Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Roti Sobek Isi Keju



Assalamualaikum…kemarin bikin roti sobek isi keju. Sebenarnya isian keju ini merupakan isian termalas yang pernah saya buat…he. Biasanya keju saya buat keju manis susu, masih diolah. Tapi, kemarin belum menyiapkan isian dan sudah membuat adonan. Ya sudahlah, waktunya tidak cukup karena harus mengerjakan yang lain.

Resep ini sudah sering saya gunakan untuk berbagai macam jenis roti. Bisa model roti pizza, roti sosis, roti isi, roti abon atau roti sobek seperti sekarang. Manisnya pun bisa disesuaikan, ya. Kalau nggak suka manis, cukup 80gr gulanya. Kalau suka manis, bisa sekitar 90-100gr. Ini sudah manis banget.

Untuk kuning telur, seperti biasa saya pakai 3 kuning telur saja. Boleh juga 4 kuning telur. Boleh juga hanya 2, hasilnya tetap empuk meskipun tak seempuk yang kuning telurnya lebih banyak.

Kemarin saya sempat juga memberikan tips sukses membuat roti ala bakery di UC news. Bisa baca-baca di sini, yaa.

Entah ini roti keberapa yang sudah saya buat. Yang jelas, kalau sudah berhasil sekali aja, berikutnya pastilah ketagihan pengen bikin lagi. Yuk, dicoba, ikuti step by step-nya yaa. Dulu saya juga belajarnya otodidak. Selain karena saya memang kurang pergaulan, ikutan kursus memasak memang harus membayar mahal, pakai banget malah. Sempat juga ditawari oleh salah satu aplikasi memasak, disuruh buka kelas, nanti mereka akan membantu segala kekurangannya. Tapi, bagi saya yang hanya berani di dunia maya, bertemu banyak orang itu bikin jantung kepleset…he. Jadi, saya urungkan untuk membuka kelas masak, saya kumpulin dulu deh keberanian sampai sebesar gunung..he.



Buat saya, berbagi resep dan membuat orang lain terbantu meskipun sedikit saja itu sudah sangat membahagiakan. Kalau ada yang recook dan berhasil, itu kepuasan sendiri buat saya yang sebenarnya masih pemula juga. Kadang ada juga yang sampai berjualan. Berbagilah apa pun yang kita mampu, mungkin buat orang lain itu nggak ada gunanya, gak bermanfaat, tapi buat sebagian orang itu sangat membantu bahkan bisa menambah penghasilan. Dulunya saya juga hanya mencoba resep orang, setelahnya saya merasa sangat berterima kasih kepada orang-orang yang mau berbagi resepnya, bahkan ada juga yang sudah berjualan dan masih mau membocorkan resepnya, ini sesuatu banget. Apa pun itu, jadi bermanfaat buat semua orang merupakan salah satu tujuan hidup (jadi ceramah :D).



Bahan:
500gr terigu protein tinggi (seperti Cakra)
3 kuning telur
85gr gula pasir
4sdm susu bubuk
120ml air hangat
120ml air es atau air suhu ruang
2sdt ragi instan
90gr butter atau margarin
1/4sdt garam

Bahan Isian:
Secukupnya keju parut

Cara membuat:
1.      Campur ragi dan 1sdm gula pasir bersama 120ml air hangat. Aduk rata dan tunggu sampai berbusa.
2.      Masukkan terigu, sisa gula pasir, susu bubuk, 120ml air dingin, kuning telur dan campuran ragi yang sudah berbusa. Uleni sampai rata.
3.      Masukkan butter dan garam. Uleni sampai kalis elastis. Olesi tangan dengan minyak, lalu bulatkan adonan. Tutup dengan lap bersih. Diamkan selama 1 jam sampai mengembang 2x lipat.
4.      Kempiskan adonan, uleni sebentar untuk membuang udaranya. Bagi seberat 30-35 gr untuk roti ukuran sedang. Diamkan 10 menit (boleh skip) dan langsung beri isian.
5.      Setelah diberi isian, bulatkan dan tata di loyang, sedikit diberi jarak, ya karena nanti adonan akan mengembang. Diamkan 1 jam atau sampai mengembang 2x lipat, jangan lupa tutup dengan lap bersih.
6.      Panaskan oven selama 10-15 menit sebelum digunakan. Saya pakai suhu 180’c panggang selama kurang lebih 20 menitan untuk roti sobek ini. Saya sarankan kenali oven masing-masing, ya. Karena setiap oven berbeda, bisa jadi 20 menit dengan merek oven lain justru gosong atau malah belum matang. Jadi, rajin coba-coba saja.
7.      Keluarkan dari oven, olesi atasnya dengan margarin. Sajikan atau masukkan plastik supaya tetap empuk, ya.


Note: Kenapa saya pakai 120ml air hangat dan 120ml air dingin? Sebenarnya pakai air hangat semua pun bukan masalah. Jadi, ragi dicampur air hangat dan gula, akan hidup dan cepat bekerja. Kenapa saya pakai air dingin juga? Sebab air dingin membuat proses mengembang jadi lambat dan ini bisa membuat pori-pori rotinya jadi lebih halus (cmiiw), pernah nonton video seorang pastry chef saat itu. Bahkan pastry chef itu memakai full air es. Sesuai selera saja, ya. 

500gr adonan menghasilkan 2 loyang berukuran besar dan 2 loyang berukuran kecil. Selamat mencoba!
16 comments on "Roti Sobek Isi Keju"
  1. Mantaff mbaaa, dulu mama saya suka bikin roti dan saya jualan di sekolah sampai kuliah ;)

    ReplyDelete
  2. Pernah brkali2 bwt donat, roti sobek, pizza smwny gagal, pdhl dh nguras tnaga n kantong bwt beli bahanny 😩😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga gitu mbak, nggak menyalahkan resep juga sih. Cuma saya ganti resep dan alhamdulillah berhasil dan sekarang udah tahu apa yang harus dilakukan supaya nggak gagal

      Delete
  3. Duh jadi pengen bikin roti sendiri soale belum pernah coba hehe .

    ReplyDelete
  4. Naaah ini dia yang aku cari mbak. Makasih buat resepnya. Hehe.

    ReplyDelete
  5. Rotinya mlenuk2 nyenengke liatnya. Thanks mba resepnya pengen coba di rumah, rapi ni ada tepung donat instan aja blom terjamah hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, abisin dulu tepung donatnya mbak, jangan dilihati aja yaa..

      Delete
  6. Saya biasa menyebutnya roti kasur. Model roti ini sangat jadi kenangan saya sejak kecil karena roti inilah yang sering jadi oleh-oleh orangtua sepulang dari pasar. Makasih ya, Mbak, resep dan cara masaknya ini membuat saya ingin segera membuatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 ustadz, semoga sukses mencobanya...

      Delete
  7. Ngencess banget lihat rotinya, kalau baca resepnya kayak gampang ya bikinnya. Sayang saya nggak punya peralatan baking di rumah, jadi nggak bisa nyoba bikin *hiks.

    ReplyDelete
  8. Ah, kasih tahu istri ah artikel ini.. Supaya dibikini haha

    Salam kenal
    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, istrinya ditodong resep...sama2 :D

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature