Isi Akhir Pekan dengan Membuat Zuppa Soup Bersama Si Kecil

Sunday, December 2, 2018

Liburan akhir pekan ngapain aja, nih? Kalau saya, pastinya sibuk membersihkan rumah dan membereskan kewajiban (baca: setrikaan menumpuk). Itulah rutinitas yang biasa terjadi di akhir pekan saya. Memang jarang banget jalan-jalan karena di rumah pun waktu rasanya sudah tersita cepat sekali.


Belum lagi minggu kemarin si sulung baru selesai PAS (Penilaian Akhir Semester). Jadilah di rumah beristirahat menjadi salah satu agenda paling tepat. Nah, kalau hanya di rumah saja pasti bosan dan males banget, ya? Kayaknya harus ada kegiatan yang menarik supaya nggak mudah jenuh. Salah satunya adalah dengan membuat aneka menu favorit anak-anak.


Yup! Hari ini saya membuat zuppa soup kesukaan si sulung yang kini sudah berusia hampir delapan tahun. Sebenarnya pengen bikin roti juga, tetapi kayaknya tidak memungkinkan karena harus membereskan pekerjaan lain yang tertunda sejak lama. Akhirnya hanya membuat zuppa soup buat anak-anak di rumah.
 

Nah, kebetulan masih ada sisa pastry instan di freezer. Pagi-pagi sudah ditodong si sulung supaya segera membeli bahan lain seperti jagung manis dan daging ayam. Alhasil zuppa soup hari ini lumayan lengkap isiannya.


Penasaran seperti apa bahan dan cara membuatnya?

Bahan yang harus disiapkan:



Secukupnya pastry instan merek apa saja

1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya

600 ml susu cair plain

½ bawang bombay, iris kecil

¼ dada ayam, potong dadu

3 sosis ayam atau sapi, iris

1 buah jagung manis, sisir

½ batang keju, parut

Secukupnya margarin untuk menumis

1 sdm terigu

Secukupnya garam

Sedikit kaldu bubuk jika suka


Cara membuatnya cukup mudah:


1. Tumis bawang bombay sampai layu, masukkan jagung dan daging ayam. Biarkan sampai berubah warna. Kemudian masukkan sosis. Aduk sampai rata.

 
2. Masukkan terigu ke dalam tumisan jagung dan ayam. Aduk cepat sampai rata. Kemudian tuang susu cair. Aduk lagi sampai mendidih. Bumbui dengan garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk.


3. Matikan api. Masukkan parutan keju ke dalamnya dan pastikan semua isian supnya matang sebelum dipanggang.
 

4. Masukkan ke dalam wadah tahan panas. Isi jangan terlalu penuh. Olesi bibir mangkuk dengan putih telur, kemudian letakkan pastry di atasnya. Usahakan potong pastry lebih lebar daripada bibir mangkuk yang kita pakai.

 
5. Olesi semua permukaan pastry dengan kuning telur. Panggang suhu 180’C sampai matang dan mengembang. Jika suka, sebelum dipanggang, bagian atas pastry bisa ditaburi keju parut.


Voila! Zuppa soup favorit si kecil pun siap dihidangkan. Si sulung doyan banget zuppa soup ini. Sekali makan dia habis 2 mangkuk. Sehari dia makan paling banyak daripada yang lain. Kalau bikin sendiri, isian bisa disesuaikan, bisa puas-puas makannya.


Daripada harus beli di tempat lain, bisa habis lumayan banyak karena porsi makan dia yang cukup besar...kwkwk *perhitungan banget emaknya. Kalau dibilang berhemat, sebenarnya bikin segala sesuatu sendiri nggak terlalu hemat juga karena bahan yang kita pakai juga nggak murahan dan bukan sembarangan. Memang tetap keluar banyak juga. Hanya, kita jadi lebih yakin aja terutama soal kebersihan sehingga minim banget kotor atau kurnag higienis.


Merepot? Iya, sedikit merepotkan. Tapi, lumayan sambil mengasah kemampuan belajar masak. Kalau nggak disempatkan belajar, mungkin sampai punya anak cucu nggak bisa masak juga...hiks. Masa iya saya terus menerus beli atau pesan Gofood...kwkwk. Terlalu :D


Gimana, gampang banget bikinnya, ya? Yuk, dicoba di rumah dan nikmati bersama keluarga tercinta. Insya Allah bisa lebih puas, lebih nikmat, dan lebih hemat...kwkwk.


Salam hangat,

 

Comments

  1. Hujan-hujanan liat yg beginian, ngileeerr...

    ReplyDelete
  2. Haha, sama kalau makannya mah sy juga doyan :D. Gampang mah..pasti bisa :D

    ReplyDelete
  3. Hihi, iyaa enak panas-panas dimakannya pas musim hujan..

    ReplyDelete