Resep Dasar Adonan Roti

Monday, October 16, 2017

Resep Dasar Adonan Roti
Photo by Julian on Unsplash


Assalamualaikum…ini resep dasar adonan roti yang sering saya buat. Sudah pernah saya share sih tapi mau share lagi versi 3 kuning telur. Adonan ini hasilnya lembuut dan empuk banget nget. Bahannya sederhana saja tanpa bahan pengembang dan pelembut hasilnya sangat memuaskan.

Saya biasanya hanya bermain pada takaran air dan kuning telur saja. Selebihnya semua hampir sama. Semakin banyak kuning telur, hasilnya semakin lembut. O ya, kuncinya juga pada proses mengulennya, ya. Harus benar-benar sampai kalis. Biasanya tandanya adonan mengkilat, tidak lengket dan ketika dibentangkan tidak mudah sobek.


Nah, kalau mau membuat dengan isian gurih atau dibuat model pizza roti, sebaiknya gulanya dikurangi supaya rasa manisnya pas dengan gurihnya isiannya nanti. Memang membuat roti ini butuh 2x proofing, tapi insya Allah nggak bakalan mengecewakan hasilnya.


Bahan:

500gr terigu cakra (boleh mix 450gr cakra, 50gr segitiga)

80-90gr gula pasir

2sdt ragi

3 kuning telur plus sedikit saja putih telur

240ml air hangat kuku

3sdm susu bubuk

90gr butter atau margarin

1/2sdt garam


Cara membuat:


  • Campur setengah dari takaran air hangat dengan 1sdm gula pasir dan semua ragi. Aduk rata dan biarkan sampai berbusa.

  • Campur semua bahan sisa kecuali butter dan garam. Masukkan campuran ragi yang telah berbusa. Uleni sampai kalis atau asal rata.

  • Masukkan butter dan garam. Uleni adonan roti sampai kalis elastis. Bulatkan dan olesi sisi bowl atau mangkuknya dengan minyak goreng sedikit saja atau boleh seluruh sisi adonan yang diolesi minyak tipis saja (ambil minyak olesi ke tangan).

  • Diamkan adonan selama 1 jam atau sampai mengembang 2x lipat dengan ditutup lap bersih.

  •  Tinju adonan dan uleni sebentar untuk membuang udaranya. Timbang sesuai selera dan bulatkan. Diamkan 10 menit. Saya bagi adonan antara 35gr-40gr.

  • Beri isian dan bentuk sesuai selera. Ingat, ya setiap proofing selalu tutup adonan dengan lap atau plastik wrap.

  • Panaskan oven selama 10-15 menit sebelum digunakan. Saya pakai suhu 180’C dengan api atas bawah. Loyang saya taruh di bagian bawah. Keluarkan saat roti mulai keemasan. Lamanya semua tergantung dari oven masing-masing, berat adonan, bentuk loyang juga berpengaruh.

  •  Setelah keluar dari oven, olesi atasnya dengan margarin atau butter. Selesai! 

Alhamdulillah, selalu suka dengan hasil dari resep-resep seperti ini. Saya selalu memasukkan roti-roti ini ke dalam plastik supaya tetap empuk dan bersih. Kalau anak-anak ingin makan, tinggal ambil satu, dua juga boleh…he.


Membuat roti itu butuh keihklasan, iya ikhlas repot dan ribet…he. Kalau nggak mau repot kadang lebih suka beli aja, kan? Saya juga kadang masih suka beli walaupun sekarang sudah lebih sering bikin sendiri di rumah. Kalau sering mencoba insya Allah bakal kelihatan deh hasilnya. Biar sekalian lebih kekar otot lengannya ya tanpa harus nge-gym? hehe.

Tapi, sejauh ini, memang latihan sering-sering itu ngaruh banget pada kemampuan kita saat membuat roti. Karena pada akhirnya semakin lama kita semakin mengerti celahnya seperti apa. Habis gagal, kita tahu kesalahan kemarinnya karena apa dan bisa memperbaikinya di kemudian hari.

Menyenangkan, melelahkan juga. Tapi, kalau sudah berhasil, bahagianya bukan main apalagi kalau anak-anak doyaaan dan apa yang selalu kita buat habis dalam sekejap. Hilang sudah capeknya :D


Jangan nyerah, ya bu..Semangat! Semakin sering dicoba, insya Allah akan semakin baik juga hasilnya.

Comments

  1. wah kebayang nih pasti menul2 pake 3 kuning telur :)

    ReplyDelete
  2. Duuh itu yang persegi panjang bikin ngileeeer. Mba itu berapa lama manggangnya kudu diliat ya? Hehehe, kadang suka hosong diluar, tapi dalemnya masih mentah :(

    ReplyDelete
  3. Iya mbak, tergantung loyang juga kadang, ukurannya seberapa, manggang sekitar 15-20 menitan kalau di oven saya dan posisi rak bawah, api atas bawah. Pernah sih pakai loyang lain, atas dah cakep tapi bawah masih basah...jadi emang harus dikenali ovennya masing2..

    ReplyDelete
  4. Kok bisa bagus, halus, warnanya nya indah gitu sih mbak hasil kuenya...mupeng bisa bikin kaya gitu..
    Katanya telurnya harus banyak ya kuncinya,,

    ReplyDelete
  5. iya mbak, pakai 3 kuning ini hasilnya empuk banget...

    ReplyDelete