Top Social

7 Tips Memilih Travel Umroh yang Tepat Untuk Menemani Perjalanan Ibadahmu ke Tanah Suci


Foto: Pixabay

Melaksanakan ibadah umroh merupakan impian semua muslim di dunia. Termasuk juga saya. Membayangkan dapat melihat Ka'bah secara langsung kerap membuat mata basah. Gimana
sih rasanya bisa menginjakkan kaki di kota suci Makkah? Bagaimana rasanya bisa bersujud di depan Ka'bah? Bagaimana rasanya meneguk segelas air Zam-zam langsung dari tempatnya? Masya Allah, tidak ada kebahagiaan yang lebih besar bagi kita sesama muslim selain dapat pergi ke rumah Allah dan beribadah langsung di sana.

Setelah mendaftar haji, tidak ada keinginan lain yang lebih besar bagi saya selain lekas berangkat umroh. Menunggu antrean haji butuh waktu sangat lama. Belasan tahun. Jika ada rezeki, pastilah pergi umroh menjadi salah satu keinginan yang harus segera diwujudkan. Kenapa saya sangat ingin pergi umroh?

a. Sebab umroh merupakan jihad
Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yakni dengan haji dan ‘umroh.”
(HR. Ibnu Majah)
b. Pergi umroh dapat membuka pintu rezeki dan menghapus dosa-dosa
Ikutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.”
(HR. An-Nasai)
c. Mengikuti sunnah Rasulullah saw
Ibadah umroh merupakan ibadah yang juga dilakukan oleh Rasulullah saw semasa beliau masih hidup. Hal ini juga diikuti oleh para sahabat. Pastinya terdapat banyak kebaikan di dalam ibadah umroh ini sehingga ditunjukkan langsung oleh beliau.
Tapi, pergi umroh tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh biaya yang tidak sedikit. Kadang suka nggak tega juga, ketika ada orang yang sudah berusia lanjut, sampai menjual sawah dan hewan ternaknya demi berangkat umroh atau haji, tetapi malah tertipu travel yang tidak amanah.
Kita yang tidak ikut tertimpa musibah seperti itu saja kadang nggak habis pikir, kenapa masih ada orang yang mengambil kesempatan di balik perjuangan orang lain? Karena itulah, buat saya pribadi, memilih travel umroh yang amanah dan bertanggung jawab sangat diperlukan. Kita harus tahu betul travel umroh yang dipilih, jangan sampai hanya menipu dan mengambil untung demi kepentingan pribadi mereka.
Mencari travel umroh terdengar mudah, tapi kenyataannya tidak demikian. Sebab kebanyakan travel umroh yang akhirnya terbongkar ketidakjujurannya juga awalnya memiliki nama besar, sehingga mudah sekali mencari calon jamaah. Nah, kalau sudah begini, pastinya kita sendiri yang lumayan mengerti pun bisa juga tertipu.
Lalu, apa saja yang harus kita lakukan supaya bisa memilih travel umroh yang tepat, amanah, bertanggung jawab, serta bisa memberikan kenyamanan selama berangkat umroh ke tanah suci Makkah?
1. Pilihlah hanya travel umroh resmi yang sudah terdaftar di Kementrian Agama
Foto: Pixabay
Pastikan travel umroh yang kamu pilih memang sudah terdaftar di Kementrian Agama. Jangan mudah tergiur oleh harga murah, sebab bagaimanapun, berangkat umroh pasti butuh dana yang lumayan. Jadi, pilih harga yang wajar saja dan masuk akal dan pastikan benar-benar resmi.


Bagaimana kamu bisa tahu jika travel umroh yang dipilih sudah benar-benar terdaftar di Kementrian Agama?
1. Lihat tanda daftar perusahaan travel umroh
2. Travel umroh yang kamu pilih harus punya surat izin tetap usaha pariwisata
3. Lebih mudahnya, cek langsung nama travel umroh pilihanmu di website resmi Kemenag atau bisa datang langsung ke Kemenag.
2. Ketahui rekam jejak travel umroh yang kamu pilih
Foto: Pixabay
Selain bisa bertanya terlebih dulu kepada orang-orang terdekat yang pernah menggunakan travel umroh tersebut, kamu juga bisa memperhatikan perkembangan travel umroh itu dari tahun ke tahun.
Jika memang baik, pastinya penyelenggaraan Ibadan umroh dari travel tersebut akan dilakukan scara rutin dari tahun ke tahun. Semakin banyak keberangkatan, semakin baik juga kerjanya.
3. Abaikan harga murah dan tidak masuk akal
Foto: Pixabay

Seperti saya katakan sebelumnya, jangan mudah percaya dengan travel umroh yang menawarkan harga murah dan tidak wajar. Sebesar apa pun impianmu, jangan mudah tergiur dengan yang demikian. Karena tidak sedikit yang hanya sekadar menipu saja.
Kamu bisa periksa dan bandingkan harga travel umroh tersebut dengan harga-harga di perusahaan travel umroh lainnya. Jika ada selisih, pastinya tidak akan terlalu jauh, kok. So, tetap berhati-hati, ya dalam memilih travel umroh demi keamanan.
4. Cari tahu fasilitas yang diberikan
Foto: Pixabay

Bagi orang yang belum pernah pergi umroh, mungkin fasilitas bukan sesuatu yang perlu dipertimbankan. Dianggap sama rata. Tapi, sebenarnya, hal semacam ini sangat penting untuk dipastikan, lho. Kamu bisa bayangkan, jika harganya sama, kenapa kamu memilih travel A yang memberikan penginapan dengan jarak jauh dari masjid Nabawai atau masjid Al-Haram? Ya, mending ambil travel satu B yang memberikan fasilitas lebih baik, lebih dekat dengan masjid sehingga ibadah bisa lebih mudah dan tenaga kita pun tidak terkuras habis untuk perjalanan jauh setiap harinya.
Nyatanya, ada juga, lho travel umroh yang memberikan penginapan berupan rumah (kontrak) kepada jamaahnya. Padahal harganya sama saja dengan travel umroh lainnya. Meskipun kita tidak mengejar fasilitas dan mengutamakn ibadah, tetapi sadar atau tidak, hal seperti ini juga mempengaruhi kenyamanan ibadah kita nantinya.
5. Pastikan ada pembimbing umroh untuk menyempurnakan perjalanan ibadahmu
Foto: Pixabay

Poin satu ini juga tidak bisa dinomorduakan, lho. Berada di tempat asing pastinya membuat kita serba bingung. Meskipun sudah belajar sebelum berangkat, tetapi keberadaan pembimbing umroh sangat diperlukan.
Pembimbing umroh bisa mengarahkan kita saat beribadah, menjadi tempat bertanya, mengatur barisan ketika sedang melaksanakan ibadah umroh sehingga tidak terpisah dan membuat panik beberapa jamaah. Hal seperti ini perlu kamu pastikan sebelum memutuskan memilih travel umroh yang tepat.
6. Pastikan kamu bisa segera berangkat tanpa menunda selama bertahun-tahun
Foto: Pixabay

Umroh itu bukan haji. Jadi, nggak butuh antrean panjang untuk berangkat. Jika ada travel umroh yang menjanjikanmu berangkat 1 hingga 2 tahun lagi, kayaknya jangan gampang dipercaya, ya? Sebab itu bukan alasan tepat mengingat umroh memang tidak perlu mengantre.
Di sinilah pentingnya kamu mengetahui rekam jejak travel umroh tersebut sebelum memutuskan memilihnya.
7. Pilih travel umroh terbaik lewat Blibli.com yang menawarkan berbagai macam kemudahan

Mencari travel umroh yang tepat memang bukan hal mudah. Sebab itu, kamu harus benar-benar berhati-hati mencarinya. Sudah mencari ke mana-mana, tapi kayaknya belum dapat yang tepat dan pas di hati. Tenang, sekarang kamu bisa bernapas lega. Sebab, Blibli.com memberikanmu banyak pilihan travel umroh yang amanah, lho. Insya Allah, ibadah umroh akan lebih nyaman dan berkesan nantinya. 
Kenapa harus pilih travel umroh dari Blibli.com?
1. Sebab, travel umroh yang terdaftar di Blibli.com bisa dipercaya karena seluruhnya sudah terdaftar di Kementrian Agama dan bekerja sama dengan PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh)
2. Blibli.com memberikanmu banyak pilihan. Kamu bisa memilih salah satu paket umroh dan haji dari banyak Penyelenggara Perjalanan Ibadah umroh.
3. Terdapat banyak penawaran khusus atau promosi yang bisa kamu gunakan saat membeli paket umroh.
Jika ada yang lebih mudah, kenapa harus memilih yang sulit? Blibli.com benar-benar memberikan kemudahan bagi kita yang punya impian umroh ke tanah suci Makkah. Nggak harus cek ini dan itu, cukup pilih travel umroh yang sesuai keinginanmu dan jangan lupa, gunakan juga promonya supaya kamu dapat penawaran istimewa.
Gimana, masih bingung nyari travel umroh yang tepat untuk menemani perjalanan ibadahmu? Saya sih tidak lagi!
Salam,
26 comments on "7 Tips Memilih Travel Umroh yang Tepat Untuk Menemani Perjalanan Ibadahmu ke Tanah Suci"
  1. wiii sekarang udah bisa book travel umroh lewat bli bli ya??? mantaaap, berarti nggak perlu bingung cari agen umrah lagi :") kemajuan teknologi jaman sekarang mantap banget

