Resep Roti Manis Super Empuk Isi Selai Nanas, Yummy!

Tuesday, May 16, 2023

Resep Roti Manis Super Empuk Isi Selai Nanas, Yummy!
Foto: Dok pribadi


Hai, teman-teman. Apa kabarnya, nih? Setelah mudik lebaran, rasanya masih mager dan nggak pengin masak berat-berat. Apalagi mengingat cucian yang masih menumpuk dan kondisi rumah yang agak berantakan. Penginnya lekas membereskan pekerjaan rumah dan beristirahat.


Setelah beberapa minggu di rumah, saya akhirnya bisa beraktivitas normal kembali seperti sekarang. Meski sedikit padat karena bersamaan dengan si sulung yang sedang ujian, tapi tetap saya lebih banyak masak sendiri ketimbang beli.


Tentu alasannya karena kami serumah bukan tipe orang yang senang jajan di luar. Suka, sih, tapi benar-benar pemilih terutama si Mas. Kita pernah muter-muter cari makan dan ujungnya balik ke rumah dan masak. Benar-benar bukan tipe keluarga yang mudah disuruh milih, mau makan apa? Kwkwk. Pasti jawabannya nggak ada yang tahu...huhu.


Karena sering terjadi hal yang sama, akhirnya saya lebih memilih menyiapkan makanan ketimbang malah nggak makan. Ada nggak sih yang kayak gini juga?


Sempat merasa aneh, kenapa ya suami dan anak-anak pemilih banget? Kalau sudah suka, setiap kali ke mall, kita pasti makannya itu melulu. Sampai pesannya aja bosen…kwkwk. Kalau sudah nggak tertarik, walau disodorin juga nggak akan disentuh. Benar-benar bikin pusing kepala…haha.


Nah, kemarin si bungsu yang sedang kurang sehat sempat request pengin dibuatin roti. Akhirnya saya turuti dan mulai nurunin bread maker dari tempat persembunyiannya. Kali ini saya bikin roti pakai resepnya Ci Tintin Rayner yang ada di bukunya. Resepnya nggak ribet, hanya saja karena sedang tidak ada susu cair, maka saya ganti dengan air dingin ditambah susu bubuk 3 sendok makan.


Bikin roti pakai bread maker memang jauh lebih mudah, tapi jangan percaya diri dulu. Prosesnya juga nggak sebentar. Butuh waktu hampir setengah hari demi menyiapkan roti manis ini di meja makan…kwkwk. Karena bikin roti prosesnya lama banget, butuh proofing berkali-kali, belum lagi mesti menyiapkan isiannya.


Kebetulan saya punya selai nanas di kulkas. Selai nanas ini saya buat dari sisa ampas saat membuat jus hampir setiap hari. Ampas nanas dari jus memang tetap ada sarinya karena tetap masih basah dan manis, hanya saja sering kali terbuang karena saya malas mengolahnya. Andai rajin, selai nanas ini bisa dibuat nastar dan kawan-kawannya. Sayangnya, saya nggak serajin itu, sih...hehe.


Ternyata selain mengurangi jumlah sampah dapur, selai nanas ini juga enak dipasangkan dengan roti manis. Harum kayu manisnya bikin nagih. Asli ini perpaduan yang pas di lidah!


Untuk membuat selai nanas, teman-teman bisa menggunakan bahan-bahan yang ada sesuai selera. Hanya dengan menambahkan bubuk kayu manis, gula pasir, dan sedikit garam, teman-teman sudah bisa menyantap selai nanas buatan sendiri yang tentunya lebih nikmat.


Sisa selai nanas bisa teman-teman simpan di dalam wadah tertututp dan letakkan di kulkas supaya lebih tahan lama.


Daripada penasaran, yuk kita bikin juga adonan rotinya!

Resep Roti Manis Super Empuk Isi Selai Nanas, Yummy!
Adonan rotinya bisa divariasikan jadi roti sosis juga :) (Foto: Dok pribadi)


Bahan:

200 gram terigu protein tinggi

50 gram terigu protein sedang

45 gram gula pasir

5 gram ragi instan

1 gram bread improver (Optional)

1 butir kuning telur

120 ml susu cair dingin/air dingin + susu bubuk

45 gram butter

Sejumput garam


Cara membuat:

1. Campur semua bahan kecuali butter dan garam. Uleni hanya sampai tercampur rata.


2. Masukkan butter dan garam, uleni kembali sampai kalis elastis, ya.


3. Bulatkan adonan dan diamkan selama 40-60 menit tergantung suhu ruang.


4. Gilas adonan dan buang udaranya. Timbang sama berat dan bulatkan. Diamkan kembali selama 15 menit.


5. Gilas kembali adonan untuk membuang udaranya dan beri isian. Bulatkan kembali atau bentuk sesuai selera.


6. Diamkan kembali selama 30 menit kemudian panggang di suhu 190’C sampai warnanya keemasan.


7. Setelah matang, angkat dan olesi permukaannya dengan butter.


Voila! Roti manis buatanmu sudah siap disantap bersama keluarga. Dimakan waktu masih hangat lebih nikmat, lho.


Kunci dari roti yang empuk terletak pada penggunaan ragi yang masih aktif, juga cara menguleni yang butuh waktu cukup lama sampai adonan jadi kalis. Kalis berarti tidak mudah sobek ketika dibentangkan.


Memanggang roti juga jangan terlalu lama supaya tidak kering dan keras. Kemarin saya hanya butuh waktu tidak sampai 10 menit karena ukuran roti yang saya buat memang tidak terlalu besar.


Jika mengikuti tip dan cara dengan tepat, insya Allah roti yang teman-teman buat anti gagal, apalagi jika diuleni dengan baik sampai kalis. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa jadi ide untuk mengisi hari libur kenaikan kelas tahun ini. Selamat mencoba :)


Salam hangat,



Comments