Konsultasi Kesehatan Online Bersama Halodoc, Mudah dan Cepat!

Thursday, June 22, 2023

Konsultasi Kesehatan Online Bersama Halodoc, Mudah dan Cepat!
Photo by National Cancer Institute on Unsplash


Sejak pandemi sampai sekarang, jujur saya jadi jarang pergi ke dokter lagi. Alhamdulillah, selain kami sekeluarga memang dalam keadaan sehat, opsi pergi ke dokter menjadi ke sekian mengingat saat ini kita bisa konsultasi dokter via online.


Waktu si adek masuk semester dua kemarin, dia sempat kena common cold yang bikin badannya menggigil, kemudian tiba-tiba suhunya naik secara mendadak. Tengah malam pula waktu itu. Meski sering menangani anak sakit seorang diri, tapi baru kali ini saya lihat anak sampai mengalami hal seperti itu. Tentu saja saya panik luar biasa. Bersyukurnya, si Mas bisa lebih tenang, meminta saya memberikan obat penurun panas pada adek, kemudian semua berangsur membaik.


Besoknya, saya masih kepikiran, tapi malas mau ke dokter. Kenapa? Karena kondisi adek sebenarnya normal saja, ada batuk pilek, ada demam yang artinya itu hanya virus. Dia masih mau makan dan minum, masih sadar, dan tidak ada kejang.


Akhirnya, saya memutuskan untuk konsultasi dengan salah satu dokter spesialis di aplikasi Halodoc. Setelah mendengar penjelasan dokter dan memastikan anak saya baik-baik saja, saya pun jadi lebih tenang.


Saya sempat diresepkan beberapa obat yang jika ditotal habis sekitar 700k lebih, tapi tidak satu pun saya tebus karena sepengetahuan saya, semua obat itu nggak diperlukan. Termasuk antibiotik, obat batuk untuk penderita asma, dll. Jadi, seperti overtreatment gitu, lho. Sampai saat ini memang saya masih kesulitan mencari dokter yang RUM. Gapapa juga, terkadang saya hanya butuh konsultasi dan meyakinkan diri bawah treatment saya di rumah sudah tepat.


Saya nggak merasa rugi konsultasi di Halodoc, selain harganya yang murah, kita juga nggak butuh antre terlalu lama seperti saat pergi ke rumah sakit. Karena memang saya hanya butuh konsultasi, nggak melulu butuh obat.


Konsultasi ke Dokter Jadi Lebih Fleksibel

Konsultasi Kesehatan Online Bersama Halodoc, Mudah dan Cepat!
Photo by Zhen H on Unsplash


Kalau konsultasi dokter via online, rasanya waktu jadi lebih fleksibel. Kita nggak harus buru-buru ke rumah sakit dan mendaftar, nggak perlu keluar rumah, nggak perlu antre berjam-jam, dan yang pasti bisa konsultasi kapan pun sesuai kebutuhan kita.


Selain ke dokter spesialis anak, saya juga pernah konsultasi ke beberapa dokter spesialis lain, salah satunya dokter kulit.


Saya dan si bungsu memang punya kulit yang sensitif. Waktu udara panas seperti kemarin, dermatitis saya dan si adek jadi kambuh, sedangkan persediaan salep dari dokter langganan saya sudah habis. Waktu itu sudah sempat mau pergi ke dokter untuk minta obat, tapi kemudian nekat coba konsultasi di Halodoc.


Harga konsultasi dokter via Halodoc cukup beragam. Bahkan bisa hanya 50k saja, lho. Meskipun awalnya saya nggak yakin, tapi ternyata worth it banget, sih. Saya mengirimkan foto kondisi kulit saya yang beruntusan, merah, dan gatal. Kemudian menceritakan detail riwayat kesehatan kulit saya. 


Tak lama, saya diresepkan salep yang bisa dijumpai dengan mudah di apotek. Bukan salep racikan seperti dari dokter saya sebelumnya yang ketika habis nggak bisa beli bebas di luar.


Qadarallah, saya yang biasanya susah cocok sama obat salep tertentu, kali ini beneran cocok. Dermatitis saya berangsur hilang setelah hanya pemakaian salep kedua kali. Asli nggak nyangka banget dapat yang cocok…hihi.


Konsultasi Dokter Jadi Mudah dan Cepat

Konsultasi Kesehatan Online Bersama Halodoc, Mudah dan Cepat!
Photo by Matteo Fusco on Unsplash


Konsultasi via aplikasi Halodoc cukup mudah, kok. Kita hanya perlu mengunduh aplikasi Halodoc dan lanjut memilih dokter yang dibutuhkan. Ada banyak dokter berpengalaman yang siap melayani kita kapan pun. Pagi, siang, dan sore.


Harganya sangat terjangkau sampai bikin terharu, lho…kwkwk. Biasanya, jika kita pergi ke dokter bisa habis ratusan ribu plus obat, tapi di Halodoc kadang nggak sampai 100 ribu sudah sekaligus dapat obatnya juga.


Hanya saja, saya perlu menekankan juga pada temna-teman di rumah, konsultasi dokter via online tentu saja hanya bisa kita lakukan jika kondisi pasien tidak dalan keadaan darurat. Tidak sedang sesak atau membutuhkan penanganan segera. 


Kita harus tahu kapan mesti ke rumah sakit dan kapan bisa tetap melakukan treatment di rumah. Inilah pentingnya kita ikut belajar tentang dunia kesehatan meskipun hanya hal-hal dasar saja seperti tanda-tanda gawat darurat, dll.


Dalam kondisi ringan, konsultasi dokter via online sangat membantu menghemat waktu serta biaya. Kita pun bisa lebih tenang meski hanya di rumah.


Semoga sharing kali ini bisa bermanfaat, ya untuk teman-teman di rumah. Tetap sehat dan happy.


Salam hangat,


Comments