Top Social

Cara Membuat Granola Homemade dengan Bahan Sederhana, Enak Serta Ekonomis!

cara membuat granola
Ternyata bikin granola sendiri lebih sehat dan mudah, lho

Bukan hanya saya, ternyata ada banyak teman yang belum mengenal apa itu granola? Awalnya saya tahu sejak kepo-kepoin akun Instagram orang-orang yang sedang menjani diet sehat. Sebagian dari mereka membuat postingan tentang cara membuat granola homemade.

Penasaran, saya pun mulai melihat beberapa videonya. Kebanyakan dari mereka membuat granola dengan tambahan kacang almond yang saya tahu harganya bikin kantong kering, Guys…kwkwk. Emak-emak perhitungan banget dong dengan pengeluaran bulanan. Saya nggak mau pola makan JSR yang saya jalani sekarang justru membuat suami merasa saya jadi boros. Saya sendiri juga nggak  mau seperti itu. Hidup sehat kok malah boros?

Oke, putar otak. Granola buatan sendiri bisa tetap sehat dan enak meski dengan bahan sederhana dan ada di sekitar kita. Yup! Nggak perlu pakai kacang-kacangan yang harganya selangit serta buah kering yang bikin kantong menjerit. Saya selalu berusaha memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, termasuk soal menu harian. Nggak mau sampai mengeluarkan uang banyak hanya demi M-A-K-A-N. Kayaknya lebay aja gitu apalagi jika hanya buat saya? Haha. Kecuali jika memang tidak memberatkan. Kondisi setiap orang pastilah berbeda, bahkan sempat ada yang menanyakan langsung pada saya, apakah nggak bikin boros hidup sehat seperti ini? Jawabannya tergantung bagaimana kita membuat menu setiap hari.

Apa, sih, Granola Itu?

Granola merupakan makanan yang terdiri dari kacang-kacangan, oat, buah kering, serta lemak baik dari butter atau minyak zaitun, dan tak lupa pemanis yang biasanya terdiri dari madu atau brown sugar.

Granola memang sangat populer untuk saat ini terutama buat sarapan sehat bagi orang yang sedang menjalankan diet. Sarapan granola Insya Allah nggak bikin gemuk karena kandungan seratnya yang tinggi. Tapi, menurut saya, kita juga perlu memerhatikan komposisi granola itu sendiri. Misalnya, ada granola yang menggunakan brown sugar. Saya tahunya brown sugar ini berbeda dengan gula aren yang dibolehkan dalam JSR. Brown sugar ini dibuat dari gula pasir. Dalam resep kali ini, saya skip brown sugar karena belum 100% memahami apakah termasuk boleh dikonsumsi seperti gula aren atau tidak dalam JSR.

Jangan sampai kita salah konsumsi granola sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh justru lebih banyak dari apa yang dibayangkan. Alih-alih mau diet, malah salah makan. Jadi, memang lebih aman bikin granola sendiri ketimbang beli jadi. Bahan-bahan yang dipakai jelas dan pastinya masih fresh.

Nah, kalau orang lain membuat granola rata-rata buat sarapan, kalau saya pribadi buat camilan. Kadang bosan juga ngemil kacang tanah sangrai terus, ‘kan? Perlu ada camilan sehat lain yang bisa dikonsumsi tanpa rasa bersalah, bisa dibawa ke mana-mana dan yang penting murah, Guys!

Bagaimana Cara Menyajikan Granola?

Penyajian granola itu mudah banget. Bisa disajikan sebagai sereal yang dicampur dengan susu cair rendah lemak, bisa juga dimakan bersama yogurt, atau dibuat snack seperti yang saya lakukan saat ini. Soal rasa, saya nggak terlalu mempermasalahkan apakah enak seperti makanan ringan yang banyak dijual di supermarket atau malah hambar? Yang penting dalam pikiran saya saat ini, makanan ini harus sehat apalagi jika memang berniat mengonsumsinya setiap hari.

Bagi orang lain mungkin rasanya biasa aja, malah bisa jadi nggak enak. Tapi, buat saya sih oke-oke aja, kok. Secara saya pemakan segala…kwkwk. Tapi, anak-anak pun komentarnya sama. Begitu juga Mas di rumah. Yummy!

Bagaimana Cara Membuat Granola Homemade?

