Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Isi Liburan dengan Membuat Roti Karakter Homemade Bersama Si Kecil, Seru dan Mengasyikkan!


Alhamdulillah, kemarin kembali menyalakan oven setelah sekian lama diabaikan, dicuekin. Nggak kebayang bagaimana perasaan si oven saat saya cuekin. Baper nggak, ya? Haha.

Sejak membuka Estrilook.com, rasanya waktu jadi semakin sempit saja. Selain itu, masih banyak tugas revisi naskah, PR kelas menulis dan menggambar yang belum juga dikelarin. Rasanya waktu jadi sedikit sekali. Kalau sudah begini, memang harus pintar-pintar atur waktu biar semua bisa selesai tepat waktu. Kadang ya itu, saya harus mengurangi kegiatan baking yang biasanya lumayan sering saya lakukan.

Nah, kemarin si sulung ada jadwal berenang di sekolah. Tapi, saya tidak bisa mengantar, alhasil dia hanya di rumah saja bersama adiknya. Agak siangan saya ajak membuat roti bersama. Biar dia senang dan nggak bingung ngisi waktu di rumah.

Si sulung ini doyan banget makan roti. Ya roti beli, roti buatan emaknya, pokoknya satu loyang kadang dia yang habisin. Duh, kebayang nggak sih doyannya dia sampai sebegitunya, lho. Kalau sudah makan roti, makan nasinya pun pasti berkurang juga. Tapi, nggak masalah, biasanya saya biarkan saja karena sekarang saya tidak terlalu sering juga bikin roti.


Roti buatan di sulung (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Untuk membuat roti empuk dan mengembang, butuh berapa kali gagal dan jatuh bangun? Hihi. Saya tergelitik membahas ini mengingat ada banyak teman yang mencoba resep saya tapi harus gagal dulu. Yap! Tak terhitung sih berapa banyak adonan bantat dan nggak matang di tangan saya. Nggak terhitung juga berapa kali salah menimbang. Kadang lupa memasukkan air terlalu banyak…hiks.

Semua pengalaman itu justru bisa membuat kita jauh lebih mudah ke depannya saat akan membuat roti lagi. Pengalaman itu bisa jadi pelajaran buat kita. Kalau sebelumnya udah pernah gagal nggak matang padahal warnanya udah cantik, bisa jadi suhu ovennya nggak tepat, ‘kan? Banyak hal bisa banget kamu pelajari dari sebuah kegagalan.

Nah, kali ini saya bikin roti killer soft bread satu kali proofing. Jadi, nggak lama nungguin, setelah diulen sampai kalis, kamu bisa langsung membentuknya dan menunggu proofing selama satu jam atau kurang.

Bahan:
500 gram terigu protein tinggi (Saya pakai Cakra)
8 gram ragi instan
120 air hangat
120 air dingin atau suhu normal
1 sachet susu bubuk
110 gram gula pasir
80 gram butter atau margarin
3 butir kuning telur, beri putihnya sedikit.
Sejumput garam

Cara Membuat:
1. Campur 1 sdm gula pasir bersama ragi dan air hangat. Aduk rata. Cara ini bisa dilakukan juga untuk mengetahui apakah ragi masih aktif atau tidak. Terutama untuk ragi yang sudah lama dibuka kemasannya.

2. Dalam wadah lain, campur terigu, sisa gula pasir, susu bubuk, air dingin, kuning telur, dan campuran ragi yang sudah berbusa (setelah 5-10 menit). Mixer sampai rata.

3. Masukkan butter dan garam. Mixer sampai kalis elastis sehingga adonan bisa ditarik dan dibentangkan hingga tipis tanpa sobek.

4. Bentuk dan beri isian. Tutup dengan kain bersih dan diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang dua kali lipat.

5. Panaskan oven 10 menit sebelumnya. Panggang hingga matang kurang lebih 15 menit, tergantung ovennya masing-masing.

6. Setelah matang, keluarkan dari oven dan olesi atasnya dengan butter. Sajikan atau bungkus dengan plastik supaya roti awet dan tidak mengeras saat bersisa.


Setelah dibentuk dan menunggu proofing (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Foto: Dokumentasi Pribadi

Voila! Roti satu kali proofing siap disantap bersama si kecil. Mudah banget, ‘kan? Kamu bisa ajak anak-anak membuat roti bentu karakter sesuai dengan keinginan mereka. Kemarin saya membuat bentuk kura-kura. Saya ambil sedikit adonan dan dicampurkan dengan sedikit cokelat bubuk. Lalu gunakan sebagai hiasan baik mata ataupun motif tempurungnya.

Bagaimana, menarik sekali, ‘kan mengisi liburan atau weekend dengan membuat roti homemade?Meski sedikit repot, tapi hal ini begitu mengasyikkan bagi mereka. Yuk cobain resepnya!

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community Day 5

30 comments on "Isi Liburan dengan Membuat Roti Karakter Homemade Bersama Si Kecil, Seru dan Mengasyikkan!"
  1. Asyik juga ya mbak bikin roti sama anak,....bentuknya cantik2 jadi ngiler nih..

    ReplyDelete
  2. Duh, kura-kuranya unyuuu... Kalo diinget2 sudah lama sekali sy gak bikin roti yg diuleni seperti ini. Biasanya bikin yg praktis macem pizza teflon, gitu. Hihi, emak mager nih. Tapi kalo liat roti2nya Mbak Muyas, jadi pengen mulu. Entah eksekusinya kapan, hehe.
    Dan bener sih, seru kalo bikin camilan ma anak. Cooking class at home. Sip!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha,,,iyaa, Mbak..sy juga nih sekarang jarang bikin roti, sok sibuk :D

      Delete
  3. Selain pintar nulis, pintar juga bikin roti. Mancap mba..

    ReplyDelete
  4. Semoga saya segera punya oven supaya bisa mencoba resep-resep kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..semoga bisa segera punya ya, Mbak :)

      Delete
  5. Makasih resepnya.
    Kepingin nyoba ah, kayaknya gampang, cuman sekali proofing (sok tau.,,😊😊😊). Diisi kacang ijo, pisang atau keju biar lebih mantaaap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish, itu enaak banget, Mbak betul sekali,,pisang cokelat..udah pernah bikin dan lembut, enaak *kenapa jadi ngiler sendiri :D

      Delete
  6. kayaknya perlu dicoba deh di akhir minggu besok...makasih mbak muyas

    ReplyDelete
  7. mbak muyass mah kalo share resep masakan suka bikin ngiler wkwkw

    ReplyDelete
  8. Pingin juga bikin roti. Ragi instannya sejenis Fermipan ya mbak?

    ReplyDelete
  9. Salut dg ibu satu ini. Di tengah kesibukan yg padat msh bs buat roti tuk anak

    ReplyDelete
  10. Aku mau diajarin cara bikin kue secantik itu dong mbak

    ReplyDelete
  11. Ciri ragi yg udah lama saat direndam air hangat gimana kakk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya yang masih aktif ya? campuran air anget sama ragi dan gulanya nanti berbusa, Bun. Kalau yang udah gak aktif dia gak bereaksi

      Delete
  12. Wah resepnya bisa dicoba nih mb Muyass..
    Itu foto2nyaa ,, malah sayang kalau dimakan.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, iya, Mbak..abis difoto mah ludes sama anak2 :D

      Delete
  13. Fotonya cantik2, Mba, bikin ngiler😍

    ReplyDelete
  14. Kalau rotinya bentuknya lucu kayak gini, pasti pada buat pajangan dikira squisy. Hehe

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature