Resep Roti Tawar Lembut Ekonomis Ala Re-Bread

Sunday, October 17, 2021

Resep Roti Tawar Lembut Ekonomis Ala Re-Bread
Roti tawar lembut ala Re-Bread


Sudah dua kali bikin roti tawar pakai Rebread dan hasilnya sangat bagus. Sebelumnya, saya pernah review Re-Bread di sini. Teman-teman bisa membaca ulasannya dan setelah beberapa kali saya coba resep-resepnya, nggak pernah ada yang memuaskan. Akhirnya, saya selalu memakai Rebread hanya untuk menguleni adonannya saja. Resep-resepnya pun nggak pernah saya pakai lagi. Balik pakai resep-resep lama dari NCC.


Nah, kebetulan kemarin lagi pengin banget bikin roti tawar, hanya malas sekali mau ngoven pakai oven listrik. Akhirnya iseng-iseng nyari di Cookpad dan ketemulah resep ini di akun Ceria Endut. Sebenarnya ini resep dari Re-Bread juga sepertinya (saya belum cek di buku resep), tapi hasilnya lebih lembut daripada yang sebelumnya pernah saya buat. Apalagi kalau dimakan hangat, nggak pakai olesan apa pun rasanya tetap enak.


Kalau biasanya kita pakai terigu protein tinggi untuk membuat roti, kali ini saya terpaksa pakai terigu protein sedang atau serbaguna seperti Segitiga. Karena stok di rumah sedang kosong. Hasilnya tetap bagus, kok.


Satu lagi, saya juga nggak langsung mengulen adonan sekaligus memanggang. Di awal-awal, saya pilih tombol mengulen saja. Tujuannya supaya adonan lebih kalis. Karena sesuai pengalaman yang sudah-sudah, proses mengulen adonan sekaligus dipanggang waktunya memang kurang dan hasilnya kurang kalis. Akhirnya saya coba trik seperti ini dan hasilnya benar-benar bagus, menul-menul pula.


Proses mengulen hingga memanggang sendiri memakan waktu cukup lama sekitar 3 jam lebih. Kita bisa atur waktunya sendiri, lho. Misalnya kita mau makan roti tawar hangat di pagi hari, kita bisa atur waktu dan memasukkan bahan-bahannya sejak malam sebelumnya. Besok pagi, di jam yang sudah kita tentukan, roti tawarnya sudah bisa disantap selagi hangat. Namun, jika memakai trik saya yang mesti mengulen dulu sebelum memilih tombol mengulen hingga panggang, cara mengatur waktu ini sudah nggak bisa dipakai, ya :D


Pakai Air Dingin atau Air Hangat?

Resep Roti Tawar Lembut Ekonomis Ala Re-Bread


Dulu, saya sering pakai air hangat yang dicampur dengan ragi instan plus gula. Jadi, raginya diaktifin dulu. Hasilnya pun lembut.


Namun, setelah nyoba-nyoba beberapa resep NCC, saya jadi terbiasa pakai air es atau susu cair dingin. Hasilnya pun tetap bagus. Kalau teman-teman bingung, tinggal sesuaikan saja dengan resep yang dipilih karena tidak semua resep memakai air hangat, ya. Ikuti juga step by step-nya supaya hasilnya memuaskan. Sekali dua kali gagal nggak masalah. Saya juga sering banget gagal…huhu. Sampai pernah satu loyang dibuang karena sudah capek dan ternyata gagal…kwkwk.


Setelah berkali-kali nyoba, kita akan terbiasa dan tahu triknya seperti apa. Akhirnya berhasil dan antigagal. 


Resep Roti Tawar Ala Re-Bread

Resep Roti Tawar Lembut Ekonomis Ala Re-Bread


Resep-resep dari Re-Bread sebenarnya sangat menarik. Banyak sekali resep roti unik seperti pakai ubi, dan yang lainnya. Hanya saja, saya belum mencoba semua resepnya dan lebih sering bikin roti tawar lembutnya seperti yang sekarang saya share ini. 


Kenapa saya bilang ekonomis? Karena bahan-bahannya nggak banyak dan tersedia di dapur kita. Telurnya pun hanya pakai satu. Gimana, siap mencoba?


Bahan:

  • Terigu protein tinggi atau sedang 300 gram
  • Gula pasir 4 sendok besar (pakai sendok bawaan Re-Bread)
  • Ragi instan 1 sendok kecil (pakai sendok bawaan Re-Bread)
  • Susu bubuk (saya pakai 1 atau 2 sachet kecil)
  • Air dan 1 butir telur total 180 gram
  • Margarin 25 gram
  • Garam sedikit


Cara membuat:

  • Masukkan garam dan bahan basah seperti air, telur, dan margarin ke dalam loyang Re-Bread. Tambahkan susu, terigu dan letakkan ragi di paling atas. Tekan tombol mengulen (jika mengikuti cara saya) atau langsung pilih tombol nomor 4 (Roti Lembut), pilih berat adonan 300 gram, dan warna muda untuk tingkat kematangan rotinya.
  • Proses mengulen saja hanya memakan waktu beberapa menit, kemudian kita lanjutkan memilih tombol nomor 4 dengan pilihan berat adonan dan tingkat kematangan yang saya sebutkan di atas. Kita tunggu sampai selesai sekitar 3 jam lebih sedikit (lupa tepatnya…kwkwk)
  • Setelah matang, segera keluarkan roti dari mesin roti dan olesi atasnya dengan margarin supaya lembab. Iris-iris dengan pisau roti setelah agak dingin, ya.


Resep Roti Tawar Lembut Ekonomis Ala Re-Bread
Hasilnya sebagus ini :)


Voila! Roti tawa lembut ekonomis ala Rebread sudah siap disantap. Bisa oleskan margarin dan taburi gula pasir atau bisa juga pakai selai favorit kamu. Asli, resep yang ini enak dan berhasil banget. Nggak perlu repot-repot juga membentuk dan memasukkan ke loyang lain karena prosesnya hanya sekali klik.


Sejauh ini, Re-Bread sangat berguna untuk saya setelah sebelumnya saya hanya memakai mixer tangan untuk mengulen adonan dan itu melelahkan banget. Mesti selalu pegang mixer sampai beberapa jam supaya adonan bisa kalis. Jadi, nggak hemat waktu banget karena nggak bisa ngerjain pekerjaan apa pun sampai rotinya matang.


Namun, setelah pakai Re-Bread, hidup saya berubah jadi lebih santai. Bikin roti bukan hal melelahkan lagi dan pastinya bisa kita tinggal untuk mencuci, setrika, dan yang lain…hihi. Kegunaan Re-Bread juga nggak sebatas membuat roti. Beberapa kali saya pakai untuk membuat serundeng kelapa dan hasilnya baguuus sekali…haha. Selain percobaan serundeng, kita bisa lihat di buku resep, ada selai, bubur kacang hijau, bubur ayam, tape, hingga yogurt.


Gimana, jadi beli Re-Bread juga? hihi. Yuk, ah bikin roti sendiri supaya lebih sehat *maksudnya ngurangin beban kerja ibu rumah tangga…kwkwk. Selamat mencoba.


Salam hangat,


Comments

  1. wah pinter sih bikinnya, aku suka gagal nih

    ReplyDelete
  2. Kok jadi pengeeeen yaaa hahahahha. Duuuh selama ini aku kapok bikin roti sendiri, Krn ga kalis2 tadi mbaa 🤣. Tapi kalo memang ada alat praktis gini, kayaknya perlu aku beli :D. Biar mempermudah hidup yeee 😄. Apalagi anak2 doyan banget Ama roti.

    ReplyDelete