Siapkan bahan-bahan yang ada di rumah. Kenapa saya sebut ekonomis? Karena saya hanya menggunakan kacang-kacangan yang murah meriah dan mudah dijumpai di sekitar kita. Nggak pakai buah kering yang bermacam-macam juga. Jika mau alternatif buah kering yang tidak terlalu mahal, bisa pakai kismis, ya.

Bahan:

500 gr rolled oat
Satu mangkuk kacang tanah sangrai (sudah dikupas), kemudian cincang kasar
Secukupnya wijen
Secukupnya kurma cincang
Secukupnya minyak zaitun
125ml madu (boleh lebih)
Sedikit kayu manis bubuk

Cara Membuat:

1. Panggang rolled oat selama 12 menit. Kamu bisa mengaduknya beberapa kali supaya semua bagian terpanggang dengan rata. Suhu oven bisa pakai 180’C, ya. Saya pakai api atas dan bawah. Keluarkan dari oven setelah 12 menit lamanya.
2. Campur rolled oat yang sudah dipanggang dengan kacang tanah sangrai yang telah dicincang dan wijen. Aduk rata.
3. Campur minyak zaitun (saya tidak menakarnya, kurang lebih 100ml) dan madu. Aduk rata. Kemudian tuang pada campuran rolled oat. Aduk sampai rata.
4. Taruh di atas loyang. Ratakan dan sebisa mungkin jangan tebal-tebal supaya semua bagian garingnya merata.
5. Panggang selama kurang lebih 30 menit. Jangan lupa sambil sesekali diaduk, ya.
Keluarkan dari oven dan aduk-aduk. Masukkan cincangan kurma atau buah-buahan kering lainnya yang kamu pakai. Tambahkan kayu manis bubuk secukupnya saja.

Cara membuat granola
Setelah dicampur dengan minyak zaitun dan madu. Siap dipanggang

Cara membuat granola
Garing dan ada manis-manisnya gitu :D

Voila! Granola homemade dan ekonomis buatanmu sudah siap! Masukkan ke dalam toples selai ukuran sedang dan mudah dibawa ke mana pun. Sangat mudah, ‘kan?

Untuk komposisi bahannya, semua terserah kamu, kok. Bisa kacang-kacangannya dibanyakin, jenisnya dibanyakin, atau dikurangi, semua terserah, ya. Jika mau lebih manis, madunya bisa ditambah. Saya sendiri memang sengaja tidak menambahkan pemanis lain selain madu karena takut malah bikin camilan ini jadi nggak sehat lagi. Sedikit madu sudah sangat cukup.

Oya, rolled oat itu memang teksturnya berbeda dengan oat instan yang sering kita jumpai. Lebih kasar dan justru menurut saya lebih gurih gitu (apakah ini hanya perasaan saya saja? hehe). Harga rolled oat ini terbilang sangat murah, kok. Per kilonya hanya Rp. 30 ribu saja. Saya suka banget sama tekstur oat yang masih utuh, gede-gede pula. Ngelihatnya aja udah bahagia apalagi pas mengunyahnya…haha. Lebay, ya?

Senang sekali bisa berkreasi di dapur lagi dengan menu-menu sederhana dan pastinya lebih sehat. Blog saya pun lebih sering update soal JSR dan menu-menu sehat ketimbang roti yang dulunya hampir nggak pernah ketinggalan setiap minggunya. Sekarang, anak-anak juga Masya Allah pintar, jika bukan termasuk menu sehat, mereka akan mikir dua kali untuk menyantapnya.

Hidup sehat buat saya nggak harus mahal, bahkan memang nggak boleh mahal sebab semua orang bisa melakukan dan mendapatkannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Salam,
3 comments on "Cara Membuat Granola Homemade dengan Bahan Sederhana, Enak Serta Ekonomis!"
  1. next project, nih. Bikin granola handmade juga. Mba Muyas, mau coba? *bikin juga belum, udah nawarin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kwkwk, makasih, Bun..udah kenyang..haha *haluu kita kwkwk

      Delete
  2. Kalo aku termasuk suka sih mba apalagi kalo oleh2 dari Bali suka ada kelapanya gitu dan utk sekarang belum bisa bikin karena ngga ada panggangan tapi pengen coba nih penasaran soalnya bahannya mudah yah

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature