Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Mini Waffle Topping Es Krim Durian, Yummy!




Itu serius waffle? Tapi, kenapa cetakannya lebih mirip seperti takoyaki? Hihi. Saya pun yang makan jadi nggak bisa bedain antara waffle sama kue cubit atau bolu panggang tanpa oven yang biasanya memakai cetakan yang sama.

Niatnya memang membuat waffle. Ketika adonan sudah jadi dan siap memanggang, tiba-tiba saya kehilangan cetakan waffle yang dulu pernah dibelikan suami. Hiks. Sudah dicari di lantai atas, sampai kolong meja, tetapi cetakannya tidak juga ditemukan. Akhirnya baru ingat, kayaknya suami simpan di lemari dapur paling atas, soalnya cetakan takoyaki pun ditemukan di sana. Sayangnya, cetakan itu harus diambil oleh suami karena lemari dapur saya tingginya menyentuh atap…kwkwk. Dan suami saat itu sedang ngantor. Sudah berusaha naik meja, tetapi kayaknya harus naik tangga. Pas cerita ke suami, dia hanya tertawa lebar. 
Makasih udah beliin lemari paling maksimal di bumi ini, Mas…haha.

Kembali lagi ke waffle, saya itu suka banget makan waffle. Karena dulu, zaman kecil saya sering makan dan beli di ibu-ibu yang menjajakan kue basah dan sayur ke rumah. Di kampung namanya bukan waffle, tetapi bapel..hehe. Bentuknya seperti hati, empuk, dan manis.

Sayangnya, sudah berkali-kali mencoba beberapa resep waffle, tetap saja hasilnya aneh. Nggak empuk dan cenderung kering. Akhirnya cetakan waffle itu pun terabaikan sejak lama. Kemarin kebetulan lagi bosan dan bingung mau ngapain (padahal setrikaan baju setumpuk..hihi). Akhirnya nyari resep waffle, dan kayaknya resep ini paling klik. Kok tahu? Saya baca resepnya pakai ragi instan. Biasanya waffle yang saya buat hanya pakai baking powder saja.

Selain itu, saya lihat gambarnya pun tampak empuk. Nggak kayak gambar waffle lainnya yang cenderung kaku (sok tahu banget). Akhirnya memberanikan diri mencoba resep ini. Hasilnya? Alhamdulillah, enak dan empuk bahkan sampai esoknya. Tapi, sayangnya ya itu, karena cetakan waffle yang nyelip akhirnya pakai cetakan yang ada dan hasilnya malah mirip takoyaki…kwkwk.

Resep waffle ini saya adopsi dari akun Cookpad.com/Fdhanyn dan telah saya modifikasi sesuai bahan-bahan yang ada di rumah.

Bahan biang:

½ sdt baking powder
1 sdt ragi instan
2 sdm gula pasir
8 sdm air dingin
4 sdm terigu

 Bahan adonan:

3 butir telur
150 gr gula halus (saya ganti 80 gr gula pasir)
125 gr tepung terigu protein sedang
½ sdt garam
½ sdt baking powder
125 ml santan kental (saya ganti 70 ml susu cair)
50 gr butter, cairkan
Secukupnya vanilla cair
50 ml air kelapa (saya skip)

Cara membuat:

1. Campurkan seluruh bahan biang, aduk rata dan diamkan selama 15 menit.

2. Mixer telur dan gula sampai mengembang. Masukkan gula secara bertahap dan mixer dengan kecepatan tinggi.

3. Masukkan semua bahan termasuk bahan biang. Mixer dengan kecepatan rendah sampai rata. Terakhir masukkan butter cair dan aduk rata kembali.

4. Tutup adonan dengan lap bersih dan diamkan selama 30 menit.

5. Siapkan cetakan dan panggang sampai matang.

Asli enak banget!

Satu gigitan pasti nggak cukup!

Voila! Mini waffle dengan topping es krim durian pun siap disantap! Rasanya yummy banget, terlebih dengan topping es krim rasa durian, klop banget di lidah. Waffle ini memang agak ribet bikinnya karena memakai ragi instan sehingga harus dua kali menunggu. Tapi, asli rasanya enak dan empuk. Semoga teman-teman suka!

Catatan: 

Saya memakai sendok makan khusus untuk menakar bahan-bahan yang bentuknya setengah lingaran dan terdapat beberapa ukuran. Ukurannya memang cenderung lebih besar daripada sendok yang biasa kita gunakan untuk makan sehari-hari.

15 comments on "Mini Waffle Topping Es Krim Durian, Yummy!"
  1. Mbak, itu panggang nya pake oven atau pan cetakannya langsung di atas kompor kayak cetakan apem gt?
    Penasaran pengen bikin jg, soalnya br inget punya cetakan waffle tapi belum pernah dipake, hwkwkwkkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dipanggang di atas kompor mbak.. Hehe. .yuk bikin 😁

      Delete
  2. Iyaa kayak kue cubit ya mbaa ini..
    Jadi nyari cetakannya setelah adonan kelar ya mba hihi
    aku br tau bapel itu sama kaya wafel 😁 aku ngerti wafel saat udah gede aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya, Mbak..dulu sy nyebutnya bapel di kampung, kurang tahu kalau di lain tempat

      Delete
  3. Waffle plus ice cream!! Es krim rasa durian lagi...so yummy

    ReplyDelete
  4. wah wah
    mbak Saroh hebat nian bikin masakan lezat ya

    itu yang es krim di apanya ya pada gambar?
    apa yang tengah itu?
    yang lain kayaknya model cake
    :9

    ReplyDelete
  5. Ngilerrrrrr, sayang lagi diet tepung. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada mbak Widiiii...*pake teriaaak kwkwkwk

      Hihi, sayang banget padahal mau sy gojekin hihi

      Delete
  6. Ah..benar-benar ibu kreatif nih mb Muyass. Diliat dari fotonya begitu menggoda,,ces ngeces euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah...makasih, Mbak..kreatif kalau kepepet gini mah kwkwk

      Delete
  7. Jadi pengen nyobain nih. Di rumah juga adanya cetakan takoyaki. Makasih resepnya mbak

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature