Resep Mudah Membuat Bakso Sendiri di Rumah


Foto: Koleksi pribadi


Assalamualaikum…alhamdulillah, musim hujan sudah mulai datang. Sebagian bahkan sudah ada yang kebajiran, sebagian lagi juga kena musibah lainnya. Semoga mereka selalu ditabahkan dan dikuatkan. Amiin.

Nah, postingan kali ini saya mau berbagi resep membuat bakso sapi. Sebelumnya juga sudah pernah posting, tapi kali ini resepnya sedikit berbeda karena tidak saya modifikasi sama sekali. Ini resep asli dari mbak Fitri Sasmaya yang sudah terkenal banget di recook oleh banyaak orang di cookpad.

Sedikit tentang mbak Fitri, ya. Saat baru masuk cookpad, dialah senior pertama yang mau follow anak baru seperti saya waktu itu. Dan resep-resepnya itu enak banget secara saya kan nggak bisa masak, hanya bisa nyontek resep orang aja..he. Dan resepnya mbak Fitri sering banget saya pakai. Termasuk resep bakso ini.

Tekstur baksonya ada sensasi ‘kres’ tapi nggak a lot. Kalau boleh bilang, ini mirip sama bakso lapangan tembak. Semakin lama, akan semakin keluar kaldu kuahnya dan semakin enak. Jadi, kalau buat hari ini, besok rasanya akan jauh lebih gurih. Dan resep ini merupakan resep dasar yang selalu saya pakai selama ini.

Kadang saya modifikasi sedikit, misalnya dicampur daging ayam, dirubah takaran dan lebih seringnya memang cuma dikira-kira..he. Saya sudah cocok sekali dengan resep ini. Nah, beberapa orang sempat bingung, bagaimana proses menggilingnya? Digiling ke pasarkah? Atau punya alat sendiri? Kebetulan saya punya chopper penghalus daging. Bukan benda mahal, bahkan termasuk murah banget. Coba deh cari di toko online, banyak banget dijual. Ada yang dijual hanya chopper aja, ada yang berpasangan dengan blender.

Nah, chopper ini menurut saya cocok buat kita yang hanya ingin membuat bakso di rumah. Kita bisa menggiling paling banyak 250gr daging sekali giling. Jadi, kalau saya membuat 500gr, tinggal dibagi dua saja prosesnya. Bailah, langsung saja, ini resepnya:

Bahan:
500gr daging sapi, pilih tanpa lemak
2500ml air, untuk merebus, boleh lebih
70gr tepung tapioka atau 7sdm
130gr es batu, hancurkan
2sdt garam
1sdt bawang merah goreng (saya lebihkan jadi 1sdm bawang merah dan 1sdm bawang putih goreng)
7-8 siung bawang putih, haluskan bersama merica 
1 butir putih telur
1sdt baking powder
1-2sdt merica butir
Bahan kuah:
2000ml air sisa rebusan bakso, lebih enak jika pakai tulang sapi, atau biasa saya tambah tetelan berlemak
Secukupnya garam
Secukupnya merica bubuk
10 siuang bawang putih, geprek

Cara membuat:
1.      Didihkan air untuk merebus bakso, kemudian kecilkan apinya atau matikan. Sambil menunggu air mendidih, kita buat baksonya.
2.      Potong daging lalu masukkan ke dalam food processor, proses hingga halus dan masukkan juga es batu. Haluskan sampai benar-benar halus, ya.
3.      Tambahkan putih telur, tepung tapioka, garam, merica bubuk, baking powder, bawang putih bubuk, bawang merah goreng dan bawang putihnya juga. Haluskan sampai rata dan benar-benar halus.
4.      Ambil adonan secukupnya, lalu bulatkan dengan menggenggam tangan dan keluarkan adonan bakso dari sela jari telunjuk dan ibu jari. Ambil adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam air mendidih yang sudah dimatikan atau dikecilkan apinya. Kenapa harus begitu? Supaya hasil baksonya lebih halus.
5.      Setelah mengapung masukkan bulatan bakso ke dalam air es. Nah, saya skip proses ini karena saya memang pemalas..he.
6.      Untuk kuah baksonya, tumis bawang putih sampai harum, tuang ke dalam air rebusan bakso, beri merica dan garam serta daun bawang. Sajikan dengan pelengkap.

Foto: Koleksi pribadi


Ternyata mudah, ya? Saya suka makan bakso telur. Biasanya saya membuat beberapa bakso dengan isian telur. Belakangan orang semakin kreatif, baksonya diberi isian keju mozzarella yang meleleh atau bisa juga diisi potongan cabe rawit. Ukuran bakso pun sesuai selera saja. Bisa kecil-kecil seperti bakso kerikil, bisa besar seperti bako beranak. Tapi, jujur saja saya agak geli sama bakso beranak karena ukurannya terlalu besar…he.


Semoga resepnya bermanfaat, selamat mencoba!

10 comments:

  1. Duh ke belum pernaj bikin baso sendiri nihhh jdi pengen, tfs resepnya ya

    ReplyDelete
  2. Cocok nih... Bakso beranak bikin geli krna namanya kl saya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kalau bakso beranak sholeh mau nggak mbak? :D

      Delete
  3. Recook nih mbak ....kebetulan istri saya suka sama bakso ...apa lagi kalau di bondowoso banyak sekali macem macem bakso hehehe

    ReplyDelete
  4. Recook nih mbak ....kebetulan istri saya suka sama bakso ...apa lagi kalau di bondowoso banyak sekali macem macem bakso hehehe

    ReplyDelete
  5. Belum pernah bikin bakso. Thx resepnya. Secara aku pecinta bakso 😁

    ReplyDelete
  6. Halo mbak Muyass :) Toss dulu dong, aku juga suka banget makan bakso loh :) Eh keren deh kalau bikin sendiri. Bakso kerikil sambalnya ijo gitu mantappp deh pedes2 seger yach. Aku mau coba buat juga ah, tq resepnya :D

    ReplyDelete