    ReplyDelete
  2. waah terima kasih infonya ya mbak, berguna jika ingin melakukan ibadah umroh :)

    ReplyDelete
  3. Perjalanan ke tanah suci adalah impian kaum muslimin. Dan..saya baru tahu Blibli sekarang juga menawarkan jasa travel umroh. Ada paket wisata religi juga kah?

    ReplyDelete
  4. Trima kasih infonya ternyata bisa lewat blibli.com ya?

    ReplyDelete
  5. tanda daftar perusahaan umroh nya mll mana kah mb? apakah lgsg ke ke web kemenag? ^^ terima kasih infony mb <3 salam kenal

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya Mbak Muyass, baru tau Blibli kerjasama dengan jasa travel umrah.

    ReplyDelete
  7. Blibli makin lengkap ya sekarang menyediakan paket umroh juga, udah gitu dijamin terpercaya, jadi nggak ragu lagi deh. semoga segera datang kesempatan buat umroh ke tanah suci

    ReplyDelete
  8. Baru tau loh mbak kalo blibli sekarang nyediain fasilitas umroh juga. Makin keren yah. Selain udah terpercaya, kita jadi gak khawatir buat ngejalanin ibadahnya. Makasih loh mbak infonya

    ReplyDelete
  9. Baru tahu blibli kerjasama dengan travel umroh juga. Makasiy mba :)

    ReplyDelete
  10. baru tau kalau bis alewat blibli.com kemana aja saya hehe. Saya sih dulu umroh pakai travel ustadzahnya ibu yang dulu haji. Alhamdulillah amanah. Jadi kangen mau kesana lagi ~

    ReplyDelete
  11. Kalau sama blibli insyallah percaya mba dengan travel umrohnya. Semoga bisa umroh secepatnya. Ingin pergi ke rumah Allah. Amin.

    ReplyDelete
  12. Benar Mb Muyas, memilih agen umroh nggak bisa asal. Musti cek di web resmi kementrian agama sdh berijin atau belum.
    Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  13. mashaallah. terima kasih infonya. semoga kita semua bisa umroh juga. aamiin

    ReplyDelete
  14. Saya awam banget sama travel umroh, terima kasih infonya. Semoga suatu hari bisa umroh

    ReplyDelete
  15. Cita citaku dan suami adalah, kalau kami bisa mampu pergi keluar negeri, negara pertama yang ingin kami kunjungi adalah Arab Saudi ini, yaitu umroh bersama suami dan Julio. InsyaAllah Allah mampukan :) Apalagi ada Bibli yang bisa memudahkan.

    ReplyDelete
  16. Wah, Blibli menyediakan travel buat umroh/ibadah kita. Beribadah akan menjadi lebih tenang jika travelnya terpercaya. Semoga saya dan keluarga bisa segera beribadah di Ka'bah. Aamiin

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah wkt umroh dulu pakai travel yg sdh berijin resmi dan bersertifikasi.

    ReplyDelete
  18. Betul, Blibli adalah situs belanja terpercaya, tidak menyangka akan menyediakan beragam travel umroh kredibel, selamat ya mbak blognya menang,

    ReplyDelete
  19. Wow kini di blibli juga ada, baru tau lho. Subhanallah mba penjelasannya semoga saya juga bisa umroh dengan fokus ibadah ya tanpa harus riweuh insta story heheu

    ReplyDelete
  20. Pengen umroh juga buat nambah pahala

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature