Inilah Makanan dan Minuman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol

Wednesday, June 26, 2019

Akibat pola makan berantakan setiap harinya, dijalankan hingga bertahun-tahun, mulai dari tubuh bugar hingga sekarang mulai menurun kesehatannya, muncullah penyakit tidak menular yang umum kita lihat sekarang. Misalnya diabetes, hipertensi, hingga kolesterol tinggi. Pastinya tidak mudah mengatasi penyakit ketika usia mulai menua.
Karena itulah, ada baiknya kita menjaga kesehatan dari sekarang dan belajarlah mengonsumsi makanan sehat seimbang setiap harinya. Diet tak selalu identik dengan menurunkan berat badan. Bagi yang punya masalah kesehatan, tak ada salahnya mulai menjalankan diet sehat. Misalnya dengan menghindari makanan yang diolah dengan minyak sawit, hindari terlalu banyak konsumsi makanan manis, dan banyaklah berolahraga.

Penyakit kolesterol adalah salah satu penyakit yang berbahaya jika dibiarkan. Bagi penderita kolesterol, maka diharuskan untuk mengetahui bagaimana cara menurunkan kolesterol agar tidak berkelanjutan. Salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi obat herbal. Nah, berikut ini akan kami ulas beberapa jenis obat herbal yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkannya:

1. Jahe dan Kunyit


Dua bahan ini sangat mudah ditemukan di dapur, karena sering digunakan sebagai bumbu memasak. Selain dapat melezatkan masakan, kunyit maupun jahe juga bisa Anda gunakan sebagai penurun kolesterol alami. Hal ini langsung dipaparkan oleh Sharon Zarabi, RD, seorang ahli gizi untuk pasien operasi penurunan berat badan bagi salah satu rumah sakit di New York. Ia menuturkan bahwa herbal tersebut dapat menstabilkan kadar lemak dalam darah.

Jahe dan kunyit bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita. Kalau di kampung halaman, kita bisa ambil langsung dari pekarangan karena biasanya orang-orang terbiasa menanam sendiri di lingkungan sehingga tak harus susah payah membeli di luar.

Kedua rempah ini juga biasa kita konsumsi sehari-hari untuk bumbu dapur. Misalnya untuk membuat soto dan rawon khas Jawa Timur. Sehingga sangat mudah mencari kedua rempah ini dan memanfaatkannya dengan maksimal.

2. Bawang Putih


Bawang putih juga merupakan bahan makanan yang juga dikenal sebagai obat herbal sejak zaman dulu. Mengonsumsi bawang putih mentah, dapat membantu kita untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan hipertensi, serta melindungi tubuh dari infeksi. Perkembangan zaman yang kian pesat, membuat para ahli mampu menemukan bahwa bawang putih bisa digunakan sebagai herbal yang mampu menurunkan kolesterol secara alami.

 Tapi, hati-hatilah bagi yang punya penyakit magh karena biasanya agak sulit menyesuaikan diri setelah mengonsumsi bawang putih mentah.

3. Mengonsumsi Teh Hijau Secara Teratur 


Teh hijau adalah minuman yang sudah lama dipercaya dapat menguras timbunan lemak dari dalam tubuh. Itulah kenapa, teh hijau ini masuk ke dalam salah satu herbal penurun kolesterol alami yang ampuh menurunkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Teh hijau sendiri dapat menurunkan kolesterol hingga 2% sampai 5%. Selain itu, teh hijau pun merupakan minuman yang mengandung kalori rendah.

4. Minyak Oregano


Oregano merupakan minyak yang sudah digunakan sejak zaman Yunani kuno sebagai antiseptik. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju, oregano yang diolah menjadi minyak juga bisa digunakan sebagai herbal untuk menurunkan kolesterol secara alami. Oregano sendiri memiliki kandungan asam lemak omega-3, asam amino, triptofan, tirosin, dan arginin.

Itulah tips menurunkan kolesterol yang ampuh. Selain itu, jagalah kesehatan sehari-hari. Perhatikan juga asupan makanan dan minuman, konsumsi juga produk susu berkualitas seperti Frisian Flag.

Salam,

Comments

  1. Wah baru tau kalau jahe & kunyit bisa nurunin kolesterol, kebetulan kolesterolku nggak stabil dan kebetulan lg aku suka bgt wedang jahe & kunyit hehhe, makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  2. Kolesteol emang bahaya ya mbk, nggak terasa tahu-tahu udah numpuk di tubuh. Minum jamu atau obat tradisional gini rasanya lebih baik daripada minum obat kimia, tapi harus jaga pola hidup juga ya mbk...

    Saya baru denger lho ada minyak namanya oregano, kayak bahasa jepang gitu....

    ReplyDelete
  3. Ternyata bumbu dapur bisa dijadikan obat herbal, ya, Mbak. Seperti kunyit, jahe, dan bawang putih. Itu adalah bumbu wajib saya untuk masakan tertentu. Yang paling sering dipakai adalah bawang putih. Tidak cuma penguat rasa dan penyedap masakan, bawang putih pun bisa menjadi obat herbal alami yang aman karena mengandung antiseptik.
    Yang penting dari obat jerbal alami penurun kolesterol adalah konsisten menggunakannya kala sedang berobat.

    ReplyDelete