Top Social

Malas Ngulen Tapi Pengen Makan Donat? Cobain Churros, yuk! Donat Spanyol yang Bikin Nagih!



Liburan sekolah ngapain saja, sih, di rumah? Kalau pertanyaan itu mampir pada saya, jawabannya nggak jauh-jauh. Hanya di rumah, keluar ketika akhir pekan menunggu suami libur ngantor..hehe. Karena itu, kayaknya si sulung bakalan bosen minta ampun kalau tiga minggu ini hanya di rumah dan melakukan hal serupa setiap hari.

Apa? Tiga minggu? Yup! Sulung libur bahkan sebelum pembagian rapot. Jadi, liburannya lama banget. Sayangnya, liburan walaupun memang kadang menyenangkan, tetapi sering juga bikin gemas. Maklum di rumah ada si bungsu. Dan kedua anak ini selalu melakukan sesuatu yang bikin gemas (baca: pengen ngomel)..hehe. Segala hal kecil sering banget diributkan, bahkan sesuatu yang dibuang pun bisa jadi emas ketika sudah dipegang kakak atau adiknya. Dan, ternyata banyak juga yang mengalami hal serupa kalau sudah ada kakak dan adik.

Buat mengalihkan kebosanan si sulung, beberapa hari ini saya rajin banget bikin camilan. Bahkan malam-malam pun bikin karena ternyata dia semakin doyan ngemil sejak libur sekolah. Saya yang awalnya enggan bikin pun akhirnya bikin juga daripada harus membeli di luar. Saya termasuk orang tua yang jarang banget jajan di luar. Kalau masih bisa dan sempat dibuat di rumah, saya lebih memilih membuatnya. Jadi, pantas anak saya pun ketika menginginkan sesuatu bukannya minta dibeliin, tetapi malah minta dibuatkan. Oh…haha.

Dan kali ini saya membuat churros. Malam-malam pula setelah shalat Maghrib. Kebayang ini tenaga aja udah sisa…hehe. Beruntung banget resepnya oke. Dulu, pernah juga bikin, tetapi sayang banget nggak krispi di luarnya. Intinya gagal banget dulu. Dan, sekarang saya memakai resep Ricke ordinary kitchen yang udah terkenal banget, ya.

Bikin churros itu mudah banget, asal ketemu resep yang tepat dan ikuti prosesnya dengan benar. Bahannya juga gampang banget ditemukan di rumah. Yuk, kita mulai bikinnya!

Bahan:
250 ml air
50 gram butter
1 sdm gula pasir
2/4 sdt garam
150 gram terigu protein sedang, ayak
¼ sdt vanilla cair
1 butir telur, kocok lepas
Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Masak air, butter, gula, dan garam sampai mendidih. Matikan api dan masukkan terigu. Aduk cepat dengan sendok kayu. Masukkan juga vanilla ke dalam adonannya. Nyalakan api kecil, aduk sampai adonan licin dan kalis. Angkat dan tunggu sampai hangat.

2. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk lagi sampai benar-benar rata. Kamu harus mencoba apakah adonan kurang lembek atau sudah pas. Jika kurang lembek dan susah dibentuk dengan spuit, kamu bisa tambahkan satu butir telur lagi. Ini memang harus kamu coba-coba dulu karena ukuran telur memang pasti akan berbeda.

3. Setelah adonan siap, kamu bisa masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sebelumnya telah diberi spuit.

4. Panaskan minyak, goreng dengan panjang sesuai selera. Tunggu sampai kecokelatan. Angkat dan sajikan dengan selai cokelat atau topping gula halus.

Voila! Churros buatan kamu pun sudah siap disantap oleh buah hati tercinta. Gimana, ternyata gampang banget bikinnya, ya? Asli ini enak banget. Kalau saya pribadi lebih suka churros ketimbang donat. Rasanya sederhana banget di lidah, tapi bikin nagih. Bahkan dimakan polos aja udah enak. Kamu juga bisa menyantapnya bersama es krim. Duh, pasti lebih enak lagi.

Gimana, menarik banget resep satu ini. Kamu pun bisa mencoba membuatnya ketika libur akhir pekan dan nikmati bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!

5 comments on "Malas Ngulen Tapi Pengen Makan Donat? Cobain Churros, yuk! Donat Spanyol yang Bikin Nagih!"
  1. Lhah ini camilan yg dicari resepnya. Waktu itu liat di Masterchef, termasuk yg dilombakan. Nampaknya enyak, jadi pengen...
    Makasiiih...

    ReplyDelete
  2. hm...beli butternya hm...gak semua jual tempat beli butternya jauh

    ReplyDelete
  3. Kalo makan churros aku lbh seneng ga pake toping. Makan gitu aja, ato kalopun pakai hanya gula halus :). Pertama kali beli churros di salah satu mall jkt. Enaaak sih, tapiiii toppingnya karamel yg muaniiis bangeeetttt hahahaha. Sampe eneg aku. Pdhl kalo dimakan gitu aja udh pas sbnrnya :). Blm pernah coba sendiri. Ntr pas libur natal mungkin bisa aku coba utk cemilan anak juga :)

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature