Bikin Nggak Pede! Ini Dia Cara Atasi Gejala Panu dengan Cepat dan Aman

Tuesday, May 16, 2023

Bikin Nggak Pede! Ini Dia Cara Atasi Gejala Panu dengan Cepat dan Aman
Photo by triocean on IStockphoto


Sudah bukan rahasia, jika panu sering menimbulkan rasa nggak pede. Siapa sih yang mau punya panu apalagi di bagian tubuh yang mudah terlihat. Rasanya pengin mengurung diri di kamar saja sepanjang hari daripada jadi bahan tertawaan orang-orang di sekitar.


Panu merupakan infeksi jamur pada kulit yang disebabkan oleh Malassezia. Gejalanya berupa bercak berwarna lebih terang atau lebih gelap pada kulit. Karena perbedaan warna bercak yang mecolok antara panu dan kulit kita, makanya gejala panu begitu kentara dan siapa pun pasti dapat menebaknya.


Dalam kondisi seperti ini, kita mungkin merasa kurang nyaman ketika harus berinteraksi dengan orang-orang di sekitar, tapi jangan khawatir, pada umumnya panu tidak akan menular pada orang lain. Panu tidak seperti penyakit kulit lain yang mudah menular, kok. Hanya saja, munculnya panu memang sangat memengaruhi penampilan kita.


Kebanyakan remaja hingga dewasa yang tinggal di iklim subtropis lebih sering terkena panu. Biasanya panu muncul di sekitar dada, punggung, pundak, hingga leher. Kamu pasti sering melihat ada orang yang punya panu di sekitar punggungnya. Kebanyakan memang panu muncul di beberapa bagian tubuh tersebut sehingga mudah saja terlihat terutama ketika mengenakan pakaian tidak tertutup.


Supaya Terhindar dari Panu, Yuk, Kenali Penyebabnya

Bikin Nggak Pede! Ini Dia Cara Atasi Gejala Panu dengan Cepat dan Aman
Photo by triocean on IStockphoto


Perubahan hormon atau lemahnya sistem kekebalan tubuh pada manusia dapat memicu timbulnya infeksi jamur secara abnormal. Infeksi jamur yang tumbuh secara abnormal inilah yang akhirnya memicu timbulnya panu yang cukup mengganggu penampilan.


Cuaca lembap, kulit berminyak, serta penggunaan obat imunosupresan juga diketahui jadi penyebab munculnya panu pada kulit. Kondisi ini tentu tidak kita harapkan. 


Oleh karena itu, sebisa mungkin kita dapat menerapkan gaya hidup sehat supaya daya tahan tubuh meningkat. Dengan begitu, diharapkan kita bisa terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan, termasuk salah satunya infeksi jamur penyebab panu tersebut.


Kenali Gejala Panu pada Kulit

Bikin Nggak Pede! Ini Dia Cara Atasi Gejala Panu dengan Cepat dan Aman
Photo on bisniskuy


Perlu diketahui, ada beberapa gejala panu yang mesti kita waspadai. Beberapa di antaranya seperti,


1. Munculnya bercak berwarna lebih terang atau lebih gelap dari kulit sekitarnya. Bercak tersebut juga bisa berwarna pucat, merah muda, atau cenderung lebih cokelat. Gejala seperti ini tentu sangat terlihat dan mudah sekali dikenali. 


2. Bercak-bercak pada kulit bisa menyebar ke bagian tubuh sekitarnya. Hal ini tentu makin membuat kita kurang pede.


3. Gejala lain yang menjadi kurang nyaman ketika seseorang terkena panu yakni ketika muncul rasa gatal pada area bercak-bercak, apalagi jika sudah menyebar. Tentu gejala ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Membuat kita jadi sulit fokus dan berkonsentrasi akibat rasa gatal yang mengganggu.


4. Gejala tersebut bisa berkurang ketika udara dingin atau justru makin menjadi ketika cuaca lembap. Hal ini bisa dijadikan tanda-tanda yang mesti diwaspadai, ya.


5. Kulit yang terkena panu cenderung kering, gatal, dan bersisik. 


6. Gejala panu makin parah ketika terkena matahari atau saat berjemur.


Meski tidak membahayakan, tapi kita juga tidak mau punya kulit bermasalah seperti ini, kan? Panu bukan hanya membuat kita jadi nggak pede, tapi juga sering kali menggangu aktivitas sehari-hari. Kondisi seperti ini mesti segera diatasi supaya tidak makin parah.


Cara Mengobati dan Mencegah Munculnya Panu pada Kulit

Bikin Nggak Pede! Ini Dia Cara Atasi Gejala Panu dengan Cepat dan Aman
Photo by Christin Hume on Unsplash


Pada kondisi ringan, penggunaan lotion antijamur bisa digunakan untuk meringankan gejala panu. Lotion serta salep antijamur bisa juga dibeli bebas di apotek terdekat. Namun, jika kondisi kulit tidak membaik setelah beberapa hari pengobatan, ada baiknya teman-teman segera berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.


Untuk mengatasi gejala panu yang cukup berat, teman-teman dapat menggunakan obat antijamur yang diresepkan oleh dokter dalam bentuk obat oles atau minum.


Pada kondisi tertentu, infeksi jamur yang menyebabkan panu bisa muncul berulang dalam kondisi lembap. Dokter mungkin akan menyarankan kita untuk minum obat demi mencegah terjadinya hal yang sama.


Untuk mencegah munculnya panu, ada baiknya kita berhati-hati dalam menggunakan produk kecantikan, terutama yang menyebabkan kulit berminyak. Selain itu, pilihlah pakaian yang tepat ketika pergi keluar rumah sehingga kulit dapat bernafas dengan baik. Jangan lupa, gunakan sampo antijamur serta tabir surya ketika terpapar sinar matahari.


Jika pakaian kita basah karena keringat, jangan ragu untuk segera menggantinya. Sebab, menjaga kebersihan kulit tentu sangat berguna mencegah terjadinya infeksi jamur yang menggangu, salah satunya panu.


Bagaimana, cukup menakutkan juga ya jika ada panu di kulit kita? Selain warna bercak yang biasanya cukup mencolok dan mudah sekali terlihat, rasa gatal yang mengganggu tentu saja membuat kita merasa tidak nyaman terutama saat cuaca panas dan lembap.


Perhatikan kebersihan tubuh dan jangan lupa selalu jaga kesehatan supaya daya tahan tubuh meningkat. Tentu kondisi ini akan sangat membantu kita dalam mencegah terjadinya infeksi pada kulit.


Semoga informasi ini bermanfaat, terutama di cuaca super panas seperti sekarang, ya. 


Salam hangat,


Comments

  1. Ih serem ya mba sekarang lg musim jamur di wajah anak2 huhu

    ReplyDelete