Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Beda Antara Passion dan Hobi, Ketahui Masing-masing yang Menjadi Kelebihanmu!


Apa passion kamu? Lalu apa hobi kamu? Tahukah kamu jika passion dan hobi itu berbeda? Passion adalah sesuatu yang nggak pernah bikin kamu bosan untuk melakukannya, bikin kamu selalu bersemangat dan rela melakukan banyak hal untuk mencapainya.

Sedangkan hobi adalah kesenangan, yang tidak selalu kamu lakukan. Kadang-kadang kamu kerjakan itu, kadang juga tidak. Misalnya saja hobi bernyanyi yang sering kamu lakukan di kamar mandi. Pasti kamu senang melakukannya, tapi kamu tidak ingin melakukan lebih daripada itu. Berbeda dengan mereka yang passion-nya bernyanyi. Mereka rela ikut les, mempelajarinya lebih dalam.



Apa Passion Kamu?

Butuh waktu yang cukup lama untuk mengetahui apa passion saya. Sejak lama, saya melakukan banyak hal menyenangkan untuk mengisi waktu. Apa pun saya lakukan, terutama saat baru menikah dan pindah ke Jakarta. Sambil menunggu suami pulang kerja, saya mengerjakan berbagai macam kegiatan, termasuk sesekali menulis, menggambar, membuat berbagai macam kerajinan tangan seperti membuat bunga dari kertas krep, membuat tas rajut, membuat tas atau celemek dengan sulam pita, sampai pada suatu hari saya juga berjualan barang-barang handmade yang sudah saya buat itu. Betapa banyak kegiatan yang saya lakukan, tetapi saya seringkali bosan melakukan itu dalam waktu cukup lama.

Tahun 2014 saya mulai menulis kembali dengan lebih serius, tapi saya harus berhenti saat itu karena kondisi yang tidak memungkinkan. Saya hamil anak kedua, dan mual-mual parah. Entahlah, saya merasa harus fokus saja dengan kehamilan yang saat itu banyak mengalami masalah.


Setelah anak kedua lahir, drama sakit antara adik dan kakanya cukup menyita waktu. Tak jarang saya juga sering ikut sakit ketika mereka sakit. Saya demam tinggi dan harus menjaga bungsu yang demam juga. Duh, rasanya nggak ada pikiran buat melakukan hal lain lagi saat itu.


Seiring waktu, bungsu semakin besar. Saya merasa sudah banyak waktu longgar. Akhirnya saya mulai membuka akun sosial media. Pertama kali sih dimulai ikut bikin akun di Cookpad dan aktif di sana. Setelah itu, tergelitik kembali menulis. Duh, rasanya kangen banget. Karena sudah lama tidak menulis, jari-jari rasanya sudah kaku banget. Mulai lagi dari nol.


Tapi, dari sinilah saya mulai dan bertahan hingga sekarang. Setelah sekian lama mencoba menekuni banyak hal, barulah saya sadar bahwa passion saya adalah menulis, bukan yang lain. Saat menulis, saya bisa terjaga hingga larut, senang dan bersemangat sekali rasanya. Dan itu bisa bertahan dalam waktu yang lama, susah bosan apalagi berhenti.


Belakangan saya mencoba masuk kelas menggambar. Setelah beberapa kali masuk kelas, jujur saya merasa berat melakukan tugas-tugas itu. Sejak kecil memang suka menggambar, tapi belakangan saya paham kalau itu hanyalah hobi. Menggambar butuh waktu lama, menyita sekali apalagi saya belum mahir. Dan saya sedih sekali melewatkan banyak waktu yang biasanya saya isi dengan menulis.



Passion Bukan Hobi


Hobi berbeda dengan passion. Dan sekarang, saya tahu apa hobi saya, saya paham apa passion saya. Keduanya berbeda. Sesekali saya masih menggambar, bahkan ada tugas terakhir kelas menggambar yang belum rampung….hiks. Kemarin menyempatkan diri, tepatnya memaksakan diri untuk ikut kompetisi membuat lembar aktivitas. Kenapa memaksakan diri? Nggak pede aja ikutan kompetisi seperti ini. Karena selama ini memang belum pernah mencobanya.


Tapi, bukan saya kalau menyerah sebelum mencoba *eaa…haha. Pantang banget buat mundur selama masih punya kesempatan. Dan kemarin baru saja diumumkan siapa pemenangnya. Alhamdulillah, saya menang. Girang banget? Hihi, iya banget dan kaget karena buka pengumuman setelah bangun tidur.





Kompetisi ini diadakan oleh Wonderland Creative untuk merayakan hari jadinya yang pertama. Kompetisi menulis cerpen belum menang, tapi terpilih untuk dibukukan. Menyenangkan sekali kalau semua yang kita usahakan mulai terlihat hasilnya, ya.


Dalam kompetisi membuat lembar aktivitas ini saya menggunakan Ibis Paint X. Ini merupakan aplikasi menggambar yang enak banget buat pemula. Apakah aplikasinya nanti jalan sendiri? Seorang teman pernah bertanya demikian. Tentu saja tidak..hihi. Kita tetap harus menggambar manual seperti biasanya.


Selain Ibis, saya juga biasa menggunakan Medibang. Aplikasi kedua ini bahkan juga dipakai oleh penulis komik untuk membuat buku, lho. Jadi, asalkan kita bisa menggunakannya dengan baik, aplikasi simpel begini bisa banget dipakai untuk apa saja.


Bagaimana cara menggunakannya? Saya pribadi belajar secara otodidak dengan membaca beberapa artikel terkait dan juga menonton videonya di Youtube. Zaman sekarang apa sih yang nggak bisa dicari? Kecuali kita nggak niat mencarinya aja, ya? Hehe.


Sampai sekarang masih suka menggambar, tapi tidak selalu saya lakukan apalagi setiap hari. Sedangkan menulis, selalu saya usahakan setiap hari. Bagaimana dengan kamu? Apakah passion dan hobimu?


Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community day 6
38 comments on "Beda Antara Passion dan Hobi, Ketahui Masing-masing yang Menjadi Kelebihanmu!"
  1. Aku juga pernah coba menyulam dan merajut, tapi cepat bosan. Sekarang Masih dalam tahap mencari passion nih mbak, semoga cepat ketemu. aamin

    ReplyDelete
  2. Saya juga sama nih masih mencari passionnya dimana :D

    ReplyDelete
  3. Selalu suka baca tulisan mbak muyas 😊 πŸ‘ saya belum menemukan mana passion saya

    ReplyDelete
  4. Passionku nulis
    Hobiku mulang

    Kebalik nggak ya kakak

    ReplyDelete
  5. My passion is writing, my hobby is reading. Napa jadi kayak anak sekolahan yang belajar bahasa Inggris, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...bukan salah saya bun pokoknya *apa sih nggak nyambung :D

      Delete
  6. aku mau nyoba gambar aahh.. apa tadi mba, ibis paint x sama medibang ya, oke noted ^^

    ReplyDelete
  7. aku udah menemukan passion ku mbak. dan udah tau mana yang menjadi hobiku. kalo hobi itu mungkin bisa menghabiskan uang. kalo passion justru mendatangkan uang. sama-sama melakukan hal yang disukai. bener gitu gak?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hobi tidak selalu menghabiskan uang, yang pasti hobi itu nggak bakalan pengen kita seriusin, ya karena memang bukan passion, Mbak. Kira-kira begitu. Sama seperti hobi nyanyi ya paling cuma nyanyi di kamar mandi nggak sampai pengen les gitu..

      Delete
  8. Baru ngeh bedanya hobi dan pasion. Thanks, Mbak. Siap next untuk mengejar pasiion dengan lebih sungguh-sungguh

    ReplyDelete
  9. oh begitu ya, bedanya passion sama hobi, saya kira selama ini sama saja kak. anyway selamat ya sudah menang lomba gambarnya. :)

    ReplyDelete
  10. Hihihi... Beda ternyata passion sama hobi ya mbak. Semoga menulis merupakan passionku, bukan hobi. Estrilook Comunity yang mengantarkanku untuk menemukan passionku. Makasih banyak ya mbak Muyyas, Founder yang paling kece, baik hati, dan tidak sombong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, masya Allah,,aamiin..sy anggap itu doa, Mbak :)

      Delete
  11. Passion saya ternyata menulis, hobi traveling. Wah, senang baca ini, jadi tercerahkan. Makasih udah sharing, Mbak. Mbak Muyass keren deh, serba bisa. Multitalented.

    ReplyDelete
  12. eh, ternyata beda ya antara hobi dan passion....hemm, harus digali lagi deh...

    ReplyDelete
  13. Passion saya nulis, ama siaran sebenarnya tapi sekarang udah ga lagi. Aduh jadi kangen, Mbak. Sesuatu yang di dalamnya kaya kita ngerasain nemu diri kita sendiri. Ah, I love it!Thanks artikel kecenya Mbak Muyaaasss :)

    ReplyDelete
  14. Tapi emang sih, passion itu harus dipetakan supaya bisa optimal lagi. Bahkan bisa jadi alat untu membawa manfaat untuk banyak orang.

    ReplyDelete
  15. Hmmmmm... Apa yaaa???? wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  16. Saya juga masih cari passion Saya, Mba. Saat ini nulis, saat nulis merasa nyaman, tenang. Gambar juga, Kalo kerajinan tangan kurangπŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sudah mulai kelihatan ya, Mbak :)

      Delete
  17. Salut bgt sm cew2 yg hobing cew bgt sperti merajut πŸ˜‚
    Baca ini jd mikir hobiku apa yaa

    ReplyDelete
  18. Betul mba hobbi dan passion tidak sama. Hobiku naik gunung, passionku di DIY & Crafting.

    ReplyDelete
  19. Sebelum tau bedanya hobby dan passion, dulu aku hrs ekstra "me time" untuk lebih mengenal diri sendiri mbak, itu susah bgt, sampai akhirnya tersadar sendiri, hobby nonton badminton bahkan rela begadang sampe pagi buat nonton badminton (di tv, lapangan atau di GBK juga dijabanin). Passion ngeblog, mudah2an aku tetap konsisten ngeblog.

    ReplyDelete
  20. Wah, Alhamdulillah jadi tau bedanya hobi dan passion.
    Hobiku sejak kecil baca buku, jahit, gambar design baju, masak, nulis...
    Nah dari 5 hal itu, belum tau dan masih berusaha memetakan yang mana yang jadi passion... hwkwkwkwkkkk...
    Soalnya kadang sehari utak atik baju di depan mesin jahit, esoknya utak atik di dapur, esoknya lagi utak atik depan laptop,,,pokoknya gantian tiap harinya, hwkwkwkwkk... jd pusing sendiri mana yang passionku.. Menurut mb muyas, kira-kira yg mana nih passionku? ^_^

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature