Resep Martabak Brownies

Sunday, October 22, 2017

Assalamualaikum, alhamdulillah kembali baking setelah sekian lama tidak membuat kue dan roti. Nah, kali ini bertepatan dengan tema posting rame-rame bersama sobat Cookpad. Temanya adalah kue tradisional berserat. Nah, lumayan asyik juga, secara kue-kue berserat itu bikinnya nggak semudah makannya..he.

Pilihannya lumayan banyak juga sih. Misalnya saja bika ambon yang saat ini lagi hits di jagad Cookpad dengan edisi ekonomisnya yang antigagal, ada juga serabi, kue cucur dan salah satunya juga martabak. Dan pilihan saya jatuh pada martabak coklat atau disebut sama mbak Nina (Catatan Nina) sebagai martabak brownies. Gemes banget nggak sih lihat martabak dihiasi topping selucu ini? macam-macam jenisnya dan pastinya sangat menggugah selera. 


Kalau ngajakin anak-anak sudah pasti mereka happy banget bantu menghias. Toppingnya bisa ditaburi suka-suka. Atau tanyakan apa yang mereka inginkan? Kalau emaknya lebih suka lihat berwarna warni biar lebih indah aja. Cakep difoto...kwkwk.


Resepnya saya ambil dari Catatan Nina. Di sini saya skip pasta coklat karena kebetulan tidak ada di rumah. Kalau ditambah pasta coklat pastilah nyoklatnya legit banget, ya. Satu resep ini jadi dua loyang. Lumayan banyak juga, kan hasilnya. Daripada beli di luar, mending bikin sendiri aja supaya lebih hemat. Yess, emak-emak emang sukanya begini...haha. Antara pelit dan hemat selalu beda tipis :D
 


Bahan:

235gr terigu protein sedang (Seperti segitiga)

1 kuning telur

15gr coklat bubuk

1sdt baking powder

85-90gr gula pasir

350ml air (saya pakai susu cair)

1/2sdt pasta coklat (saya skip)

1/4sdt garam

Secukupnya gula pasir untuk taburan

Secukupnya margarin atau butter untuk olesan


Bahan Tambahan Perloyang:

1/4sdt baking powder

1/4sdt baking soda


Topping:

Keju parut

Wafer

Biskuit

Mesis

Atau sesuai selera


Cara membuat:


  • Campur terigu, baking powder dan coklat bubuk. Ayak jadi satu. Masukkan kuning telur, garam dan gula pasir. Aduk rata.

  •  Campur pasta coklat dengan air (jika pakai) lalu masukkan dalam campuran terigu. Aduk sampai rata lalu mixer adonan sampai licin.

  • Tutup adonan dengan lap bersih dan diamkan sampai 60 menit.

  • Panaskan cetakan martabak atau teflon dengan api kecil.

  • Masukkan baking powder dan baking soda, aduk rata lalu tuang adonan dalam cetakan atau teflon. Adonan ini nantinya akan jadi dua loyang. Jadi setiap loyang silakan ditambah 1/4sdt baking powder dan baking soda sesaat sebelum dipanggang.

  • Biarkan adonan berbuih dan berbusa, ya. Jangan ditutup sebelum adonan berbusa. Taburi gula pasir di atasnya dan tutup. Biarkan matang.

  • Angkat dan taburi topping di atasnya. Lebih nikmat jika diberi susu kental manis dulu baru diberikan topping sesuai selera.

  • Potong-potong dan sajikan. Wuhuuu, hasilnya cakep berserat, masya Allah.

Jangan lupa pakai api kecil supaya hasilnya nggak gosong, yaa. Resep ini bisa jadi alternatif kalau kita bosan makan martabak versi originalnya. Bisa deh bikin varian martabak brownies kayak gini. Anak-anak heboh melihat penampilannya yang luar biasa gemesin..hehe.


Ketika akhir pekan, kita bisa jadwalkan mengajak anak-anak mencoba berbagai macam resep yang pastinya mudah dicoba. Beri mereka masing-masing tugas sederhana. Bisa sekaligus membentu mereka lebih percaya diri dan berlatih bersabar hingga kuenya matang.


Meskipun hasilnya kadang nggak sesuai harapan, tapi biasanya kita lebih puas menyantap hasil masakan sendiri. Begitu juga dengan mereka. Sekalian ngajarin juga biar nggak sering jajan di luar karena memang lebih banyak manfaat positif yang bisa kita dapat ketika masak sendiri di rumah. Salah satunya tentang kebersihannya.


Selamat mencoba dan salam hangat,


Comments

  1. Waaduuhh!! Sepertinya menarik nih tentang martabak brownisnya. Dari pada penasaran mending tak coba dari resep diatas.. Ok thanks sudah berbagi..😃😃

    ReplyDelete
  2. Martabak tapi brownies..hihihi unik ini
    Makasih resepnya Mbak :)

    ReplyDelete