Resep Bolu Kering, Camilan Mudah Dibuat dan Ekonomis

Thursday, May 28, 2020

Hari Raya Idulfitri di rumah gimana tahun ini? Tahun ini, bukan pertama kalinya saya dan keluarga nggak mudik ke Malang. Tahun ini, bukan pertama kalinya ngerasain Idulfitri nggak semeriah di kampung halaman. Kalau lebaran di Jakarta, ya emang se-kesepian ini...hiks. Palingan keliling ke tetangga sebentar setelah shalat Id, kemudian ikutan Bu dhe keliling keluarga di Jakarta dan Bintaro seharian. Abis itu selesai lebarannya.

Makan ketupat di Hari Raya pertama, itu menjadi hal biasa saat berlebaran di Jakarta. Ketika pandemi seperti sekarang, tetap masak ketupat, tapi nggak berani ke pasar. Tetap masak opor, segala kebutuhan seperti biasa hanya titip ke tukang sayur. Dan lebaran berjalan seperti nggak ada beda, kecuali dua hal yang sangat terasa, rencana mudik yang tiba-tiba gagal dan nggak ada shalat Id di masjid.

Sebelum lebaran, sempet drama nangis sendirian di pojokan kamar...kwkwk. Iya, karena sebenarnya pengen banget pulang ke rumah orang tua, tapi akhirnya batal bukan karena direncanakan. Ternyata ini cukup menyedihkan sekali ketika dijalani.

Video call jadi hiburan, bahkan sempet Zoom sama yang lain. Kelihatan tetap happy semua, kok. Kayaknya nggak perlu aja diumbar ya sedihnya, meski siapa pun tahu lebaran tahun ini sangat berbeda, sepi, tapi sejujurnya lebih dekat terasa.

Selepas Idulfitri sampai sekarang, belum belanja juga. Kebiasaan selalu stok bahan makanan lumayan di kulkas dan frezer. Tomat udah sedia 5 kiloan...kwkwk, baru habis hari ini. Kok, banyak banget nimbunnya? Nggak pandemi juga belinya selalu banyak, kok...hehe. Soalnya kebiasaan ngejus tomat dkk tiap hari. Hanya saja saat lebaran, agak khawatir tukang sayur liburnya lama, jadi banyakan dikit nyetoknya.

Nah, karena jarang belanja, camilan pun mulai menipis. Udah bikin puding, tapi pengen banget makan bolu gitu. Mau beli serem banget karena toko kue langganan rame kabarnya. Akhirnya ngidam sejak sebelum lebaran. Kebayang udah lama banget, kan? Haha.

Pas nanya suami, ternyata mau dibuatin bolu. Tapi, bolu kering jadul gitu. Yang bentuknya mirip kura-kura tengkurap...Hihi. Dan nyobalah bikin di hari ketiga lebaran kemarin. Resep ini saya dapatkan di Instagram, katanya ini resepnya Veronica Dhani.

Saya pakai cetakan cup cake. Hasilnya hanya jadi 9 biji aja...kwkwk. rebutan sama anak-anak :D

Kalau mau buat lebih banyak, saran saya bikin dua kali resep, ya. Jika ada cup kecil, boleh pakai itu supaya hasilnya nggak terlalu besar seperti milik saya kemarin. Yuk, intip resepnya!

Bahan:


2 butir kuning telur

1 butir putih telur

70 gram gula pasir (boleh kurangi karena buat saya ini manis banget)

70 gram terigu protein sedang (ex: segitiga)

¼ sdt garam

¼ sdt pasta vanila

70 ml sunflower oil (Saya pakai minyak sayur)

Pasta cokelat/ cokelat bubuk untuk hiasan (optional)

Cara membuat:


  • Mixer telur dan gula hingga kental dan putih. Masukkan gulanya secara bertahap aja, ya. Mixer dengan kecepatan tinggi.

  • Masukkan tepung terigu, garam, pasta vanila, kocok lagi sampai rata dengan kecepatan rendah.

  • Tambahkan minyak sayur dan aduk sampai rata.

  • Jika mau ditambahkan hiasan cokelat, boleh ambil sedikit adonan dan campur dengan pasta cokelat.

  • Tuang adonan ke dalam cetakan atau cup. Beri sedikit adonan cekelat dan bantu tarik garis dengan tusuk gigi bersih.

  • Oven dengan suhu sekitar 140’C hingga matang dan kering. Kalau pakai oven kompor, bisa pakai api kecil saja, ya.

  • Angkat dan dinginkan. Baru disimpan di toples.



Voila! Bolu kering jadulnya udah jadi dong. Gampang banget, sih, tapi gampang habis juga...haha. Soal rasa enak, wangi, hanya saja bagi saya terlalu manis. Jika kamu kurang suka rasa manis, boleh kurangi saja gulanya, ya.

Saya juga suka resep-resep tanpa tambahan pengembang dan obat-obatan gitu. Berasa nggak terlalu berdosa aja pas makan...kwkwk. Next bakalan share lagi resep bolu-boluan jenis lainnya. Karena kemarin sempat baking beberapa kali. Sekali bikin ludes aja sih nggak bersisa :D

Semoga resep ini bisa jadi ide menarik dan inspirasi buat teman-teman di rumah. Saya yakin, hampir semua orang memilih lebih repot di dapur daripada harus pesan atau beli makanan di luar. Sesekali bolehlah, ya. Tapi, karena pandemi seperti sekarang, saya merasa cukup aja dengan apa yang ada di rumah.

Salam hangat,

 

Comments

  1. Lebaran tahun ini memang agak berbeda karena ada Corona ya mbak.

    Bahan bahan untuk buat bolu ternyata gampang didapat ya, kuning telur sama putih telor, gula, terigu dan garam ada di toko sembako, pasta vanila sama pasta coklat belinya dimana ya?

    ReplyDelete
  2. Lebaran tahun ini adalah lebaran pertama di Jakarta setelah 8 tahun rutin pulang kampung tiap lebaran. Rasanya, unik! Haha. Biasanya kalo lebaran di Jakarta sepi, tapi tahun ini nggak. Terhitung pas hari-H lebaran, seba'da sholat ied banyak keluarga yang sama-sama merantau mampir, non stop sampe malam. Udah kayak ads shiftnya gitu, nenamu ke rumah saya. Hahaha

    Ternyata itu bolu kering. Saya suka beli di warung, tapi gak ngerti apa namanya. Hehehe. Sama mbak, di rumah saya juga bikin bolu, tapi gak kering. Mama saya bikin bolu pisang

    ReplyDelete
  3. Pas bener nih aku lagi nyari resep kue enak tapi mudah bikinnya. Biar anak2 yg berkarya, mamanya kasih petunjuk hahha..Kalau ga punya pasta vanila apa masih bisa jadi bagus nih bolu keringnya?

    ReplyDelete
  4. Bolu kering ini favoritku sejak kecil. Pengen nyoba bikin tapi nggak punya peralatannya :D

    ReplyDelete
  5. Hebat ikh mba. Udah jago nulis, jago juga masaknya. Keren. Klo aku nggak jago masak mba. Makanya kasian anak aku ama suami aku. Sebenernya aku ga suka masak. Tapi maksain diri untuk masak. Jadi hsilnya ya gitu deh. Untungnya suami seneng masak, jdi selama WFH dia yang masak dan bkin cemilan juga hihihi. Tapi suami aku belum pernah coba bikin bolu kering. Jadi penasaean ama rasanya aku 😃

    ReplyDelete
  6. waktu kecil sering makan beginian, ehh sekarang kok udah jarang ya, liat ini jadi inget masa masa dulu
    biasanya kalau ada acara ibu ibu pkk di rumah, mungkin ada menu kue ini tapi rata rata ibu ibu belinya di pasar, langsung terima beres

    ReplyDelete
  7. Bolu kering ini enak, ya. Saya belum dapat hidayah buat baking ini. Hehe ... Masyaallah Mbak Muyas memang rajin bikin ini itu, kalau bolu kering biasanya suamiku yang bikinin.

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah kalau mampir ke blog ibu satu ini harus tutup mata, bisa bahaya. Langsung laper atau enggak auto kagum, abis serba bisa buat apa saja. Kalau deketan udah minta buatin Catering saja kali tiap hari, hahahaha.

    ReplyDelete
  9. Makan satu kayaknya udah kenyang, nih. Penampakannya tampak menggiurkan sekali.

    ReplyDelete
  10. Yang ada di resep itu jadi 9 ya?
    Lumayan juga hasilnya segitu sih tepung nya. Aku suka bolu jadul, bakal aku contek nih, makasih yaa. Ditunggu juga bolu jadul lainnya

    ReplyDelete
  11. Mirip kue marmer versi mini ya? Enak banget sih ini pasti , belum jago baking nih aku kalau masak masih suka :)

    ReplyDelete
  12. Aku bahagiaaaaa betul liat foto bolunya Mbaaa..

    Cakep banget lho. Bikin laper pula. 😍

    ReplyDelete
  13. Saya kalau urusan bikin kue angkat tangan deh emang nggak bisa karena belum pernah nyoba juga hehe tapi kalau nanti mau belajar pasti saya bakal intip resepnya di postingannya Mbak Muyass ini :)

    ReplyDelete
  14. Meilia WuryantatiJune 1, 2020 at 7:05 AM

    Ya ampun ini bolu kesukaan aku. Tapi aku ga berpikir lho buat bikin sendiri. Tapi nih mba kasih resepnya mudah kayak. Aku mau coba bikin deh.. ah dah ngiler aja njh banyangin makan kuenya

    ReplyDelete
  15. wah boleh dicoba di rumah nih :D terimakasih atas resepnya kak

    ReplyDelete
  16. Boleh banget nih resepnya di coba di musim pandemi begini ya Mba. Apalagi worry buat jajanan di luar mending cusss olah resep ini deh.

    ReplyDelete
  17. Wah, mbak muyas nih pandemi makin produktif memasak aja. Aku mau nyontek resepnya ah. Buat dipraktikkan ama anak-anak.

    ReplyDelete