7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah, Nggak Pake Mahal!

Wednesday, June 21, 2023

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash


Libur telah tiba, libur telah tiba! Horeeeee :D


Gimana perasaan ibu-ibu di rumah sejak anak mulai libur sekolah? Biasanya, sebelum liburan usai, ibu-ibu sudah nggak sabar pengin anak cepat masuk sekolah lagi. Kenapa? Karena anak-anak mulai bosan di rumah dan nggak tahu mau ngapain, begitu juga dengan ibunya yang mulai tremor, ya…hihi.


Selama beberapa hari liburan kenaikan tahun ini, tidak banyak juga yang saya lakukan bersama anak-anak. Si sulung masih ada kegiatan sebelum kelulusan, saya pun masih repot menyiapkan banyak hal sebelum dia masuk pesantren. 


Setelah rangkaian acara di sekolah usai, waktunya memikirkan mau ngapain aja, nih selama libur panjang tahun ini? Saya pribadi bukan termasuk orang yang senang main ke luar rumah, jalan ke sana sini, apalagi si Mas tetap ngantor juga. Sehari-hari saya banyak menghabiskan waktu di rumah, begitu juga dengan anak-anak.


Sesekali kalau ingin, kami pergi ke luar sekadar mencari hiburan, seperti main ke Gramedia, makan di mall, atau sekadar keliling naik sepeda di sekitar rumah. Simpel banget, kan? Bosan nggak, sih? Mungkin, buat orang yang senang jalan-jalan, kegiatan saya terlalu monoton dan membosankan, tapi buat kami yang memang suka tenang, suka di rumah, hal kayak gini sudah lebih dari cukup untuk melepas penat sebelum beraktivitas kembali.


Buat teman-teman yang sedang mencari ide menarik untuk mengisi liburan sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa saya rekomendasikan. Tentunya nggak butuh banyak modal, nggak pake mahal, dan tetap bermanfaat.


1. Naik Sepeda Bersama

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!
Photo by Jordan Sanchez on Unsplash


Asyiknya naik sepeda bersama keluarga ketika akhir pekan. Bersantai menikmati pagi yang sejuk, sambil sesekali jajan di pinggir jalan akan jadi ide menarik yang bisa meningkatkan bonding antara anak dengan orang tua. 


Supaya tidak jenuh di rumah, tapi tidak melulu main ke mall, kita bisa cari kegiatan seru di luar rumah yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga. Kalau di sini, kami biasa naik sepeda di jalur BKT yang sudah dipenuhi rimbun pohon dan bunga-bunga. Lihat pemandangannya aja sudah senang, apalagi sambil mengajak anak-anak juga.


Kegiatan seperti ini juga dapat memberikan jeda pada orang tua supaya tidak melulu memegang gadget. Anak-anak juga butuh diperhatikan dan ditemani, bukan hanya diberi fasilitas saja, kan?


2. Main ke Perpustakaan

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!
Photo by manualjakarta on Instagram


Adakah yang anaknya suka membaca seperti anak-anak saya di rumah? Jalan-jalan ke mall sudah terlalu sering, gimana kalau sesekali ajak anak main ke perpustkaan? 


Di Jakarta, baru-baru ini sudah dibuka Perpustakaan Jakarta yang terletak di Taman Ismail Marzuki. Perpustakaan super kece ini punya 3 lantai dan telah dilengkapi dengan ruang-ruang baru, termasuk ruang permainan anak.


Kalau teman-teman lihat, suasana perpustakaan di sini lain dari yang lain. Bergaya industrialis dan sangat modern, benar-benar bikin kita betah!


3. Kemping di Rumah

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!
Photo by Jack Sloop on Unsplash


Hah? Nggak salah, nih? Heem, kemping di rumah jadi salah satu kegiatan yang sering saya lakukan ketika anak mulai libur sekolah. Kebetulan, saya punya tenda cukup besar yang sesekali didirikan di dalam ruangan atau di teras rumah, sekadar memberikan suasana baru untuk anak-anak.


Tidur di tenda itu menyenangkan, lho. Apalagi buat anak-anak. Nggak mesti bikin tenda di puncak gunung, di rumah pun bisa! Biarkan anak-anak menikmati serunya tidur di tenda sambil membawa selimut dan bantalnya. Ada yang mau coba?


4. Ajak Anak Melakukan Rutinitas Harian di Rumah

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!
Photo by Filip Urban on Unsplash


Biarkan anak terlibat aktif dan membantu pekerjaan orang tua di rumah, semisal menyiram tanaman, menyapu halaman, sampai mengepel lantai. Anak-anak bukan hanya mesti pintar secara akademik, tapi juga terampil mengerjakan pekerjaan rumah.


Biarkan anak mencoba dan lihatlah, dia juga bisa melakukannya! Jika kita tidak pernah memberikan kesempatan pada mereka, sampai kapan pun mereka tak akan bisa melakukannya dengan baik, bahkan meski itu hal sepele semisal menyapu lantai.


Ajak anak mencuci sepeda dan sepatunya sendiri. Biarkan dia berlatih menjadi mandiri tanpa harus selalu dibantu oleh orang tuanya. Kemudian lihatlah, liburan mereka bukan hanya akan menyenangkan, tapi juga membawa banyak perubahan besar.


5. Menyalurkan Hobi

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!
Photo by Alan Rodriguez on Unsplash


Anak-anak punya hobi apa, nih di rumah? Biarkan anak-anak menyalurkan hobinya di sela-sela waktu luangnya. Seperti anak saya yang senang menggambar, main piano, dan membuat komik. Mereka akan melakukannya dengan lebih leluasa di waktu libur panjang kali ini.


Waktu libur kenaikan merupakan waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi, sedangkan di waktu biasa, mereka harus sekolah sampai sore. Sampai rumah sudah kelelahan, maunya rebahan dan menuntaskan tugas sekolahnya.


Yuk, bantu dan fasilitasi anak-anak supaya lebih happy ketika libur panjang seperti sekarang.


6. Main Bersama Teman

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!
Photo by Janco Ferlic on Unsplash


Yeay! Ini salah satu hal yang dinanti oleh anak-anak ketika libur panjang. Yup, bisa main ke rumah teman bahkan menginap. Kegiatan sederhana seperti ini dapat membuat mereka makin akrab dan tentunya happy.


Jika orang tua khawatir, biarkan anak-anak menginap dan bermain di rumah kita. Dengan begitu, kita juga dapat mengawasi dari dekat. 


Anak saya termasuk anak yang jarang main ke rumah teman-temannya kecuali ada tugas kelompok. Ketika liburan sekolah, kadang dia janjian main bareng teman sekelasnya sampai sore. Jika ditanya, sudah pasti senang hatinya karena diizinkan main bersama bestie-nya…hehe.


7. Main Games Online

Siapa, sih yang nggak suka main games? Apalagi games online gratis yang dapat kita mainkan bersama keluarga. Main games online tidak selalu buruk, lho. Dikutip dari beberapa sumber, main games dapat melatih koordinasi tangan, mata, serta motorik halus anak. Main games juga dapat meningkatkan konsentrasi serta daya ingat si kecil.


Ngaku, deh, siapa yang suka main games di rumah? Pasti familiar dong dengan games di Solitaire.org? Cara memainkannya mudah, tidak butuh mengunduh aplikasi, tidak berbayar alias gratis, dan tentunya ada banyak jenis permainan yang dapat kita pilih.


Dari sekian banyak permainan, ada beberapa rekomendasi games online yang sering saya mainkan di rumah. Penasaran? Intip beberapa games yang bisa teman-teman coba.


Hidden Kitchen

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!


Adakah yang suka menebak letak benda-benda tersembunyi? Kalau kamu salah satunya, mesti coba permainan satu ini. Sederhana, sih, tapi seru juga dimainkan bersama anak-anak ketika liburan sekolah.


Hidden Kichen terdiri dari 10 level. Kita diminta mencari peralatan kuliner yang tersembunyi.  Kita bisa mengetuk sebanyak dua kali untuk memperbesar atau memperkecil objek yang ingin dilihat.


Agak puyeng juga, ya mencari benda-benda super kecil yang letaknya memencar ke mana-mana. Uniknya, dalam permainan ini, semua terlihat seperti benda aslinya, lho. Jika kita asal memilih benda, maka waktumu akan berkurang sebanyak 5 detik. Makin tinggi levelmu, makin sedikit waktumu.


Saya pribadi suka memainkan permainan semacam ini. Mungkin, karena saya nggak mau terlalu pusing, jadi suka permainan yang ringan-ringan…haha.


Candy House

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!


Permainan satu ini juga nggak kalah seru dari permainan sebelumnya. Yes, Candy House! Kita hanya diminta untuk mencari warna-warna yang sama dari beberapa warna yang disediakan. Kamu dapat menukar warna baik vertikal ataupun horizontal. 


Permainan satu ini terdiri dari 50 level dengan batas waktu yang berbeda. Lumayan banget, kan main sampai 50 level? Nggak akan berasa saking serunya :D


Classic Minesweeper

7 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah Nggak Pake Mahal!


Kita bisa memilih beberapa macam tingkat kesulitan dalam games Classic Minesweeper. Kamu bisa pilih easy, medium, ataupun hard.

 

Kita harus memilih kotak-kotak yang bebas dari bom dan membuka semuanya. Supaya lebih mudah, kita juga harus menandai kotak-kotak yang berisi bom. Meski terlihat mudah, nyatanya ini sulit, sih untuk saya, tapi tetap seru dan bikin heboh seisi rumah :D


Nah, kira-kira permainan mana, nih yang pengin teman-teman mainkan selama liburan sekolah tahun ini? Saya pribadi tidak menganggap bermain games sebagai hal yang isinya negatif melulu. Anak-anak sesekali boleh saja memainkannya meski tidak menjadi rutinitas setiap akhir pekan. Saya yakin, semua hal yang tidak berlebihan selalu dapat diambil manfaatnya. Termasuk bermain games online.


Semoga 7 ide menarik pengisi liburan sekolah yang saya share kali ini bisa bermanfaat dan dapat teman-teman coba juga bersama si kecil di rumah. Semoga liburan kalian menyenangkan. Happy dan sehat selalu, ya.


Salam hangat, 


Comments