Suka Menulis Tapi Bingung Mau Kirim Ke Mana? Cek 7 Penerbit Mayor yang Siap Menerima Naskahmu!

Sunday, October 14, 2018

Suka Menulis Tapi Bingung Mau Kirim Ke Mana? Cek 7 Penerbit Mayor yang Siap Menerima Naskahmu!


Punya buku yang diterbitkan di penerbit mayor pastilah impian semua penulis. Karena penerbit mayor punya banyak keunggulan yang bisa membantu mewujudkan impian seorang penulis menjadi nyata. Termasuk mendapatkan penghasilan, buku bisa disebarkan lebih luas sehingga bisa menjangkau pembaca lebih banyak, buku-buku kita bisa berbaris rapi di rak toko buku kesayangan bersama buku-buku para penulis favorit, dan masih banyak alasan kenapa banyak penulis begitu gigih mengirimkan naskah pada penerbit mayor.


Sebelum kamu memutuskan mengirimkan naskah pada penerbit mayor, ada baiknya kamu mengetahui seperti apa karakter naskah yang diterbitkan dan lolos seleksi di sana. Naskah yang ditolak oleh penerbit mayor tidak selalu buruk, kadang memang tidak sesuai saja dengan karakter mereka atau yang mereka inginkan. Jadi, jangan capek mencari jodoh untuk naskah kamu, selama kamu mau berusaha, selama itu pula harapan dan jalan masih terbuka lebar untuk kamu capai.


Selain itu, kamu juga harus mengetahui ketentuan yang mereka berikan. Misalnya jumlah halaman, ukuran, font, dan masih banyak lagi ketentuan yang diajukan oleh penerbit pada mereka yang ingin mengirimkan naskahnya.


Ada beberapa penerbit yang mau menerima rancangan atau outline saja, tetapi ada juga yang hanya menerima naskah lengkap. Buat saya, mengirimkan outline saja memang mudah, tetapi ketika diterima, saya harus menyelesaikan itu, sedangkan bisa jadi saya sedang mengerjakan hal lain. Pernah mengajukan berupa outline yang akhirnya diterima oleh salah satu penerbit mayor, pernah juga mengirimkan naskah lengkap. Nah, menurut saya pribadi, mengirimkan naskah lengkap jauh lebih tenang dan setelahnya pun nggak ada beban lagi.


Nah, buat kamu yang masih bingung mau dikirim ke mana naskah yang telah rampung, yuk, cek beberapa penerbit mayor berikut yang siap menerima naskah kamu!


Quanta


Quanta merupakan salah satu penerbit mayor khusus naskah-naskah islami. Quanta termasuk lini dari Elex Media. Kamu bisa mengirimkan naskah lengkap ataupun berupa outline saja. Mereka menerima naskah anak, naskah fiksi, ataupun nonfiksi.


Berikut alamat email yang bisa kamu gunakan:


linda@elexmedia.id (khusus naskah nonfiksi)

luky@elexmedia.id (khusus naskah nonfiksi)

jarwati@elexmedia.id (khusus naskah anak/Quanta Kids)

dita@elexmedia.id (khusus novel islami)


Elex Kids


Buat kamu yang suka menulis cerita anak, ada baiknya kamu mengirimkan naskahmu pada penerbit mayor satu ini. Sebelum mengirimkan naskah, kamu tentu harus paham seperti apa saja buku-buku yang diterbitkan dan diterima oleh Elex Kids, supaya nanti naskahmu tidak salah sasaran, ya.


Berikut alamat email penerbit Elex Kids yang bisa kamu pakai:

Elexkids17@gmail.com


Ziyad


Pernah membaca buku Ceria Ramadhan? Salah satu penulis beruntung yang masuk dalam buku itu adalah saya. Dan tahukah kamu siapa penerbit buku itu? Yap! Ziyad. Jika kamu punya naskah anak islami, kamu bisa mencoba Ziyad sebagai salah satu alternatif. Kirimkan naskah kamu pada penerbit dan seperti biasa, gunakan kata-kata yang sopan saat mengajukan naskah, ya.


Kirimkan naskahmu melalui email:

publishing@ziyadbooks.com


BIP


Saya termasuk pencinta buku-buku bu Arleen A yang banyak diterbitkan oleh penerbit BIP. BIP menerima berbagai macam jenis naskah, termasuk naskah anak. Kamu bisa cek sendiri syarat-syaratnya di akun sosial media mereka. Untuk mengirimkan naskah anak, kamu bisa kirimkan melalui email berikut:


redaksi.bip.gramedia@gmail.com

redaksi_bip@penerbitbip.id


Jangan lupa isi subjek PN_Fiksi_Anak dan sertakan formulir pengiriman naskah yang bisa kamu dapatkan di bit.ly/formnaskahBIP


Gema Insani


Pasti kamu tak asing lagi dong dengan penerbit satu ini. Kamu bisa mengirimkan naskah bertema parenting, pernikahan, kumpulan kisah inspiratif keluarga, dan perempuan. Kamu juga bisa mengirimkan naskah-naskah anak yang sudah kamu tulis. Tema yang bisa kamu pilih adalah tentang akhlak, aqidah, sirah, ataupun hadits. Syaratnya bisa kamu cek di akun sosial media mereka ya. Berikut email yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan naskah:


penerbitan@gemainsani.co.id


Gramedia Pustaka Utama


Duh, kalau penerbit satu ini sudah nggak asing lagi dong ya buat kamu. Termasuk impian saya banget bisa lolos ke penerbit satu ini. Kamu harus mengirimkan naskan lengkap ke GPU dengan tema seperti hukum, motivasi, traveling, sosial, sains populer, dan pengasuhan anak.


Kirimkan naskahmu ke nonfiksi@gramediapublishers.com

Dan kirimkan naskah fiksi kamu ke fiksi@gramediapublishers.com


Saat ini mereka sedang mencari naskah-naskah nonfiksi dengan tema yang sudah saya sebutkan di atas, lho. So, apa lagi yang kamu tunggu. Lekas kirimkan naskah utuhmu!


Wahyu Media


Wahyu Media menerima naskah-naskah fiksi dan nonfiksi, lho. Kamu bisa mengirimkan naskah-naskah kamu ke Wahyu Media dan jangan lupa cek dulu karakter buku seperti apa yang diterima dan lolos oleh mereka.


Cek syaratnya langsung di website mereka dan kirimkan naskah kamu ke redaksiku@wahyumedia.com


Itulah beberapa penerbit mayor yang bisa kamu pilih untuk naskahmu. Semua penerbit pasti suka dengan naskah-naskah yang telah diketik rapi dan cobalah hindari banyak kesalahan dalam penulisan seminimal mungkin. Kamu juga pasti males dong membaca buku yang berantakan? Sama juga dengan mereka. So, persiapkan naskahmu dengan sebaik-baiknya dan carilah jodoh terbaik untuk mereka!


 

Comments

  1. Aku kirimkan ke hatimu aja, ya. Nice artikel, Mbak. Trims infonya 😊

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalau ada wahyu media. hehe...Dari dulu pengen banget kirim ke Bip dan Elex Kids, tapi belum kesampaian.

    ReplyDelete
  3. Saya baru mencoba dua penerbit dan belum jodoh. Hahahha...

    ReplyDelete
  4. Pengin banget kirim ke Mayor...tapi belum Pede

    ReplyDelete
  5. wah, sangat bermanfaat.
    menerbitkan cerita fiksi adalah impian saya.
    Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  6. belum berani, soalnya nulisnya masih baru belajar bangeet ^^

    ReplyDelete
  7. Hai mb Muyass...
    Keren blognya...pengeen bisa nulis buku , tapi masih harus bangak belajar.
    Makasih infonya, bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. masih mengawali dengan artikel dulu, semoga next segera bisa nulis buku. thank you infonya mbak

    ReplyDelete
  9. Mau coba ke BIP enggak enggak. Gimana mau kirim naskahnya aja belum jadi. Ya Allah mager wkwk.

    ReplyDelete
  10. Selalu informatif artikelnya, mba Muyas.langsung dibookmark😍😍

    ReplyDelete
  11. Sya belum kelar-kelar masih 12 halaman mba, hadduh blm mikir mau di kirim ke perbit yang mana, target agustus sudah lewat sekarang sudah oktober, apakah oktober lewat juga... Hix, gimana yah caranya biar ga lewat lewat, perlu motivasi tingkat tinggi nih....

    ReplyDelete
  12. Keren mbak makasih ya infonya manfaat banget mantul dah😍😍

    ReplyDelete
  13. Nice Artikel mba. Aku sepertinya belum mampu dan masih takut. Belum bisa menulis sepanjang buku-buku yang ada di depanku. Hihi

    ReplyDelete
  14. Eaaa...hehe..terima kasih, ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  15. Wah infonya membantu banget buat yang kepingin nyoba peruntungan menulis yang lebih besar :-D Landing a book is one of my dreams too. Tapi so far masih mau serius untuk blogging dulu. Thanks for sharing Mbak!

    ReplyDelete
  16. Sama-sama, Mbak..semoga bisa nulis buku juga yaa

    ReplyDelete
  17. Kwkwk. kamu terlalu produktif emang :D

    ReplyDelete
  18. Semoga mimpinya terwujud ya mbak..sama2 :)

    ReplyDelete
  19. Makasih atas ilmunya yaa mbak
    Izin share yaa

    ReplyDelete