu rapat, penggunaan huruf kapital berlebihan di mana-mana yang bikin tampilannya jadi nggak rapi gitu, dan jenis font yang nggak sesuai. Akhirnya jadi malas ngisi dan sibuk ngubah-ngubah berkali-kali. Ya, Rabb...rempong bener ngasuh wordpress...haha.

Mengubah Font di Wordpress Secara Manual


Kemarin saya sempat mencoba mengubah font secara manual, namun tidak semudah yang dijelaskan di beberapa artikel yang saya temukan di Google. Bisa jadi memang ada kesalahan dari saya karena yakin ada tahap-tahap yang saya lewati saking nggak paham-pahamnya...haha.

Sudah edit CSS, tapi tetap nggak ada perubahan. Pengen nyakar-nyakar blog sendiri, sampai nggak enak makan, nggak bisa tidur...haha. Lebay banget, deh. Tapi, memang saya termasuk orang yang agak rewel dengan tampilan blog, jadi kalau nggak sreg kebawa hingga merusak mood menulis. Bawaannya pengen utak atik aja sampai beres.

Meski pada akhirnya saya pakai plugin, tapi ada bagian-bagian yang tetap harus diedit di bagian CSS. Misalnya untuk spasi, penggunaan huruf kapital, dan ukuran hurufnya. Untuk mengubah huruf kapital menjadi normal kamu hanya perlu menghapus kode text-transform: uppercase pada bagian yang ingin diubah. Ini berlaku bukan hanya untuk wordpress, tapi juga untuk blogspot. Namun, harus berhati-hati banget kalau mau ngedit CSS, khawatir ada kode-kode yang terhapus dan bikin blog kamu berantakan.

Kemarin, tiap buka bagian CSS untuk mengedit beberapa bagian, deg-degannya nggak abis-abis...kwkwk. Takut dan horor banget. Karena orang gaptek sebenarnya nggak boleh sampai utak atik bagian ini, sih...kwkwk. Hanya saja saya termasuk yang nekat aja :D

Ubah Font di Wordpress Pakai Plugin


Saya menyimpan setelan di CSS yang sebagian sudah diubah mulai dari spasi, hapus kode untuk huruf kapital biar kembali normal, dan akhirnya menyerah pakai plugin. Awalnya saya pakai plugin Easy Google Fonts. Dan ternyata plugin ini kurang nyaman dipakai, banyak bagian yang berubah nggak jelas banget *atau saya malah yang nggak jelas? :D

Akhirnya saya hapus lagi, kemudian galau tingkat dewa lagi. Mikir lagi...haha. Hingga akhirnya ketemulah plugin WP Google Fonts. Setelah dicoba, dia bekerja lebih baik daripada plugin sebelumnya. Voila! Blog sudah berubah sesuai keinginan meski ada yang kelebihan ngasih spasinya..kwkwk.

Plugin WP Google Fonts ini bisa kamu gunakan dengan mudah cukup klik bagian pengaturan setelah kamu mengaktifkannya. Nah, kamu bisa pilih berbagai jenis font yang tersedia dan terserah mau diterapkan di bagian mana. Kamu juga bisa menggunakan lebih dari dua jenis font, lho. Tapi, sebaiknya nggak perlu terlalu banyak menggunakan beberapa jenis font sekaligus supaya tampilan blog kamu lebih rapi dan cantik. Katanya, sih, begitu..hihi.

Butuh Waktu untuk Melihat Hasilnya


Sebenarnya, perubahan yang terjadi terutama untuk bagian yang diedit lewat CSS nggak bisa langsung dilihat terutama kalau kita membuka blog lewat laptop atau Google secara langsung. Ini, sih, saya tahunya nggak sengaja. Ya, semua emang serba dicoba-coba, jadi ya pahamnya nggak sengaja, berhasilnya nggak sengaja...kwkwk.

Kalau sy cek tampilan blog setelah pakai WP Google Fonts di laptop atau Google, nggak banyak perubahannya kecuali pada bagian paragraf. Jadi, yang baru diedit di bagian CSS hampir nggak berubah sama sekali.

Tapi, pas cek lewat link yang dikirim ke whatsapp, barulah ketahuan semua perubahannya. Akhirnya saya berani bilang bahwa untuk menampilkan perubahan itu butuh waktu terutama jika dilihat dari Google.

Saya memastikan bagian-bagian yang diedit di CSS sudah benar-benar beres, mulai dari spasi, ukuran font, jenis huruf kapital, dll, supaya segera terlihat hasil akhirnya seperti apa. Berselang beberapa hari, bagian-bagian yang diedit mulai terlihat perubahannya. Hingga hari ini semua benar-benar berubah sesuai keinginan.

Happy banget? Banget, masya Allah. Akhirnya berhasil juga mengubah jenis font setelah tujuh hari tujuh malam mandi kembang *lol...haha.

Postingan ini tidak mengupas tutorial melainkan curhatan kebahagiaan sebagai orang gaptek yang sok tahu dan nekat banget...haha. Kalau kamu, pernahkah mengalami hal serupa seperti yang saya alami?

Kenapa harus ribet-ribet mengubah tampilan blog sampai bikin pusing? Karena blog itu ibarat rumah kita, rumah cerita-cerita kita, rumah bagi pengalaman kita, rumah yang menyimpan banyak kenangan. Maka saya berusaha membuat rumah ini menjadi semenarik mungkin, supaya saya senang mengisinya, supaya orang nyaman ketika berkunjung dan membaca cerita-cerita di dalamnya.

Meski bagi sebagian orang penampilan blog nggak penting-penting banget, tapi buat anak visual seperti saya, tampilan blog termasuk gambar-gambar itu luar biasa penting. Karena emang benar-benar bikin mood  menulis naik turun...kwkwk.

Apa pun itu, semua blogger pasti punya cara sendiri untuk menampilkan yang terbaik, setiap dari kita punya cara sendiri juga supaya tetap memiliki motivasi besar untuk mengisi blog di sela-sela kesibukan. Rempong-rempong dikit, tapi happy. Kira-kira begitulah :)

Salam hangat,

 

Comments

  1. Waoooo, kalau saya jujur belum utak atik WP sejak lama.
    Saya punya WP sih, bahkan dulunya saya malah ngeblog di WP, tapi pas tahun 2012 ya kalau ga salah, kayaknya kok WP jadi lelet, akhirnya saya balik ke blogspot.

    Emang WP enaknya tuh banyak plugin yang memudahkan banget

    ReplyDelete
  2. Thanks mbak, curhatan yg bermanfaat. Dan kita kayaknya mirip2 selera font nya. Saya juga suka font seperti ini dg spasi yg nggak terlalu rapat.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun mbak, gw paling ngeri kalo utak-atik kaya gini. Pasti gw serahin ke adek gw yang emang lulusan IT

    Kalo sampe berantakan bisa nangis gw

    Hahahaha

    ReplyDelete
  4. Kalau saya kebetulan menggunakan tema yang ada fitur untuk gonta-ganti font tanpa plugin ataupun nyentuh kode tema.

    ReplyDelete