Resep Homemade Crispy Crepes, Murah dan Gampang Bahannya!

Wednesday, December 19, 2018

Liburan sekolah benar-benar bikin saya sibuk membuat banyak camilan untuk anak-anak. Kali ini saya membuat crepes. Yup! Meskipun dengan peralatan sederhana, kamu juga bisa banget membuat crepes dengan rasa tak kalah enaknya dengan yang sering dijual-jual orang, lho.


Ini adalah pecobaan ke sekian kali dan Alhamdulillah selalu berhasil membuat camilan ini meskipun dengan alat seadanya. Kayaknya semua orang bisa kok bisa crepes asal perhatikan takaran bahan serta cara membuat.

Kalau ada, kamu bisa memakai wajan kwalik. Kalau pakai wajan kwalik, warnanya jadi merata dan bagus banget. Masalahnya, saya juga nggak punya wajah kwalik. Jadi, pakai teflon saja daripada harus beli dan jarang dipakai, ‘kan? Gunakan dan manfaatkan saja barang yang ada di rumah biar nggak mubadzir. Kalau hanya dimakan sendiri alias dikonsumsi sendiri juga buat anak-anak, insya Allah cukuplah dengan cara sederhana kayak gini. Nggak mungkin juga kan kita makan crepes tiap hari :D


Anak-anak tuh suka ngasih isian dan membantu membuatnya di dapur. Hanya saja membuat crepes ini kan agak susah ya dibantu sama mereka karena berhubungan dengan kompor ketika memberikan isian ke dalam adonan yang sudah mulai mengering dan berwarna keemasan. Jadi, ya rayu aja biar ngasih topping ketika sudah matang. Mereka bisa siram atasnya dengan susu kental manis cokelat atau vanila. Hmm, yummy. Mereka doyan, emaknya pun senang.


Resep ini sebenarnya sudah pernah saya share sebelumnya. Tapi, kayaknya banyak yang terlewat. Ada triknya juga supaya crepes yang kita buat tetap krispi walaupun pakai alat sederhana dan nggak punya alat seperti orang yang jualan crepes itu.


Untuk isiannya bisa memakai banyak jenis bahan yang tersedia di rumah. Bisa pakai keju parut, mesis, pisang, atau susu kental manis, atau potongan buah lainnya. Apa pun itu, semuanya enak asalkan crepes krispi dan garing. Iyap, dan ingat ya, apinya keciiil saja supaya bisa garing merata dan crepes yang kita buat tidak lekas gosong. Warnanya bakalan cantik asal nggak terlalu panas apinya.

Nah, kira-kira siapa yang pengen mencoba resepnya? Yuk, simak dan coba di rumah!


Bahan:

8 sdm tepung beras

4 sdm tepung maizena

2 sdm tepung terigu

6 sdm gula pasir

1 butir telur

1 bungkus vanili bubuk

1 bungkus susu bubuk

120 ml air

Sedikit garam


Cara membuat:

1. Campurkan semua bahan jadi satu. Aduk dengan wisk sampai tercampur rata. Pastikan tidak ada bagian bergerindil, ya.

2. Panaskah teflon. Sapukan adonan ke teflon dengan kuas. Usahakan cepat karena nanti bakalan susah diratakan kalau kelamaan.

3. Setelah agak mengering dan berubah warna, kamu bisa beri isian dan lipat sesuai selera.

4. Pastikan crepes kering sempurna supaya krispi ketika diangkat, ya.


Voila! Crispy crepes buatanmu siap disantap bersama keluarga tercinta. Kelihatan banget kan betapa krispi crepes satu ini? Dengan isian legit dan manis, sensasi krispi dari adonan crepesnya benar-benar meleleh sempurna di mulut. Cocok banget buat camilan anak-anak dan teman-temannya. Satu resep hasilnya juga lumayan banyak. Gampang, murah meriah bahannya, tapi rasanya nggak diragukan.

Mudah banget. Sebagian orang menggunakan baking powder. Tapi, saya buat tanpa baking powder pun tetap renyah. Resep ini sudah pernah saya tulis di cookpad dan sudah direcook puluhan orang. Hasilnya semua berhasil. Insya Allah resep ini antigagal, kecuali jika kamu tidak mau memulainya..hehe. Selamat mencoba!


Salam hangat,

 

Comments

  1. Manteb ky nya nih. Kudu ku coba

    ReplyDelete
  2. Manteb ky nya nih. Kudu ku coba

    ReplyDelete
  3. Duh musim ujan lapar mulu nih mba, mau coba ah tapi nanti kali ya heheh tfs lho

    ReplyDelete
  4. Laper banget bun setelah baca baca resep ini, rasanya pengen ngemil crispy crepes ini dalam jumlah yang banyak.Sepertinya ini cocok untuk pelengkap kue lebaran kalau lihat dari bentuknya, mau nyoba belajar manatau bisa bikinin orang rumah.

    ReplyDelete
  5. Kriuk banget ini...anakku kadang ikut beli di abang2 lewat. Padahal kalau bikin bahannya gampang ya...

    ReplyDelete