Top Social

Resep Bolu Pisang Lembut



Apa yang akan kamu lakukan jika terdapat buah pisang yang sudah mulai menghitam dan matang banget, tetapi nggak ada yang sudi menyentuh? Kadang tersisa beberapa buah pisang, kadang malah banyak seperti yang kemarin terjadi di rumah.

Biasanya saya megolahnya menjadi banana muffin, tapi kali ini pengen yang beda. Dan akhirnya saya menemukan resep bolu pisang lembut milik @ayudiahrespatih. Melihat tekstur bolunya bikin jatuh hati. Asli kayaknya enak banget.

Menurut pemilik resep, tekstur bolu pisang ini lembut, tetapi tidak beremah. Nah, pas banget ya dengan keinginan kita? Kadang ada bolu yang lembut tapi sedikit beremah sehingga bikin ribet makannya apalagi ketika dikonsumsi oleh anak-anak. Bisa bikin berantakan di rumah.


Nah, kebetulan kemarin ada pisang ambon lumut yang manis dan enak banget. Tapi, kayaknya anak-anak udah bosen makan saking banyaknya. Suami juga udah malas nyentuh. Jadi, harus diolah supaya laku dan nggak terbuang percuma.

Nah, saya pun akhirnya membuat bolu pisang lembut tersebut. Tapi, tolong jangan ditiru, ya…haha. Saya tambahkan 3 buah pisang melebihi takaran yang sebenarnya. Alhasil teksturnya jadi lebih padat meski tetap lembut dan tidak bantat.

Bolu ini dibuat dengan cara mengocok putih telur secara terpisah. Nah, bagi yang belum pengalaman, sebaiknya berhati-hati saat mengaduk putih telur yang sudah kaku bersama adonan lain supaya tidak pecah.

Jadi, kamu bisa pakai teknik aduk balik. Bisa cek di Instagram atau Youtube pasti banyak dicontohin supaya lebih mudah memahaminya. Saya pribadi belum berhasil membuat videonya mengingat belum ada yang membantu merekam saat saya baking kemarin.


Bahan:
250 gram pisang matang
120 gram gula pasir
3 kuning telur
3 putih telur
120 ml minyak (Bisa pakai mentega)
130 gram terigu
½ sdt baking powder
½ sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:
1. Panaskan oven suhu 150’C. Biasanya suhu oven itu berbeda-beda, jadi pastikan kamu paham banget dengan karakter ovenmu sendiri.
2. Siapkan loyang dan olesi margarin serta taburi dengan terigu.
3. Haluskan pisang dengan garpu sampai benar-benar lumat. Masukkan kuning telur dan gula pasir. Aduk sampai rata.
4. Masukkan minyak, aduk lagi sampai rata.
5. Ayak terigu, baking powder, dan kayu manis bubuk. Masukkan dalam adonan pisang dan campur rata.
6. Mixer putel dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kaku. Masukkan bertahap dalam adonan pisang. Aduk balik sampai putih telur habis.
7. Tuangkan ke dalam loyang. Kamu bisa tambahkan irisan pisang di atasnya, baru kemudian siap dipanggang selama 50 menit (sesuai oven masing-masing).


Voila! Bolu pisang lembut buatan kamu pun sudah siap disantap. Siapa sangka, ternyata yang doyan tanpa banyak tanya adalah si bungsu. Dia menghabiskan hampir setengah loyang sendiri…kwkwk.

Aromanya enak banget, perpaduan antara pisang dan kayu manis itu pas banget. Anak-anak juga suka. Satu loyang ludes dimakan anak-anak. Kalau yang bikin hanya incip sedikit udah kenyang karena sudah capek membuat. Kamu juga suka gitu?

Mengolah kembali makanan yang sudah nggak disentuh seperti ini memang berguna banget. Nah, kalau kamu punya tips atau resep apa, nih selain bolu pisang dan banana muffin seperti yang sering saya posting?

Yuk, dicoba di rumah. Siapa tahu ada pisang yang mulai menghitam dan masak serta tidak ada yang mau mengonsumsinya lagi!

Salam,
1 comment on "Resep Bolu Pisang Lembut"
  1. Wah, kayaknya enak nih. Pingin nyiba bikin, ah. Mudah-mudahan hasilnya bisa mengembang seperti bikinan Mbak Muyass ...

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature