Resep Kue Cubit Pandan Spesial Isi Keju Lumer

Thursday, August 1, 2019







Hai, hai! Iya, kamu. Kamu yang sedang nungguin resep kue cubit pandan ini. Terima kasih sudah berkenan membaca dan mencobanya, ya :) Jujur saja, ini resep saya ngarang sendiri karena selama ini resep kue cubit yang sering saya coba teksturnya padat keras gitu meskipun mengembang, dan lagi, jumlah takarannya banyak banget sampai-sampai setiap bikin selalu terbuang karena semua sudah bosan makan. Sedih banget kalau sampai seperti ini, kan?


Akhirnya kepikiran bikin resep yang simpel pakai takaran sendok saja (dengan alasan sangat malas ambil timbangan dan menakar bahan…hihi), jumlahnya pun dibuat sesedikit mungkin. Dan ternyata, Masya Allah, saya sukses, lho. Kue cubitnya empuk banget, bersarang pula karena pakai ragi supaya lebih empuk. Entah ini layak disebut kue cubit atau malah martabak, ya? Hihi.


Percobaan pertama, saya gagal sebenarnya. Tapi, masih bisa dimakan…hehe. Alasannya, karena saya nggak sempat mendiamkan adonan selama 30 menit, padahal udah dimasukin ragi instan. Pagi tadi terburu-buru karena takut si sulung keburu berangkat sekolah, jadi nggak mikir dua kali, segera panggang. Hasilnya? Mengembang, tetapi kurang lembut.

Karena setelah posting foto banyak yang nanya resepnya, akhirnya sore tadi saya coba bikin lagi. Tentunya dengan persiapan yang lebih matang, ya. Adonan didiamkan selama 30 menit sebelum dipanggang. Alhamdulillah, sesuai harapan. Empuk dan lembut banget, masya Allah.


Bagi yang mau mencoba, silakan dicatat resepnya, ya!


Bahan:


8 sdm tepung terigu

2 sdm gula pasir

½ sdt ragi instan

¼ sdt penuh baking powder

100 ml susu cair

1 butir telur

2 sdm Butter atau margarin, lelehkan

Sedikit pasta pandan


Topping:

Keju spread


Cara membuat:

1. Kosok dengan wisk telur dan gula pasir, pastikan gula benar-benar larut, ya.

2. Masukkan susu cair, ragi, pasta pandan. Aduk rata.

3. Masukkan tepung terigu + ragi instan sambil diayak. Aduk sampai rata dan pastikan tidak bergerindil.

4. Diamkan selama 30 menit sambil ditutup dengan kain bersih.

5. Masukkan baking powder, aduk rata. Diamkan sekitar 10 menit sambil panaskan cetakan takoyaki dengan api kecil cenderung sedang.

6. Masukkan margarin atau butter cair ke dalam adonan. Aduk dan siap dipanggang.

7. Olesi cetakan dengan margarin, tuang adonan. Biarkan sampai muncul gelembung.

8. Beri keju spread. Tunggu sampai matang dan angkat.


Voila! Sesimpel dan semudah ini bikinnya, Guys! Hasilnya enak banget, Masya Allah. Lembut banget dan bersarang gitu. Enak, bikin nagih. Saya yang ikut diet tergoda juga makan satu…hihi. Mana tahan kalau begini terus? Bisa gagal diet saya…haha.


Semoga bermanfaat. Jumlah kue cubitnya hanya untuk sekali panggang, jadinya sepiring ini saja. Buat saya sudah cukup banget karena kalau kebanyakan malah nggak kemakan dan kebuang. Dan itu juga yang alasan kenapa saya bikin resep sendiri, karena pengennya porsi yang pas dan nggak kebanyakan bisa sekali bikin bisa sekali habis *walaupun sayanya cuma kebagian satu atau dua kue doang :(


Kue cubit kalau bikin sendiri enak juga bisa dimodifikasi mejadi berbagai macam jenis rasa serta topping. Enak dimakan hangat dan ya sekali hap aja udah habis...kwkwk. Versi originalnya juga enak banget nggak kalah dengan yang rasa pandan. Sesuaikan saja dengan seleramu di rumah, ya :)


Selamat mencoba, ya!


Salam,

Comments

  1. Aku suka makan kue cubit yang masih anget mbk.. Enak aja gitu. Kapan2 coba bikin pake resep ini

    ReplyDelete
  2. Ahaa kue cubit aku suka!! Apalagi setengah matang... yaaa ngiler sore2 gini makan kue cubit enak kali yak.

    ReplyDelete
  3. Gak pernah makan kue ini, kalo dicubit pernah.. atit ☹️

    ReplyDelete
  4. Sinyalalam ikut nyimak hu...
    Muantap kayakanya

    ReplyDelete