Ikan Pari Asap Masak Santan

Wednesday, November 15, 2017

Suka sekali dengan ikan pari. Entah karena saya memang pemakan segala atau memang saya suka dengan bau asap-asap dari ikan-ikan yang diasap. Baik itu ikan pari atau jenis lainnya. Aromanya itu justru menggugah selera.

Berbeda dengan paksu yang nggak doyan sama sekali..he. Jadilah ketika memasak ini saya selalu makan sendirian. Bukan masalah juga sih, saya juga bisa menghabiskannya sendiri..hoho.


Ikan pari asap jarang dijual di warung-warung. Alasannya sih pasti karena memang jarang ada yang suka. Saya harus ke pasar pagi-pagi sekali, atau akan kehabisan. Yang menjual biasanya orang Madura. Kebetulan saya juga orang Madura asli yang saat bertransaksi selalu menggunakan bahasa Indonesia..hehe. Nggak banget..kwkwk


Nah, ikan pari asap ini enak digoreng begitu saja lalu dipenyet di atas sambel. Boleh juga dibuat kuah santan seperti resep ini. Keduanya enak dan selalu butuh nasi sebakul buat melahapnya. Bagi yang sedang diet, dilarang membuatnya, ya. Bakalan gagal diet!


Bahan:

4 buah ikan pari asap ukuran sedang

1 buah tomat hijau ukuran sedang
5 buah belimbing wuluh, potong

2 batang daun bawang

1 bungkus santan instan

Secukupnya air

Bumbu, iris:

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 lembar daun salam (biarkan utuh)

5 buah cabe merah atau cabe hijau

5 buah cabe rawit atau sesuai selera

1cm lengkuas (memarkan)

Secukupnya garam

Sedikit kaldu bubuk

Sedikit minyak untuk menumis


Cara membuat:

1.      Tumis semua bumbu dan irisan daun bawang sampai wangi.

2.      Masukkan air dan santan. Bumbui garam dan kaldu bubuk.

3.      Masukkan ikan pari asap. Biarkan mendidih dan meresap.

4.      Masukkan potongan tomat dan belimbing. Biarkan sampai agak layu. Matikan.

5.      Sajikan dengan nasi panas.

Aromanya Menggugah Selera


Yups! Aromanya ikan pari ini benar-benar menggugah selera apalagi setelah dimasak pakai santan. Jangan terharu kalau nanti kamu bisa menghabiskan banyak nasi gara-gara menu satu ini. Saya baru tahu resep ini setelah tinggal dan menetap di Jakarta. Dulunya sih kalau ketemu sama ikan asap sejenis ini hanya digoreng dan dipenyet saja.

Setelah tahu resep ini, auto pengen masak pari bersantan terus karena rasanya khas banget. Hanya saja untuk mendapatkan ikan ini nggak gampang. Mesti ke pasar dan nggak boleh kesiangan atau akan kehabisan *perjuangan banget ini mah...haha.

Ikan pari asap ini prosesnya nggak mudah dibuat. Untuk menghasilkan ikan pari seperti ini, butuh waktu lama untuk mengasapnya. Jadi, ikan kayak gini beda dengan ikan bakar. Kita nggak bisa bikin ikan asap dengan cara dibakar seperti ayam bakar atau ikan bakar itu, Guys. prosesnya sangat berbeda.

Daripada pusing membuat, ya mending beli aja :D *lagian siapa juga yang mau bikin sendiri, kan? hehe.

Buat sebagian orang, bau sangit atau akibat dari proses pengasapannya ini begitu mengganggu. Nggak enak katanya. Hiks. Padahal buat saya, justru itu enak banget gara-gara bau asapnya yang bikin kuliner satu ini jadi beda daripada yang lainnya.

Di rumah, suami nggak doyan dan nggak suka. Jadi, tiap bikin, nggak banyak yang mau nyobain apalagi anak-anak ya. Kira-kira, kalau di tempat kamu, siapa yang doyan makan menu kayak gini? Apakah kamu juga tertarik mencobanya di rumah?
Ini menu sederhana yang enak banget dinikmati ketika kumpul keluarga. Membuatnya pun nggak susah, bumbunya tinggal diiris. Hasilnya, hmm, jangan ditanya, yaa..langsung dicoba aja yuk siapa tahu keluarga menyukainya :)

Salam hangat,

Comments

  1. Mantaf tuh ikan pari pake sambal, kubelum lihat ada ikan pari di mamang sayurnya mba hehe tfs ya

    ReplyDelete
  2. Tetangga saya juga suka ikan pari, hampir tiap hari bakar atau asapin ikan.
    Dan saya pernah dikasih, rasanya enak banget, santannya nendang banget. Bumbunnya sungguh berani.

    ReplyDelete
  3. Saya sangat suka masakan yang bersantan .apa lagi ikan pari. mau coba makan ikan pari nya ah.

    ReplyDelete
  4. Hihi, ini saya baru tahu di Jakarta mbak, tante saya sering banget nih masak beginian, ternyata enak dan gampil..hehe

    ReplyDelete
  5. Hehe, akhirnya cuma ngiler aja yaa... :D

    ReplyDelete
  6. Enak kalau punya tetangga sebaik itu yaa... :D

    ReplyDelete
  7. Silakan dicoba, gampang kok bikinnya.. :)

    ReplyDelete
  8. Pagi-pagi baca beginian, cocok banget pas lagi laper.

    ReplyDelete
  9. Iwak pe dimasak mangut kalau kata orang Semarang, mb. Endesss memang. Selain ikan pari ada juga ikan manyung asap. Yang dicari kepalanya, tapi aku gak suka... Geli

    ReplyDelete
  10. saya blm pernah makan ikan pari. bentuknya kayak apa juga gak tau. hihi.. cupu ya?

    tapi kalo ke pulau pari saya pernah.. hehe

    ReplyDelete
  11. Mangut ya kalau di sana...geli kenapa mbak? Belum pernah sih kalau ikan manyung

    ReplyDelete
  12. Hehe, nah itu saya malah belum mbak.. :D

    ReplyDelete
  13. Wah, aku belum pernah makan dan masak ikan pari nih. Penasaran jadinya setelah baca resep dari mbak Muy :) Kalau suamiku malah demen ikan teri aja hihii kalau anak2 mah ikan apa aja suka. Kapan2 aku coba masak deh ya tks :)

    ReplyDelete
  14. Resep favorit jaman kecilku ini Mbak..Ibuku bilangnya iwak pe. Jadi nanti disantani..Tapi aku belum pernah bikin sendiri sih..Nggak tahu belinya di sini dimana hahaha...oh di pasar ada ya?

    ReplyDelete
  15. Yuk cobain mbak... ikan teri juga kesukaan suami sy. dia emang nggak suka sama ikan terlalu besar ukurannya. Katanya geli..hehe

    ReplyDelete
  16. Iyaa mbak, kalau keluargaku bilangnya jukok panggeng. Maklum, kita madura asli..hehe. Iya, saya harus ke pasar buat dapat ini...

    ReplyDelete
  17. Gak semua kepala ikan aku mau makan, Mb. Liat - liat dulu

    ReplyDelete